Sukses Finansial

Dalam mengatur keuangan pribadi, janganlah kita fokus pada keseimbangan pemasukan dengan pengeluaran. Fokus pada keseimbangan pemasukan dan pengeluaran tidak bisa membuat orang menjadi kaya, sebab peningkatan pemasukan akan dikuti dengan peningkatan pengeluaran sehingga tetap saja tidak kaya walaupun penghasilannya bertambah.

Fokus pada keseimbangan pemasukan dengan pengeluaran mengakibatkan peningkatan aset akan diikuti dengan peningkatan liabilitas, peningkatan pemasukan juga diikuti dengan peningkatan pengeluaran.

Keuangan harus  fokus pada aset sehingga bisa menjadi kaya, caranya dengan meningkatkan pemasukan dan menurunkan pengeluaran.  Untuk meningkatkan aset, pemasukan hendaknya berasal dari berbagai sumber dan bila mungkin dengan jumlah pemasukan yang besar.

Untuk meningkatkan aset dapat juga dilakukan dengan megusahakan agar pengeluaran digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan bukan sekedar keinginan, megutakaman barang produktif dan bukan barang konsumtif dan melakukan pembelian secara efisien.

Pada saat mengeluarkan kewajiban (liabilitas), prioritaskan membayar diri sendiri terlebih dahulu sebelum membayar yang lain atau menyisihkannya untuk simpanan, membayar utang atau biaya-biaya yang tidak dapat ditunda kemudian barulah biaya-biaya hidup.

Iklan

83 tanggapan untuk “Sukses Finansial”

  1. nim:201034004, seksi: 07

    pemasukan saya dalam satu bulan Rp 2.450.000
    1. uang saku, tabungan, dan hibah
    sumber pemasukannya dari papa, bibi,dan om. tapi, kalau dari bibi dan om jarang jarang. kalau mereka ada uang, mereka kasih.

    2. ada, pinjaman uang dari saudara(utang) sehinnga mendapat piutang apa yang telah dipinjam
    3.pengeluaran saya dalam satu bulan Rp 1.550.000
    seperti, pemotongan tabungan,makan siang + makan malam, bayaran kos, beli makanan.
    4. tidak ada
    5. sudah, saya memprioritasikan hal biaya yang berhubungan dengan tugas kampus
    6. sudah, dengan cara pemotongan uang makan saya
    7. sudah, menabung 50% dari total pengeluaran saya sehari hari

  2. NIM 201036022, SEKSI 07

    – Pemasukan saya dalam 1 bulan Rp.1.600.000. pemasukannya dari uang saku,tabungan,uang penjualan pulsa dan pihutang. Sumber pemasukan dari orang tua, kakak dan saya sendiri.
    – Ada, yaitu dari waktu saat saya bayar uang kost.
    – Pengeluaran saya dalam 1 bulan yaitu kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan bulanan.
    – Ada, dari keuntungan jualan pulsa.
    – Iya, dalam pengeluaran saya sudah memperioritaskan kebutuhan saya alasannya karena saya sudah mengatur jumlah pemasukan dalam 1 bulan dan jumlah pengeluaran dalam 1 bulan, terbukti masih ada sisanya.
    – Sudah, 50% ( Rp 1.600.000 – Rp 800.000 = Rp 800.000)

  3. MIM : 2010-34-006
    seksi 07

    Pemasukan saya pada bulan ini adalah dari uang saku dan uang bensin yang sumbernya itu dari orang tua. Pemasukan yang bersumber dari pengeluaran belum ada, karena masih sulit dalam mengaturnya. Dalam satu bulan ini pengeluaran saya ada 5 macam yaitu: untuk beli bensin, makan/jajan, beli pulsa tugas kampus dan main futsal. Saya tidak mempunyai pengeluaran yang bersifat produktif karena saya tidak mempunyai tabungan ataupun bisnis. Saya sudah memprioritaskan hal-hal apa saja yang dianggap penting yaitu bensin, makan dan pulsa. saya belum melakukan efisiensi dalam rencana anggaran bulan ini. Namun dari hasil uang bulanan, saya masih memiliki sisa uang untuk keperluan yang tidak terduga. saya belum menyisihkan sebagian uang untuk menabung karena masih sulit mengaturnya.

  4. Pemasukan saya dalam satu bulan ini bersunber dari uang saku yang diberikan oleh orang tua saya yang terdiri dari uang saku, uang tugas, dan uang jajan yang diberikan pada hari libur.
    Pemasukan ini tidak ada yang berasal dari luar, karena rencana yang saya rencanakan belum terealisasi dengan baik. Pada bulan ini saya merencanakan untuk berjualan kue dari modal yang diberikan oleh orang tua saya. Rencana ini baru akan berjalan pada akhir bulan Agustus.
    Sedangkan pengeluaran saya dalam satu bulan ini terdiri dari transport, jajan, tugas, dan uang pulsa.
    Dan menurut saya pengeluaran yang saya keluarkan ini semuanya bersifat produktif, karena merupakan kebutuhan saya yang mendesak.
    Pengeluaran saya pada bulan ini sudah diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan saya, bukan hanya sekedar keinginan.
    Dan sebisa mungkin saya melakukan efisiensi pada pengeluaran saya, dengan menyisihkan setiap uang yang saya dapatkan dengan jumlah kira-kira sebanyak 30% dari jumlah uang yang saya dapatkan pada bulan ini.

    1. NIM : 2010-36-018
      Seksi : 7

      Pemasukan saya dalam satu bulan ini bersunber dari uang saku yang diberikan oleh orang tua saya yang terdiri dari uang saku, uang tugas, dan uang jajan yang diberikan pada hari libur.
      Pemasukan ini tidak ada yang berasal dari luar, karena rencana yang saya rencanakan belum terealisasi dengan baik. Pada bulan ini saya merencanakan untuk berjualan kue dari modal yang diberikan oleh orang tua saya. Rencana ini baru akan berjalan pada akhir bulan Agustus.
      Sedangkan pengeluaran saya dalam satu bulan ini terdiri dari transport, jajan, tugas, dan uang pulsa.
      Dan menurut saya pengeluaran yang saya keluarkan ini semuanya bersifat produktif, karena merupakan kebutuhan saya yang mendesak.
      Pengeluaran saya pada bulan ini sudah diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan saya, bukan hanya sekedar keinginan.
      Dan sebisa mungkin saya melakukan efisiensi pada pengeluaran saya, dengan menyisihkan setiap uang yang saya dapatkan dengan jumlah kira-kira sebanyak 30% dari jumlah uang yang saya dapatkan pada bulan ini.

  5. NIM : 2010-36-017
    SEKSI 07

    Pemasukan saya dalam satu bulan ini dari uang saku dan penjualan tiket pesawat, pemasukan tersebut saya mendapatkan uang saku dari orang tua saya dan penjualan tiket tersebut saya dapatkan dari teman saya yang memesan tiket untuk pulang ke kampung halamannya. pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran belum ada, karena saya tidak mau mengambil resiko yang berlebihan dan juga saya belum mempunyai dana yang besar. pengeluaran saya dalam satu bulan ini memebeli bensin untuk transportasi saya kekampus dan tempat lain lalu pulsa untuk berkomunikasi, renang, ngeprint tugas, makan/jajan dan parkir di kampus. Saya tidak mempunyai pengeluaran yang bersifat produktif karena saya tidak mempunyai tabung ataupun bisnis dan investasi yang lain, saya sudah memprioritaskan kebutuhan saya yang menurut saya penting seperti makan /jajan, bensin untuk motor dan pulsa. Dan saya belum melakukan efisiensi (penghematan) dalam rancana anggaran bulan ini, namun dari hasil uang bulanan yang diberikan orangtua saya, saya masih memiliki sisa uang untuk keperluan yang tidak terduga seperti membeli keperluan untuk kuliah saya dan yang terakhir saya belum menyisihkan uang untuk diri sendiri karena saya masih sulit untuk mengatur keuangan saya sendiri.

  6. NIM ; 201036032
    seksi 07

    1. – uang saku
    – pendapatan jual stik kentang
    – jual jus
    – jual kripik singkong
    2. Ada
    – pendapatan dari berjualan jus
    – pendapatan jual stik kentang
    – pendapatan kripik singkong
    3. – tabungan
    – keperluan tak terduga
    – perlengkapan pribadi
    – transportasi
    – uang makan
    – pulsa
    – modal jus
    – modal stik kentang
    4. ada
    – modal jus
    – modal stik kentang
    – modal kripik singkong
    5. sudah, buktinya adalah saya membelanjakan uang saya untuk kebutuhan yang bersifat mendesak atau sangat penting
    6. sudah,buktinya saya sudah meminimalisir biaya pengeluaran saya sehemat mungkin
    7. sudah, kira-kira 17 %

  7. NIM : 2010-36-017
    SEKSI 07

    Pemasukan saya dalam satu bulan ini dari uang saku dan penjualan tiket pesawat, uang saku tersebut saya dapatkan dari orang tua dan penjualan tiket pesawat saya dapatkan dari teman yang ingin pulang ke kampung halamannya. Pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran belum ada, karena saya tidak mau mengambil resiko yang berlebihan dan juga saya belum mempunyai dana yang besar. Pengeluaran saya dalam satu bulan ini diantaranya membeli bensin untuk transportasi saya ke kampus dan tempat lain, lalu pulsa untuk berkomunikasi, renang, ngeprin tugas, makan/jajan dan parkir di kampus. Saya tidak mempunyai pengeluaran yang bersifat produktif karena saya tidak mempunyai tabungan ataupun bisnis dan investasi yang lain. Saya sudah memprioritaskan kebutuhan saya yang menurut saya penting seperti makan/jajan, bensin untuk motor dan pulsa. Saya belum melakukan efisiensi (penghematan) dalam rencana anggaran bulan ini, namun dari hasil uang bulanan yang diberikan oleh orangtua saya, saya masih memiliki sisa uang untuk keperluan yang tidak terduga, seperti membeli keperluan untuk kuliah saya. Dan yang terakhir saya merasa belum menyisihkan uang untuk diri sendiri karena saya masih sulit untuk mengatur keuangan saya sendiri.

  8. Nama : Endang Tularsih
    Nim : 201036015
    Seksi : 07

    1. pemasukan saya berasal dari uang saku yang diberikan orang tua setiap minggunya, laba penjualan baju, dan setiap bulanya pasti saya akan dapat hibah dari pacar, walau tak menentu nominalnya.

    2. ada,
    laba dari saya berjualan baju..
    uang saku saya sebagian saya pergunakan untuk memferiasikan/ membeli baju untuk kemudian saya jual kembali.

    3. pengeluarang saya hanya berupa transport, jajan dan terkadang makan dikampus.
    karna saya masih tinggal dengan orang tua.

    4. pemotongan uang saku..
    karna uang saku yang saya sisihkan saya gunakan untuk modal pembelian baju.

    5. sudah.
    buktinya pengeluaran saya selalu tidak pernah melebihi dari uang jajan saya, dan pengeluaran saya tidak lepas hanya sekedar transport dan minum atau makan dikampus.

    6.sudah,,
    efesiensi yang saya lakukan untuk menghemat adalah dengan menyisihkan uang transport saya dengan cara meminta antar dan meminta jemputan dari pacar saya.
    atau membuat makalah atau tugas di rumah atau dikampus sehingga tidak perlu ke warnet.

    7.belum..
    biasanya saya menabung sisa dari uang jajan satu minggu dan laba penjualan baju saya. karna menurut saya kebutuhan saya di kampus selalu mendadak, seperti foto copy atau naik ojek bila terlambat ke kampus. maka bila hanya membawa sekedarnya saya saya pasti akan kesusahan atau kekurangan.
    dikarenakan juga penerimaan uang saku saya seminggu sekali dan tidak seberapa.
    presentasi tabungan saya dari pengeluaran sekitar 40 % an.

  9. NIM : 201036002
    seksi : 07

    Jika dilihat dari rencana anggaran saya pada bulan Agustus ,pemasukan saya sebagai berikut: uang saku yaitu uang yang diberikan orang tua utuk keperluan sehari-hari, tabungan, pemberian orang tua yang berupa uang tambahan, laba penjualan handukyang saya terima karena saya menjual handuk yang saya peroleh dari sepupu saya yang saya jual kembali ke orang lain, dan pemberian dari nenek jika saya berkunjung kerumahnya. Sedangkan pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran itu belum ada dikarenakan saya belum melakukan pengeluaran yang bersifat produktif.

    Sedangkan pengeluaran saya pada bulan Agustus ini hanya berupa uang transport untuk berangkat/pulang kuliah, lalu pulsa yang saya isi semiggu sekali dan sedikit uang jajan yang saya keluarkan dikarenakan saya berpuasa dan memang saya lebih suka menyimpan uang saya dibandingkan harus jajan. Selama ini saya belum ada pengeluaran yang sifatnya produktif. Menurut saya, saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan dengan bukti saya tidak membeli barang-barang yang tidak saya butuhkan.

    Lalu saya sudah melakukan efisiensi (penghematan) dalm bentuk tabungan dan melakukan pengeluaran sesuai kebutuhan bukan hanya untuk keinginan. Saya sudah menyisihkan uang sebagian untuk saya sendiri, kira-kira 30% dari jumlah total pengeluaran saya.

  10. nim : 201036024
    seksi : 07

    Dalam satu bulan saya mendapat pemasukan dari orang tua yang memberikan uang jajan yaitu sebesar 400.000 rupiah, lalu mendapatkan hibah dari kakak yang sudah bekerja sebesar 100.000 rupiah, karena saya mempunyai usaha kecil-kecilan dengan menawarkan sepatu saya mendapat komisi sebesar 50.000 rupiah, dan ada tambahan dari teman yang membayar utang sebesar 20.000 rupiah.
    Tidak ada pemasukan yang berasal dari pengeluaran, sebab saya belum ada usaha selain menawarkan sepatu kepada teman, dan saya belum mempunyai atau mendapatkan peluang.
    Pengeluaran saya dalam satu bulan adalan transport sebesar 120.000 rupiah, membeli pulsa 50.000 rupiah, membeli makanan dan minuman sebesar 150.000 rupiah, nonton acara musik 20.000 rupiah, print tugas dan jilid 12.000 rupiah, beli baju 30.000 rupiah.
    Ada, seperti membeli makanan dan minuman, juga membeli baju.
    Saya belum memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan (bukan sekedar keinginan), karena saya masih suka mengeluarkan uang untuk membeli barang yang yang tidak terlalu penting atau saya sudah punyai seperti membeli baju atau aksesoris wanita.
    Menurut saya, saya sudah melakukan efisiensi contohnya lebih menghemat uang jajan untuk transportasi, dan tidak terlali banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak penting.Lalu dalam menyelesaikan tugas misalnya seperti ngeprint saya usahakan dirumah, dalam membeli makanan pun saya lebih memilih harga yang terjangkau dan kualitas makanannya sama dan juga membuat kenyang.
    Sudah, biasanya sehari saya menabung sebesar 5.000 rupiah jadi kalau sebulan 150.000 rupiah, sehingga 50 % dari total pengeluaran saya selama satu bulan.

  11. Nim : 2010-36-019, Seksi 7

    Pemasukan saya bulan ini hanya dari uang saku, uang jajan, dan uang tugas. Sekarang pemasukan keuangan saya yang dari pengeluaran belum ada karena saya belum mencoba pengeluaran yang bersifat produktif tetapi, setelah saya belajar mata kuliah motivasi usaha saya mengerti cara mengelola keuangan yang baik dan ingin mencoba serta menerapkannya dalam sehari-hari. Pengeluaran saya bulan ini adalah ongkos, uang pulsa, uang jajan, dan uang tugas., walaupun pemasukan saya tidak banyak tetapi dalam pengeluaran saya mampu memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan. Tetapi kadang juga saya mengeluarkan uang hanya sekedar untuk keinginan. Untuk menyisihkan uang sebelum digunakan untuk membayar biaya-biaya lain saya tidak pernah menggunakan cara itu, tetapi saya dapat menyisihkan uang untuk ditabung walaupun jumlahnya tidak banyak.

  12. NIM : 2010-36-025
    SEKSI : 07

    1.Pemasukan saya dalam 1 bulan : uang saku…
    sumbernya : dari orang tua…
    2.Tidak ada pemasukan yang terima dari pengeluaran..
    alasanya : karena belum ada keinginan,, kemauan dan pengalaman untuk saya mencobanya…
    3.pengeluaran saya dalam 1 bulan adalah :
    -membeli pulsa.
    -bensin/transportasi.
    -membeli pakaian,,sendal dan sepatu.
    -membeli rokok.
    -pengeluaran yang tak terduga.
    4.Dalam 1 bulan ni pengeluaran yang bersifat produktif TIDAK ADA..
    5.BELUM..
    Alasannya : karena setiap bulannya besar pengeluaran saya pasti lebih besar dari besar pemasukan yang saya terima.
    6.sudah saya coba…
    saya melakukan penghematan dari hal tekecil yang saya bisa lakukan dengan cara menabung sisa wang saku yang saya terima walaupun hanya 100rb/bulan.
    7.sudah…
    saya mencoba tiap bulan menyisihkan 100rb dari wang saku yang saya terima…

  13. Nim : 2010.34.007, seksi 07

    Bulan Agustus ini saya mendapatkan pemasukan uang. Pemasukan uang ini bersumber dari Ayah saya yaitu uang saku seLama satu buLan sebesar rp.400.000, kemudian pemasukan uang dari laba saya menjual pulsa elektrik rp.300.000, kolak ramadhan sebesar rp.250.000, dan pemasukan uang lebaran rp.350.000.
    Didalam pemasukan uang saya bulan ini ada yang berasal dari pengeluaran, yaitu keuntungan dari penjualan pulsa elektrik dan kolak ramadhan.
    Pengeluaran saya dalam satu bulan ini diantaranya transport kuliah satu bulan rp.70.000, uang jajan minggu pertama rp.25.000 (minggu ke 2 smpai ke 4 puasa), biaya pembuatan tugas kuliah rp.30.000, beLanja baju rp.300.000, dan pengeluaran lain-lain yang tak terduga sebesar rp.100.000.
    Dalam pengeluaran uang saya, tidak ada yang bersifat produktif.
    Saya belum memprioritaskan pengeluaran saya sesuai kebutuhan dan keinginan saya, karena masih banyak pengeluaran-pengeluaran lain yang belum saya pikirkan.
    Saya sudah berusaha untuk melakukan penghematan uang dengan menggunakan uang untuk yang penting dan seperlunya saja.
    Saya sudah menyisihkan uang bulan agustus saya sebesar 43% dari sisa pemasukan saya.

  14. NIM: 2010-34-011 SEKSI 07

    Pemasukan saya dalam satu bulan yaitu dari uang saku,tabungan dan hibah. uang saku itu sendiri saya dapatkan dari orang tua, tabungannya dari hasil pemotongan uang saku, dan hibah rutin dari kakak dan paman. Pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran bulan ini sudah ada yaitu dari hasil pemotongan uang saku yang kemudian saya masukkan kedalam tabungan. Pengeluaran saya dalam satu bulan ini yaitu pemotongan uang saku, pembayaran kostan, biaya makaan, pembelian cemilan, dan pembelian baju. Untuk bulan ini saya sudah mempunyai pengeluaran yang produktif karna saya sudah mulai menyisihkan uang saku untuk ditabung. Saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan saya yang menurut saya memang penting untuk dikeluarkan misalnya pemotongan tabungan, pembayaran kostan dan pengeluaran biaya makan setiap hari. Dalam rencana anggaran bulan ini saya telah melakukan efisiensi (penghematan) dalam bentuk pemotongan tabungan dan mengurangi pengeluaran biaya yang tak terduga. Saya sudah melakukan penyisihan uang saku sebelum melakukan pengeluaran atau membayar biaya-biaya lainnya. Pemotongan uang saku tersebut saya ambil kurang lebih 15% dari total pengeluaran yang saya keluarkan selama satu bulan.

  15. NIM:201036029

    1) dari ayah ibu kakek nenek
    2) tidak ada karena pengeluaran saya sangat banyak di bandingkan pemasukan karena saya harus menabung
    3)uang trasford uang makan bli pulsa dan sisa untuk menabung
    4)ada misalnya beli baju beli sepatu dll
    5)sudah yaitu membeli buku kerena saya mengeluarkan uang tapi juga bermanfaat karena pengetahuan dan referensi saya bertambah
    6)efisiensi dalam hal waktu karena saya untuk membaca buku
    7)sudah menyisihkan sekitar 45 persen untuk di tabung untuk berjaga2 jika ada keperluan mendadak

  16. NIM:2010-36-016 SEKSI:07

    1.Pemasukan saya 1 bulan:uang saku
    sumber uang saku:dari orang tua

    2.Tidak,
    karena saya belum mencoba untuk melakukannya

    3.Pengeluaran saya dalam 1 bulan:
    -membeli bensin/bahan bakar.
    -membeli pakaian
    -membeli pulsa hand phone
    -membeli celana jeans
    -membeli topi

    4.Pengeluaran saya yang bersifat produktif:Tidak ada

    5.Saya belum memprioritaskannya

    6.Sudah,,
    Tetapi tidak rutin setiap bulan.

    7.Sudah ,,
    Saya sudah mencoba untuk menabung Rp.200.000,- Tetapi tidak rutin setiap bulannya.

  17. nim : 201034010 seksi : 07

    *pemasukan saya pada bulan ini adalah uang saku dari orang tua dan uang tambahan untuk di tabung juga dari orang tua .

    *belum ada , karena saya belum punya usaha yang menghasilkan pemasukan untuk saya .

    *uang makan , beli pulsa , beli baju , jalan-jalan .

    *tidak ada

    *sudah , buktinya apa yang saya beli sesuai dengan kebutuhan .

    *sudah , dalam bentuk uang jajan sehari-hari saya bisa menyisihkan untuk di tabung .

    *belum , karena saya takut ada kebutuhan yang belum terpenuhi , jadi saya memprioritaskan untuk membayar biaya-biaya yang lain terlebih dahulu dan sisanya baru saya tabung .

  18. 1.pemasukan saya dalam satu bulan 855.000
    uang saku bersumber dari:
    @.uang cuci motor(ayah)
    @.uang fotocoppy(ibu)
    @.uang beli pulsa(tante)
    @.uang tranfortasi (paman)
    tabungan;bersumber dari pemotongan pemasukan dari ayah,ibu,paman,tante
    2.ada,pinjam dari saudara,(utang)sehingga dapat piutang yang telah di pinjam
    3.pengeluaran yaitu;beli pulsa,cuci motor,jilid tugas,print tugas,angkot.
    4.tidak ada,karena semua efisien
    5.ia,dapat menabung.
    6.sudah..sehingga dapat membeli ke kebutuha yang diperlukan
    7.sudah,55%dari pengeluaran

  19. NIM : 2010-41-043 SEKSI : 08

    * Uang Saku Sebulan dari orang tua
    uang jajan dari sepupu

    * Ada, uang jajan kuliah (lebih atau sisa uang jajan kuliah)

    * Pengeluaran :
    -Uang jajan kuliah
    -uang pulsa
    -Uang transport (bensin)
    -Uang Salon

    * Sampai saat ini belim ada pengeluaran yang sifatnya berulang ulang

    * Sudah, pengeluaran yang saya keluarkan telah saya fikirkan dan mudah-mudahan dapat menghasilkan sesuatu yang dapat menambah penghasilan atau pemasukan. saya mengeluarkan uang untuk membeli barang barang yang dapat atau bisa diuangkan kembali. saya membeli barang yang nantinya jika dijual lagi saya mendapat untung.

    * Sedikit demi sedikit saya melakukan penghematan dengan perlahan lahan. Uang kesalon yang biasanya seratus ribu,saya kurangi menjadi lima puluh ribu.

    * jujur sampai saat ini saya belum menyisihkan sebagian uang saya, karena saya ingin memutar uang yang saya punya hingga dapat penghasilan yang lebih dari modal yang saya punya. sehabis itu saya akan berusaha menyisihkan sebagian uang saya untuk membayar keperluan lain dan keperluan hidup saya.

  20. nim : 201041034 seksi : 08

    . Pemasukan saya selama sebulan berasal dari uang saku yang diberikan orang tua, kakak-kakak saya dan keuntungan dari menjual velg.

    . Ada namun jumlahnya tidak besar yang berasal dari sisa uang jajan di kampus.

    . Uang jajan/makan di kampus, membeli pulsa, uang bensin, trasport, service motor dan jalan-jalan ketika libur.

    . Belum ada pengeluaran yang bersifat produktif karna saya belum mempunyai atau membeli barang yang bersifat kosumtif.

    . Sudah misalkan biaya saya dikampus untuk makan dan biaya transport merupakan kebutuhan.

    . Sudah dengan mengurangi biaya jajan saya di kampus dan mengurangi pembelian pulsa yang berlebihan.

    . Sudah namun tidak dalam jumlah yang begitu besar hanya sekitar 5% karna masih banyak biaya yang tidak terduga.

  21. NIM :201036021 SEKSI :07

    1.pemasukan saya dalam satu bulan yaitu :uang saku dari papa,tabungan,hibah dari paman,hibah dari bibi.semua pemasukan bersumber dari keluarga dan yang sifatnya membantu demi kelancaran kuliah saya.

    2.belum ada,karena saya belum terlalu pandai dalam mengatur uang sehingganya banyak pengeluaran dari pada pemasukan.

    3.pengeluaran saya dalam satu bulan : potongan tabungan,makan siang dan malam,beli pakaian,beli makanan ringan dan ganti oli motor.

    4.pengeluaran saya yang produktif contohnya seperti : ganti oli motor,beli pakaian,beli makanan ringan,makan siang dan malam.

    5.belum,alasanya yaitu karena saya masih perlu banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

    6.sudah yaitu dalam bentuk tabungan yang bunganya saya gunakan untuk kebutuhan sehari hari walaupun bunga tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

    7.sudah tetapi tabunganya belum terlalu banyak sehingga masih terpakai untuk biaya yang tak terduga lainya.

  22. 1. uang saku slama sebulan,hibah dari kakak,mencuci motor(upah),menjual jamur(upah)..
    2. membuat kalender,kartu ucapan
    3. transportasi,tabungan,acara buka bersama,beli baju muslim
    4. tidak ada pengeluaran yang bersifat produktif,yang saya keluarkan
    5. sudah,pengeluarannya untuk membeli baju muslim
    6. dalam bentuk menyisihkan sebagian uang saku
    7. 20%

    maaf yaa paak kalau kurang sempurna……..
    Nim: 2010-34-005 seksi 07

  23. Nim :201041037 , seksi:08

    1.Pemasukan saya berasal dari :
    -Uang saku
    -Tabungan dari sisa uang saku saya
    -Penjualan kue
    -Jasa servis motor
    -Pemberian uang dari paman
    Sumber pemasukan saya berasal dari orang tua dan penjualan kue,penjualan baju serta pemberian paman

    2.Ada,pemasukan saya ada yang berasal dari pengeluaran seperti penjualan kue dan penjualan baju.

    3.Pengeluaran saya untuk:
    -Transportasi kuliah
    -Uang jajan
    -Pembelian kue
    -Pembelian baju
    -Servis motor(ganti oli,dll)

    4.Ada,seperti pembelian kue dan pembelian baju

    5.Belum,karena saya masih belum bisa memisahkan yang mana kebutuhan dengan yang mana keinginan

    6.Belum

    7.Sudah,60%

  24. 1. Pemasukan selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Uang saku / uang jajan (pemberian orang tua).
    b. Photocopy.
    c. Penjualan flash disk.
    d. Pemberian dari paman untuk lebaran.
    e. Pemberian dari bibi (hasil menjual rumah).

    Adapun pemasukan-pemasukan tersebut adalah berasal dari pemberian orang tua, pemberian dari paman, pemberian dari bibi dan uang untuk memphotocopy dan uang membeli flash disk.

    2. Adapun pemasukan yang berasal dari pengeluaran adalah sebagai berikut:
    a. Uang memphotocopy sebesar Rp. 60.000 dengan keuntungan Rp.5000.
    b. Uang penjualan flash disk sebesar Rp.150.000 dengan keuntungan Rp.20.000.

    3. Pengeluaran selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Ongkos kuliah.
    b. Membeli pulsa.
    c. Memphotocopy.
    d. Membeli flash disk.

    4. Tidak, pengeluaran saya tidak ada yang bersifat pengeluaran produktif.

    5. Sudah, dengan mendahulukan pengeluaran yang bersifat lebih dibutuhkan ataupun bersifat primer (yang paling terprioritas yaitu uang untuk ongkos kuliah).

    6. Sudah, saya sudah melakukan penghematan. Contohnya: 1. Untuk pergi ke kampus, saya memilih untuk naik bis daripada naik ojek ataupun naik mobil pribadi. 2. Untuk pulsa saya lebih memilih berkomunikasi lebih banyak menggunakan SMS daripada berbicara menggunakan handphone.

    7. Belum, karena saya masih memilih untuk menyimpan kelebihan uang saya di rumah daripada di bank supaya apabila ada kebutuhan saya yang mendesak atau mendadak saya tidak terlalu repot untuk mengambil uang di bank (karena terkadang saya mengeluarkan uang dalam keadaan mendadak/mendesak).

  25. nim : 2010.33.020 seksi : 07

    pemasukan saya dalam sebulan ini adalah dari uang saku, tabungan dan uang bensin. pemasukan saya belum ada yang dari pengeluran karena saya masih bingung dan masih mencari mana yang cocok dalam pemasukan saya yang dari pengeluaran agar lebih mudah menjalaninya. pengeluaran saya selama satu bulan ini adalah uang bensin (transpot), uang jajan dan uang pulsa. bentuk pengeluaran saya belum ada yang sifatnya produktif. saya sudah berusaha memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan daripada keinginan saya. buktinya, sebenarnya saya pingin banget membeli tas lagi, tapi tas saya sudah ada, akhirnya saya tidak jadi membelinya.
    iyaa,,,saya sudah berusaha melakukan penghematan dengan cara mengurangi jajan dan pulsa yang berlebihan. saya juga sudah menyisihkan sebagian uang saya untuk di tabung dan nilainya 25% dari jumlah pengeluaran saya

  26. Nim 2010-41-007
    seksi 8

    1. – Uang saku dan uang saku dari kakak
    – orang tua&kakak
    2. Ada, yaitu dari tabungan
    3. – Uang jajan
    – Pulsa
    – Menabung
    4. Tidak ada
    5. sudah, buktinya saya menabung untuk kebutuhan yang lainnya
    6. sudah, dalam bentuk tabungan
    7. sudah, sekitar 47%

  27. 1.pemasukan saya dalam satu bulan
    uang saku bersumber dari :
    uang potocoppy (ayah)
    uang cuci motor (ibu)
    uang beli pulsa (paman)
    uang transfortasi(tante)
    2.ada,pinjam dari tetanga(utang)sehingga mendapat piutang dari telah dipinjam.
    3.beli pulsa,jilid tugas,frint makalah,angkot.
    4.tidak ada,
    5.sudah,sehingga dapat membeli apa yang diinginkan
    6.sudah,
    7.sudah,30% dari pengeluaran

  28. 1.pemasukan saya dalam satu bulan
    uang saku bersumber dari :
    uang potocoppy (ayah)
    uang cuci motor (ibu)
    uang beli pulsa (paman)
    uang transfortasi(tante)
    2.ada,pinjam dari tetanga(utang)sehingga mendapat piutang dari telah dipinjam.
    3.beli pulsa,jilid tugas,frint makalah,angkot.
    4.tidak ada,
    5.sudah,sehingga dapat membeli apa yang diinginkan
    6.belum
    7.sudah,30% dari pengeluaran

  29. NIM: 2010.36.003
    SEKSI: 07
    Pemasukan saya selama bulan agustus ini antara lain uang saku perbulan, hibah dari abang dan juga laba jual pulsa. Belum ada pemasukan yang berasal dari pengeluaran, sebab saya belum berani untuk membuka usaha sendiri apalagi menerima semua baik dan buruk masalah-masalah yang ada di usaha saya tersebut. Saya sudah mencoba jual pulsa tapi saya cuma sekedar membantu abang untuk menjualnya dan habis itu saya dan abang saya bagi hasil dari jualan pulsa itu. Pengeluaran saya selama bulan agustus antara lain transport, jajan dikampus, beli pulsa, fotocopy dan jilid, beli accesoris, dan biaya lain-lain. Saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan seperti sekarang ini saya lebih bisa mengatur pengeluaran sendiri dan bisa membedakan mana yang bersifat kebutuhan dan mana yang bersifat keinginan. Apabila menurut saya keinginan tidak terlalu penting daripada kebutuhan maka saya lebih memprioritaskan kebutuhan dahulu. Saya pun sudah melakukan penghematan dan menyisihkan sebagian pemasukan seperti uang yang masih tersisa dari pemasukan yang diperoleh, saya langsung masukan ke dalam tabungan yang ada dirumah dan apabila tabungan itu sudah banyak maka saya akan memindahkannya ke dalam tabungan dalam bentuk rekening. Saya pun ingin mengikuti perencanaan ini ke bulan yang akan datang sehingga saya dapat mengatur yang mana keinginan dan yang mana kebutuhan, bahkan saya pun bisa membuka usaha sendiri tanpa takut menerima masalah-masalah yang ada pada usaha saya tersebut.
    Terima kasih.

  30. NIM 201041039
    SEKSI 08

    1.PEMASUKKAN:
    * uang saku (ortu)
    * uang bensin
    * menabung

    2.PEMASUKKAN DARI PENGELUARAN:
    * melakukan potongan uang bulanan (menabung)

    3.PENGELUARAN:
    * menabung
    * jajan
    * pulsa
    * serba-serbi

    4. BELUM ada pengeluaran yang sifatnya produktif.

    5. sudah, dengan cara memperkecil pengeluaran dengan memlilih kebutuhan yang harus diutamakan dan diprioritaskan.Buktinya jumlah pengeluaran lebih sedikit dibandingkan pemasukkan.

    6. sudah, dengan memotong terlebih dahulu uang bulanan lalu dimasukkan dalam kas. lalu dengan memperkecil pengeluaran.

    7. sudah, saya melakukan potongan uang bulanan sebesar 20%.

  31. nim : 201041018

    1. pemasukan saya bulan ini antara lain : uang saku , uang transport, dan uang belanja semua itu berasal dari pemberian kk saya

    2. ada pengeluaran saya belanja untuk kk saya cari yang harga murah dan berkualtas, sisa uang belanjanya untuk saya pribadi

    3. uang transport, buka puasa bersama, sedekah, belanja, beli pulsa

    4. sudah, buktinya saya hanya mengeluarkan uang untuk keperluan yang seharusnya, dan untuk hal kebaikan bukan digunakan untuk hal yang sia sia

    5. belum ada, tetapi saya selalu rutin sedekah,, dan menurut saya itu insyallah produktif karna akan di beri rejeki lebih dari tuhan jika sering ikhlas bersedekah

    6. ya saya sudah melakukan efisiensi,buktinya saya tidak membelanjakan uang saya untuk hal hal yang bukan kebutuhan saya

    7. saya sudah menyisihkan uang saku saya dari awal menerima sekiitar 25%

  32. A. 1. uang saku.
    2. tabungan dari uang saku.
    3. penjualan chips.
    4. penjualan koran bekas.
    5. penjualan karpet bekas.

    B. Tidak ada, karena mungkin saya belum mempunyai jiwa kewirausahaan/ ide-ide yang cemerlang.

    C. 1. transportasi kuliah.
    2. uang jajan.
    3. uang pembelian topi.

    D. ya ada, misalnya membeli koran.

    E. ya, buktinya adalah saya bisa menyisihkan/ menabung sebagian uang saya sendiri.

    F. ya, salah satunya adalah dengan tidak membeli barang yang tidak bermanfaat/ berguna untuk saya dan bukan sekedar keinginan yang tidak jelas.

    G. ya, hanya 10% saja.

  33. NIM : 2010-41-019 ,Seksi : 08

    1. Pemasukan saya perbulan hanya dari Orang Tua, untuk uang saku saya perbulan

    2. Ada, Dari sisa uang saku saya perbulan yang saya sisihkan untuk kebutuhan saya yang lain – lain

    3. – Jajan (Makan, Minum, Pulsa, Bensin. dLL)

    4. Tidak ada

    5. Ada, buktinya kalau saya di kasih uang saku dari orang tua saya memisahkan uang saya sebagian untuk kebutuhan mendesak

    6. Sudah, dalam bentuk menyisihkan uang saku bulanan saya

    7. Sudah, saya menyisihkan uang 25% dari uang saku saya..

    1. NIM : 2010-41-051 ,Seksi : 08

      1. Pemasukan saya perbulan dari Ayahanda dan Ibunda saya saja

      2. Ada, pemasukan uang jajan saya hasil pemberian orang tua saya, saya sisihkan

      3. Untuk makan, minum, Bensin kendaraan saya selama 1 bulan dari uang yang saya sisihkan, Pulsa dan kebutuhan” lain yg sifatnya mendesak

      4. Tidak ada, karna saya belum usaha

      5. Sudah, Saya menyisihkan uang saku saya untuk “Uang jaga – jaga” jika perekonomian saya sedang minim

      6. Sudah, dalam bentuk menabung

      7. Sudah, Saya menyisihkan uang saya 50% dari uang saku saya.

  34. NIM: 2010-41-012
    SESSI: 08
    1. a. uang saku dari orang tua
    b. uang transportasi dari orang tua
    c. uang pulsa dari orang tua
    d. uang flashdisk dari simpanan bulan lalu

    2. tidak. karena saya belum memiliki kemampuan untuk berbisnis.

    3. a. uang makan
    b. uang transportasi
    c. beli flashdisk
    d. pulsa
    e. renang

    4. tidak ada.

    5. iya. uang makan, uang transportasi, dan beli flashdisk untuk kebutuhan kuliah. pulsa untuk kebutuhan komunikasi dan renang untuk olahraga.

    6. sudah. meminimalisasi uang makan karena bisa makan di rumah.

    7 belum. karena saya merasa dapat mengatur pengeluaran saya sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

  35. NIM : 2010-41-026 SEKSI : 8

    1. – Uang Jajan
    – Dan tambahan untuk keperluan
    – Sumber pemasukan dari orang tua.

    2. Ada,Misalnya iBu menyuruh membeli makanan untuk berbuka puasa. Lalu dari
    pembelian ada kembalian, ibu memberikan kembalian itu sebagai upah, jika ada
    lebihnya saya menyisihkan uang tersebut untuk keperluan yang produktif.

    3. – Bensin
    – Rokok
    – Jajan
    – Pulsa.

    4. – Bensin
    – Rokok
    – Pulsa
    – Menabung.

    5. Belum, karena semua kebutuhan saya masih di tanggung orang tua. alasannya karena
    saya belum bekerja jika saya sudah bekerja pasti saya lebih memprioritaskan
    pengeluaran sesuai kebutuhan.

    6. Sudah, penghematan saya untuk membeli sesuatu keinginan saya dalam
    bentuk menabung.

    7. Sudah saya menabung menyisihkan uang jajan saya 20% dari pengeluaran.

  36. 1. Pemasukan selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Uang saku / uang jajan (pemberian orang tua).
    b. Photocopy.
    c. Penjualan flash disk.
    d. Pemberian dari paman untuk lebaran.
    e. Pemberian dari bibi (hasil menjual rumah).
    Adapun pemasukan-pemasukan tersebut adalah berasal dari pemberian orang tua, pemberian dari paman, pemberian dari bibi dan uang untuk memphotocopy dan uang membeli flash disk.
    2. Adapun pemasukan yang berasal dari pengeluaran adalah sebagai berikut:
    a. Uang memphotocopy sebesar Rp. 60.000 dengan keuntungan Rp.5000.
    b. Uang penjualan flash disk sebesar Rp.150.000 dengan keuntungan Rp.20.000.

    3. Pengeluaran selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Ongkos kuliah.
    b. Membeli pulsa.
    c. Memphotocopy.
    d. Membeli flash disk.

    4. Tidak, pengeluaran saya tidak ada yang bersifat pengeluaran produktif.

    5. Sudah, dengan mendahulukan pengeluaran yang bersifat lebih dibutuhkan ataupun bersifat primer (yang paling terprioritas yaitu uang untuk ongkos kuliah).

    6. Sudah, saya sudah melakukan penghematan. Contohnya: 1. Untuk pergi ke kampus, saya memilih untuk naik bis daripada naik ojek ataupun naik mobil pribadi. 2. Untuk pulsa saya lebih memilih berkomunikasi lebih banyak menggunakan SMS daripada berbicara menggunakan handphone.

    7. Belum, karena saya masih memilih untuk menyimpan kelebihan uang saya di rumah daripada di bank supaya apabila ada kebutuhan saya yang mendesak atau mendadak saya tidak terlalu repot untuk mengambil uang di bank (karena terkadang saya mengeluarkan uang dalam keadaan mendadak/mendesak).

  37. Nim : 201041009
    Seksi : 08

    1. Pemasukan selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Uang saku / uang jajan (pemberian orang tua).
    b. Photocopy.
    c. Penjualan flash disk.
    d. Pemberian dari paman untuk lebaran.
    e. Pemberian dari bibi (hasil menjual rumah).
    Adapun pemasukan-pemasukan tersebut adalah berasal dari pemberian orang tua, pemberian dari paman, pemberian dari bibi dan uang untuk memphotocopy dan uang membeli flash disk.
    2. Adapun pemasukan yang berasal dari pengeluaran adalah sebagai berikut:
    a. Uang memphotocopy sebesar Rp. 60.000 dengan keuntungan Rp.5000.
    b. Uang penjualan flash disk sebesar Rp.150.000 dengan keuntungan Rp.20.000.

    3. Pengeluaran selama bulan Agustus 2010 adalah sbb:
    a. Ongkos kuliah.
    b. Membeli pulsa.
    c. Memphotocopy.
    d. Membeli flash disk.

    4. Tidak, pengeluaran saya tidak ada yang bersifat pengeluaran produktif.

    5. Sudah, dengan mendahulukan pengeluaran yang bersifat lebih dibutuhkan ataupun bersifat primer (yang paling terprioritas yaitu uang untuk ongkos kuliah).

    6. Sudah, saya sudah melakukan penghematan. Contohnya: 1. Untuk pergi ke kampus, saya memilih untuk naik bis daripada naik ojek ataupun naik mobil pribadi. 2. Untuk pulsa saya lebih memilih berkomunikasi lebih banyak menggunakan SMS daripada berbicara menggunakan handphone.

    7. Belum, karena saya masih memilih untuk menyimpan kelebihan uang saya di rumah daripada di bank supaya apabila ada kebutuhan saya yang mendesak atau mendadak saya tidak terlalu repot untuk mengambil uang di bank (karena terkadang saya mengeluarkan uang dalam keadaan mendadak/mendesak).

  38. NIM: 2010.36.013
    SEKSI: 07
    Pemasukan saya selama bulan Agustus ini yaitu uang jajan perbulan, hibah dari kakak dan juga jual kerudung.Sumber pemasukan itu berasal dari ibu saya, saya hanya membantu ibu saya berjualan kerudung dan hasil labanya dibagi dua.
    Belum ada pemasukan yang berasal dari pengeluaran karena saya belum berani untuk membuka usaha sendiri.
    Pengeluaran saya dalam satu bulan ini adalah uang transport perbulan, uang jajan perbulan, uang untuk beli pulsa, uang untuk fotocopy dan lain-lain.
    Saya sudah bisa memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan seperti sekarang ini, sehingga saya bisa lebih berhemat dan bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan perbulan.
    Sudah,karena apabila ada sebuah keinginan yang tidak perlu saya tidak penuhi karena saya lebih memprioritaskan kebutuhan yang akan datang.
    Sudah,kurang lebih sekitar 70% pemasukan perbulan dibandingkan pengeluaran perbulan.

    Terimakasih

  39. NIM 201034002
    Seksi 07

    Pemasukan saya yang pasti saya terima dalam 1 bulan adalah uang saku, tabungan, hibah , piutang…Sumber pemasukan saya berasal dari orang tua, kakak dan paman….

    Saya memiliki pemasukan yang berasal dari pengeluaran seperti tabungan yang berasal dari potongan tabungan….

    Pengeluaran saya dalam 1 bulan adalah transportasi, potongan uang saku, membayar utang, makan dikampus, beli baju, jajan di rumah, ngejilid, beli pulsa….

    Saya memiliki pengeluaran yang bersifat produktif seperti potongan tabungan yang akan saya tabung kembali di bank agar memperoleh bunga….

    Saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan….Buktinya saya hanya mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang saya anggap penting dan mendesak(bener-benar dibutuhkan)…

    Saya sudah melakukan penghematan dalam bentuk tidak melakukan pengeluaran yang bersifat konsumtif dan dengan memperkecil pengeluaran…..

    Saya sudah menyisihkan uang saya untuk ditabung sebesar 27,5% dari total pengeluaran…

  40. NIM 201034002
    Seksi 07

    Pemasukan saya yang pasti saya terima dalam 1 bulan adalah uang saku, tabungan, hibah , piutang…Sumber pemasukan saya berasal dari orang tua, kakak dan paman….

    Saya memiliki pemasukan yang berasal dari pengeluaran seperti tabungan yang berasal dari potongan tabungan….

    Pengeluaran saya dalam 1 bulan adalah transportasi, potongan uang saku, membayar utang, makan dikampus, beli baju, jajan di rumah, ngejilid, beli pulsa….

    Saya memiliki pengeluaran yang bersifat produktif seperti potongan tabungan yang akan saya tabung kembali di bank agar memperoleh bunga….

    Saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan….Buktinya saya hanya mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang saya anggap penting dan mendesak(bener-benar dibutuhkan)…

    Saya sudah melakukan penghematan dalam bentuk tidak melakukan pengeluaran yang bersifat konsumtif dan dengan memperkecil pengeluaran…..

    Saya sudah menyisihkan uang saya untuk ditabung sebesar 27,5% dari total pengeluaran….

  41. NIM : 2010-33-026
    SEKSI : 07

    Dalam bulan agustus ini saya mendapatkan pemasukan sekitar Rp 1.200.000. dan saya mendapatkan pemasukan dari orang tua dan saudara saya. pemasukan dari orang tua saya biasa diberikan satu bulan sekitar Rp 1.000.000 dan mendapatkan dari saudara Rp 200.000. saya belum mendapatkan pemasukan dari pengeluaran itu sendiri. karena saya belum memilki banyak modal untuk membeli barang yang harus dijual. pengeluaran saya satu bulan ini adalah potongan dari uang saku, hutang, uang transport, pulsa, ngprint+foto copy, beli tas warnet. saya tidak memiliki bentuk-bentuk pengeluaran yang sifatnya produktif karena saya belum berfikir untuk mengeluarkan pengeluaran yang produktif. saya juga sudah memperiotasikan pengeluaran sehingga pemasukan saya masih tersisa.dan saya juga sudah melakukan efisien. efisiensi itu dalam bentuk menabung atau disimpan. saya sudah menyisihkan sebagian uang dari saya sehingga saya pemasukan saya masih tersisa lebih.

  42. NIM : 201036026
    Seksi : 7

    * Pemasukan keuangan saya bulan ini yaitu uang saku dan tabungan. Dimana uang saku yang saya dapatkan tersebut bersumber dari pemberian orang tua (ayah & ibu) sebanyak Rp 500.000, sedangkan tabungan bersumber dari uang saku yang telah saya sisihkan ketika menerima uang saku sebanyak Rp 150.000. *Oleh sebab itu pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran hanya tabungan.*Pada bulan ini pengeluaran yang saya keluarkan yaitu :
    – potongan tabungan (RP 150.000)
    – kebutuhan sandang “sepatu sendal, baju, sendal” (Rp 120.000)
    – kebutuhan pangan “makanan ringan” (Rp 10.000)
    – biaya transpot (Rp 31.000)
    – warnet (Rp 22.000)
    *Untuk saat ini pengeluaran saya tidak dalam bentuk produktif, karena pengeluaran produktif saya masih dibiayai orang tua.*Rasa keinginan saya lebih besar, akan tetapi keinginan saya akan mengalah demi kebutuhan, buktinya saya lebih baik tidak mudik tahun ini dengan alasan kebutuhan uang kuliah saya lebih besar dan harus dipenuhi.*hal tersebut faktor yang membuat saya akan lebih berhemat lagi.contoh lainnya, saya lebih baik makan dirumah dari pada makan di luar karena, menurut saya makan di rumah akan lebih terjaga kebersihannya.*Saat ini saya lagi belajar bagaimana cara menabung yang baik yaitu dengan cara menyisihkan 1/4 dari pemasukan yang saya dapatkan. saya menabung lebih kurang 30% dari pengeluaran. Itulah anggaran saya pada bulan ini.

  43. NIM : 2010-41-052
    Seksi : 08

    1. – uang saku : dari orang tua
    – dari paman
    – dari kakek
    – untung penjualan pulsa : dari penjualan pulsa.
    2. ada, dari untung hasil penjualan pulsa.
    3. – uang saku untuk kuliah
    – pulsa
    – untuk shopping
    – bayar arisan
    – untuk ke salon
    – bayar utang ke teman
    4. ada, membayar arisan,berbelanja(shopping), ke salon.
    5. ya, buktinya pengeluaran saya untuk membeli pulsa untuk kebutuhan hidup saya sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitar saya.
    – pengeluaran saya untuk shopping, yaitu membeli perlengkapan kuliah yang saya butuhkan.
    6. ya, dalam bentuk berbelanja, yang saya inginkan tetapi tidak saya butuhkan untuk menundanya dulu. jika sudah dibutuhkan,barulah saya membelinya.
    7. ya, 25% dalam 1 bulan.

  44. NIM : 201041018

    1. uang saku, uang transport, uang belanja, semua dari kakak

    2. ada, yaitu laba belanja, dengan budget dari kakak saya efisiensikan dengan membelanjakan uangt tersebut membeli barang barang yang murah dan berkualitas, dan sisa uang belanjany deberikan kepada saya

    3. uang transport, buka puasa bersama, sedekah, belanja, beli pulsa

    4. belum ada, namun menurut saya sedekah juga dapat masuk ke dalam pengeluaran produktif karna setiap bulan saya selalu menyisihkan untuk sedekad, dan tuhan insyallah akan menambahkan rejeki kepada orang yang bersedekah denga ikhlas^^

    5. ya saya sudah, karena saya tidak mempergunakan uang saya dengan membeli benda2 yang bukan kebutuhan saya, dan tidak menggunakan untuk hal2 yang tidak bermanfaat

    6. ya saya sudah mlakukan efisiensi, dengan tidak membeli barang barang yang bukan kebutuhan saya, dan menghemat dalam membeli pulsa dan hemat dalam uang transport

    7. ya saya sudah menyisihkan kurang lebih 25% dari anggaran pendapatan saya untuk disimpan,

  45. nim: 201036005
    seksi: 07

    * pemasukan sayah dalam satu bulan ini berasal dari uang saku bulanan, hibah dari nenek dan bonus promosikan scotlet, tetapi dipotong untuk tabungan.

    * belum ada, karena saya belum menenukan jenis usaha apa yang cocok dan menarik bagi saya, karena jika saya melakukan/menjalankan usaha yang tidak saya sukai, saya tidak akan menjalankannya dengan optimal.

    * pengeluaran saya dalam satu bulan ini adalah makan siang dikampus, ongkos, fotocopy materi, control ke dokter gigi, beli pulsa dan rongten.

    * tidak ada

    * sudah, karena pada bulan ini saya lebih hemat dan hanya membelanjakan uang saya untuk hal-hal yang memang benar-benar saya butuhkan.

    * efisiensi saya bulan ini dengan cara tidak memboros dan tidak mengeluarkan uang hanya untuk senang-senang.

    * sudah, besar potongan tabungan saya 90% dari total pengeluaran saya atau kira-kira 33% dari uang saku bulanan saya.

  46. NIM : 201041010
    SEKSI : 08

    * pemasukan saya 1 bulan bersumbe dari uang saku, uang transportasi, gaji sebagai SPG event, piutang teman dan laba jualan.
    * pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran ada yaitu laba jualan
    * pengeluaran saya selama 1 bulan untuk jajan, transport kuliah, buka bersama, modal jualan.
    * pengeluaran yang produktif ada tapi hanya 1 yaitu modal jualan.
    * belum karena sampai saat ini saya merasa kebutuhan saya masih dipenuhi oleh oranng tua tp jika dilihat dari uang jajan dan transportasi saya sudah memprioritaskan kebutuhan.
    * saya sudah melakukan efisiansi dalam bentuk uang jajan.
    * sudah kurang lebih sebesar 15 % dari pengeluaran.

  47. NIM :2010-41-001
    SEKSI 08

    1.a.Uang saku
    b.Uang dari kakak
    sumber pemasukan
    a.Uang saku dari orang tua
    b.Uang dari kakak
    2.Belum ada,karna dari pengeluaran saya belum ada yang menghasilkan uang.
    3.Uang jajan dikampus,uang pulsa,uang bensin,uang kesalon,uang jalan-jalan.
    4.Tidak ada
    5.Sudah,menyisihkan uang untuk keperluan dikampus selama sebulan,menyisihkan uang untuk transportasi untuk sebulan.
    6.Sudah,bentuk efisiensi saya adalah mengirit budget untuk,membeli pulsa,jalan-jalan.
    7.Sudah,10% dibandingkan dengan total pengeluaran saya setiap bulan nya .

  48. Nim : 201036012
    seksi : 07
    Pemasukan saya dalam satu bulan ini adalah uang saku,uang bensin dan uang saku dari saudara.Pemasukan tersebut saya dapatkan dari orang tua dan saudara.Pemasukan yang saya dapatkan dari pengeluaran belum ada tetapi baru rencana dan akan dilaksanakan.Adapun pengeluaran saya yang bersifat produktif yaitu tabungan.Pengeluaran saya dalam satu bulan ini sangat banyak,namun pengeluaran tersebut karena kebutuhan yang harus dipenuhi seperti bensin,tabungan,pulsa,pulsa internet,parkir,fotokopi dan jilid.Maka dari itu saya memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.Saya sudah melakukan penghematan dengan cara menyisihkan uang saku terlebih dahulu untuk tabungan dan mengurangi keinginan yang berlebih dan tidak penting pada umumnya.Uang yang saya sisihkan adalah sekitar 50% itupun juga masih ada sisa dari uang saku saya.Dan sisa tersebut bisa saya gunakan untuk tabungan ataupun memenuhi keinginan saya.Sekian komentar saya dan terima kasih.

  49. NIM : 201041013
    SEKSI : 08

    1. Pemasukan saya dalam satu bulan ini dari uang saku , uang transportasi, de beri kakak, dan di traktir teman.

    2. tidak ada, karena saya masih belum bisa menjadikan pengeluaran itu sebagai pengeluaran uang produktif.

    3. pengeluaran saya bulan ini yaitu uang jajan, uang transportasi, buka bersama, dan beli baju.

    4. tidak ada.

    5. belum, karena keinginan saya lebih besar dari pada kebutuhan saya.

    6. sudah, penghematan yang saya lakukan dari uang jajan. dan uang jajan yang diberikan satu bulan tidak saya habiskan karena saya alokasikan ke yang lain.

    7. 5% dari t0tal pengeluaran.

  50. Nim: 201036008, Seksi: 07

    1. Pemasukan saya setiap bulan berupa uang yang bersumber dari uang saku, promosi usaha kecil, dan hibah dari kakak

    2. Belum ada, karena masih mencari pengeluaran apa yang pas untuk dijadikan lahan usaha yang mendatangkan uang.

    3. Pengeluaran saya selama sebulan terdiri dari, biaya transport, membeli makanan atau konsumsi, pembelian pulsa, memfotocopy tugas dan membeli peralatan tulis kampus

    4. Menurut saya yang bersifat Produktif mungkin seperti alat tulis kampus yang gunanya untuk menunjang mahasiswa dalam melakukan kegiatan kampus.

    5. Sepertinya belum karena pengeluaran yang begitu mendadak dan sangat mendesak menjadikan pengeluaran yang sudah disusun dan direncanakan tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

    6. Sudah, dengan cara menekan pengeluaran yang tidak penting, dan memafaatkan barang-barang yang masih bisa untuk dipakai.

    7. Saya sudah menyisikan uang dari pemasukan saya setiap bulan, sekitar 15 % dari pengeluaran.

  51. nim : 2010-41-020 , seksi 8.
    no 1. dari uang saku bulanan , dari orang tua.
    no 2. tidak ada, karna dari pengluaran saya gag mndpatkan untung.
    no 3. uang makan,uang pulsa,uang bensin, dan uang jln jln.
    no 4. tidak ada.
    no 5. sudah, menyisihkan ung unuk keperluan dikampus bwt sebulan,untuk transportasi.
    no 6. belum.
    no 7. belum bisa , karna uang yang saya dapatkan hanya cukup untuk keperluan saya sebulan.

  52. Nim : 2010-36-034
    Seksi : 07

    1. Pemasukan saya dalam satu bulan itu : Uang saku bulanan,uang tambahan dari laba penjualan kue kering,hibah dari nenek. Pemasukan ini semua bersumber dari : uang saku bulanan berasal dari pemberian orang tua, uang tambahan dari laba penjualan kue kering berasal dari modal sendiri yaitu memakai uang dari tabungan bulan kemarin,Dan kalau hibah dari nenek berasal dari pemberian nenek.

    2. Ia ada,, dari potongan uang saku bulan kemarin uangnya saya pakai untuk modal membeli kue dan kuenya itu yang saya jual kembali.

    3.* uang transport (membeli bensin),, * Uang makan,,* uang pulsa,, *Ngejilid karya ilmiah ,,* foto copy.

    4. Ada,dari potonagn uang saku bulan kemarin saya bisa memiliki modal untuk membeli kue yang akan saya jual kembali.

    5. Ia sudah,Karena saya hanya mengeluarkan uang saya hanya untuk keperluan yang penting saja tidak untuk berfoya-foya,seperti hanya untuk uang transport,uang makan, uang pulsa, dan untuk keperluan tugas kuliah saja.

    6. Sudah, dengan cara saya hanya mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang penting saja,dan saya memanfaatkan sesuatu yang masih bisa saya pergunakan untuk mengurangi pengeluaran saya.

    7. Sudah, sekitar 15%, jumlahnya bila dibandingkan dengan total pengeluaran itu sekitar Rp. 171.000

  53. nim : 2010-360-36
    seksi : 8

    – pemasukan saya dalam satu bulan = uang saku, tabungan bulan kemarin dan utang dari teman

    – pemasukan yang berasal dari pengeluaran
    = tidak ada, karena saya belum memiliki investasi / bisnis sendiri

    – pengeluaran dalam satu bulan = transport, jajan dan uang pulsa

    – bentuk-bentuk pengeluaran yang sifatnya produktif = belum ada

    – memprioritaskan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan
    = sudah, saya ingin membeli baju namun uangnya saya prioritaskan untuk di tabungkan

    – efisiensi = saya mengurangi jajan di kampus dan menghemat pemakaian pulsa

    menyisihkan uang jajan = 30%

  54. NIM:201041056.SESI:08
    Pemasukan saya berasal dari uang saku yang diberikan bulanan,dan uang hibah yang saya dapat kan jika saya bekerja.untuk pemasukan yang berasal dari pengeluaran saya belum ada karena belum memiliki peluang usaha yang menarik.pengeluaran saya yaitu biaya transport,uang makan,biaya warnet,biaya laundry,patungan tugas,dan jalan dengan teman tidak sering tentu nya,dan bayar kekurangan uang adm campus.dalam menyusun anggaran ini saya sudah melakukan penghematan dan lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan saya.misal nya,dalam hal pulsa saya telah memangks nya dari yang besar keintnsitas yng kecil.sudah awal uang datang saya sisihkan,dan saat akhir bulan saya tabung lagi jika dipresentasi kan jumlah nya 30% dari pengeluaran saya

  55. NIM : 201041005
    SEKSI : 08

    -> Pemasukan saya dalam satu bulan yaitu uang saku dan tabungan
    Bersumber dari orang tua, kakak dan saya sendiri

    -> Ada, yaitu tabungan yang saya sisihkan dari uang saku

    -> Pengeluaran saya dalam satu bulan yaitu ongkos, jajan, membeli pulsa dan menabung

    -> Belum ada

    -> Sudah, yaitu membeli barang yang benar-benar dibutuhkan yang sesuai dengan
    pemasukan

    -> Sudah, yaitu membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang sesuai dengan
    pemasukan

    -> Sudah, sekitar 23 %

  56. NIM:2010-36-023
    Seksi 07
    1.uang saku sumber dari papa,om dan tante.
    uang cuci motor sumber dari papa dan om.
    bantu belanja sumber dari mama.
    ketik tugas sumber dari adik.
    beliin pulsa sumber dari om.
    piutang sumber dari tetangga.
    tabungan sumber dari potongan pemasukan dari papa,om dan tante.
    2. Ada,pinjaman uang dari tetangga(utang) sehingga mendapat piutang dari apa yang dipinjam oleh tetangga.

    3.beli pulsa,potongan tabungan,konsumsi,jilid tugas,print tugas,angkot dan busway.

    4.tidak ada pengeluaran produktif.

    5.Sudah,saya memprioritaskan hal biaya yang berhubungan dengan tugas kampus.

    6.Sudah,dengan memotong pemasukan saya setiap minggunya yang saya terima.

    7 Sudah,menabung 40% dari total pengeluaran saya.

  57. NIM : 2010-36-004
    SESI : 07

    selama satu bulan ini adapun pemasukan yang saya peroleh di antaranya mendapat uang saku empat ratus tiga puluh tiga ribu rupiah dari orang tua,tabungan hasil potongan pendapatan uang saku seratus ribu rupiah,hasil penjualan kue nastar tujuh puluh lima ribu dan hasil penjualan coklat empat puluh tiga ribu.pemasukan yang saya peroleh ada yang beasal dari pengeluaran yaitu hasil penjualan kue nastar dan hasil penjualan coklat.sedangkan pengeluaran yang dikeluarkan pada satu bulan ini adalah uang transport dan makan seratus empat puluh empat ribu ribu rupiah,jalan-jalan ke puncak lima puluh ribu rupiah ,untuk membeli bahan kue nastar lima puluh ribu rupiah dan bahan coklat tiga puluh ribu rupiah.tentu saja ada bentuk pengeluaran saya yang sifatnya produktif seperti membeli bahan kue dan bahan coklat maka dari itu uang harus benar” di keluarkan dengan tujuan selain berpengalaman dalam membuat kue dan coklat juga akan mendatangkan suatu keuntungan.saya tentu sudah memayoritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan dengan sebaik mungkin ,buktinya saya dapat memiliki tabungan dari hasil yang saya dapat dari penjualan kue nastar dan coklat.sebelum uang digunakan untuk pengeluaran atau kebutuhan yang lainnya,saya sering kali menyisihkan atau memotong uang tersebut untuk di tabungkan.namun terkadang cara menabung saya berbeda dengan yang lainnya jadi setiap saya akan menabung saya selalu berfikir kalau saya punya utang jadi dengan begitu lah saya dapat menabung tanpa di kotak-katik atau bisa di bilang uang mati.

  58. NIM: 201041030
    SEKSI: 08

    1. Pemasukan saya dalam satu bulan adalah uang saku, tabungan, valas.
    Sumber pemasukan saya adalah dari orang tua, tabungan beserta bunga dari tabungan tersebut.
    2. Pemasukan yang berasal dari pengeluaran adalah tabungan.
    3. Pengeluaran saya dalam satu bulan adalah ongkos, jajan, pulsa, obat muka, dan tabungan.
    4. Bentuk pengeluaran yang bersifat produktif adalah tabungan karena menghasilkan bunga.
    5. Saya sudah memprioritaskan pengeluaransesuai kebutuhan, buktinya di dalam pengeluaran saya hanyalah hal-hal yang benar-benar saya butuhkan dan seperlunya saja.
    6. Saya sudah melakukan penghematan, misalnya dengan membeli pulsa secukupnya, dan tidak mengeluarkan uang untuk jajan secara berlebihan.
    7. Saya sudah menyisihkan uang (menabung) sebelum melakukan pembayaran-pembayaran. Jumlahnya 25,6% dari jumlah pengeluaran.

  59. Nim : 201041002,seksi 08

    1.-uang saku
    -pemberian dari nenek
    2.Belum,karena karlena pengeluaran saya belum ada yang menhasilkan uang.
    3.-uang pulsa
    -uang bensin
    -uang jajan di kampus
    -uang jajan di rumah
    -uang jalan-jalan
    4.tidak ada..
    5.belum.
    6.sudah, sisa dari uang saku saya yang sebulan.
    7.suda dari uang saku saya yang 10% dr pemasukan uang saku saya..

    terima kasih..

  60. NIM: 201041049 seksi: 08
    1. uang saku dan uang pemberian dr kakak
    2. belum, karena saya belum menghasilkan penghasilan
    3. – uang ongkos
    – uang bli CDI motor
    – uang beli tromol motor
    -uang jajan
    4. hasil penjualan dri alat-alat motor
    5. sudah.
    6. sudah, sisa uang jajan di tabung
    7. sudah namun tidak jumlah besar hanya sekitar 10%

  61. Nim :201041038 Seksi : 08

    1. Pemasukannya dari Uang saku,Hutang teman dan Tabungan.
    2. Belum ada, karena saya belum memiliki usaha untuk uangnya diinvestasikan
    3. Pengeluarannya yaitu: transportasi,makan,pulsa dan warnet.
    4. Tidak ada.
    5. Sudah. buktinya transportasi,makan,pulsa dan warnet merupakan kebutuhan yang
    sangat penting bagi saya.
    6. Sudah.contohnya makan,saya selalu makan dirumah
    7. Belum, karena pengeluaran dan pemasukannya sering berubah-ubah

  62. 1. pemasukan saya selama 1 bulan berupa uang saku dan uang tambahan dari bantu orang tua, pemasukan saya bersumber dari orang tua
    2. tidak ada, karena sisa dari pemasukan saya yang dikurangi pengualaran hanya saya tabung, saya juga belum memikirkan untu melakukan investasi
    3. ongkos ke kampus, beli pulsa, print dan jilid tugas
    4. tidak ada
    5.sudah, saya hanya mengeluarkan pengeluaran yg penting aja seperti memenuhi tugas, karena menurut saya keinginan dapat dipenuhi nanti-nanti dan sifatnya juga enggak terlalu penting
    6.sudah, saya hanya mengeluarkan uang saya hanya untuk memenuhi kebutuhan saya aja
    7.belum,saya takut apabila uang itu sudah ditabung,ada keperluan yang tidak terduga yang harus mengeluarkan uang yang cukup banyak

  63. NIM:2010-41-011
    SEKSI: 08

    1. Uang saku, uang transportasi, uang pulsa, uang beli jam. Sumber pemasukkan dari orang tua.
    2. Belum ada, karena saya belum mencoba untuk berbisnis.
    3. Uang makan, uang bensin, uang pulsa, beli jam.
    4. Tidak ada
    5. belum, karena saya masih boros mengeluarkan uang untuk keinginan saya sendiri tanpa memprioritaskan kebutuhan.
    6. Saya sudah berusaha untuk berhemat dengan cara mengurangi jajan diluar.
    7. Belum, karena saya belum bisa mengatur uang. Sehingga saya memgeluarkan uang untuk keinginan, kadang saya sudah menyisihkan uang tetapi tetap saja nantinya saya memakai uang tersebut.

  64. NIM : 201036001 , seksi 07

    Pemasukan saya dalam satu bulan ini didapatkan dari uang saku yang diberikan orangtua untuk biaya sehari-hari selama kuliah, selain itu ada pemberian dari kakak dan sedikit tabungan yang disisihkan. Untuk saat ini, belum ada pemasukan yang berasal dari pengeluaran karena usaha yang bertujuan untuk penambahan pemasukan, baru ingin dijalankan setelah lebaran. Pengeluaran saya di bulan ini, untuk transportasi ke kampus, beli pulsa dan jajan pada saat buka puasa. Pengeluaran yang bersifat produktif tidak ada. selama ini saya sudah memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan seperti menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang sifatnya tidak terlalu penting dan mendesak. Pengeluaran terbesar kedua selain untuk transportasi ke kampus adalah pembelian pulsa karena pemakaian yang tidak terkontrol. Tetapi sekarang ini pembelian pulsa sudah terkontrol dengan baik dan dibatasi setiap minggunya. Saya sudah menyisihkan sebagian uang saku yang diberikan tetapi jumlahnya masih sedikit sekitar 30%.

  65. Pemasukan slama 1bulan brasal dari uang saku,uang jajan dan sisa uang tgas . Uang saku dan uang jajan dbrikan orang tua dan kakak, sdangkan sisa uang tgas brasal dari pngeluaran yg dtabung . Pngeluaran slma 1bulan transport,pulsa,mkan dan tugas. Yang brsifat produktif hanya sisa uang jajan dan dtabung . Sudah, krna saya hanya membeli sesuatu sesuai kbutuhan . Sudah, dngan cara membeli brang sesuai kperluan dan sisanya dtabung . Sudah, kira-kira 20% .

  66. NIM: 201036028, seksi 07

    Selama bulan Agustus, pemasukan saya bersumber dari uang saku, tabungan, menjual pulsa dan es buah. Dari sekian pemasukan saya, ada juga yang berasal dari pengeluaran. Contohnya seperti dari pulsa dan es buah. Saya mengeluarkan dana untuk membeli pulsa serta es buah, kemudian pulsa dan es buah tersebut saya jual kembali sehingga saya mempunyai pemasukan yang berasal dari pengeluaran. Dalam satu bulan, pengeluaran saya seperti uang transport, jajan, membeli pulsa dan es buah.Bentuk-bentuk pengeluaran yang sifatnya produktif, yaitumenjual pulsa dan es buah. Menutut saya, saya sudah memprioritaskan kebutuhan sesuai kebutuhan. Buktinya, dalam sebulan itu saya hanya mengeluarkan uang untuk membeli pulsa dan es buah yang nantinya akan saya jual kembali. Saya juga sudah melakukan penghematan dalam bentuk tidak menggunakan uang untuk hal yang tidak begitu diperlukan. Iya, saya sudah menyisihkan sebagian uang saya.

  67. NIM : 201036030 ,SEKSI 7

    pemasukan dalam satu bulan saya memperoleh dari orang tua dan saya memiliki pemasukan lain dengan cara menjualkan parfum teman dan saya mendapatkan keuntungannya.
    belum ada karena saya belum berani mengambil tindakan itu dan tidak memiliki pengalaman. pengeluaran saya itu dalam satu bulan hanya untuk transport uang makan dan beli pulsa. saya belum mencoba melakukan pengeluaran yang bersifat produktif. saya sudah memprioritaskan kebutukan yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. saya sudah melakukan penghematan, saya hanya memiliki pengeluaran yang saya butuhkan di dalam kehidupan sehari-hari, jika saya mengikuti keinginan itu akan mengakibatkan pemborosan.saya sudah menyisihkan sebagian uang sekitar 30% dari pemasukan , ada 50% di bandingkan total pengeluaran.

  68. NIM : 2010-41-014, SEKSI : 08

    1. Sumber pemasukan saya dalam satu bulan :
    – Uang saku bulanan
    – Dikasih ayah
    – Tabungan

    2. Pemasukan saya yang berasal dari pengeluaran itu ada, yaitu tabungan.
    karena dari setiap memasuki minggu pertama bulan saya pasti menabung.
    jadi di bulan itu juga saya menyisihkan uang/mengeluarkan uang untuk tabungan dan
    di bulan itu juga tepatnya minggu keempat saya mendapatkan pemasukan dari
    tabungan.

    3. Pengeluaran saya dalam satu bulan :
    – Ongkos/transport
    – jajan
    – Pulsa
    – Tabungan
    – Keperluan wanita

    4. Dari pengeluaran saya dalam satu bulan itu tentunya masih ada yang bersifat
    produktif, contohnya : jajan/makan diluar, karena saya tidak bisa menebak apakah
    hari ini harus jajan diluar ataukah mungkin besok harus jajan diluar. Selain itu
    pengeluaran untuk jajan diluar juga tidak mungkin bisa dijadwalin karena sewaktu-
    waktu kebutuhan itu bisa melebihi kapasitas dalam satu bulan, bisa jadi teman saya
    mengajak saya jajan/makan diluar otomatis pengeluaran juga semakin bertambah.
    Begitu juga dengan pulsa, karena penggunakaan pulsa juga tidak pasti pas selalu
    sama jumlah nominalnya dengan bulan-bulan sebelumnya karena itu pengeluaran yang
    tidak bisa ditebak. Mungkin dalam sebulan bisa melebihi pengeluaran dari bulan
    sebelumnya.

    5. Saya sudah memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan dan bukan sekedar
    keinginan. Sebagai contoh : saya lebih mengutamakan menyisihkan pengeluaran saya
    untuk rancangan pengeluaran yang telah saya sebutkan diatas, seperti transport,
    makan, pulsa, dan keperluan wanita. Jika semua kebutuhan tersebut telah terpenuhi
    mungkin saja saya ingin membeli sesuatu yang saya inginkan misal melakukan
    pengeluaran tambahan untuk membeli accecoriss ataupun yang lain.
    Dengan demikian, pengeluaran saya tidak tercecer karena saya lebih mengusahakan
    menggunakan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu dibanding
    keinginan.

    6. Saya sudah melakukan efisiensi (penghematan) dalam bentuk menyisihkan setengah
    dari sisa pemasukan saya dalam satu bulan itu.

    7. Saya sudah menyisihkan sebagian uang untuk diri saya sendiri kira-kira 20% dari
    jumlah pengeluaran.

  69. NIM:201041036 SEKSI:08

    1.-Pemasukan uang saku 1 bulan yang di berikan orang tua
    -ang yang di berikan kak petama
    -uang yang di berikan kak ipar
    2.belum ad karena saya baru merencanakanuntuk menambah pemasukan dari pengeluaran
    3.-jajan di kampus,membeli makan ,minum dan jajanan lainya
    -membeli pulsa sesekali
    -uang saya juga saya belikan bensin jika saya main ke rumah teman saya memakai motor
    -uang saya juga saya jajankan di luar kampus,mis,di rumah atau sedang bepergian.
    4.ada ketika saya membeli bensin untuk motor saya,dan sayapakai untuk mengantar orang lain yang membutuhkan tumpangan(ngojek sesekali)
    5.kalo selamaini saya belumsepenuhnya memprioritaskan pengeluaran saya untuk kebutuhan,karena masi semester pendek orang tua saya memberikan uang dengan secara pas pasan.
    6. terkadang saya sudah melakukan penghematan dengan cara,membeli makanan yang dapat di jangkau harganya,mengurangi jajan dilauar kampus,dll.
    7.saya sudah menyisihkan 20%untuk saya simpan karena terkadang ada keperlusan mendadak,membeli ban motor ketika mendadak pecah dan ketika saya mendadak pergi.

  70. NIM :2010-41-021
    SEKSI 08

    1.Pemasukan saya yang pertama adalah uang jajan,uang tabungan dan uang pulsa.
    2.Belum ada
    3.Pengeluaran saya sebulan yaitu untuk uang jajan dikampus,tabungan,uang bensin,kemudian yang terakhir uang untuk pulsa
    4.Tidak
    5.Sudah,bukti nya saya selalu dapat menyisakan uang uang pemasukan dari setiap pengeluaran saya sebulan
    6.sejauh ini dalam pengeluaran saya selama sebulan saya sudah cukup efisien.
    sebagai bukti nya adalah,saya selalu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kira nya saya butuhkan,misal nya: dalam membeli pulsa saya menargetkanselama perbulandapat hemat,,maksud nya dalam segi pemakaian
    7.Sudah,jumlah nya kurang lebih 10% dari sisa pengeluaran

  71. NIM : 2010-41-040
    Seksi : 08

    1. Pemasukan saya dalam satu bulan, terdiri dari : uang saku untuk satu bulan, tabungan, dikasih tante.
    2. belum ada, karena saya masi belum terlalu bisa/lancar mengelola usaha sendiri. Tapi, bulan depan saya akan mulai belajar dengan menjadi member sebuah kosmetik remaja.
    3. pengeluaran saya dalam satu bulan : jajan + makan, ongkos, pulsa, dan, tabungan.
    4. pengeluaran yang sifatnya produktif : onkos, pulsa, jajan.
    5. belum, karena saya sering mengeluarkan uang mendesak/ tanpa diketahui, sehingga saya harus mengeluarkan uang. contohnya: untuk fotocopy, patungan untuk kaperluan kelas, dll.
    6. sudah, misalnyadalam naik angkutan umum (bus) untuk menuju kampus, saya lebih sering naik bus yang biasa/ yang tidak ber-AC. dan tidak mengeluarkan uang cuma-cuma untuk hal yang benar-benar tidak penting.
    7. sudah, sekitar 40% dari pengeluaran. sebelum saya membagi-bagi uang bulanan saya, untuk keperluan lainnya, saya lebih dulu mengambilnya/menyimpannya sekitar 40%.

  72. NIM : 201036009
    SEKSI : 07

    1. berupa uang saku dan uang tambahan dari bantu orang tua, pemasukan saya bersumber dari orang tua
    2. tidak ada, karena sisia dari pemasukan saya yang dikurangi pengeluaran hanya saya tabung,saya juga belum memikirkan untuk melakukan investasi
    3. ongkos ke kampus,beli pulsa,print,dan jilid tugas
    4.tidak ada
    5. sudah, saya hanya mengeluarkan yang penting saja seperti memenuhi tugas, karena menurut saya, keinginan dapat dipenuhi nanti-nanti dan sifatnya juga enggak terlalu penting
    6. belum,tetapi apabila ada sisa, saya akan tabung duid tersebut
    7. belum,karena saya takut apabila nanti ada hal yang mendadak yang membutuhkan uang banyak,saya gak bisa memenuhi itu

  73. Poetri Wulandari
    07

    Pemasukan saya dalam satu bulan berupa uang saku, uang tambahan bulanan misalnya untuk membeli kosmetik dan lain-lain, selain itu saya juga mendapat pemasukan dari penjualan hamster dan khusus dibulan ini saya dapat pemasukan lagi berupa uang yang merupakan hadiah ulang tahun saya.

    ya, ada seperti keperluan membeli makanan hamster setiap bulannya sehingga saya mendapatkan keuntungannya, selain itu juga ada potongan uang saku yang menjadi pemasukan saya yang berupa tabungan.

    Pengeluaran saya dalam 1 bulan berupa potongan uang saku, transpot, kebutuhan hamster dan jajan.

    Sejauh ini ada seperti membeli kebutuhan saya.

    Sedikit demi sedikit saya belajar memprioritaskan pengeluaran sesuai kebutuhan saya terbukti dengan usaha yang saya jalani sekarang.

    Saya sudah melakukan penghematan dengan menyisihkan sebagian uang saku saya untuk ditabung, dan ini saya lakukan rutin setiap bulannya dan keuntungan dari bisnis saya pun saya selalu tabung.

    Saya menabung kira-kira 60% dan saya harus lebih giat lagi mencari pemasukan dan menekan pengeluaran.

  74. 2010-41-016
    Sessi 08

    1. Pemasukan saya perbulan paling banyak adalah dari uang saku, saya juga mempunya sebuah bisnis kecil-kecilan di bidang garment.

    2. Ada, saya mempunyai sebuah bisnis garment kecil-kecilan yang fokus pada sablon. pengeluaran saya menjadi sebuah pemasukan.

    3. Pengeluaran saya dalam 1 bulan sangat bervariasi, mulai dari transportas, makan siang, uang pulsa, uang rokok dan pembelian bahan untuk bisnis garment saya.

    4. Ada, Pengeluaran untuk membeli kaos polos yang akan menjadi pemasukan buat saya.

    5. Sejauh ini saya belum termasuk orang yang hemat, saya masih berusaha untuk menjadi orang yang hemat.

    6. Ada, saya menyisihkan 10% dari pengeluaran saya untuk di tabung.

  75. Nama : Ika Prasetyawati (chika)
    Nim : 2008-11-090
    Tugas komentar kelompok 4

    Nama saya Chika dari kelompok 3 saya akan mengomentari tugas presentasi kelompok 4 yg mempresentasikan tentang usaha penjualan alat tulis kantor menurut saya teman-teman dari kelompok 4 sangat jeli dalam melihat peluang bisnis sehingga mereka mencetuskan ide-ide kreatif yang menurut saya akan mendapat keuntungan yang fantastis dilihat dari tempat usahanya yang strategis dan visi misi mereka yang sangat bagus dan keseriusan mereka dalam merencanakan usaha tersebut,dengan modal yang tidak terlalu besar mereka akan mendapatkan profit yang sangat besar.Dan semoga saja ide-ide tersebut benar-benar menjadi kenyataan.terima kasih untuk bapak mulyo yg telah memperkenankan saya unuk berkomentar tentang usaha tersebut.Sukses untuk semuanya

  76. Komentar saya : saya setuju dengan artikel bapak. bahwa untuk sukses dalam mencapai keamanan finansial kita harus memiliki kemampuan dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan kita dengan meningkatkan aset yang kita miliki dan mengurangi pengeluaran kita.

  77. NIM: 201136018
    Seksi: 08

    Kiat orang yang sukses finansial
    1. Menguasai 4 konsep bisnis: pemasukan, pengeluaran, liabilitas. aset
    2. Bekerja untuk belajar, bukan bekerja semata-mata untuk uang
    3. Mulailah berbisnis sendiri, karena bisnis merupakan jalan awal menuju kekayaan
    4. Belajarlah agar uang bekerja untuk kita dengan mengurusi bisnis sendiri (mengurusi aset).

  78. Sukses financial setiap orang akan menginginkan, tetapi tidak semua orang tau caranya. Setelah membaca tulisan bapak Mulyo saya percaya bisa mewujudkannya dengan baik.

  79. NAMA : YOSEPHIN MALAU
    NIM : 201166059
    SEKSI : 08
    Pemasukan saya dalam satu bulan ini bersunber dari uang saku yang diberikan oleh orang tua saya yang terdiri dari uang saku, uang tugas, dan uang jajan yang diberikan pada hari libur.
    Pemasukan ini tidak ada yang berasal dari luar, karena rencana yang saya rencanakan belum terealisasi dengan baik. Pada bulan ini saya merencanakan untuk untuk membuat karya berupa aksesoris untuk perempuan, dengan modal uang jajan saya yang diberikan orangtua. Rencana ini baru akan berjalan pada akhir bulan November.
    Sedangkan pengeluaran saya dalam satu bulan ini terdiri dari transport, jajan, tugas, dan uang pulsa.
    Dan menurut saya pengeluaran yang saya keluarkan ini semuanya bersifat produktif, karena merupakan kebutuhan saya yang mendesak.
    Pengeluaran saya pada bulan ini sudah diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan saya, bukan hanya sekedar keinginan.
    Dan sebisa mungkin saya melakukan efisiensi pada pengeluaran saya, dengan menyisihkan setiap uang yang saya dapatkan dengan jumlah kira-kira sebanyak 20%dari jumlah uang yang saya dapatkan pada bulan ini.

  80. pemasukan saya dalam sebulan ini adalah dari uang saku, tabungan dan uang bensin. pemasukan saya belum ada yang dari pengeluran karena saya masih bingung dan masih mencari mana yang cocok dalam pemasukan saya yang dari pengeluaran agar lebih mudah menjalaninya. pengeluaran saya selama satu bulan ini adalah uang bensin (transpot), uang jajan dan uang pulsa. bentuk pengeluaran saya belum ada yang sifatnya produktif.

  81. wisnu eko raharjo (201141008) seksi 8

    pemasukan saya setiap bulan semuanya dari orang tua, sebenarnya saya malu terhadap orang tua saya sudah kuliah saya tetap mashi meminta kepada orang tua saya. mohon bimbingan pak atas masalah saya dan solusinya???
    bagaimana saya memperoleh uang tidak dari orang tua saya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s