Rencana pemasaran

  1. Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), dalam menghasilkan barang dan jasa (product). Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.
  2. Konsep inti pemasaran : (1) Kebutuhan, keinginan, permintaan, (2) Produk dan jasa, (3) Nilai, kepuasan, mutu, (4) Pertukaran, transaksi, hubungan, (4)Pasar, pemasaran
  3. Kebutuhan (needs) adalah pernyataan dari perasaan kekurangan. Keinginan (wants)  adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian  seseorang dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan
  4. Permintaan (demads) adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Manusia memiliki keinginan yang tak terbatas, tetapi memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga akan memilih produk yang memberi nilai dan kepuasan terbesar dengan uang mereka.
  5. Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi dan dapat  memuaskan keinginan atau kebutuhan
  6. Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang dapat ditawarkan oleh suatu kelompok kepada yang lainnya yang pada dasarnya tidak nyata  dan tidak berakibat
  7. Nilai Pelanggan (Customer Value) adalah selisih manfaat yang diperoleh pelanggan dengan menggunakan suatu produk dengan biaya yang dikeluarkan untuk memperolehnya atau manfaat dikurangi biaya. Manfaat adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Biaya (Cost) adalah pengorbanan untuk mendapatkan produk, baik waktu atau uang
  8. Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) adalah tingkat perkiraan kinerja produk yang sesuai dengan harapan pembeli. Perbandingan kenyataan dengan  harapan, puas bila kenyataansama dengan harapan, sangat puas bila kenyataan lebih besar dibanding harapan,  dan kecewa bila kenyataanlebih kecil dibanding harapan
  9. Mutu adalah  sifat dan karakteristik total suatu produk/jasa yang berhubungan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan pelanggan.
  10. Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh obyek (produk) yang diharapkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Pemasaran terjadi saat manusia memutuskan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui pertukaran.Pertukaran terjadi bila (1) terdapat sedikitnya dua pihak, (2) Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang berharga bagi pihak  lain, (3) Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran, (4) Kedua belah pihak dapat berkomunikasi dan menyerahkan barang
  11. Transaksi adalah perdagangan antara dua pihak yang melibatkan paling sedikit dua  bentuk nilai, persetujuan mengenai kondisi, waktu dan tempat
  12. Hubungan Pemasaran (Relationship Marketing) adalah proses menciptakan, memelihara dan meningkatkan hubungan timbal balik dengan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan
  13. Pasar adalah sekelompok pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau  jasa
  14. Pemasar adalah penjual yang memahami kebutuhan dan keinginan suatu pasar tertentu  dan memilih pasar yang paling dapat dilayani dengan baik
  15. Rencana pemasaran terdiri dari (1) Penentuan kebutuhan pasar, (2) Memilih pasar sasaran khusus yaitu pasar individu,  relung pasar, segmentasi, (3) Pemilihan strategi pasar, kaitan dengan marketing mix ( Product, price, promotion & place)
  16. Kegiatan pemasaran terdiri dari (1) Riset pemasaran, (2) Penetapan produk, (3) Penetapan harga, (3) Penginformasian, (4) Pendistribusian, (5)Pelayanan berkelanjutan
Iklan

One thought on “Rencana pemasaran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s