Bekerja untuk uang menciptakan ketakutan

Seorang pekerja yang sudah  meningkat penghasilannya menganggap wajar jika ingin membuat keadaan menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Tindakan ini bisa mengakibatkan meningkatnya jumlah pengeluaran dan mudah terjebak dalam pesona utang dan kalau sudah terjebak utang, orang semakin terikat dengan uang.

Sebagai seorang pekerja, kita sangat mengandalkan waktu dan tenaga yang kita miliki untuk mendapatkan penghasilan. Jika kita sakit dalam waktu yang relatif lama atau kita telah memasuki masa pensiun, maka waktu dan tenaga yang kita berikan untuk bekerja juga berkurang dan penghasilan kita dengan sendirinya tentu akan berkurang pula. Kita mungkin tidak akan mendapatkan penghasilan lagi ketika terkena PHK atau tempat kerja kita mengalami kebangkrutan.

Mungkin kita merasa yakin dapat menghadapi semua itu dengan uang simpanan yang diperoleh selama ini. Untuk berapa lama kita dapat bertahan dengan uang simpanan? Pada suatu saat uang simpanan kita akan semakin berkurang dan akhirnya akan habis. Berkurang dan habis bukan hanya karena digunakan, tapi karena nilai uang yang disimpan juga semakin menurun akibat tingkat inflasi yang lebih besar dibanding dengan bunga simpanan yang diperoleh. Semakin jelas sekarang, bahwa menjadi pekerja kita tidak dapat mencapai keamanan finansial seperti yang didambakan.

Penyebab utama seorang pekerja dalam kondisi yang tidak aman secara finansial adalah karena motivasi bekerjanya semata-mata demi uang. Orang yang motivasi bekerjanya demi uang justru akan memperoleh rasa takut. Orang yang bekerja demi uang akan terikat dengan uang, menjadi takut tidak punya uang dan rela menjadi budak uang. Orang yang bekerja demi uang akan dihantui ketakutan, takut gajinya tidak cukup, takut penghasilannya berkurang, takut pendapatannya terhenti, dan bentuk-bentuk ketakutan lainnya.

Ketakutan yang diakibatkan oleh ketergantungannya terhadap uang akan menjadikan dirinya mau melakukan apa saja demi mendapatkan uang, bahkan kalau perlu mendapatkannya dengan cara-cara yang batil. Orang yang menyatakan bahwa dirinya tidak tertarik dengan uang lebih buruk daripada orang yang terikat dengan uang. Orang yang demikian itu, dalam kenyataannya harus bekerja keras selama 8 jam sehari bahkan lebih untuk sekedar mendapatkan uang.

 

19 tanggapan untuk “Bekerja untuk uang menciptakan ketakutan”

  1. memang pada benar, bekerja untuk uang dapat menciptakan ketakutan. karena saya dapat melihat fenomena orang-orang disekitar saya yang sedang bekerja, setiap harinya mereka memikirkan gajih, gajih, dan gajih, seperti tidak ada hal lain yang difikirkan. ternyata mereka memikirkan gajih karena mereka harus mengatur uang tersebut dengan sebaik mungkin untuk membayar semua kebutuhan mereka, bahkan membayar beberapa tagihan bulanan. dan jika kita sadari semua itu belum dapat menciptakan rasa aman untuk mereka, ketakutan yang terus menghampiri mereka setiap harinya. mengetahui hal tersebut maka saya tidak ingin bekerja untuk uang, yang saya inginkan yaitu uang bekerja untuk saya. amin.. terimakasih

  2. benar bekerja untuk uang memang membuat kita merasa ketakutan, tetapi jika uang berkerja untuk kita menciptakan rasa yang sangat nyaman selain kita bisa mendapat pasive income kita juga mendapat penghasilan tambahan

    Hermanto
    2010-12-136

  3. saya stuju dengan bapak ,dan saya akan berbicara dengan bapak say kalau pensiun jangan takut karena Ketakutan yang diakibatkan oleh ketergantungannya terhadap uang akan menjadikan dirinya mau melakukan apa saja demi mendapatkan uang, bahkan kalau perlu mendapatkannya dengan cara-cara yang batil.

  4. menurut saya bermotivasi untuk meghasilkan yang memuaskan,hendaklah bekerja keras, dari hasilnya yang sedikit sampi yang besar. dan sebagai seorang pekerja, kita sangat mengandalkan waktu dan tenaga,agar kita mendapatkan hasil yang optimal.

  5. Bekerja untuk uang hanya akan menciptakan ketakutan karena kita hanya berfikir bagaimana agar kita terus menerus mendapatkan uang tsb. Misalnya seorang pengusaha,ia pasti ingin terus mendapatkan uang untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya atau bahkan keluarganya,maka setiap waktunya akan ia gunakn untuk terus mencari uang tsb agar selalu tercukupi kebutuhannya. Cara bekerja seperti ini membuat kita terikat dan tidak memiliki time freedom atau kebebasab dalam hal waktu.

  6. Kalau menurut pendapat saya, jika kita sudah mendapat penghasilan yang cukup banyak, apa salahnya kalau sebagian dari penghasilan kita disumbangkan untuk orang yang kurang mampu, bisa dibilang untuk beramal. Jika tidak disumbangkan juga tidak masalah, tetapi lebih baik sebagian dari gaji tersebut bisa di tabung untuk masa tua nanti atau untuk berjaga-jaga jika kita membutuhkannya nanti.

  7. Bekerja dimana semata-mata hanya ingin mendapatkan uang memang bisa menciptakan ketakutan, dimana kita bisa dijadikan budak oleh uang. Itu harus disadari mulai dari awal dan memang ilmu yang mempelajari bagaimana mencari dan mengelola uang yaitu dari Mata kuliah Motivasi Usaha sangat bermanfaat bagi kita semua. Kita diberikan wawasan bagaimana sebenarnya mengelola uang itu dan untuk mendapatkan keamanan finansial sehingga uang tidak menjadikan kita budak uang dan ketakutan.

  8. menjadi seorang pekerja memeng belum sepenuhnya mendapatkan keamanan finansial, orang yang bekerja atau menjadi seorang pekerja harus dapat mengatur keuangannya untuk di tabung, dan harus mempunyai motivasi untuk menjadi seorang bisnismen atua investor agar mendapatkan keamanan finansial.

  9. yang dimaksud bekerja untuk uang menciptakan ketakutan, mungkin karena bekerjanya karena tamak dan menghalalkan segala cara agar mendapatkan uang yang belimpah dan menjadikan persaingan di sesama pekerja

  10. Bekerja untuk uang menciptakan ketakutan

    saya sangat setuju dengan pendapat bapak Seorang pekerja yang sudah meningkat penghasilannya menganggap wajar jika ingin membuat keadaan menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Tindakan yang bisa menciptakan ketakutan itu meningkatnya jumlah pengeluaran dan mudah terjebak dalam pesona utang dan kalau sudah terjebak utang, orang semakin terikat dengan uang atau orang yang sudah banyak hutangnya orang itu akan menjual benda yang berharga untuk melunasi hutangnya,menrut saya itu adalah hal yang sangat tidak boleh di tiru,lebih baik kita bekerja dengan sungguh-sungguh dan tabah untuk mencari uang untuk keperluan kita,dan jangan selalu berhutang pada orang lain.sekian dan terima kasih.

  11. menurut pendapat saya, mengapa bekera untuk uang menciptakan ketakutan?
    karena kenyataannya hidup itu penuh dengan berbagai kebutuhan, bila kita bekerja hanya untuk mendapatkan uang atau gaji itu membuat kita menghalalkan berbagai cara dan itu bukan persaingan yang sehat, karena uang itu seperti air yang mengalir. makannya bekerja untuk uang menciptakan ketakutan yah itu tadi yang saya tulis diatas

  12. saya setuju dengan pendapat bapak,kalau begitu mulai saat ini kita harus memiliki sebuah motivasi jangan mau bekerja untuk uang dan menghilangkan segala ketakutan tersebut dengan mencari income dari tempat lain….
    andhika juniarto
    NIM: 2010-71-112
    SEKSI: 53

  13. Selamat sore Pak!
    Artikel yang Bapak tulis ini sangat realistis. Namun demikian meski banyak yang merasa berada dalam kondisi tersebut, biasanya seseorang akan merasa ragu untuk melangkah, keluar dari kondisi itu, kira-kira mengapa demikian ya Pak? Tak sedikit orang yang akan merasa takut dalam mengambil langkah ekstrim yang beresiko, bagaimanakah cara memberanikan diri dalam mengambil sebuah resiko demi langkah yang lebih baik Pak?
    Mohon masukannya dan Terimakasih!

  14. saya sangat setuju, sekarang banyak orang yang bekerja hanya karena mendapatkan uang semata, mencari-cari dan mengutamakan uang didalam hidupnya.
    tanpa melihat kepuasaan yang didapatkan, dan tujuan dari pada bekerja.
    namun, jaman sekareang ini masih banyak orang yang terus berfikiran akan hal ini, dan merupakan hal yang wajar untuk dipikirkan. namun saya juga pernah melihat bagaimana kehancuran seseorang terjadi dikarenakan uang. dan karena motivasi yang salah semua menjadi sia-sia. bekerja boleh untuk mendapatkan uang, namun yang lebih penting adalah untuk mendapatkan kepuasaan dan kebahagiaan dalam bekerja.

  15. itu benar sekali siapa saja yang bekeja semata-semata hanya untk uang apalagi sampai seseorang telah di butakan oleh uang ia akan merasa kaetakuan.dan juga bisa menimbulkan seseorang sombong dan angkuh.

  16. saya sangat setuju dengan artikel ini karena tidak selamanya kita bisa bekerja untuk uang. maka dari itu dari sekarang kita harus sudah memikirkan bagaimana caranya agar uang yang bekerja untuk kita supaya di hari tua nanti hidup kita terjamin.

    Maideline
    2010-12-129

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s