Pengelolaan uang saku

Bacalah tulisan tentang pemasukan dan pengeluaran di blog ini, kemudian buatlah uraian uang masuk dan uang keluar bulanan anda, dengan susunan sebagai berikut :

A.   Pemasukan

  1. Berapakah rata-rata uang saku anda setiap bulan?
  2. Uraikan juga pemasukan uang lainnya bila anda mempunyai tambahan uang saku
  3. Berapakah total pemasukan uang anda tersebut!

B.   Pengeluaran

  1. Sebutkan pengeluaran-pengeluaran yang berasal dari uang saku anda tersebut? Uraikan jawaban anda dengan mengambil salah satu pengeluaran bulanan terbanyak
  2. Berapakah total pengeluaran uang anda tersebut.

C.   Testimoni

  1. Perhatikan uraian pemasukan dan pengeluaran uang bulanan anda, kemudian jelaskan kondisi keuangan anda tersebut?
  2. Apakah ada yang akan anda lakukan untuk menambah uang saku anda? Jika ada, sebutkan dan jelaskan cara anda melakukan hal itu!
  3. Berapakah tambahan uang saku yang dapat diperoleh dengan cara seperti yang anda jelaskan tersebut?
  4. Apakah yang dapat anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran?
  5. Jelaskan cara anda melakukan pengurangan sehingga bisa menurunkan  jumlah pengeluaran atau mengubah uang keluar menjadi uang masuk?
  6. Berapa total pengeluaran anda dapat kurangi dengan cara seperti itu?
About these ads

66 Comments

  1. A.Pemasukan

    1.Pemasukan uang saku saya dalam sehari 30rb x 30hr = Rp.900rb /bln.
    2.tambahan saya berjualan pulsa jadi total penghasilan saya=@ Rp.300rb /bln
    3.Jadi total global pemasukan dalam sebulan sebesar Rp. 1.200.000/bln

    B.Pengeluaran

    1. – Pengeluaran saya, saya berbelanja kebutuhan sehari-hari,
    – Membeli kebutuhan teknologi, seperti HP yang kita butuhkan
    – Membeli kebutuhan di kampus,

    2. Total pengeluaran saya adalah sebesar @Rp.1.000.000/bln

    C. Testimoni

    1. Pengeluaran saya dalam sebulan agak kurang, dan pemasukan saya dalam sebulan agak lebih,

    2. Ada, dengan cara berjualan pulsa, saya memiliki keuntungan dalam sebulan sebesar Rp.300rb /bln

    3. dengan saya berjualan pulsa saya mendapatkan tambahan dalam sebulan sebesar Rp.300rb/bln

    4. yaitu menghemat dan menabung di bank, dan tidak memboroskan uang,

    5. Dengan cara kita menabung dan tidak memboroskan uang saku, kita bisa mengubah uang kita keluar menjadi uang masuk, dan tidak membeli kalau kita tidak membutuhkannya.

    6. total pengeluaran saya dalam sebulan sebesar Rp.1.000.000/bln

    • inShare
      digg

      Gajian setiap bulan, tapi belum berhasil menyisihkan sebagian uang untuk menabung? Banyak orang yang punya masalah yang sama.

      Bila kebutuhan pokok maupun sekunder tidak ada yang bisa dikurangi untuk menyisakan sebagian uang untuk ditabung, cek kembali! Ada lho tips menghemat uang dengan melakukan beberapa cara mudah berikut.

      Lebih sering memasak di rumah dan membawa bekal ke tempat beraktifitas. Memasak sendiri daripada membeli makanan di luar untuk dimakan di rumah, dan lebih bagus lagi justru bisa dijadikan bekal untuk dibawa, akan sangat menghemat uang Anda. Tidak perlu juga dilakukan selamanya. Hitung saja berapa kali dalam sebulan Anda harus membawa bekal untuk menghemat sejumlah uang, dan sisa hari lainnya boleh saja makan di luar dengan budget makan seperti biasanya.

      Buatlah daftar belanjaan sebelum berangkat belanja, dan belanjalah saat Anda terburu-buru. Catat semua barang yang memang Anda butuhkan dan harus beli, dan benar-benar stick to the list! Bila Anda hendak berbelanja untuk memasak, pastikan dulu Anda tahu apa yang akan Anda masak dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan, jangan mencari inspirasi di swalayan, Jengs. Sebaiknya, berbelanja juga pada saat Anda terburu-buru dan tidak bisa terlalu lama ada di pusat perbelanjaan. Sesaat sebelum menjemput anak pulang sekolah, mungkin? Atau saat acara TV favorit Anda akan tayang sebentar lagi. Dengan waktu yang sempit dan jadwal belanjaan di tangan, mau tidak mau Anda tidak akan bisa menghabiskan waktu, dan uang, terlalu lama di tempat belanja.

      Lunasi hutang kredit dan hindari terlambat membayar tagihan apapun. Semakin lama Anda mengambil sebuah kredit dari perusahaan finansial manapun, berarti Anda membuang-buang uang sendiri dan memperkaya institusi yang sudah kaya. Berusahalah untuk fokus melunasi hutang Anda ataupun memperkecil bunga yang harus dibayar secepatnya. Biasakan pula untuk membayar tagihan lainnya seperti listrik, telepon, air dan lain-lain tepat waktu supaya tidak kena denda yang hanya akan merugikan diri sendiri.

      Lakukan servis berkala pada kendaraan Anda. Jangan sampai melewatkan jadwal mengganti oli. Periksa kondisi ban kendaraan Anda. Bersihkan secara teratur kendaraan Anda untuk menghindari kerusakan maupun karat. Hal-hal sederhana ini bisa memperpanjang usia kendaraan Anda, sehingga tidak perlu membeli kendaraan baru lagi selama beberapa waktu ke depan.

      Aturlah penggunaan listrik Anda. Jangan lupa, pada saat sedang tidak digunakan, cabutlah aliran listriknya. TV yang dicabut listriknya, misalnya, jauh lebih irit daripada sekedar dimatikan saja. Saat tidak berada dalam ruangan, matikan lampu dan matikan AC atau kipas angin. Apalagi tagihan listrik makin lama makin mahal. Ini harus benar-benar dilakukan, Jengs!

      Rencanakan liburan dari jauh hari. Liburan tetap perlu, ya! Terutama bila sehari-hari Anda merupakan orang yang super sibuk, dan jarang bertemu dengan orang-orang terkasih di rumah. Liburan adalah sarana relaksasi yang mujarab, dan akan mendekatkan diri dengan orang-orang terdekat yang jarang bertemu karena kesibukan. Memesan penerbangan maupun hotel dari jauh-jauh hari akan jauh lebih murah daripada memesan secara mendadak. Rencanakan sejak awal tahun untuk liburan tengah tahun, misalnya. Sisanya bisa dipakai buat bersenang-senang di tempat tujuan.

      Terakhir, yang juga penting, agak menjaga jarak dari teman-teman dengan gaya hidup boros. Bila Anda punya teman yang kerjanya membeli baju dan tas model terbaru, hingga gadget paling canggih dan mobil paling keren setiap saat, juga makan di luar setiap hari dan hanya bersenang-senang selalu, lebih baik jaga jarak saja, Jengs. Mereka mungkin sebenarnya adalah teman yang baik dan sama sekali ga bermaksud menyombong atau apapun, tapi berteman dengan orang yang demikian akan membawa Anda terbawa dengan gaya hidupnya, yang sama sekali tidak mampu untuk Anda penuhi sebetulnya!

  2. A. Pemasukan
    1. 900.000
    2. tidak ada
    3. tidak ada

    B. Pengeluaran
    1. ONGKOS KEKAMPUS SEHARI 16.000 DAN UANG JAJAN 8.000
    2. 900.000

    C. Testimoni
    1. kondisi keuangan saya pas- passan.
    2. saya ingin bekerja di toko atau penjaga warnet atau pencuci helem di mall
    untuk menambah uang saku saya.
    3. bekerja di toko 1.200.000. kalo jadi penjaga warnet hanya 500.000 dan pencuci helem 700.000.
    4. kurangi jajan dan transportasi atau angkot.
    5. saya memawa bekal dari rumah jika ada sisanya saya tabung, dan kalo transportasi atau angkot saya memilih berjalan kaki jika jaraknya dekat dan masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan karena saya punya motor jadi saya naik motor dan duitnya saya gunakan untuk menabung.
    6. mungkin 10.000

  3. A PEMASUKAN
    1. uang pemasukan saya setiap bulan Rp 1000.000.
    2. uang tambahan lain kalau ada saudara atau paman datang dari belayar biasanya saya mendapatkan uang Rp 100.000 dari paman atau saudara saya saya juga mengajar ngaji al-quran kepada anak-anak setelah selesai kuliah.
    3.kalau total biasanya saya satu bulan mendapatkan Rp1.300.000 yang 300 dari hasil saya mengajar ngaji tersebut.

    B PENGELUARAN
    1. setiap bulan saya selalu mengeluarkan uang saku saya untuk membeli keperluan wanita setiap bulannya,membeli modem, naik angkot ketika hendak kekampus,baju,tas,sepatu,jajan, membeli buku kalau ada buku yang harus dibeli,membeli peralatan sekolah ,file.dan sebagainya
    pengeluaran terbanyak saya setiap bulan ketika saya harus menaiki bis lalu angkot karna rumah saya sangat jauh dari kampus sekitar Rp 500,00 perbulan
    2. total pengeluaran saya biasanya mencapai Rp 800.000 per bulan

    C.TESTIMONI
    1.pemasukan setiap bulan Rp 1.300.000
    pengeluaran Rp 800.000
    kondisi keuangan saya saat ini alhamdulilah bisa melebihi kebutuhan setiap bulannya tapi walaupun lebih uang tersebut saya gunakan untuk menabung dan pembayaran sewaktu-waktu agar tidak merepotkan orang tua lagi.
    2. cara saya menambah uang saku saya dengan mengajarkan ngaji setiap hari kepada anak2 setelah saya pulang dari kuliah atau ada keluarga yang datang dari berlayar sehingga pemasukan saya menjadi bertambah.
    3.saya biasanya mengajar ngaji alhamdulilah setiap bulannya Rp 300.000 dan kalau ada paman atau saudara yang datang biasanya saya dikasih mulai dari 100-200 ribu
    4. cara saya mengurangi pengeluaran saya dengan cara lebih mengirit dengan apa yang saya butuhkan dan saya lebih banyak berpuasa senin kamis seperti yang selalu saya lakukan dan kebetulan orang tua saya selalu mengajarkan anak2nya untuk berhemat saya selalu ingat perkataan orang tua saya ” janaganlah kamu melihat selalu yang berada di atas kamu tapi lihatlah selalu orang2 yang berada di bawah kamu” itu menjadi masukan yang sangat berguna buat saya untk hari ini dan kelak.
    5.cara saya mengurangi pengeluaran seperti tidak membeli baju,tas ,sepatu yang sifatnya hanya sementara dan kurangi jajan perbanyak puasa karna banyaknya jajan bisa membuat seseorang itu bodoh kalau saya bisa, tidak mengikuti keinginan maka pemasukan saya akan lebih banyak dari sebelumnya
    6.total yang saya dapat jika saya bisa mengurangi itu mungkin totalnya Rp600.000 jadi lebih yang saya dapat 200 biasanya saya satu bulan menghabiskan 800 sekarang bisa mendapatkan 200 lagi dari cara saya bisa mengatur uang saya tersebut.
    mungkin itu pemasukan dan pengeluaran saya setiap bulannya dengan ada komentar seperti ini saya bisa lebih banyak hemat karna untungnya sangat banyak buat saya
    halimatus sa’diah
    201133017
    keperawatan

  4. A. Setiap bulan saya mendapatkan kiriman uang saku dari orang Tua Rp 1.500,000- perbulan,termasuk untuk pembayaran kosan,uang makan sehari- hari,uang jajan,dan uang transpotasi pergi kekampus.

    B. Pengeluaran perbulan dari uang saku saya tersebut diatas ialah:
    uang kosan perbulan Rp.400,000-
    uang makan sehari-hari pagi,siang,dan malam Rp.30.000- satu bulannya
    Rp.840,000- dan uang transpotasi perhari pulang pergi Rp.4000.- satu
    bulannya Rp. 120,000-.jadi keseluruhan pegeluaran saya satu bulan adalah
    Rp.1.360,000-.Dan masih ada sisa Rp.140,000,-.

    dari sisa uang pengeluaran saya satu bulan itu,saya sisihkan 100,000-
    untuk menabung…dan sisanya untuk jajan sehari-hari.
    Untuk mengurangi pengeluaran saya, saya mencoba makan sehari-hari siang dan malam saja,dari itu,saya mendapat uang masukan lagi Rp.280,000- jadi pengeluaran saya satu bulan senuanya hanya 10.80,000-.

  5. Karena saya sudah seorang karyawati dan seorang Istri jadi saya tidak mendapatkan uang saku tapi saya mendapatkan gaji dan pemasukan yang lain diluar penghasilan dari suami :
    Pemasukan
    Gaji Bersih Rp. 3.500.000,-
    Bagi Hasil Usaha Rp. 1.500.000,-
    Bunga Bank Rp. 500.000,- +
    Jumlah Rp. 5.500.000,-
    Pengeluaran
    Tabungan Rp. 1.000.000,-
    Amal Rp. 500.000,-
    Premi asuransi Rp. 880.000,-
    Angs Kuliah Rp. 1.500.000,-
    Transport 1 Bln Rp. 500.000,-
    Biaya tak terduga Rp. 120.000,-+
    Jumlah Rp. 4.500.000,-

    Sisanya penghasilan saya masukkan ke modal usaha sehingga bulan berikutnya saya akan mendapatkan bagi hasil usahanya makin besar, dan saya berharap serta berusaha agar nilai saya A dan IP saya bisa diatas 3.5 sehingga saya bisa mendapatkan beasiswa dan pada akhirnya saya bebas dari uang kuliah sehingga pengeluaran saya bisa berkurang dan bisa saya manfaatkan untuk menambah modal usaha, dan semakin besar modal usaha saya masukkan maka semakin besar pula bagi hasil usaha yang akan saya terima.

  6. Pemasukan Bulanan :
    1. Uang saku bulanan saya diberikan orang tua saya sebesar : Rp.500.000,00.
    2. Saya mendapatkan uang saku tambahan dari kakak saya yang pertama sebesar Rp.200.000,00.
    3. Saya mendapatkan uang saku tambahan dari kakak saya yang kedua sebesar Rp.100.000,00.
    4.Total uang saku saya atau pemasukan saya sebesar Rp.800.000,00 / bulan.

    Pengeluaran Bulanan :
    1. Pulsa bulanan untuk handphone blackberry Rp.100.000,00
    2. Pulsa bulanan untuk handphone esia huawei Rp. 25.000,00
    3. Beli pakaian dan kebutuhan lainnya Rp. 200.000,00
    4. Beli makanan atau minuman Rp. 10.000 * 31.000 = Rp. 310.000,00
    5. Ongkos pergi ke kampus Rp.7000,00 / perhari * 8 hari = Rp. 54000,00 ( 8 hari karena saya masih dalam semester pendek, jadi saya hanya mengeluarkan ongkos untuk 8 hari setiap bulan)
    Total pengeluaran bulanan saya sebesar Rp. 689.000,00

    Sisa uang saku saya selama satu bulan dengan pemasukan Rp. 800.000,00 dan total pengeluaran dalam satu bulan sebesar Rp. 689.000,00 adalah sebesar Rp.111.000,00.

    Komentar Saya : Dengan uang saku sebesar Rp.800.000,00 perbulan dan pengeluaran sebesar Rp. 689.000,00 perbulan sudah cukup baik, dikarenakan saya masih bisa menabung uang saku saya sebesar Rp.111.000,00, jika suatu saat saya membutuhkan uang untuk kebutuhan atau keperluan yang mendesak. Cara yang saya lakukan agar saya dapat menabung dan menyisihkan uang saku saya setiap bulan adalah dengan cara mencatat setiap pengeluaran yang saya gunakan sehari-hari dan menggunakan uang saku saya dengan sebaik-baiknya, karena saya tidak memiliki pekerjaan sampingan sehingga saya tidak mendapatkan uang saku tambahan. jadi, saya harus mengatur pengeluaran uang saku saya dengan sebaik-baiknya untuk hal yang bermanfaat.

    Sekian dan terima kasih.

  7. - Pemasukan:
    Uang saku yang saya terima adalah harian, adapun satu harinya adalah 10000 rupiah jadi jika di jumlah untuk satu bulannya 300.000 rupiah. Berhubung saya mahasiswa seutuhnya, dalam arti kata, masih meminta orang tua maka tidak ada pemasukan lainnya. Hanya saja jika ada uang lebih dari membeli bensin, saya ada pemasukan lagi walaupun sedikit, bisa buat jajan.
    – Pengeluaran:
    Untuk transportasi saya membawa kendaraan sendiri, yang bahan bakarnya sudah disediakan oleh orang tua. Untuk membeli pulsa hp satu bulannya 20.000 rupiah, untuk pulsa modem sudah diatur oleh orang tua, Untuk alat tulis dan keperluan lain masih diatur orang tua, jadi pengeluaran saya hanya untuk membeli pulsa dan untuk jajan, yang saya peroleh dari uang saku harian.
    Kalau ada sisa, saya tabung jika ada keperluan mendadak dapat saya ambil sewaktu-waktu.
    – Testimoni:
    – Jika saya hanya mengharapkan sisa dari uang saku, saya rasa masih sangat kurang apalagi uang saku diberikan harian, harus pandai mengatur pengeluaran, jika tidak maka tidak ada tabungan.
    – Maka dari itu saya berencana untuk kerja part time/ paruh waktu. Saya mahasiswa reguler, maka dari itu saya akan bekerja di hari libur saja atau kerja malam (selama tidak mengganggu perkuliahan).
    – Saya belajar dari kakak-kakak saya yang kuliah sambil kerja, mereka berhasil meskipun banyak resiko yang dihadapi. Karena gaji yang diterima juga lumayan untuk pemasukan, misalnya part time di resto atau di cafe sehari kurang lebih 45.000 sampai 50.000, hal ini dapat menambah pemasukan.
    – Untuk mengurangi pengeluaran saya mempunyai prinsip “tidak terlalu butuh jangan membeli” jika hanya mengandalkan keinginan maka semua yang saya inginkan pasti akan saya beli, tetapi saya dapat berpikir ke depan, pengeluaran harus seperempat dari pemasukan, tidak boleh lebih dari setengah.
    – Cara saya mengurangi pengeluaran menjadi pemasukan, mengurangi jajan. Jika ada bekal yang masih bisa dibawa kenapa tidak? Kebetulan dari kecil saya sudah dibiasakan berhemat dan menabung, bukannya pelit tapi ngirit. Ternyata ngirit itu penting karena dengan kita ngirit maka akan mempunyai tabungan. Belajar dari orang China, jika berbelanja di pasar, uang seratus rupiah pun masih diambil, beda dengan kita buat apa seratus rupiah? “ah seratus ini”. Uang satu juta jika tidak ada seratus rupiah maka tidak jadi sejuta. Ternyata belajar dari orang lain itu penting. Maka dari itu, dengan cara tersebut dapat menabung.
    – Pengeluaran hanya pada uang pulsa hp saja sebanyak 20.000, dan paling tidak uang jajan terpakai 50.000 setiap bulannya, untuk hal-hal yang tidak terduga.

  8. JAWABAN UAS :

    1.) Pemasukan uang bulanan saya Rp 150.000 dan pengeluaran saya Rp 100.000 kondisi keuangan saya terkadang masih ada sisa bahkan kurang untuk mencukupi kebutuhan saya.

    2.) Ada, saya ingin mencari pekerjaan sampingan seperti menjaga butik,atau ditempat foto copian dengan cara saya mencari info-info tentang lowongan pekerjaan yang dapat menambah uang saku saya.

    3.) Rp.500.000 mungkin karna itu semua tergantung tempat dimana saya bekerja.

    4.) Dengan cara mengurangi pengeluaran saya akan lebih mendahulukan yang lebih penting sehingga saya dapat menyisakan uang saku saya dan memperhitungkan harga bila saya ingin membeli sesuatu.

    5.) Saya dapat melakukan dengan cara menghemat dan mengurangi pengeluaran sehingga saya dapat menambah uang saku saya.contohnya bila ada barang yang sama tetapi harganya berbeda tentunya saya memilih harga yang lebih murah.

    6.) Totalnya sekitar Rp. 80.000 atau Rp.75.000

    Nama : JULIANA CITRA NUR PRATIWI
    Nim : 2011 – 41 – 007
    Fakultas : Ilmu Hukum

  9. Rata – rata uang saku saya tiap bulan adalah Rp. 600.000 , di hitung dari pemberian uang saku saya selama seminggu Rp.150.000 .
    Rata – rata pemasukan saya tiap bulan adalah Rp. 176.000 ,
    pengeluaran saya tiap bulan sebesar RP . 424.000 , rincian pengeluaransaya tiap bulan nya adalah sebagai berikut : membeli pulsa Rp. 25.000 , sabun mandi cair biore 450ml Rp. 17.000 , pewangi baju master colone 150ml Rp. 10.000 , pepsoden whiteting 190ml Rp. 10.000 , Rexona Rp. 9.000 , ongkos perjalanan ke sekolah dan pulang dari kosan Rp. 32.000 , membeli lauk pauk buat di kosan Rp . 96.000 , menabung di bank Rp . 200.000 , nonton bioskop Rp . 25.000 .
    itulah pengeluaran dan pemasukan saya setiap bulan nya .

  10. a. pemasukan
    1. pemasukan saya setiap bulan 1.500.000
    2. kalau saya mempunyai uang tambahan ,misalnya setiap bulan saya mempunyai uang tambahan(sisany) 500.000 saya akan nabung ke bank 300.000 terus 200.000 nya saya beli kebutuhan sehari – hari misalnya buku perkuliahan itu 75.000 terus sisanya kan 125.000 saya belanja alias shoping
    3.total pemasukan uang saya 1.000.000

    b. pengeluaran
    1.pengeluaran makan dan minum ,pengeluaran beli baju ,pengluaran beli pulsa
    ,pengeluaran beli pulsa karena saya sering smsan dan main internet alias main facebookan
    total pengeluaran saya seminggu bisa bli pulsa 20.000 dalam 5 hari

    c. testimoni
    1. kondisi keuangan saya lumayan sekarat karena masalh gak penting ,dipentingin saja ,cuma masalh pulsa ,gara -gara main internet ja bisa menghabiskan uang makan minum saya

    2. biar saya mendapatkan uang tambahan saya akan menawari teman kalau mau photocopy bisa melalui saya ,kan jadinya sya mempunyai uang tambahan saku saya

    3. ya palingan kalau perminggu bisa 25.000

    4. saya akan lebih hemat dan menabung dan saya lebih mengutamakan dengan kebutuhan pokok atau disebutlah penting seperti beli makan dan minum dan kalau yang penting beli baju ,kalau beli baju kan bisa kapan – kapan saja

    5. saya akan memisah- misahkan uang dari kebutuhan yang penting dengan kebutuhan yang tidak penting dengan itu pengeluaran say bisa stabil

    6. pengeluaran saya 400.000 lah

  11. A. PEMASUKAN
    1. Rp. 400.000,- per-bulan
    2. Rp. 200.000,- per-bulan
    3. total pemasukan uang saku tiap bulannya Rp. 600.000,- per-bulan.

    B. PENGELUARAN

    1. a..Bensin : Rp. 160.000,- per-Bulan
    b. Uang Tol :Rp.80.000,- pp (per-Bulan)
    c. Uang Makan : Rp. 104.000,- per-bulan.
    d. Uang Parkir : Rp. 16.000,- per-bulan.
    e. Pengeluaran Tak Terduga : Rp. 60.000,-perbulan

    2. Total Pengeluaran“ Rp.420.000,-
    SISA“Rp180.000,-

  12. Eva suryani ( 2011-36-017 )
    A. Pemasukan
    1.Pemasukan saya perbulan nya 1.000.000
    2.Tidak mempunyai tambahan uang saku lain
    3.Total pemasukan 1.000.000
    B.Pengeluaran
    *bayar kost 350.000
    *uang makan 250.000
    *transport 250.000
    *belanja bulanan 100.000
    *biaya tidak terduga 50.000
    1.Total pengeluaran 1.000.000
    C.Testimoni
    1.yang pertama saya harus membayar uang kost perbulan karena saya tidak tinggal bersama orang tua, orang tua saya di Medan. kemudian biaya transportasi ke kampus, uang makan perbulan, dan beli keperluan lain seperti sabun,shampo, bedak dll.
    2.sebenar nya saya ingin menambah uang saku dengan cara kuliah sambil kerja, tapi ga bisa bagi waktu antara kuliah dan kerja.
    3.belum ada, karena blm kerja.
    4.untuk sekarang ini ga tahu cara mengurangi nya.
    5.karena semua sudah sesuai dengan seperti biasa dan semua itu sudah menjadi kebutuhan.

  13. pak,saya dah coba menghitung-hitung uang pemasukan saya dan uang pengeluaran saya,pada saat dihitung semua sudah tersusun dan terencana untuk semua anggaran saya sehari-hari akan tetapi kenapa tetap saja minus pak,padahal saya sudah hitung dan hasilny pasti ada lebihnya walaupun sedikit?

  14. A.Pemasukan

    1. Jadi uang saku saya selama 1 bulan Rp.700.000 – Rp 800.000

    2. Tidak ada

    3.Pemasukan saya selama 1 bulan Rp 700.000 – Rp 800.000

    B.Pengeluaran

    1.- Uang jajan/Hari =Rp 20.000 x 30 Hari Rp 600.000
    – Uang bensin rata”/Perbulan = Rp 80.000
    – Pengeluaran Tak terduga rata”/perbulan = Rp 50.000

    2. Jadi total pengeluaran selama Sebulan Rp. 730.000

    C.Testimoni

    1. Lebih besar pemasukan dari pada pengeluaran

    2. Ada,Bantu orang tua kerja

    3. 1x ikut kerja bantu-bantu dapat uang sehari Rp. 50.000

    4. Saya akan menimalkan pengeluaran seminimal mungkin

    5. Saya akan melakukan pengiritkan pengeluaran untuk jajan

    6. Ikut kerja sehari Rp 50.000 x 4 =Rp. 200.000
    Rp. 200.000 x 3 minggu =Rp. 600.000
    Jadi Total pengeluaran Rp 730.000 – Rp 600.000 = Rp.130.000

  15. A. 1 uang saku saya selama sebulan sekitar Rp.700.000,00
    2. saya tidak punya uang tambahan lainnya selain uang saku.
    3. Rp.700.000,00

    B. 1.Pengeluaran uang untuk ongkos kekampus. karna saya diberi uang secara harian maka uang tersebut hanya tersisa sedikit lebih sering cukup atau pas. untuk engatasi habisnya uang saku saya selama sehari, maka sebelum saya mengelurkan uang untuk kebutuha saya menabungnya terlebih dahulu.
    2. sekitar Rp. 600.000,00 dan tersisaRp.100.000,00 setiap bulannya.

    TESTIMONI
    1. keuangan saya lebih cenderung habis untuk ngkos kuliah saja (jajan,ongkos kendaraan dll)
    2. unutuk saat ini saya belum terpikir untuk cara menambahkan uang saku saya, karna saya rasa sudah cukup. tapi, untuk jangka panjang keepan saya punya keingnan untuk berbisnis kecil. misalnya seperti menjual baju lewat jejaring sosial atau barang lainya.
    3. belum tahu,
    4. lebih irit dalam jajan,tidak terlalu sering atau tidak untuk mengeluarkan uang secara foya-foya
    5. uang sisa dari pengeluaran saya lakukan untuk memasukannya untuk modal bisnis kecil agar tidak menyusahkan orangtua.
    6. belum tahu.

  16. jawaban
    A.pemsukan
    1.uang saku saya setiap bulan Rp.1.000.000,
    2.jumlah uang pemasukan saya hanya Rp.100.000,
    Rp.100.000 itu untuk saya simpan ke bank bukopin.
    3.jumlah total uang pemasukan saya selama sebulan itu hanya Rp.100.000.

    B.pengeluaran
    1.jumlah semua uang saku saya sebanyak Rp.1.000.000 setiap bulan.
    a.pengeluaran uang saya yang pertama Rp.400.000 untuk saya membayar
    uang kost saya selama sebulan.
    b.uang simpanan saya Rp.100.000 untuk saya simpan ke bank bukopin
    setiap bulan.
    c.sisa uang saya sebanyak Rp.500.000 saya gunakan untuk keperluan saya
    dan di gunakan untuk uang jajan saya sehari-hari.
    2.jadi jumlah total pengeluaran uang saya selama sebulan sebanyak
    Rp.900.000 setiap bulan.

    C.testimoni
    1.saya mendapatkan uang kiriman sebanyak Rp.1.000.000 setiap bulan
    uang Rp.1.000.000 itu saya gunakan untuk keperluan saya selama sebulan
    yang pertama jumlah pengeluaran uang saya Rp.400.000 digunakan untuk
    membayar uang kost selama sebulan,jumlah uang pemasukan saya hanya
    Rp.100.000 saja.uang Rp.100.000 itu saya gunakan untuk saya simpankan
    ke bank bukopin.jadi sisanya saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan
    sehari-hari.contohnya untuk uang jajan makan saya.
    2.tidak ada,
    3.tidak ada.
    4.yang saya lakukan untuk mengurangi uang pengeluaran terutama saya
    akan mengurangi uang jajan saya.uang jajan saya sebanyak Rp.500.000
    setiap bulan berarti Rp.500.000 itu saya bagi lagi misalnya Rp.200.000
    saya simpankan lagi ke bank.
    5.cara untuk mengurangi uang pengeluaran yang pertama saya akan
    mengurangi uang jajan saya, separuhnya saya tabungkan ke bank lagi
    supaya uang yang saya simpan ke bank bisa mendapatkan bunga.
    6.bagi saya kalau saya mengurangi uang pengeluaran saya terutama
    uang jajan saya,uang jajan saya,saya kurangi sebanyak Rp.200.000,
    Rp.200.000 itu saya simpankan ke bank.jadi total uang pengeluaran saya
    sebulan Rp.300.000.

  17. jawaban
    A.pemsukan
    1.uang saku saya sebulan Rp.1.500.000,
    2.jumlah uang pemasukan saya hanya Rp.200.000,
    untuk saya simpan ke bank bukopin.
    3.jumlah total uang pemasukan saya selama sebulan itu hanya Rp.200.000.

    B.pengeluaran
    1.jumlah semua uang saku saya sebanyak Rp.1.500.000 setiap bulan.
    a.pengeluaran uang saya yang pertama Rp.500.000 untuk saya membayar
    uang kontrakan saya selama sebulan.
    b.uang simpanan saya Rp.200.000 untuk saya simpan ke bank bukopin
    Rp.800.000 saya gunakan untuk keperluan saya.
    c.sisanya untuk uang jajan saya sehari-hari.
    2.jadi jumlah total pengeluaran uang saya selama sebulan sebanyak
    Rp.1.300.000 setiap bulan.

    C.testimoni
    1.saya mendapatkan uang kiriman sebanyak Rp.1.500.000 setiap bulan
    uang pengeluaran saya sebanyak Rp.1.300.000,sisanya saya simpan
    ke bank.
    2.tidak ada,
    3.tidak ada.
    4.saya akan mengurangi uang jajan saya.uang jajan saya
    setiap bulan Rp.700.000 itu saya bagi lagi misalnya Rp.200.000
    saya simpankan lagi ke bank.jadi Rp.500.000 untuk keperluan saya
    sehari-hari.
    5.cara untuk mengurangi uang pengeluaran,saya akan
    mengurangi uang jajan saya, separuhnya saya tabungkan ke bank lagi
    6.saya mengurangi uang pengeluaran saya terutama
    uang jajan saya yang Rp.700.000 tadi saya bagi lagi untuk di simpan.
    ke bank.jadi total uang pengeluaran saya
    sebulan Rp.500.000.

  18. saya adalah anak petama dari 5 bersaudara,ayah saya seorang PNS dan saya datang ke jakarta untuk kuliah.
    untuk menhemat biaya transportasi saya ngekos di dekat kampus tepat nya di belakang kampus Esa unggul.Saya tidak memiliki pemasuka kerana saya dibiayayai orangtua disini. Uang yang selalu dikirim orang tua saya rata-rata setiap bulan adalah 2 juta,itu untuk membayar beberapa angsuran uang kuliah setiap bulan dan juga uang kos. kadang juga orangtua saya mengirim lebih lebih sih.Jadi kiriman uang dari orangtua saya juga tidak teratur paling kecil yah 2 juta itu. uang yang dikirim orang tua saya itu sudah termasuk uang saku dan lain-lain nya.
    Pengeluaran saya dari uang yag dikirim orangtua itu yah membayar uang kuliah,uang kos,uang makan setiap harinya,uang jajan dan uang belanjaan lainnya. Pengeluaran bulanan terbanyak kalau dilihat, palingan pembayaran uang kuliah dan uang makan pastinya. Total pengeluaran tersebut kira-kira 2 jutaan lah.
    Saya sadari memang saya harus benar benar melakukan penghematan karena saya merupakan seseorang yang sangat Boros dan untuk membeli sesuatu itu bukan karena kebutuhan tapi karena kemauan. Yang ingin lakukan agar saya tidak terlalu boros seperti sekarang ini dan yaitu dengan memulai dengan cara :
    1. Membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan
    2. Berusaha mulai menabung
    3. Bawa uang secukupnya saat mau belanja keluar
    4. Mebuat anggaran belanja atau membuat catatan kecil kalau belanja agar mengetahui barang-barang apa saja yang sedang dibutuhkan.
    5. Menggunakan uang dengan selalu menghitung untung ruginya
    6. Dan juga mungkin saya bisa terjun ke bisnis kecil-kecilan yang sesuai kemampuan saya agar bisa menghasilkan uang sendiri.

  19. Pemasukan: Pemasukan rutin saya setiap bulan sebesar RP.800.000. saya suka mendapat tambahan uang bensin dari ibu saya karena saya di tugaskan untu mengantar adik saya sekolah. tambahan tersebut sebesar RP.100.000. jadi, total pemasukan saya setiap bulan sekitar RP.900.000. namun, untuk memasuki semester awal ada kemungkinan uang saku kuliah saya akan di naikan oleh orang tua saya dan akan berdampak kepada pemasukan yang saya dapat di bulan berikutnya.

    Pengeluaran: Pengeluaran bulanan saya tyang paling besar apabila saat saya jalan dengan pacar saya. hampir setiap minggu saya bepergian dengan orang tersebut. apabila di total dari seluruh pengeluaran saya selama sebulan. pengeluaran saya sebulan sama dengan pemasukan saya yang saya dapat yaitu sekitar RP.900.000! bahkan bisa melebihi angka tersebut. disaat pengeluaran saya melebihi angka tersebut dengan terpaksa saya meminta uang saku tambahan kepada orang tua saya.

    Testimoni: 1. Apabila dilihat dari segi pengeluaran dan pemasukan uang
    bulanan saya. kondisi keuangan saya tersebut sangat
    memprihatinkan.

    2. Satu-satunya pemasukan tambahan saya berasal dari aktivitas
    saya mengantarkan adk saya sekolah. saya masih belum mampu
    mencari pemasukan tambahan dari kegiatan lain.

    3. RP.100.000

    4. Mengurangi aktivitas jalan-jalan saya bersama pacar saya.
    sebukan empat kali menjadi sebulan dua kali.

    5. Ya, mengurangi aktivitas jalan-jalan saya tersebut secara otomatis
    saya dapat menghemat pengeluaran saya. hasil penghematan
    pengeluaran saya tersebut saya simpan di bank.
    namun saya masih sulit untuk melakukannya secar rutin.

    6. sekitar RP.200.000 sampai RP.300.000

  20. A.
    1. Uang saku saya perbulan Rp 10.000.000
    2. Saya tidak mempunyai tambahan lagi selain dari uang saku yang saya dapat setiap bulannya

    B.
    1. Pengeluaran bulanan terbanyak :
    -Bayar kost Rp 3.000.000
    -Makan rata-rata perbulan Rp 2.000.000
    -BBM kendaraan rata-rata perbulan Rp 1.000.000
    -Belanja, hang out, dan kebutuhan tidak terduga rata-rata perbulan Rp 2.000.000

    2. Jadi total pengeluaran saya rata-rata perbulan = Rp 9.000.000

    C.
    1. Sampai saat ini kondisi keuangan saya perbulan masih lebih dari cukup, bahkan rata-rata perbulannya masih ada sisa kurang lebih Rp 1.000.000
    2. Saya pernah melakukan cara untuk menambah uang saku adalah dengan menjual barang-barang dengan cara online shop sebagai cara yang lebih mudah dan efektif
    3. Tambahan uang saku yang saya peoleh dari menjual barang-barang via online shop mendapat untung sekitar Rp 500.000 perbulan
    4. Beberapa hal yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan cara berhemat dalam berbelanja sehingga uang saya keluarkan bisa lebih sedikit, dan mengurangi jadwal hangout bersama teman-teman
    5. Untuk mengubah uang keluar menjadi uang masuk, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan membuat garage sale (menjual kembali barang-barang yang sudah tidak saya pergunakan) atau mengumpulkan barang-barang second dari teman-teman
    6. Dengan cara garage sale tersebut, mendapat untung sekitar 25% dari uang yang saya keluarkan untuk belanja sehingga pengeluaran uang yang saya pakai untuk belanja tidak sia-sia

  21. 1). Pemasukan uang saya dalam 1 bulan sebanyak Rp.1.200.000.

    2). Yang akan saya lakukan untuk menambah uang saku saya adalah saya akan
    menyisihkan uang saku saya selama 1 bulan sebesar Rp.300.000 untuk saya
    belikan pulsa elektrik yang nantinya akan saya jual dan mendapatkan keuntungan.

    3). Tambahan uang saku yang saya dapat sebesar Rp.50.000 – Rp.100.000.

    4). Yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran uang saku saya adalah saya
    akan menyisihkan uang jajan saya untuk saya tabung minimal 1 hari Rp.10.000.

    5). Cara yang saya lakukan adalah saya akan menyisihkan uang jajan saya untuk
    saya tabung minimal 1 hari Rp.10.000 yang nantinya jika sudah terkumpul selama
    1 bulan akan saya gunakan untuk di belikan lagi pulsa elektrik yang nantinya akan
    saya jual kembali dan seterusnya.

    6). Total pengeluaran yang dapat saya kurangi adalah sebesar Rp.300.000 dalam 1
    bulan, Karena dalam 1hari saya menyisihkan uang jajan saya untuk di tabung
    minimal Rp.10.000 per hari.

  22. A. Pemasukan
    1. Uang saku saya rata-rata setiap bulannya Rp. 650 Ribu
    2. Saya mempunyai tambahan uang saku sebesar Rp. 150 Ribu
    3. Total pemasukan uang saya adalah Rp. 800 Ribu

    B. Pengeluaran
    1. – Transport
    – Membeli makanan dan minuman
    – Membeli Baju dan Celana
    – Menabung
    – Membeli alat – alat sulap
    pengeluaran Saya yang terbanyak yaitu membeli baju dan celana setiap bulannya saya mengeluarkan uang saya bisa terhitung sebesar Rp. 300 Ribu

    2. Total pengeluaran uang Saya kira-kira Rp. 700 Ribu

    C. Testinomi

    1. Kondisi uang pemasukan dan pengeluaran Saya berjalan dengan stabil karna setiap bulannya uang pemasukan saya sering lebih dan sering juga pas.

    2. Ada, yaitu saya menjual alat – alat sulap. Saya membeli alat – alat sulap dengan harga Rp. 100 Ribu dan saya memperjualkan alat – alat sulap saya sebesar Rp. 140 Ribu.

    3. Tambahan uang Saya sebesar Rp. 40 Ribu

    4. Dengan cara menabung

    5. Memiliki usaha seperti yang saya lakukan pada no 2.

    6. Total pengeluaran yang saya kurangi sebesar Rp. 60 Ribu

  23. 1). Pemasukan uang saya dalam 1 bulan sebanyak Rp.1.200.000.

    2). Yang akan saya lakukan untuk menambah uang saku saya adalah saya akan menyisihkan uang saku saya selama 1 bulan sebesar Rp.300.000 untuk saya belikan pulsa elektrik yang nantinya akan saya jual dan mendapatkan keuntungan.

    3). Tambahan uang saku yang saya dapat sebesar Rp.50.000 – Rp.100.000.

    4). Yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran uang saku saya adalah saya akan menyisihkan uang jajan saya untuk saya tabung minimal 1 hari Rp.10.000.

    5). Cara yang saya lakukan adalah saya akan menyisihkan uang jajan saya untuk saya tabung minimal 1 hari Rp.10.000 yang nantinya jika sudah terkumpul selama 1 bulan akan saya gunakan untuk di belikan lagi pulsa elektrik yang nantinya akan saya jual kembali dan seterusnya.

    6). Total pengeluaran yang dapat saya kurangi adalah sebesar Rp.300.000 dalam 1 bulan, Karena dalam 1hari saya menyisihkan uang jajan saya untuk di tabung minimal Rp.10.000 per hari.

  24. A. Pemasukan : Rp 600 ribu perbulan

    B. Pengeluaran : uang pulsa, uang jajan, uang transport, Rp 400 ribu

    C. Testimoni

    1. Dari pemasukan dan pengeluaran uang saya,kondisi uang saya lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan

    2. ada, yaitu saya ingin mencoba bisnis jilbab dan mudah-mudahan jika bisnis saya ini berhasil, hasil dari bisnis saya bisa menjadi tambahan untuk saya

    3. harapan saya, bisa lebih dari uang saku saya selama 1 bulan tersebut.

    4. mencoba memperbanyak pemasukan

    5. melakukan penghematan,sehingga uang yang sering saya gunakan nutuk beli pulsa dan lain-lain apabila di hemat bisa menjadi pemasukan buat saya.

    6. 2 atau 3 total dari pengeluaran saya.

  25. A. Pemasukan
    1. Pemasukan saya bukan setiap bulan akan tetapi setiap minggu yakni
    sebesar RP. 100,000,00
    2 Ketika saya masih bekerja uang sakunya cukup bahkan lebih untuk ditabung
    dan tambahan uang saku dari bapak dan kakak-kakak saya yang lain yang
    sudah bekerja.
    3. Pemasukan saya perminggu atau pemasukan bersihnya sebasar
    RP. 100,000,00 dan tambahan uang saku tidak terduga sekitar RP. 50,000,00

    B. Pengeluaran
    1.Dalam seminggu dari RP. 100,000,00 saya mempunyai rincian sebagai
    berikut:
    * Saya menabung RP. 20,000,00
    * Untuk uang transportasi bensin karena saya menggunakan sepeda motor
    sebesar RP. 30,000,00
    * Simpanan untuk tugas dan buku-buku RP. 20,000,00
    * Untuk keperluan lain RP. 20,000,00
    * Sisanya untuk jajan RP. 10,000,00
    2. Jadi total pengeluaran bersih sebesar RP, 70,000,00 tentunya ini tidak
    termasuk nabung diawal dan simpanan keperluan lain.

    C. Testimoni
    1. Pemasukan saya saat ini hanya dari orang tua saya saja karena sudah tidak
    bekerja. kondisi keuangan saya pas bahkan kurang tidak ada lebihnya beda
    ketika saya masih bekerja.
    2. Sebelum masuk kuliah saya sempat berjualan pulsa akan tetapi setelah
    masuk kuliah fakum dahulu karena waktunya lebih difokuskan ke kuliah
    karena banyak tugas sehingga terbengkalai.
    3. Dalam berjualan pulsa usaha ini belum atau masih jauh dari profesional jadi
    laba bersihnya tidak ketahuan. Berkisar antara RP. 30,000,00 sampai
    dengan RP. 50,000,00 saja karena modalnya pun hanya RP. 200,000,00 saja.
    4. Salah satunya dengan cara mengutamakan keperluan yang masih atau yang
    paling penting dahulu tentunya dengan memilah dan memillih setelah itu
    kemudian baru kebutuhan yang tidak terduga.
    5. Contohnya setiap bulan bahkan setiap minggu membeli pulsa,tetapi dengan
    berjualan pulsa pengeluaran ini dapat dikontrol atau di handle bahkan bisa
    menjadi pemasukan atau uang saku tambahan.
    6. Dengan cara seperti itu dapat mengurangi pengeluaran sampai dengan
    RP. 50,000,00 setiap minggunya atau setiap bulannya setara dengan
    RP. 40,000,00

  26. A. PEMASUKAN

    1. berkisar antara 150-200 ribu.
    2. belum memiliki uang saku tambahan.
    3. berkisar 150-200 ribu.

    B. PENGELUARAN
    1. Pengeluaran dari uang saku
    Jajan : 15.000-20.000
    Pulsa : 75.000
    Fotocopy : 10.000
    lain-lain : 25.000
    2. Total pengeluaran berkisar 120-125 ribu.

    C. TESTIMONI
    1. Dengan memperhatikan kondisi keuangan itu,saya merasa membutuhkan keterampilan untuk mengatur uang saku,karena pengeluaran yang saya lakukan itu sudah saya paksakan seminimal mungkin.

    2. Saya akan lebih rajin menabung untuk menambah uang saku tersebut. Jika mendapat izin dari orangtua,saya akan mencari kerja sambilan selama hal tersebut tidak menggangu jadwal kuliah.

    3. Mungkin tidak akan menambah terlalu banyak.

    4. Saya akan membuat skala prioritas untuk menekan pengeluaran saya.

    5. Cara mengurangi pengeluaran yang biasa saya lakukan adalah membawa bekal dari rumah agar tidak jajan,baru membeli suatui keperluan apabila sudah benar-benar dibutuhkan,jadi masih ada yang bisa ditabung terlebih dahulu,dan disaat membeli saya mencari tempat yang menjual dengan harga termurah.

    6. Karena saya belum mencobanya,jadi saya belum mengetahuinya.

  27. pemasukan : per bulan Rp 600.000 sering dapat tambahan uang saku dari paman Rp 100.000 Total uang saku saya setiap bulan Rp 600.000
    pengeluaran : Pengeluaran perbulan untuk tugas kuliah Rp 150.000 , unutuk ongkos kuliah Rp 10.000 x 30 Hari = Rp 300.000. Untuk Jajan Rp 150.000 untuk perbulan. sisanya saya tabung Rp 100.000 takut ada keperluan mendadak.
    komentar : Saya ingin lebih irit lagi , unutk perbulan saya ingin mempunyai uang sisa berupa Rp 200.000 . bagaimana pak caranya supaya uang saku saya perbulan bisa sisa Rp 200.000

  28. A.
    1. rata-rata uang saku perbulan Rp 1.000.000
    2. tidak mempunyai uang saku tambahan.

    B.
    1. pengeluaran :
    a. bayar kos Rp 250.000/bulan
    b. memprioritaskan menyisihkan uang di awal bulan sebesar 200.000, untuk di tabung di bank lain.
    c. uang jajan 500.000
    d. pulsa 50.000
    2. total pengeluaran Rp 1.000.000

    C
    1..uang saku yang saya dapatkan perbulan sabesar Rp 1.000.000/ bulan. sebgai anak kos setiap bulan saya mempunyai kewajuban untuk membayar uang kos dari uang kiriman sebesar satu jujta tersebut. terkadang uang tersebut kurang untuk biaya hidup selama sebulan, tapi kekurangan tersebut bisa saya atasi dari tabungan yang saya sisihkan di awal. namun tidak setriap builan merasakan kurang terkadang uang tersebut juga masih mempunyai sisa. yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder (membeli pakaian) atau juga untuk di tabung sebagai tambahan uang saku di bulan berikutnya. uang pengeluaran yang di khususan di tabung di bank lain bertujuan untuk berjaga jaga apabila ada biaya yang tidak terduga misalnya biaya berobat ketika sakit.

    2. untuk menambah uang saku saya, saya berniat untuk mencari pekerjaan yang bisa sembari kuliah,, namun keinginan tersebut saat ini belum bisa di wujudkan karena sesuatu banyak hal.

    4. untuk mengurangi pengeluaran biasanya saya mengirit uang jajan agar setiap harinya jangan sampai jajan melebihi Rp 15.000, dan uang pulsa bisa di irit hanya deengan menjadi 20.000 per bulan.

    5. agar uang jajan tidak lebih dari Rp 15.000 / hari saya menghindari makan di luar. serta menghindari main- main atau jalan-jalan ke mol. uang pulsa agar bisa menjadi 20.000 per bulan caranya dengan mengikuti paket penggunaan pulsa yang sebulan hanya 20.000.

    6. dengan cara seperti itu saya dapat lebih irit, dan mengurangi pengeluaran perbulan sebesar Rp 80.000

    allhamdulilah sejauh ini saya tiak merasakan kesulitan yang begitu besar ketika menghadapi kekurangan kekurangan biaya per bulan karena saya selalu menyisihkan uang di awal bulan. dengan uang sebesar 1.000.000 tersebut sayaa sudah merasa cukup. memang sulit untuk memanaj uang saku sendiri apalagi bgi saya yang baru 2 bulan ini belajar mengelola uang sendiri karena berjauhan dengan orang tua.

  29. A. Pemasukan
    1. Rata-rata uang saku saya setiap bulan adalah Rp.1.500.000,-
    2. Tambahan uang saku saya dapat dari berjualan risoles didepan rumah dengan keuntungan Rp.20.000,- per hari nya.
    3. Total pemasukan uang saku yang saya dapat yakni Rp.2.100.000,- per bulan
    B. Pengeluaran
    1. Pengeluaran-pengeluaran sehari-hari yakni:
    a. pulsa : Rp.10.000,- per minggu
    b.ongkos : Rp.12.000,- per hari
    2. Total pengeluaran uang sebesar Rp.400.000,-

    C. Testimoni
    1. Kondisi keuangan saya masih kurang karena saya masih memiliki kebutuhan yang lainnya diluar kebutuhan kuliah.
    2. Untuk menambah uang saku saya akan melakukan pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan dirumah saat waktu luang seperti berjualan makanan ringan.
    3. Tambahan uang saku yang diperoleh sekitar Rp.20.000,- dari hasil pekerjaan sampingan (keuntungan)
    4. Untuk mengurangi pengeluaran saya rajin menyimpan uang saya serta menghemat biaya makan ataupun jajan.
    5. Cara yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan menabung dan mengurangi kebiasaan jajan.
    6. Dengan cara seperti ini sangat efektif karena dapat mengurangi pengeluaran saya dan berguna untuk menambah jumlah tabungan saya .

  30. pengelolaan uang saku

    A. Pemasukan
    1. Rata-rata uang saku saya setiap bulan adalah Rp.1.500.000,-
    2. Tambahan uang saku saya dapat dari berjualan risoles didepan rumah dengan keuntungan Rp.20.000,- per hari nya.
    3. Total pemasukan uang saku yang saya dapat yakni Rp.2.100.000,- per bulan
    B. Pengeluaran
    1. Pengeluaran-pengeluaran sehari-hari yakni:
    a. pulsa : Rp.10.000,- per minggu
    b.ongkos : Rp.12.000,- per hari
    2. Total pengeluaran uang sebesar Rp.400.000,-

    C. Testimoni
    1. Kondisi keuangan saya masih kurang karena saya masih memiliki kebutuhan yang lainnya diluar kebutuhan kuliah.
    2. Untuk menambah uang saku saya akan melakukan pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan dirumah saat waktu luang seperti berjualan makanan ringan.
    3. Tambahan uang saku yang diperoleh sekitar Rp.20.000,- dari hasil pekerjaan sampingan (keuntungan)
    4. Untuk mengurangi pengeluaran saya rajin menyimpan uang saya serta menghemat biaya makan ataupun jajan.
    5. Cara yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan menabung dan mengurangi kebiasaan jajan.
    6. Dengan cara seperti ini sangat efektif karena dapat mengurangi pengeluaran saya dan berguna untuk menambah jumlah tabungan saya .

  31. A.
    -620000
    -50000
    -670000
    B.
    -uang pulsa m3 dan esia masing” satu bulan’y 50000jd kalau d’jumlahin k-2 nya 100000
    -uang jajan 1 hari 10000 dan 1 bulannya 310000
    -jalan” sama temen” 1 bulan 7x 350000
    -totalnya 481000

    Sisah uangnya -189000 Dan sisah uangnya saya tabungin

  32. A. Pemasukan
    uang saku saya per hari Rp.35.000 per bulannya = Rp.840.000
    dan saya tidak mempunyai tambahan uang saku

    B.Pengeluaran
    1) ongkos per hari Rp.20.000 per bulan = Rp.480.000
    makan per hari Rp.10.000 per bulan = Rp. 240.000
    Pulsa per bulan = Rp. 50.000
    2) Total pengeluaran saya perbulan Rp. 770.000

  33. A. Pemasukan
    1. uang saku saya karena saat ini saya belum masuk kuliah full jadi orang tua saya membirikan 400.000 perbulan .
    2. saya bisa mendapatkan tambahan uang dari hasil bantu” mama saya di WO.nya , kira” sekali saya ikut job saya mendapatkan uang 150ribu dan dalam waktu sebulan saya bisa ikut job 4-5 kali .
    3.kalau dalam waktu sebulan saya tidak ikut job uang saku saya 400 ribu, namun kalau saya ikut job bisa mendapatkan uang hampir 1 juta , semua tergantung dari berapa job yang ada .

    B. Pengeluaran
    1. a.Transport kuliah
    b. makan di kampus
    c. beli pulsa
    d. refreshing (jalan”,shooping,dll)
    e. dan keperluan yang tidak terduga
    D. Refreshing
    Saya mengambil pengeluaran terbanyak saya adalah refreshing , karena menurut saya refreshing bagi saya itu sangat penting .karena saya memiliki hobby jalan” dan saya menggunakan uang saku saya itu untuk kegiatan jalan”,belanja,nonton,dll dengan teman” jadi secara langsung uang saku saya lebih terkuras saat saya berpergian .
    2.total pengeluaran saya tidak menentu , karena uang yang saya peroleh juga tidak pasti kadang banyak, terkadang pas.Semua tergantung dari job yang saya jalankan .

    C. Testimoni
    1. Kondisi keuangan saya , tidak menentu .terkadang saya mendapatkan uang lebih sehingga saya dapat menabung , namun terkadang pas-pasan.
    2. ada, dengan cara membantu ibu saya di wo.nya ,jadi saya bisa mendapatkan uang saku tambahan dari hasil gaji yang diberikan ibu saya .
    3. 150 ribu sekali kerja .
    4.cara saya untuk mengurangi pengeluaran saya , ya saya mencoba untuk menyisipkan uang saya di rumah ketika saya ingin berpergian . jadi saat saya pergi saya akan lebih hemat untuk menggunakan uang saya di dompet.
    dan menyisakan sebagian uang saya untuk ditabung di bank.karena kalau saya menabung di celengan,pasti suatu saat dapat saya ambil tanpa repot”,tapi kalau saya menabung di bank, saya pasti akan repot untuk mengambil tabungan saya di bank tersebut.
    5.ya dengan cara memanage pengeluaran saya , dan berfikir untuk menggunakan uang saya hanya untuk kepentingan yang lebih penting dahulu daripada hal” yang hanya menguras dompet saja .
    dan setiap saya ingin berpergian , agar lebih hemat dalam pengeluaran ,transportasi saya bisa menggunakan kendaraan pribadi sehingga uang yang saya keluarkan bisa lebih bermanfaat daripada saya naik angkutan umum .
    6.dengan cara seperti itu saya mungkin dapat menghemat pengeluaran saya kuarang lebih 20% dari pengeluaran yang biasa saya keluarkan .

    mungkin itu saja pak , jawaban dari saya. Dan semua itu sedang saya jalankan dalam kehidupan saya .
    terima kasih .

  34. A. Pemasukan
    a. uang saku setiap bulan : Rp. 1.000.000,00

    B. Pengeluaran
    – ongkos @hari Rp 13.000,00 : Rp 390.000,00
    – hal tak terduga : Rp 200.000,00
    – total : Rp. 590.000,00

    C Testimoni
    1. kondisi keuangan saya saat ini pas-pasan tidak ada yang kurang dan tidak ada yang lebih
    2. saat ini saya tidak melakukan kegiatan untuk menambah uang saku saya, tetapi saya ingin membuat suatu karya berupa aksesoris untuk wanita dengan modal dari uang saku saya, untuk bisa menambah uang saku saya.
    3 yang dapat saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah melakukan suatu usaha pengiritan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang tidak mendesak, dan lebih mengutamakan kebutuhan yang penting.
    4. cara saya melakukan pengurangan
    lebih mengurangi untuk jajan di luar, dan memilih membawa bekal ke kampus, karena lebih baik dan dapat mengurangi pengeluaran
    5. total pengeluaran yang saya kurangi dengan cara demikian adalah Rp. 20.000,00 perminggu.
    dengan demikian uang saku saya perhari memiliki sisa yang dapat saya tabung.

  35. A. Pemasukan
    saya di kasih uang saku setiap hari Rp 20.000,- untuk kuliah, karena saya belum bekerja atau belum mencoba untuk mencari kerja. Tetapi setiap di beri uang saku, saya selalu menyisihkan sedikit untuk di tabung.
    B. Pengeluaran
    pengeluaran paling besar saya adalah uang transportasi. untuk berangkat kuliah saya menghabiskan Rp 3.000,- dan untuk pulang kuliah saya bisa menghabiskan Rp 3.000,- – Rp 5.000,-. Jadi total pengeluaran uang transportasi saya antara Rp 6.000,- – Rp 8.000,-.
    C. Testimoni
    saya berfikir untuk mencoba untuk mencari kerja, agar bisa mendapat tambahan uang saku. saya rasa dengan bekerja, saya tidak perlu minta uang saku lagi pada orang tua saya.
    sebelum mendapat kerja, saya akan berusaha mengurangi pengeluaran dengan cara mencari angkutan yang murah dan langsung bisa sampai rumah. untuk makan siang, saya akan mencari tempat makan yang murah atau sebisa mungkin untuk membawa makanan sendiri.
    sekian dan terimakasih

  36. A)
    1. saya mendapatkan uang saku berkisar antara 500-600rb
    2. biasanya saya menerima uang tambahan, bisa uang tambahan untuk jajan atau bonus lainnya. tapi itu tidak selalu didapat setiap bulan.
    3. jadi totalnya saya mendapat uang saku kurang lebih sebesar 600rb.
    B)
    1. pengeluaranya itu biasanya seperti biaya warnet, fotocopy an, buku pelajaran, makanan, minuman, belanja. dan yang paling banyak pengeluarannya adalah biaya sklah,dari mulai ongkos dan seperti fotocopy an dll.
    2. total pengeluaran bisa sampai 100rbu
    C)
    1. uang saku saya selama sebulan memang alhamdulillah jarang merasa kurang, karena saya lumayan dapat mengatur keuangan saya.
    2. saya akan mencoba untuk berjualan, bisa jualan mkanan atau minuman, atau bisa juga mnjual jasa. dengan uang saku saya itu, saya bisa mnggunakannya sebagai modal jualan saya agar dapat berkembang.
    3. uang saku saya akan bertambah sebesar 20rbu-50rb mngkin dari keuntungan yang saya dapat.
    4. yang saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah membeli sesuatu sesuai kebutuhan saja, jika tidak terlalu penting, saya tidak akan memakai uang saya.
    5. dikarenakan tugas tugas itu banyak, jadi saya memanfaatkan laptop/komputer saya untuk mengetik tugas, dan saya menawarkan pada teman2 yang ingin diminta bantuannya, istilahnya saya mnjual jasa ketikkan atau print an, nah dari uang jasa ktikan dan print an itulah justru saya tidak mengeluarkan biaya untuk mnyelesaikan tugas2 saya yang harus diprint, malah saya mndapat uang tambahan dari jasa saya itu untuk menutupi pengeluaran saya itu.
    6. dengan cara itu saya bisa mengurangi pengeluaran saya kurang lebih sebesar 50-100rb

  37. JAWABAN UAS.
    A.
    1. uang saku rata-rata setiap bulan saya Rp. 300.000
    2. a. Uang dari tante Rp.50.000, b. Uang dari papa Rp. 100.000, c. Uang hasil kerja sambilan Rp. 80.000.
    3. totalnya Rp. 530.000
    B.
    1. a. Ongkos kekampus pulang pergi selama sebulan Rp. 160.000, b. Uang makan selama sebulan Rp. 80.000, c. Pulsa selama sebulan Rp. 50.000, d. Membeli kertas Rp. 24.000, e. Membeli tinta Rp.15.000.
    2. total pengeluaran Rp. 329.000.
    C.
    1. menurut saya, kondisi keuangan saya diatas sebagai mahasiswa lebih dari cukup, karena uang rata-rata yang saya punya setiap bulan itu tidak pernah habis, selalu ada sisa yang lumayan banyak.
    2. cara yang saya lakukan untuk menambah uang saku saya yaitu, dengan membuka usaha jasa pengetikan, fotocopy, dan jilid, tetapi saya saat ini tidak membuka usaha tersebut dalam bentuk toko, saya membuka usaha tersebut dalam bentuk rumahan, awalnya hanya tetangga-tetangga saja yang mengetahui bahwa saya bisa melakukan jasa pengetikan yang cepat, Alhamdulillah saat ini, instansi-instansi formal pun jika membuat proposal atau surat resmi lainnya menggunakan jasa saya.
    3. keuntungan dari usaha tersebut minimal Rp. 80.000
    4. yang dapat saya lakukan untuk dapat mengurangi pengeluaran yaitu dengan menghemat uang makan, yaitu mungkin dengan membawa bekal makanan dari rumah.
    5. jika uang makan saya utuh setiap bulannya karena saya membawa bekal dari rumah maka uang makan yang utuh tersebut saya jadikan modal untuk membeli peralatan seperti kertas dan tinta untuk usaha sambilan saya, membeli peralatan tersebut sekitar Rp. 40.000, sehingga saya masih mendapatkan sisa Rp. 40.000.
    6. total pengeluaran yang bisa saya kurangi sebesar Rp.40.000.

  38. A. jawaban
    no 1 . saya biasanya dikasih 1minggu/5hari kuliah Rp.150.000 ,jadi 1bulan Rp.600.000,- tapi terkadang lebih dari dari segitu .
    no 2 . saya tidak ada pemasukan uang lain dari uang saku
    no 3 .

    B.jawaban
    no 1. peneluaran 1 bulan
    a) uang saku saya gunakan terutama untuk transportasi k.kampus ,bensin+parkir dikampus.
    b) makan dikampus
    c) pulsa
    d) jajan
    e)untuk print tugas tugas
    no 2 .pengeluaran saya Rp.550.000 kurang lebih

    sisa dari itu saya tabung , terkadang saya menabung si setiap hari dari uang saku , gak menentu untuk saya menabung .

    C. jawaban
    1. pemasukan dan pengeluaran saya terkadang tidak menentu, ya pemasukan terkadang juga tidak sesuai dengan pengeluaran ..
    pemasukan 1bulan 600.000 terkadang pengeluaran lebih dari itu.
    pengeluaran : konsumsi 1hari 12.000 transportasi 11.000 pulsa 25.000 untuk potocopy dan lain lain tugas ,pengeluaran tidak menentu.
    2. untuk menambah uang saku waktu saya SMA saya berjualan makanan disekolah , tapi semenjak kuliah saya tidak punya pemasukan dari yang lain, saya ingin berjualan kembali atau berbisnis bersama teman , seperti ingin usaha kecil kecilan berupa makanan atau acessories lainnya ..
    3.waktu SMA saya bisa mendapatkan uang 1minggu Rp.100.000 dari hasil jualan disekolah tadi.
    4.saya membawa makanan n bareng temen k.kampus
    5.untuk mengurangi pengeluaran ,mungkin untuk konsumsi saya akan bawa makanan dari rumah kalo transportasi ya mungkin bareng temen ,walaupun harus bayar , tapi tidak terlalu berat.
    6.pemasukan bisa sampai Rp.30.000selama 1minggu

  39. 1. Rata-rata uang saku saya setiap bulan adalah Rp. 200.000,00
    hal ini berlaku setelah saya bekerja sendiri.
    2. Pemasukan lainya
    Setiap bulan saya mendapatkan gaji sebesar 1 juta rupiah serta mendapat kiriman dari orang tua sebanyak Rp. 200.000,00
    Sumber pemasukan saya hanya ada 2 yaitu berasal dari gaji saya dan uang kiriman orang tua saya
    3. Total pemasukan saya
    Gaji Rp. 1.000.000,00
    kiriman dari orang tua Rp. 200.000,00
    Total Rp. 1.200.000,00

    Pengeluaran
    1. Setiap bulan saya memiliki beberapa pengeluaran. Pengeluaran tersebut sebagian besar menggunakan uang pribadi saya,namun saya juga mendapat kiriman dari orang tua yang dapat saya gunakan sebagai tambahan
    Pengeluaran tersebut antara lain :
    a. tabungan Rp. 100.000,00
    b. Biaya kuliah per bulan Rp. 800.000,00
    c. Biaya transport Rp. 100.000,00
    d. Keperluan bulanan Rp. 50.000,00
    e. Lain-lain Rp. 75.000,00

    2. Total pengeluaran saya selama 1 bulan yakni Rp. 1.125.000,00

    TESTIMONI
    1. Setelah melihat uraian antara pemasukan dan pengeluaran saya,saya dapat menjelaskan bahwa dalam memenuhi hampir sebagian kebutuhan saya,saya tidak ingin merepotkan orang tua dalam biaya kuliah
    Namun demikian orang tua tetap memberikan kiriman yang dapat digunakan sebagai simpanan.
    2. Untuk menambah uang saku saya maka saya akan melakukan beberapa hal seperti
    a. Berjualan pulsa
    b. Melukis yang kemudian hari bisa diperjualbelikan dan dapat mendatangkan keuntungan tersendiri
    3. Tambahan uang saku yang dapat say peroleh sekitar 200.000 perbulan
    4. Untuk mengurangi pengeluaran yaitu sebelum membeli barang,sebaiknya lebih selektif dan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata.
    5. Cara melakukan pengurangan atau mengubah uang keluar menjadi uang masuk, salah satunya dengan cara menjual pulsa.
    Dengan menjual pulsa maka penjual akan mendapatkan keuntunganyang berasal dari 2 jenis yakni keuntungan pulsa dan keuntungan uang dari pembeli.
    6.jika hal ini dapat saya lakukan dengan baik mak total pengeluaran saya yang dapat saya kurangi adalah sekitar 2oo.ooo per bulan

  40. A.Pemasukan
    1.Rp.300.000,00 kalau dihitung-hitung sebesar itu karena saya bukan per bulan tapi perhari
    2.tambahannya kadang-kadang hanya Rp.5000,00 saja/hari
    3.Rp.450.000,00
    B.Pengeluaran
    1.transpot,jajan,membeli baju
    yang paling banyak adalah membeli baju karena terkadang saya selalu menghabiskan uang untuk membeli baju
    2.Rp.400.000,00
    c.Testimoni
    1.Keuangan saya sebenarnya pas pasan namun saya mengurangi pengeluaran dengan tidak jajan yang banyak dan mahal bahkan kadang saya tidak jajan, namun yang tidak bisa saya hindari uang yang saya kumpulkan dari uang saku saya adalah ketika saya mempunyai uang pasti saya belanjakan untuk membeli baju
    2.seperti membantu orang tua dengan cara berdagang mungkin dari modal orang tua tetapi kita yang menjadi karyawannya.
    3.pasti setiap harinya saya di berikan sebesar Rp15.000,00
    4.dengan membeli baju tidak berlebihan, seperlunya saja, jajan di kurangi, transport menggunakan motor saja
    5.dengan tidak jajan setiap harinya pengganti jajan kita dapat membawa makanan dan minuman dari rumah dapat mengurangi pengeluaran dan membeli baju dengan harga yang murah namun bagu kualitasnya, dan tergantung orang tersebut dapat memilih dengan bagus apa tidak atau dapat menawar dengan baik apa tidak.
    6. Rp.100.000

  41. A.Pemasukan
    1.Rp.300.000,00 kalau dihitung-hitung sebesar itu karena saya bukan per bulan tapi perhari
    2.tambahannya kadang-kadang hanya Rp.5000,00 saja/hari
    3.Rp.450.000,00
    B.Pengeluaran
    1.transpot,jajan,membeli baju
    yang paling banyak adalah membeli baju karena terkadang saya selalu menghabiskan uang untuk membeli baju
    2.Rp.400.000,00
    c.Testimoni
    1.Keuangan saya sebenarnya pas pasan namun saya mengurangi pengeluaran dengan tidak jajan yang banyak dan mahal bahkan kadang saya tidak jajan, namun yang tidak bisa saya hindari uang yang saya kumpulkan dari uang saku saya adalah ketika saya mempunyai uang pasti saya belanjakan untuk membeli baju
    2.seperti membantu orang tua dengan cara berdagang mungkin dari modal orang tua tetapi kita yang menjadi karyawannya.
    3.pasti setiap harinya saya di berikan sebesar Rp15.000,00
    4.dengan membeli baju tidak berlebihan, seperlunya saja, jajan di kurangi, transport menggunakan motor saja
    5.dengan tidak jajan setiap harinya pengganti jajan kita dapat membawa makanan dan minuman dari rumah dapat mengurangi pengeluaran dan membeli baju dengan harga yang murah namun bagu kualitasnya, dan tergantung orang tersebut dapat memilih dengan bagus apa tidak atau dapat menawar dengan baik apa tidak.
    6. Rp.100.000

  42. A. Pemasukan

    Saya adalah mahasiswa baru jadi saya akan mencoba menghitung uang saku saya pada bulan juli, uang saku saya pada bulan juli dan insya Allah sampai seterusnya kurang lebih Rp 900.000- Rp 1000.000. Untuk uang saku tambahan allhamdulillah untuk sekarang ini saya tidak ada, jadi total pemasukan uang saku saya pada bulan juli Rp 950.000.

    B. Pengeluaran

    Saya akan menguraikan pengeluaran saya pada bulan juli adalah Rp 950.000 dan saya gunakan untuk pembayaran uang kos, uang makan dan keperluan lain-lain
    pembayaran uang kos sebesar Rp 400.000, uang makan Rp15000*30=Rp 450.000, dan uang lain-lain seperti keperluan print, ke warnet dan biaya transportasi kalau lagi kepengin ke tempat saudara saya sisihkan Rp 100.000.
    jadi total pengeluaran uang saku saya pada bulan juli Rp 950.000.

  43. A. Pemasukan
    1. Rata-rata uang saku yang saya dapatkan sekitar 400.000 perbulan.
    2. Saya tidak memiliki pemasukan uang lainnya karena saya belum bekerja atau belum memiliki pekerjaan sampingan lainnya.
    3. Jadi, total pemasukan uang saya perbulan hanya sekitar 400.000

    B. Pengeluaran
    1. Uang saku yang saya dapatkan biasanya saya gunakan untuk jajan setiap hari dan pengeluaran terbanyak biasanya untuk membeli suatu barang yang saya inginkan atau untuk acara gathering/perkumpulan yang diadakan setiap bulan bersama teman-teman saya.
    2. Total pengeluaran uang perbulan saya biasanya sama dengan pemasukan yang saya peroleh atau dengan kata lain pas.

    C. Testimoni
    1. Kondisi keuangan saya bisa dibilang pas-pasan. Agak sulit untuk memperoleh sisa uang setiap bulannya karena banyaknya kebutuhan, sedangkan pemasukan utama saya hanya dari uang saku yang diberikan orang tua dengan cara harian. Dan itu membuat saya kurang bisa mengontrol uang dengan baik.
    2. Tentu saya ingin menambah uang saku sendiri, dan saya berencana untuk mencari pekerjaan sambilan. Mungkin menjadi guru les atau pekerjaan sampingan lainnya.
    3. Apabila setiap pertemuan saya dibayar 40.000, mungkin setiap bulannya saya dapat mengantongi uang 350.000 – 400.000. Dan itu cukup untuk menambah pemasukan saya perbulan.
    4. Untuk mengurangi pengeluaran, yang saya lakukan adalah berhemat.
    5. Mungkin dengan cara mengurangi jajan, mengurangi kegiatan yang hanya menghambur-hamburkan uang, dan saya hanya menggunakan uang untuk hal-hal yang penting saja.
    6. Dengan cara tersebut, mungkin saya dapat mengurangi jumlah pengeluaran uang sekitar 20% atau lebih.

  44. uang saku yang saya terima maksimalnya 500.000 per minggu
    minimal 300.000 per minggu
    pengeluaran saya yang pasti per hari adalah sebagai berikut
    ongkos kendaraan umum minimal 20.000 perhari, uang makan minimal 20.000 perhari itu jika saya ada jam kuliah..
    sedangkan bila week end atau hari libur biasanya aktivitas saya nonton dan makan diluar itu biasanya 100.000,itupun tidak setiap week end.
    dan mungkin keperluan yang tak terduga itu minimal saya pegang uang 200.000.pulsa minimal 50.000 perbulan.

    untuk pemasukan saya sekarang masih dalam tahap mencoba untuk berbisnis online tetapi itu belum menunjukan hasil yang pasti dan keuntungannya belum bisa saya rasakan sekrang,karena menurut saya berbisnis online itu menjajnjikan dan sangat menarik.

    hal yang biasanya saya lakukan untuk menurangi pengeluaran
    1. mengurangi pengeluaran yang tidak penting
    2. mendahulukan hal yang mendesak
    3.menghemat

    untuk mengurangi keperluan saya biasanya saya melihat kebutuhan yang sangat penting dan mendesak yang saya utamakan, dan buat kebutuhan yang belum begitu mendesak atau belum terlalu penting selalu saya tunda dulu.

    pengeluaran yamg bisa dikurangi sekitar 100.000 sampai 150.000
    itu pernah dan sering sekali saya lakukan dan saya perhatikan.

    nama : hafiz akbar
    nim : 201141012
    fakultas : hukum

  45. saya setiap hari mendapat uang saku dari orang tua Rp 10.000,,dan saya sisihkan Rp 3000,,untuk di tabung ,,,,,uang sisanya 7000 digunakan untuk membeli makan,,,dan membeli keperluan kuliah seperti pensil,,pulpen,,,buku file dan serta membeli kebutuhan yang lainnya

  46. A. Pemasukan
    1. rata-rata uang saku saya setiap bulan Rp 400.000
    2. pemasukan lain yang saya dapat kan melalui berjualan pulsa
    3. total keseluruhan pemasukkan saya adalah Rp 650.000

    B. Pengeluaran
    1. pengeluaran saya adalah pulsa, jajan, bensin untuk kendaraan, nonton, dan makan di luar. Untuk pusa pengeluaran saya kurang lebih Rp 100.000, nonton, makan, dan bensin sekitar Rp 200.000
    2. total pengeluaran Rp 300.000

    C. Testimoni
    1. kondisi keuangan saya sebenarnya kurang karena masih banyak yang perlu saya beli seperti buku-buku dan hal-hal yang tidak saya duga.
    2. yang saya lakukan untuk menambah uang saku saya adalah dengan cara berjualan pulsa, dengan mempromosikan ke teman-teman, keluarga, dan tetangga.
    3. tambahan yang saya dapatkan kurang lebih Rp 200.000
    4. dengan cara tidak membeli yang tidak penting bagi saya
    5. melihat kondisi apakah yang saya beli baik atau tidak, berguna atau tidak, sehingga saya bisa menghemat pengeluaran saya.
    6. kurang lebih Rp 120.000

  47. A. Pemasukan
    1. rata-rata uang saku saya setiap bulan Rp 400.000
    2. pemasukan lain yang saya dapat kan melalui berjualan pulsa
    3. total keseluruhan pemasukkan saya adalah Rp 650.000
    B. Pengeluaran
    1. pengeluaran saya adalah pulsa, jajan, bensin untuk kendaraan, nonton, dan makan di luar. Untuk pusa pengeluaran saya kurang lebih Rp 100.000, nonton, makan, dan bensin sekitar Rp 200.000
    2. total pengeluaran Rp 300.000
    C. Testimoni
    1. kondisi keuangan saya sebenarnya kurang karena masih banyak yang perlu saya beli seperti buku-buku dan hal-hal yang tidak saya duga.
    2. yang saya lakukan untuk menambah uang saku saya adalah dengan cara berjualan pulsa, dengan mempromosikan ke teman-teman, keluarga, dan tetangga.
    3. tambahan yang saya dapatkan kurang lebih Rp 200.000
    4. dengan cara tidak membeli yang tidak penting bagi saya
    5. melihat kondisi apakah yang saya beli baik atau tidak, berguna atau tidak, sehingga saya bisa menghemat pengeluaran saya.
    6. kurang lebih Rp 120.000

    komentar saya tentang pengolahan uang saku
    bagi saya sebenarnya sangat sulit untuk mengolah uang karena banyak keperluan yang saya gunakan apabila ada hal-hal yang tidak diduga dan saya sangat lah sulit untuk mengendalikan itu apalagi kalau sudah berbelanja seperti pernak-pernik wanita. namun saya tetap berusaha untuk mengoalah walaupun pada akhirnya tetap saya tidak bisa mengendalikan diri tapi saya harus bisa memanfaatkan uang dengan sebaik-baiknya. terima kasih

    nama : fida luthfiana sari
    seksi :08
    nim : 201136028

  48. A. Pemasukan
    1. rata-rata uang saku saya setiap bulan Rp 400.000
    2. pemasukan lain yang saya dapat kan melalui berjualan pulsa
    3. total keseluruhan pemasukkan saya adalah Rp 650.000

    B. Pengeluaran
    1. pengeluaran saya adalah pulsa, jajan, bensin untuk kendaraan, nonton, dan makan di luar. Untuk pusa pengeluaran saya kurang lebih Rp 100.000, nonton, makan, dan bensin sekitar Rp 200.000
    2. total pengeluaran Rp 300.000

    C. Testimoni
    1. kondisi keuangan saya sebenarnya kurang karena masih banyak yang perlu saya beli seperti buku-buku dan hal-hal yang tidak saya duga.
    2. yang saya lakukan untuk menambah uang saku saya adalah dengan cara berjualan pulsa, dengan mempromosikan ke teman-teman, keluarga, dan tetangga.
    3. tambahan yang saya dapatkan kurang lebih Rp 200.000
    4. dengan cara tidak membeli yang tidak penting bagi saya
    5. melihat kondisi apakah yang saya beli baik atau tidak, berguna atau tidak, sehingga saya bisa menghemat pengeluaran saya.
    6. kurang lebih Rp 120.000

    komentar saya tentang pengolahan uang saku
    bagi saya sebenarnya sangat sulit untuk mengolah uang karena banyak keperluan yang saya gunakan apabila ada hal-hal yang tidak diduga dan saya sangat lah sulit untuk mengendalikan itu apalagi kalau sudah berbelanja seperti pernak-pernik wanita. namun saya tetap berusaha untuk mengoalah walaupun pada akhirnya tetap saya tidak bisa mengendalikan diri tapi saya harus bisa memanfaatkan uang dengan sebaik-baiknya. terima kasih
    nama : fida luthfiana sari
    seksi :08
    nim : 201136028

  49. Pengeluaran saya selama sebulan dengan kondisi keuangan yang boros di karenakan banyak hal yang saya perlukan di mulai dari pakaian,sepatu,untuk kebutuhan lebaran serta uang jajan sehari-hari,maka dari itu saya lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan dan saya bisa mempunyai tabungan dengan cara menyisihkan uang yang diberikan oleh orang tua untuk kuliah dan jajan sehari-hari,mungkin dari itu saya mempunyai uang cadangan yang di perlukan untuk hal darurat yang nantinya juga diperlukan untuk kebutuhan kepentingan, pengeluaran saya bisa mencapai Rp.3.000.000 selama sebulan ini,oleh karena itu saya ingin bisa mengurangi pengeluaran saya agar bisa terkontrol dan tidak boros dalam kondisi keuangan saya dan menabung di masa depan !!!

    Zehlia triastha
    2011-41-002
    zehlia_triasta@yahoo.com

  50. Pengeluaran saya setiap bulannya Rp.900.000,Tetapi selama bulan ini pengeluaran saya mencapai Rp.2.000.000 ,menurut saya pengeluaran saya selama sebulan dengan kondisi keuangan saya bisa di bilang boros, karena pengeluaran saya lebih besar dari pemasukan, pengeluaran saya cukup boros di karenakan banyak keperluan segala kebutuhan,uang jajan sehari-hari,ataupun keperluan lainnya yg mendadak atau tidak di perkirakan sebelumnya,saya berharap agar saya bisa lebih mengontrol antara besarnya pengeluaran dan pemasukan saya,mungkin dengan cara menyisihkan uang dan menabung agar sikap pemborosan ini tidak berkepanjangan yang bisa merugikan diri kita sendiri dan di masa depan tentunya .

    Putri Permana Rizki
    2011-41-010
    Putriprizki@gmail.com

  51. Pemasukan saya seimbang dengan pengeluaran saya. untuk menambah uang saku, saya berbisnis keripik maicih. hasil bisnis yang saya lakikan membuat uang saku saya bertambah 20% sehingga uang pengeluaran saya bisa ditutupi dengan hasil penjualan keripik maicih. saya menghembat pengenluaran dalam bentuk pulsa. biasanya saya seminggu sekali membeli pilsa 30.000 sekarang saya memotongnya menjadi 10.000 per minggu.uang bulanan saya 1.200.000 biasanya tiap bulam pengeluaran saya mencapai 1.000.000 kini setelah saya bisnis penjualan maicih dan memotong uang pulsa kini pengeluaran saya hanya mencapai 700.000

  52. pemasukan dan pengeluaran saya tidak selalu seimbang karena banyak hal tak terduga yang terjadi di setiap bulan. pada saat ini saya belum ada usaha untuk menambah uang saku saya tetapi rencana saya yaitu mau berjualan pulsa ke orang orang kampus. kalau saya berjualan pulsa tidak tentu berapa untung yang saya dapatkan. selain berjualan pulsa saya juga ingin berdagang baju. mudah-mudahan dengan cara seperti itu bisa menambah uang saku saya dan mengurangi pengeluaran saya. terima kasih

  53. 1. )

    pemasukan :

    Uang saku atau pemasukan saya dalam satu bulan yaitu sebesar Rp.. 1.000.000 pemasukan yang saya dapat dari :
    – pemasukan dari orang tua untuk transpot kuliah dan juga uang jajan yaitu sebesar Rp. 800.000
    – pemasukan saya yang kedua dari keuntungan menjual pulsa elektrik sebesar Rp.200.000

    pengeluaran :

    – pengeluaran saya yang pertama yaitu , transpot kuliah dan jajan sebesar Rp. 20.000 dalam satu hari . jadi kalau dihitung dalam satu bulan yaitu sebesar Rp. 600.000 .
    – pengeluaran saya yg kedua untuk modal menjual pulsa elektrik yaitu sebesar Rp. 300.000 .
    jadi pengeluaran saya dalan satu bulan yaitu sebesar Rp. 900.000.

    2 .)

    Hal-hal yg biasa saya lakukan untuk menambah uang saku saya dengan cara , menjual pulsa elektrik kepada teman-teman kampus atau teman-teman rumah. mengapa saya menjual pulsa elektrik , karena lebih efektif dan lebih praktis kepada teman-teman yg sedang membutuhkan pulsa . jadi tidak usah harus pergi ke counter pulsa. cukup dengan menghubungi saya lewat sms atau telpon. lalu saya akan mentransfer nominal pulsa yang diminta . pembayarannya bisa melalui ATM atau pembayara langsung .

    3. )

    Tambahan uang saku yang saya dapat dari keuntungan penjualan pulsa elektrik sekitar Rp. 200.000 dalam satu bulannya .

    NAMA : NURUL ARIPIN
    NIM : 201141017
    KELAS : SEKSI 8
    FAKULTAS : HUKUM

  54. nama : Jemilia
    Nim : 201012154
    Seksi : 53

    A. Pemasukan
    1.gaji setiap bulan Rp 2.500.000
    2.di luar gaji saya jual baju dan mainan keuntungan tidak
    pasti tiap bulan berapa.paling besar keuntungan sekitar
    200.000 s.d. 350.000
    3.total pemasukan saya tiap bulan gaji Rp 2.500.000 n di luar gaji
    di luar gaji Rp 200.000 total Rp2.700.000
    pengeluaran 2.400.000 dan tabungan tiap bulan 300.000

    B. Pengeluaran
    1.bayar kuliah Rp 900.000
    kost Rp 350.000
    jajan buat adik Rp 300.000
    makan & angkot Rp 700.000
    biaya lain Rp 150.000

    pengeluaran terbesar biaya kuliah Rp 900.000

    2. total pengeluaran sebulan adalah Rp 2.400.000

    C. Testimoni

    1. pemasukan Rp 2.700.000
    pengeluaran Rp 2.400.000
    kondisi uang aku lumayan stabil karena saya tiap awal bulan pasti sudah
    menabung sekitar 300.000 sampai 400.000
    2. saya melakukan jual baju,mainan dan sarung hp itu bisa
    menambah uang saku saya
    3. menambah uang saku sekitar 200.000 s.d 350.000
    (Karena tidak bulan keuntungan tidak pasti)
    4. yang saya lakukan untuk mengurangi pengurangan saya dengan cara
    saya masak sendiri dan juga jarang belanja n tidak naik ojek
    5. saya masak sendiri jadi bisa lebih irit dan saya tinggal di tanjung duren
    tiap pulang kerja aku naik angkot B 01 dari tempat kerja, turun
    dekat citra land aku jalan kaki sampai tanjung duren lumayan
    20 menit dan itu juga bikin lebih irit dan bisa irit 5.000 perhari
    karena tidak naik ojek dan juga jarang belanja baju atau lain2
    dan cara uang keluar bisa menjadi uang masuk mungkin
    dengan cara jual baju,mainan dan sarung dan uang keluar/modal
    buat beli baju,mainan dan sarung setelah laku di jual ke orang lain
    uang juga cari masuk ke saya malahan lebih lagi.
    6. Total pengeluaran bisa saya kurangi sekitar 150.000 s.d 350.000

  55. pemasukan :
    1.setiap minggu pemasukan saya adalah 400.000 rb.
    2.tambahan uang sakunya 100.000 rb
    3.jadi total setiap bulannya adalah 1.600.000 rb

    pengeluaran:
    1.-makan pagi 10.000
    -makan siang 10.000
    -makan malam 10.000
    jadi total pengeluaran perbulan adalah 480.000

    jadi.kondisi yang saya terima dengan pengeluaran perbulannya itu cukup.
    untuk menutupi kekurangannya yaitu dengan cara menghemat pengeluaran.
    untuk melakukan pengurangan dengan cara mengurangkannya waktu makan dari 10.000 menjadi 8000.berarti menghemat 2000.dalam seminggu yaitu 24000.

    nama: reni farah ayu
    nim : 201152052

  56. Pemasukan:
    – Mengajar: Rp 500.000,00

    Pengeluaran:
    -Pulsa: Rp 100.000,00
    -kebutuhan sehari-hari: Rp 300.000,00
    -Pengeluaran tak terduga: Rp 150.000

    Komentar:
    jika dalam sebulan saya memiliki uang lebih, uang tersebut akan saya tabung di bank. saya memilih untuk menabung di bank yang bunganya tinggi. Tapi, terkadang uang yang saya dapatkan tidak ada lebih, bahkan kurang. Saya merasa kurang puas dengan apa yang saya dapatkan, saya akan berusaha untuk mendapatkan penghasilan lain dengan cara berjualan hal-hal kecil.
    Hal-hal yang bisa saya lakukan untuk mengurangi pengeluaran adalah membeli barang yang kira-kira saya perlukan, saya akan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Dengan melakukan hal itu, saya dapat mengurangi pengeluaran saya setiap bulannya sekitar Rp 100.000,00.

  57. 1. Pemasukan ; Rp. 500.000 pengeluaran Rp. 300.000
    Kondisi keuangan cukup stabil, saya bisa menyisakan uang sampai 200.000
    2. Saya setiap hari menyisihkan uang atau menghemat uang
    3. Setiap bulan tersisih 200.000
    4. Cara saya menghemat dengan cara tidak naik kendaraan umum
    5. Dengan cara jika naik angkutan atau bis bisa sampai dua kali atau tiga kali,
    biaya itu makin menurun, jika naik kendaraan pribadi biaya yang keluar
    tersebut bisa menjadi biaya masuk
    6. bisa sampai 50.000

  58. 1. Rata-rata uang saku saya 900 ribu.
    2. tidak ada pemasukan lain.
    3. Pengeluaran 900 ribu
    4. Pengeluaran saya terbanyak adalah ongkos sehari-hari yaitu 20 ribu dalam sehari dan itupun pada saat kuliah saja
    uang makan saya minimal 15 ribu.
    5.total 280 ribu dalam sebulan itu dikarnakan saya kuliah hanya 2x dalam seminggu.
    6.menghemat,banyak menabung,mendahulukan hal yang sangat penting dan mendesak.
    7.Yang biasa saya lakukan untuk menghemat pengeluaran saya adalah saya selalu mendahulukan hal yang bagi saya sangat penting dan mendesak,sedangkan hal yang belum mendesak dan penting bagi saya selalu menjadi hal belakangan atau belum saya dahulukan untuk sementara waktu.
    8.biasanya saya bisa menghemat 200-300 ribu.

    Yusuf hidayat (201141011)

  59. uang saku saya sehari 50 ribu kalau sebulan kurang lebih 1 juta.
    saya tidak ada pemasukan kecuali uang saku.
    dan pengluaran saya hanya uang bensin untuk motor saya dan jajan di kantin serta jalan ama kpacar.jd mungkin pendapatan saya hanya sisa dari uang saku saya dan dari uang saku saya sebulan hanya bisa lebih 200 ribu.mungkin saya bila ingin dapet pemasukan yang lebih besar saya harus menghemat uang jajan saya.mungkin kedepan nya saya akan menghemat uang saku saya
    terima kasih.

    nama:muhamad restu armansyah
    nim :2011-41-019

  60. FITRAH FIDHIRA 201141016

    A.1 Berbicara masalah uang saku dimana uang saku saya Rp.1.000.000 per bulan

    A.2 Tambahan uang saku apabila saya berprestasi dalam hal akademik pasti akan di tambahkan sesuai kebijakan anggaran rumah tangga…

    A.3 total pemasukan saya dalam 1 bulan setelah mendapat tambahan uang saku berkisar Rp1.300.000

    B.1 untuk keperluan bertahan hidup selama 1 bulan
    pengeluaran rutin saya per bulan yang paling besar adalah bayar kos-kosan sebanyak Rp 350.000

    B.2 total pengeluaran saya selama 1 bulan makan 3X1 hari : 5.000 @ 3 = 15.000 per hari
    15.000 @ 30hari = 450.000

    C.1 pemasukan rutin saya sekitar 1.000.000-350.000 (bayar kost)- 450.000 ( bertahan hidup ) = 200.000
    jadi dalam sebulan saya menabung sebesar Rp200.000

    C.2 cara menambah uang saku saya dengan belajar giat lalu mendapat prestasi akademik

    C.3 tambahan uang saku yang saya terima dari apa yang saya lakukan diatas sekitar 300.000

    C.4 untuk dapat mengurangi pengeluaran saya,, saya melakukan puasa

    C.5 yah dengan berpuasa saya bisa menabung sekitar 5.000 per hari

    C.6 dengan berpuasa seminggu 2 kali jadi bisa menyimpan 10.000 per minggu dan jika di kalkulasikan selama 1 bulan akan bisa menyimpan 40.000. setahun 480.000 dan seterusnya sehingga uang simpanannya dapat saya gunakan apabila ada biaya tak terduga.

    terima kasih

  61. a 1 gaji1 1.100.000 + gaji2 200.000 = 1.300.000
    a 2 tamabahan takterduga 450.000
    a1+a2 = 1.750.000
    b1 makan+rokok+bensin+pulsa+jajan = 28.000 x 30 hari = 840.000
    b2 bayar kost + listrik +service motor = 350.000
    b1+b2 =1.190.000

    pemasukan – pengeluaran = 560.000

    tapi herannya saya kok ngak bisa nabung pas akhir bulan uangnya pasti ngepres n kadang min, sedih kerja keras ya ngak bisa nabung…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s