Hubungan-hubungan dalam organisasi

HUBUNGAN-HUBUNGAN DALAM ORGANISASI

MATERI BELAJAR OMPE DASAR,  OLEH : MULYO WIHARTO

LEKTOR KEPALA, UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

*

  •  Hubungan dalam organisasi terdiri dari hubungan internal (human relation) dan hubungan eksternal (public relation)
  • Human relation adalah seluruh hubungan formal maupun informal yang diciptakan dan dibina dalam  organisasi sehingga tercipta team work yang intim dan harmonis dalam rangka mencapai tujuan
  • Prinsip-Prinsip Human relation : (1) Sinkronisasi tujuan individu dan organisasi, (2)Suasana kerja menyenangkan, ada hubungan kerja yang intim, (3) Pekerjaan menarik dan menantang, tidak bersifat rutinitas, (4) Peralatan cukup sehingga tidak terjadi kelambatan, (5)
    Hubungan kerja informal wajar, tidak terlalu formal/informal, (6) Manusia bukan mesin, perlu pengakuan dan penghargaan, (7) Pengakuan dan penghargaan terhadap pelaksanaan tugas, (8) Mengembangkan kemampuan secara maksimal, (9) Balasan sesuai jasa yang diberikan, (10) The right man in the right place
  • Human relation yang baik : (1) Ada loyalitas bawahan terhadap atasan, bawahan terhadap  sesama, atasan terhadap bawahan atau atasan terhadap sesama, anggota terhadap organsasi, ada gairah kerja yang tinggi, (2) Ada moral kerja yang tinggi, (3) Ada disiplin yang tinggi, (4)
    Penyelewengan yang terjadi sedikit
  • Public relation adalah seluruh kegiatan yangg dijalankan organisasi terhadap pihak lain dalam rangka membina pengertian dan dukungan demi tercapainya tujuan organisasi dengan sebaiknya
  • Kegiatan public relation : (1) Bertujuan memberi gambaran sejelasnya pada pihak lain tentang aktivitas organisasi  dan memberikan dukungan terhadap organisasi dan kegiatannya, (2) Merupakan tangggung jawab setiap anggota organisasi, 3) Bukan hanya dilakukan pada jam kantor, juga dimanifestasikan dengan cara hidup anggota organisasi di luar jam kerja, (4) PR formal dilakukan oleh unit PR, bersifat informasi pada pihak luar tentang kegiatan organisasi, biasanya berbentuk press release, iklan, dsb, (5) PR informal dilakukan semua anggota organisasi, berbentuk tindak tanduk dan tata laku di luar organisasi yang menunjang nama organisasi

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s