Motivasi mendapatkan penghasilan

Motivasi untuk mendapatkan rasa aman merupakan motivasi yang dominan pada setiap manusia, termasuk rasa aman dalam hal finansial atau kebutuhan untuk mendapatkan keamanan finansial.

Untuk mencapai keamanan finansial, kita berusaha mendapatkan penghasilan dengan cara :

  1. Menjadi pekerja (employee), yaitu seseorang yang bekerja pada seseorang (majikan), kantor pemerintahan, atau sebuah perusahaan.
  2. Menjadi pekerja lepas (self employed) yang menjadi boss bagi dirinya sendiri, seperti seorang profesional (dokter, pengacara, konsultan, dsb) atau pekerja lepas lainnya yang menjajakan suatu barang atau menjual jasa kepada pihak lain.
  3. Menjadi pemilik usaha (business owner), yaitu seseorang yang menciptakan sebuah usaha, mempekerjakan orang untuk bekerja dan mengendalikan sistem usaha yang diciptakannya itu.
  4. Menjadi investor (investors) yang menghasilkan uang  dengan menanamkan sejumlah aset untuk mendapatkan penghasilan di masa yang akan dating, misalnya dengan menabung atau mendepositokan uang, membeli saham atau valas, membeli barang-barang yang disewakan, dan sebagainya.

Menjadi apa pun diri kita, cara mana pun yang dipilih, salah satu cara atau gabungan beberapa cara, kita harus melakukannya dengan motivasi tertentu. Motivasi yang kita miliki dalam mencari penghasilan umumnya mencari uang atau untung sebanyak-banyaknya agar tercapai keamanan finansialnya.

Saya mempunyai motivasi mendapatkan penghasilan dengan menjadi dosen di sebuah universitas (menjadi employed) kemudian menjadi intruktur sesuai permintaan dari luar (menjadi self employed). Saat ini saya berusaha meningkatkan motivasi saya untuk mendapatkan kebebasan finansial (financial freedom) melalui penghasilan pasif (passive income) dengan merintis menjadi pemilik usaha dan investor.

 

31 tanggapan untuk “Motivasi mendapatkan penghasilan”

  1. Hidup ini memang membutuhkan kebebasan dan salah satunya adalah kebebasan finansial, saya sangat mendukung motivasi untuk mendapatkan kebebasan finansial( financial freedom) melalui penghasilan pasif ( passive income), karena itu disamping saya sebagai seorang karyawati swasta, saya juga sedang merintis sebuah usaha dengan menjadi agen Rizqy Food Olahan Ikan, hal itu saya lakukan untuk dapat mewujutkan Motivasi kebebasan finansial saya.

  2. Saya setuju dengan post ini karena bannyak dari kita yang berusaha bekerja untuk mendapatkan keamanan secara finansial. Kita semua pasti ingin mengalami free financial freedom atau bebas dari masalah keuangan apalagi melalui passive income,karena apabila kita berpenghasilan dengan active income,ada kalanya kita tidak dapat bekerja misalnya karena sakit. Saat itu,pasti penghasilan kita akan berkurang. Lain halnya jika passive income. Kita akan tetap mendapatkan uang apapun kondisi kita,karena passive income berarti uang bekerja untuk kita.

  3. saya juga saat ini sangat termotivasi untuk mendapatkan keamanan finansial, karena saya juga berfikir, saya tidak mungkin terus menerus mendapatkan kebutuhan termasuk uang selalu dari orang tua, jika nanti saya sudah bekerja maka saya yang harus membiayai seluruh kebutuhan orang tua saya. saat ini saya terus menerus berusaha membangun suatu usaha yang mudah-mudahan nantinya dapat berkembang pesat, dan menghasilkan laba yang besar, usaha tersebut nantinya akan saya jadikan usaha sambilan, karena saya ingin juga sambil bekerja. jika semua itu berhasil saya wujudkan, maka saya akan berada diposisi yang aman, dalam arti saya tidak diselimuti oleh rasa ketakutan karena semua kebutuhan saya sudah terpenuhi.

  4. untuk mendapatkan uang. kita tidak harus bekerja di satu tempat atau bidang pekerjaan. melainkan kita dapat bekerja di beberapa bidang atau tempat pekrjaan dengan catatan kita dapat mengatur waktu dan menguasai pekerjaan tersebut. dengan begitu kita akan mendapatkan pemasukan atau penghasilan yang dapat membuat diri kita aman dari keamanan finansial

    NAMA: Angga Abiyana
    NIM : 201141009

  5. suryaningsih
    suryaningsihneng@yahoo.com
    201136003

    Pada dasarnya mendapatkan keamanan finansial merupakan impian setiap manusia.Akan tetapi banyak macam jenisnya termasuk saya begitu juga cara yang saya tempuh untuk mendapatkan keamanan finansial tersebut.Berawal dari menyelesaikan kuliah yang sekarang saya jalani,setelah itu saya menjadi karyawan (employed)kemudian mempunyai kontrakan sendiri dan usaha makanan ringan lainnya atau memiliki pasif income.
    Jadi blog yang bapak buat ini ada benarnya dan menjadi pacuan saya kedepan untuk mendapatkan kebebasan finansial.

  6. Nice article pak…
    Saya sendiri sebelum ikut kuliah ini, hanya berpikir bekerja dengan penghasilan yang meningkat sudah cukup ‘aman’ tapi ternyata tiak pak, sampai saya mengalami yang namanya kehilangan pekerjaan beberapa tahun lalu.
    Puji Tuhan kini saya sudah mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Membaca artikel bapak diatas, saya menjadi tergugah untuk mulai meningkatkan peran saya, tidak hanya sebagai employee, tapi juga mencoba menjadi self employeeed, business owner dan investor.

    Ya, tentu saja bertahap sich pak.
    Dimulai dengan kuliah lagi –> bahan asar saya untuk membuka biro konsultasi sendiri (self employeed ya pak hehe ^^, )

    Kl jadi investor saya masih bingung pak, karena banyak temen yang bilang musti punya dasar analisa yang kuat –> bingung mo belajar dari mana? 😦

    Akhir nya , doakan saya supaya berhasil ya pak. 🙂

    thanks buat kuliahnya yang memberi saya insight baru hehe

  7. Komentar saya : menurut saya, motivasi untuk mendapatkan keamanan finansial dapat menjadi dorongan yang sangat besar bagi kita dalam usaha kita untuk mendapatkan penghasilan yang terus meningkat dari waktu ke waktu dengan memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita.

  8. Nama : Frista Genza Gustarika
    NIM :201133009
    Fakultas : ILMU KPERAWATAN

    saya setuju dengan bapak , di umur saya ini saya ingin memiliki usaha . dimulai dari usaha kecil terlebih dahulu seperti menjual pulsa elektrik .
    karena saya ingin mencapai kesuksesan seperti yang bapak sudah peroleh , saya ingin memanfaatkan waktu remaja saya untuk memperoleh uang sendiri . karena saya ingin belajar mulai dari sekarang , agar kelak jika saya sudah menggapai kesuksesan saya , saya ingin menikmati apa yang sudah saya perjuangkan saat ini . dan mencapai keamanan yang financial dikemudian hari.

  9. scorpio_girl26@ymail.com
    novita sari
    2011-66-066

    mendapatkan keamanan finansial itu sangatlah penting karena dengan kita mendapatkan keamanan itu hidup kita akan terasa nyaman,, dan mulai sekarang saya juga mulai menabung untuk masa depan saya nantinya dan di dalam menabung inilah saya bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti keamanan finansial..

  10. motivasi mendapatkan keamanan finansial
    setelah saya mempelajari motivasi keamanan finansial saya ingin sekali bisa mencontoh apa yang bapak hasilkan selama ini dengan
    1 saya akan bekerja untuk orang lain agar saya bisa memperdalam pengalaman dari bekerja untuk orang lain
    2 saya akan membuat usah sendiri yang mana saya bisa memperkerjakan orang lain tanpa saya bekerja
    3 kemudian saya akan menanamkan sejumlah aset ke perusahaan ternama dijakarta untung menambah modal saya kelak dihari tua
    4 hasil itu semuan nanti untuk hidup saya kelak dihari tua tanpa meminta kepada anak lagi dan dapat saya nikmati untu masa sekarang dan masa depan kelak
    saya mempunyai inesiatif seperti itu karna saya melihat bapak sangatlah maju dalam mengembangkan motivasi bapak dan saya sangat berterimakasih kepada bapak telah membukakan motivasi saya terimaksih pak mulyoatas pelajaran yang bapak ajarkan kepada saya
    halimatus sa’diah
    201133017
    keperawatan

  11. NIM : 201136018
    Seksi : 08

    Motivasi seorang pekerja dan pekerja lepas untuk sekedar mencapai keamanan finansial dapat ditingkatkan agar keamanan finansialnya terjamin.
    Untuk menjamin keamanan finansialnya seorang pekerja dapat menambah sumber penghasilan di luar gaji yang didapat secara terus menerus dan menabung dana cadangan.
    Seorang pekerja lepas dapat menjamin keamanan finansialnya dengan melakukan berbagai upaya seperti yang dilakukan oleh seorang pekerja.
    Seorang pekerja lepas juga dapat meningkatkan motivasinya untuk mendapatkan kebebasan finansial seperti motivasi yang dimiliki oleh pebisnis sejati.

  12. assalamu’alaikum Wr.Wb

    saya mempunyai motivasi untuk bekerja sebagai pegawai,tetapi saya masih bingung untuk membagi waktu saya antara kuliah dengan bekerja. Sebenarnya saya juga ingin menjadi investor dengan menabung uang saya di bank. Dengan cara seperti itu saya punya sejumlah uang simpanan untuk masa depan saya dan untuk membantu meringakan beban kedua orang tua saya.

    Saya berterima kasih atas tulisan bapak karena setelah saya membaca tulisan bapak, saya menjadi punya motivasi yang tinggi untuk lebih berusaha lagi.

  13. Saya sebagai karyawan, memang juga merasakan bahwa penghasilan hanya berdasarkan gaji saja memang tidak cukup, Kita harus mempunyai penghasilan lain yang kita kumpulkan untuk mendapatkan penghasilan pasif. Motivasi saya juga memang terinspirasi untuk mendapatkan penghasilan pasif dimana kita mendapatkan keamanan finansial tanpa harus menunggu gaji saja dan dengan ilmu yang telah saya terima melalui Motivasi Usaha ini akan memotivasi saya kembali, bahwa saya bisa memulai kembali untuk mendapatkan cita-cita yang saya impikan yaitu mempunyai penghasilan pasif dimana memberikan kemanan finansial bagi saya dan keluarga.

  14. untuk mendapatkan keamanan finansial kita harus dapat menentukan mau jadi seperti apa, ddengan cara apa kita mencapai tujuan tersebut, menjadi pekerja, pekerja lepas , investor maupun bisnismen pada dasarnya mempunyai satu tujuan yaitu mendapatkan keamanan finansial. setiap orang memimpikan kehidupan yang aman dan nyaman.

  15. dalam hidup semua orang bertujuan untuk mendapakkan keamanan vinansial. motivasi untuk mendapatkan keamanan finansial sangatlah besar dalam dirti seseorang, adanya banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keamanan finansial seperti menjadi seorang pegawai, maupun seorang investor dan pembisnis, untuk mewujudkan hal tersebut kita harus bisa memotivasi diri kita agar dapat mewujudkannya.

  16. bagaimana agar kita menjadi pekerja yang baik, disiplin dan tepat waktu?
    karena belakangan ini banyak pekerja yang sikap perilaku yang tidak baik,tidak disiplin,tidak rapih dalam berpakaian dan sering telat. apakah pekerja yang seperti ini yang lanyak sebagai penerus bangsa kita, bagaimana menangani pekerja yang seperti ini, apakah perlu pembinaan yaitu motivasi yang membangun dan memberi semangat.
    thanks for bapak mulyono, semoga semakin sukses kedepannya.
    amin ya robbal alamin.

  17. saya sangat menyukai motivasi yang bapak tulis, dengan menjadi employee, kemudian menjadi self-employee, dan pada akhirnya bapak memiliki passive income. sungguh motivasi yang sangat menakjubkan.

    nama: Elyanshia Ishatinaya Amalo
    nim: 201141022
    e-mail: elyanshiaamalo@yahoo.com

  18. saya sependapat dengan bapak Motivasi untuk mendapatkan rasa aman merupakan motivasi yang dominan pada setiap manusia, termasuk rasa aman dalam hal finansial atau kebutuhan untuk mendapatkan keamanan finansial.artinya motivasi untuk mendapatkan rasa aman itu kita harus saling menjaga hubungan yang erat contohnya hubungan keluarga artinya hubungan yang sejahtera,aman,tertib dan tidak mudah di pisahkan oleh orang lain terutama orang yang kita sayangi atau kita cintai.karena hubungan yang sejahtera bisa membuat orang-orang menjadi bahagia dalam hidupnya itulah pentingnya motivasi mendapatkan keamanan yang finansial.sekian dan terima kasih.

  19. Motivasi untuk mendapatkan rasa aman merupakan motivasi yang dominan pada setiap manusia, termasuk rasa aman dalam hal finansial atau kebutuhan untuk mendapatkan keamanan finansial,contohnya Menjadi pekerja , yaitu seseorang yang bekerja pada kantor pemerintahan, atau sebuah perusahaan.
    sekian dan terima kasih.

  20. saya baru mendengar dan mengerti motivasi untuk mendapatkan keamanan financial adalah pada mata kuliah motivasi usaha.
    suatu hal yang baru tetapi adalah yang selama ini saya inginkan dan mungkin orang-orang lain juga inginkan. Setelah mendengar dan membacanya saya jadi mempunyai motivasi yang jelas selain tujuan utama saya adalah bekerja yang terbaik untuk menyenangkan Tuhan selain itu menjadi wanita karier sekaligus mempunyai penghasilan pasif. thank you pak … buat sharingnya …

    Emma Yanti Jayadi
    201012137
    yanti_emma@yahoo.co.id

  21. setelah saya membaca artikel bapak saya sangat kagum akan apa yang bapak peroleh selama ini saya ingin seperti bapak
    pertama saya adalah seorang mahasiswa yang mana besok kalau saya lulus dan menjadi seorang perawat yang handal mungkin saya akan bekerja di rumah sakit yang ternama di jakarta dan memperdalam ilmu saya agar menjadi lebih profesional
    ke dua saya akan membangun sebuah klinik yang mana saya bisa memeperkerjakan seseorang
    ke tiga saya akan menginvestasikan uang saya ke sebuah perusahaan yang mana saya setiap bulannya saya mendapatkan masukan uang lebih tanpa harus bekerja
    ke empat setelah saya mendapatkan keamanan finansial saya mau beli apa saja tanpa harus menunggu waktu lama saya bisa mendapatkan apa yang saya mau
    pendapat saya bahwa keamanan finansial sangat berguna untung kita kelak di hari tua nanti tanpa merepotkan anak cucu kita kelak.
    terima kasih bapak mulyo atas apa yang bapak ajarkan kepada saya,
    halimatus sa’diah
    201133017
    keperawatan

  22. Selamat sore Pak!
    Disadari atau tidak setiap orang pastilah memiliki keinginan untuk mendapatkan keamanan finansial, meskipun dalam bentuk ungkapan yang beragam. Dari keempat cara yang Bapak paparkan di atas semuanya memiliki resiko (kekurangan) & kelebihannya masing-masing. Apakah setiap orang akan berhasil dengan cara yang sama, misalkan dengan menjadi investor? Bagaimana mengetahui cara di atas yang paling sesuai/cocok untuk meraih kebebasan finansial diri kita?
    Terimakasih.

  23. Saya bekerja di salah satu perusahaan Brokerage di Jakarta sebagai seorang admin, saya termotivasi untuk mendapat penghasilan tetap dari sana.

    1 tahun menjalani pekerjaan tersebut, akhirnya saya beralih tugas menjadi seorang asisten analis, merangkat menjadi seorang junior analis, dari jabatan tersebut kini saya memperoleh penghasilan tambahan berupa Komisi analisa,

    selain dalam bidang tersebut, kegemaran saya dalam mendalami ilmu komputer membuat menjadi tenaga kerja freelance, sebagai online marketing…. dan usaha jual beli online…

  24. menurut saya setiap profesi atau pekerjaan yang kita pilih sebaiknya sesuai dengan kemampuan kita ataupun dengan hobby kita.

  25. setiap manusia pd umumnya memiliki motivasi mendapatkan keamanan finansial apapun profesi yang di inginkannya, menjadikan pekerja pd seorang badan usaha ataupun kantor pemerintah. pastilah ada pekerjaan ataupun perturan” yang harus di sepakati oleh pekerja.

  26. menjadi seorang pegawai , juga bekerja menjadi diri sendiri , dan memiliki usaha sendiri adalah impian saya . saya ingin menjadi seorang pegawai juga memiliki usaha sampingan ,juga memiliki investasi atau aset yang bisa menjadikan saya tidak harus bekerja sampai saya tua . artinya saya ingin memiliki usaha yang di pekerjakan banyak orang dan dari usaha itu saya mendapatkan uang , jadi buka saya yang mencari uang lagi tapi uang yang mencari saya .
    nama : joko setiawan
    nim : 2011 – 36 – 019

  27. Dengan mengetahui dan memahami tentang ilmu motivasi teryata dorongan dari diori sendiri dan ketika kita telah mengetahui tentang motivai usah itu tidak selalu mengandalkan modal tapi dengan ketekunan dan kejujuran akanmendapatkan upenghasilan yang lumayan contoh saya sambil bekerja ketika melihat pajak kendaraan teman saya akan tawarkan diri untuk pengurusannya STNK tersebut karena di jakarta orang selalu disibukan dengan aktifitas saya akan memanfaatkan kondisi seperti itu walaupun tidak seberapa jasanya tapi kalau dalam sebulan mendapatkan pelanggan rata-rata 10 X 30 jasanya akan menghasilkan tambvahan 300.000/ pulan yang penting ada kemauan………..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s