Peluang bisnis

Peluang bisnis perlu dicari berdasarkan kebutuhan dan keinginan calon konsumen. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi dan bila tidak dipenuhi akan terasa kurang. Keinginan adalah sesuatu yang melebihi kebutuhan dan dibentuk oleh kebudayaan dan karakter calon konsumen.

Peluang bisnis dibentuk dari kombinasi permintaan (demand) dengan  penawaran (supply). Peluang bisnis terdiri dari 4 macam, yakni :

  1. Peluang yang sudah dikenali (opportunity recognition) karena permintaan maupun penawaran sudah jelas ada.
  2. Peluang yang belum dikenali dan perlu dicari (opportunity seeking) karena permintaan belum jelas, namun penawaran sudah jelas ada.
  3. Peluang yang sudah dikenali dan perlu diungkapkan (Opportunity discovery) karena permintaan jelas ada, namun penawaran belum jelas.
  4. Peluang yang belum dikenali (Opportunity creating) karena permintaan maupun penawaran, keduanya belum jelas.

Untuk menemukan peluang bisnis, kumpulkan sebanyak mungkin gagasan bisnis yang bisa didirikan dengan observasi di sekitar kampus. Sempurnakan gagasan bisnis  tersebut dengan melakukan observasi kepada keluarga atau teman yang menjalankan bisnis yang sesuai dengan gagasan bisnis yang ditemukan

Selanjutnya, gagasan-gagasan bisnis yang terkumpul tersebut diseleksi dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Pilih 10 gagasan yang paling mungkin (possible). Gagasan ini dipilih karena berkesesuaian dengan keahlian (pendidikan atau pengalaman), kegemaran (hobby) atau kombinasi keduanya
  2. Pilih 5 gagasan yang paling murah (low cost) karena terjangkau keuangannya dengan modal sendiri ataupun mencari pinjaman
  3. Ambil salah satu gagasan terbaik (the best) yang dinilai dari aspek organisasi, pemasaran, produksi dan keuangan

Akhirnya, berdasarkan hal tersebut di atas, maka buatlah dalam uraian singkat dan tidak usah pakai tabel tentang hal-hal sebagai berikut :

  1. Tuliskan peluang bisnis yang Anda temukan. Berikan alasan secara umum, mengapa gagasan bisnis tersebut Anda pilih
  2. Pilih 10 peluang bisnis yang paling mungkin. Berikan alasan secara umum pula, mengapa gagasan bisnis tersebut Anda pilih
  3. Pilih 5 peluang bisnis yang paling murah. Berikan alasan, mengapa gagasan bisnis tersebut Anda nilai paling murah
  4. Pilih 1 peluang bisnis terbaik. Berikan juga alasan, mengapa gagasan bisnis tersebut Anda nilai paling baik.
Iklan

12 tanggapan untuk “Peluang bisnis”

  1. saya ingin bertannya..??
    apa yang menyebabkan keinginan itu lebih penting di banding kebutuhan..??
    soalnya saya mengalami hal seperti ini pak..apakah ada solusinya??

  2. hal apa saja yang mendorong keinginan tu jauh lebih penting dari pada kebutuhan..bagaimana cara menyeimbangkan kebutuhan dengan keinginan..???

  3. memang benar, dalam membangun bisnis yang ingin kita jalankan harus tahu terlebih dahulu informasi-informasi yang ada, setelah itu kita kaji dengan baik, apakah layak untuk konsumers (masyarakat) atau tidak, dan jangan lupa biaya juga perlu untuk membangun suatu bisnis.

  4. Selamat Sore Pak.

    Masukan Bapak mengenai topik ini sangat bagus menurut saya. Menguraikan bagaimana langkah-langkah kita dalam mengambil langkah awal untuk berbisnis. Sebagai masukan mungkin bisa ditambahkan contoh contoh realnya, Pak ?

    Sebagai simulasi agar kami bisa membayangkan kejadian nyatanya .

    Terima kasih Pak.

  5. wiiihh bagus nih paak. penting untuk dipraktekan di kehidupan sehari hari. ilmunya bermanfaat banget paak buat usaha seseorang.

  6. Eva suryani ( 2011-36-017 )
    saya belum tahu bagaimana untuk memulai bisnis, karna sebelum nya tidak pernah berbisnis.
    tp kalo ada motivasi atau dukungan yang bisa anda sampaikan kepada saya mungkin, akan bisa saya pertimbang kan dan lakukan. terimakasih.

  7. menurut bapak peluang bisnis apa yang cocok untuk saya coba untuk saat ini?…….apalagi saya kuliah dan bekerja,saya sudah pernah mencoba berjualan masakan matang all hasil saya coba saya berjalan akan tetapi saya coba percayakan kepada keluarga saya yang akhirnya malah tidak lagi berjalan?

  8. Peluang bisnis dapat memang dapat diperoleh dari pergaulan sehari-hari, yang dilakukan secara formal maupun non formal. Terkadang dapat kita peroleh ketika sedang makan disebuah rumah makan, mungkin kita sering dengarkan orang dimeja sebelah kita yang sedang membahas bisnis mereka.

    Tanpa kita sadari terkadang kita memperhatikan semua informasi yang dikeluar dari mereka. Namun, tidak semua peluang bisnis yang ada dan mungkin dilakukan itu, apabila dilakukan lebih mendalam layak untuk dijalankan. Jika ditinjau dari Return on Investment (ROI), Internal Rate of Return (IRR) dan tolak ukur kinerja yang lainnya. Uji kelayakan bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan, jangan sampai kita terjebak hanya dengan peluang yang besar tetapi tidak cukup beralasan untuk dijalankan.

  9. peluang bisnis yang ada harus segera dilakukan..apalagi kalau sesuai dengan kebutuhan orang banayak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s