Motivasi kerja

Saya ingin meraih kebebasan finansial (financial freedom) sebelum menginjak usia 60 tahun dengan memiliki penghasilan pasif (passive income). Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus tanpa keharusan untuk bekerja mendapatkan uang, karena uang yang saya miliki telah ”bekerja” menghasilkan uang untuk saya.

Belajar sambil berbisnis

Sewaktu duduk di bangku SMA, saya mulai berkenalan dengan dunia bisnis namun cara berbisnis saya seperti perilaku seorang pekerja lepas (self employed). Saya menjajakan barang dagangan berupa kebutuhan hidup sehari-hari di toko kelontong milik orang tua. Barang yang dijual adalah sabun, sikat gigi, odol, parfum, obat, gula, kopi, teh, susu, dan sebagainya. Motivasi saya waktu itu adalah mengumpulkan tabungan untuk biaya kuliah di perguruan tinggi.

Setelah kuliah di perguruan tinggi, kebiasaan saya berbisnis terus tumbuh. Awalnya, saya mengambil program studi politik karena saya berniat menjadi politisi.Keadaan tahun 80-an kondisi politik sangat panas dengan banyaknya intimidasi bahkan kekerasan yang dilakukan rezim Soeharto terhadap mahasiswa dan membuat saya mengubah niat menjadi seorang pendidik.

Selama masa kuliah, saya berbisnis dengan cara menjajakan barang-barang cetakan, souvenir dan assesories kepada konsumen secara langsung. Dilain waktu, saya juga menawarkan jasa untuk mengerjakan proyek-proyek yang ditawarkan oleh teman-teman dan dosen untuk menambah penghasilan. Motivasi saya berbisnis adalah mencari penghasilan untuk menambah kiriman orang tua, sehingga mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bisa membayar biaya kuliah.

Menjadi pekerja dan pekerja lepas

Setelah lulus dari perguruan tinggi, tempat pertama yang saya incar sebagai lahan pengabdian adalah lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Motivasi saya adalah mencari pekerjaan. Awalnya, saya diminta oleh Profesor Tilaar untuk menjadi dosen di almamater saya, salah satu PTN di Jakarta, karena saya menjadi lulusan terbaik. Pada waktu itu ada kebijakan zero growth yang mengharuskan saya menunggu hingga ada dosen yang pensiun dahulu untuk bisa masuk sebagai dosen PTN dan saya tidak sabar menunggu. Nasib akhirnya membawa saya menjadi dosen juga di salah satu universitas swasta di Jakarta, menjadi seorang pekerja (employee)

Sebelum menjadi dosen, jabatan saya adalah Asisten Direktur salah satu program pendidikan di sebuah institut dengan gaji yang sangat tidak memuaskan. Saya tidak menyadari bahwa menjadi seorang pekerja memang tidak dapat mengharapkan kepuasan dari gaji yang diterima. Jumlah gaji seorang pekerja sudah ditentukan oleh pimpinan atau pemilik usaha, bahkan karena pada waktu itu lembaga tempat saya kerja belum mempunyai sistem penggajian yang bagus, akibatnya gaji yang saya terima sangat kecil dibandingkan dengan teman-teman se kantor yang jenjangnya relatif sama.

Untuk menambah penghasilan, saya mengajukan permohonan untuk menjadi pengajar di lembaga pendidikan tempat saya bekerja. Saya mencoba merintis karier di lembaga pendidikan dengan menduduki berbagai jabatan yang tersedia. Setelah lembaga pendidikan tempat saya bekerja dikembangkan menjadi Akademi dan Universitas, saya diangkat sebagai Pembantu Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan di Akademi tersebut. Perkembangan selanjutnya adalah, ketika dibentuk sebuah fakultas kesehatan, saya juga diangkat sebagai Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, demikian pula ketika dibentuk fakultas kesehatan lainnya, saya merangkap jabatan di kedua fakultas kesehatan tersebut.

Di bidang akademik, selain menjadi dosen di Akademi dan Universitas, saya juga pernah diangkat sebagai Ketua Peminatan dan Sekretaris Jurusan. Di bidang kemahasiswaan, saya mempunyai pengalaman sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rohani Islam dan UKM Korps Sukarela PMI.

Dalam merintis dan menapaki jalur karier, saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga, namun dari sisi finansial saya tidak mendapatkan hasil yang cukup berarti. Rumah yang saya tempati belum lunas, mobil yang saya pakai berasal dari hutang dan perabot-perabot lain yang saya miliki juga tidak seberapa.

Untuk mencapai keamanan finansial, saya mencari tambahan penghasilan dengan menyewakan mobil yang saya miliki, menjadi perantara dalam jual beli rumah dan menjadi instruktur dalam pelatihan-pelatihan manajemen. Sampai tahap ini, saya masih memposisikan diri saya sebagai karyawan dan dosen (employee) merangkap sebagai instruktur dan penjual jasa (self employed).

Merintis jadi pemilik bisnis dan investor

Saya berusaha meningkatkan motivasi saya dengan jalan merintis karier untuk menjadi pemilik usaha (business owner) dan investor guna meraih kebebasan finansial (financial freedom) sebelum menginjak usia 60 tahun. Saya berpendapat, kebebasan finansial terwujud jika saya sudah memiliki penghasilan pasif (passive income) yang mencukupi kebutuhan hidup.

Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus tanpa keharusan untuk bekerja mendapatkan uang, karena harta yang dimilikinya telah ”bekerja” menghasilkan uang untuk pemiliknya. Pada tahap ini, bekerja adalah sebagai pilihan dan bukan sebagai keharusan karena ingin mendapatkan penghasilan. Bekerja bukan untuk mendapatkan penghasilan karena penghasilan saya sudah tercukupi dari uang saya yang “bekerja” mendapatkan penghasilan pasif.

Untuk meraih kebebasan finansial dari penghasilan pasif, saya mulai merintis usaha di bidang property dengan menyediakan jasa penyewaan rumah, menyewakan tanah untuk lahan usaha, persewaan mobil dan mendirikan toko busana. Perlahan-lahan saya mencoba untuk memperbesar aset dalam bentuk tabungan di bank, deposito, emas, dan valuta asing.

Saya berusaha mengumpulkan harta produktif berupa rumah-rumah sewa. Untuk tujuan jangka panjang saya juga sedang berupaya untuk memiliki tanah yang luas sebagai lahan untuk mendirikan “mesin uang” keluarga…..

Inilah motivasi kerja saya, yakni meraih kebebasan finansial (financial freedom) sebelum menginjak usia 60 tahun dengan memiliki penghasilan pasif (passive income).Apakah motivasi kerja anda??

Iklan

133 tanggapan untuk “Motivasi kerja”

  1. Motivasi Kerja saya,
    Saya berasal dari keluarga besar 12 bersaudara(7 laki &5 perempuan)
    orang tua saya hanya sanggup menyekolahkan anaknya hingga SMA dan bila ingin melanjutkan harus cari biaya sendiri, oleh sebab itu umum nya kami mencari bea siswa, dan saya ikut pendidikan PT Telkom dgn bea siswa dan harus ikatan dinas dua tahun,

    Melihat keadaan saat itu saya termotivasi utk memberikan pendidikan anak saya setinggi mungkin dan juga pendidikan saya sendiri harus di tingkatkan, setelah lulus pendidikan PT Telkom saya kuliah di PTS Jakarta,

    Dalam mempersiapkan biaya utk pernikahan, menyediakan rumah dan lain2 saya pikir sangat sulit didapat dari dalam perusahaan sebagai pegawai menengah, dan saya harus bisa menabung dgn cepat, akhirnya saya putuskan utk ikut penugasan ke saudi Arabia sebagai ahli tehnik sentral telepon dengan gaji yg cukup besar bahkan tertinggi dibandingkan tenaga dari Asia / Asean lainnya, setelah dua tahun (1983 sd 1984) saya bisa membeli rumah dan sejumlah tabungan bahkan sempat berhaji selama di SA,

    Kembali ke Indonesia saya di perbantukan ke PT Indosat dan saya cukup beruntung karena mendapat tugas projek keliling indonesia dari sabang sampai meuroke dan selalu mendapat uang perjalanan dinas yang bisa ditabung.
    Saya berfikir bahwa ujung ujung nya bekerja adalah utk menyiapkan tabungan untuk anak sekolah dan mempersiapkan segala sesuatu jika ada kondisi emergensi dan berharap anak istri tidak akan menderita jika saya sudah mangkat, sementara jika saya berkompetisi di dalam perusahaan akan sulit karena pendidikan belum mendukung (belum lulus S1), maka saya putuskan utk mencari penempatan di luar negri utk mengejar “keamanan financial” dan saya sempat bekerja di Kamboja dua tahun, juga di Swedia dan Korea selatan,

    Kembali ke Indonesia saya memilih diperbantukan di anak perusahaan di jawa tengah yang berbasis gaji US Dollar (selama tujuh tahun) dan sejak tugas di LN saya banyak kumpulkan USD sehingga bisa memiliki beberapa rumah / asset dan tabungan.
    Selama di Semarang saya melanjutkan sekolah S1 saya dan sekaligus S2 (MBA). dan di jakarta selesai S2 (MH) Unpad.

    Kembali tugas di jakarta, saya tugas di projek operator Tel Cellular IM3, kemudian kembali ke PT Indosat di bagian Internasional dan kemudian tugas di projek Indosat hingga sekarang,

    Dari hasil perjuangan jerih payah bekerja keliling di LN dan Jawa tengah saya bisa memiliki beberapa rumah / asset dan anak pertama saya (laki2) selesai kuliah S2 M Eng Melbourne University Australia dan anak kedua (laki2) sekarang kuliah di ITB bandung (Tehnik Sipil), dan juga sudah saya siapkan biaya utk kuliah S2 di Jepang atau Australia serta siap rumah utk masing2 anak dan siap pensiun.

  2. Saya adalah seorang karyawan swasta pada perusahaan asing milik Malaysia bekerjsama dengan pemerintah Indonesia yang bergerak pada industri pengeboran minyak dan gas bumi dengan penghasilan yang sudah cukup lumayan. Awalnya saya berpikir bahwa keamanan finansial sudah terpenuhi, namun setelah mempertimbangkan kembali dan setelah mendapatkan arahan dari beberapa rekan yang telah sukses berwirausaha, dan juga setelah membaca blog ini, saya semakin termotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi pengalaman rekan-rekan yang telah sukses berwirausaha untuk kemudian mengikuti jejaknya sehingga motivasi saya bukan lagi sekedar mencapai keamanan finansial saja tetapi juga mendapatkan kebebasan finansial dan mempunyai waktu luang yang sangat bermanfaat bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya dalam menajalankan tugas sebagi ibu bagi anak-anak dan sebagi istri bagi suami saya. Saya berharap dengan suksesnya karier dan usaha yang akan dijalankan dapat memberikan jaminan masa depan yang terbaik bagi keluarga saya.

  3. saya anak ke enam dan mempunyai kakak laki-laki 2 orang & kakak perempuan 3 orang, dimana semuanya sudah bekerja dan memiliki keluarga masing-masing. sekarang saya bekerja di perusahaan plywood yang cukup ternama di bagian marketing, dari penghasilan saya sekarang ini saya sudah memiliki rumah dan apartemen meskipun saya harus mencicilnya. dari saya berkerja saya memang harus memikirkan kehidupan saya untuk masa yang akan datang.
    saya juga mempunyai sedikit tabungan dan beberapa surat berharga yang saya investasikan. saya berharap dari apa yang sudah saya punya dan peroleh saat ini dapat membuat saya dihari tua nanti mempunyai hidup yang layak. saya juga mempunyai cita-cita untuk membuat usaha sendiri begitu saya memasukin usia 40 tahun, karena tidak selamanya saya harus bekerja sama orang lain. meskipun saya bukan dari keluarga berada tapi orang tua saya selalu berusaha untuk membuat anak nya menjadi sarjana hal itu sudah terbukti bagi kami anak-anaknya. saat ini orang tua saya sudah bahagia dengan apa yang sudah mereka berikan kepada kami, dan kami sebagai anak-anaknya saat ini sedang membahagiakan mereka dengan setiap tahun mengaja orangtua pergi berlibur. saya sudah tamat sarjana sistem informasi dari universitas tarumanegara, dan sekarang mulai lagi dengan kuliah di fakultas hukum UIEU untuk bisa dikemudian hari menjadi seorang notaris. semoga usaha saya berjalan lancar dan diberkati tuhan serta dapat membahagiakan orang tua & saudara-saudara saya……..

  4. saya berasal dari 2 bersaudara. adik saya laki-laki dan sudah menyelesaikan S1 nya. orang tua saya sanggup menyekolahkan anaknya hingga sampai dengan Akademi, dan jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi harus berusaha sendiri. setelah tamat dari Akademi Komputer-Sekretaris dari LPK Santa Ursula, maka pada tahun 1997 saya mendapatkan pekerjaan di salah satu Property terbesar di Indonesia, dan saat itu saya menjabat sebagai Administrasi Legal kurang lebih saya bekerja selama 7 tahun, namun hasilnya kurang memuaskan. maka pada tahun 2004 saya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. dan saya mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan Pendidikan saya.

    Maka pada bulan Agustus 2004 saya bekerja di salah satu perusahaan Saham yang bekerja sama dengan BEJ, saya bekerja disana sebagai Sekretaris Direksi. kurang lebih 3,5 tahun saya bekerja disana… disana pun saya tidak mempunyai kepuasaan. akhirnya pada bulan Juli 2008 saya mengundurkan diri, dan Pada Bulan Agustus 2008 saya mendapatkan pekerjaan di salah satu Law Firm di Jakarta.

    Saya berpikir bahwa keamanan Finansial sudah terpenuhi, namun setelah membaca blog ini dan setelah mendapatkan arahan dari beberapa rekan yang telah sukses berwirausaha, maka saya semakin termotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi, sehingga motivasi saya bukan lagi sekedar mencapai keamanan finansial saja tetapi juga mendapatkan kebebasan finansial dan mempunyai waktu luang yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi maupun keluarga saya.

    saya berharap dengan suksesnya karier dan usaha yang akan dijalankan dapat memberikan jaminan masa depan yang terbaik bagi hidup saya dan bagi keluarga besar saya.

  5. Saya adalah seorang pegawai pada sebuah perusahaan swasta.

    Pendapat saya tentang artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?” :
    Artikel tersebut sangat bagus, karena saya mendapatkan suatu pengertian baru tentang usaha dan mendapatkan kebebasan finansial.
    Karena pada awalnya saya berpendapat bahwa suatu usaha itu hanya kegiatan seseorang yang menjual barang atau jasa kepada orang lain.Tetapi setelah saya membaca artikel ini, saya mulai memikirkan cara bagaimana agar saya dapat memperoleh keamanan finansial dan bahkan mendapatkan kebebasan finansial.
    Saya sangat berterimakasih kepada penulis artikel ini Bp.Mulyo.
    Dan saya berharap dapat menerapkan tips yang ada dalam artikel ini tentu saja dengan suatu inovasi yang baru.

    Motivasi Saya dalam bekerja adalah :

    Motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah untuk mencari pengalaman dalam bekerja dan untuk belajar dalam banyak hal terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang saya kuasai dan yang sedang saya pelajari di Universitas Indonusa Esa Unggul yaitu tentang ilmu Akuntansi.
    Motivasi kerja saya seperti itu karena saya sewaktu lulus SMK tahun 2008 saya langsung bekerja dan mengambil kuliah.
    Oleh karena itu,di usia saya yang masih muda ini saya lebih memfokuskan diri untuk mendapatkan banyak kompetensi dan keahlian yang unggul dibandingkan yang lain agar disaat nanti saya akan mulai mengembangkan karir atau bahkan menjadi seorang Businessman atau Investor saya sudah mempunyai bekal dan keunggulan yang bisa membantu saya meraih kebebasan finansial.
    Oleh karena itu, saya saat ini bekerja diperusahaan tersebut sebagai Controller Cash pada bagian accounting.
    Dan karena saya ingin belajar bagaimana menghadapi banyak sifat orang saya juga diberi kepercayaan untuk menjadi Assiten Controller Bahan Baku pada perusahaan saya.

    Harapan saya setelah mendapatkan kompetensi dan keahlian yang saya inginkan saya akan menjadi seseorang yang memperoleh kebebasan finansial secara mutlak.
    Amin.

  6. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara (2 laki-laki dan 1 perempuan). saya dibesarkan dikeluarga yang sangat harmonis dan bahagia. tapi semenjak Papa saya meninggal dunia, otomatis saya sebagai anak perempuan satu-satunya dikeluarga harus bisa membantu ibu. otomatis tombul dihati saya untuk selalu menyenangkan orang tua saya yang sekarang hanya tinggal 1. sekarang saya bekerja sebagai seorang import staff disuatu perusahaan terkemuka dijakarta, dan saya bangga bisa bekerja diperusahaan tersebut. tetapi setelah saya belajar tentang motivasi, saya semakin tertantang untuk dapat berwirausaha sendiri, dan lebih dapat mengembangkan kemampuan saya dalam jiwa berusaha. dengan berwirausaha saya lebih tidak terkenkang dengan waktu seperti waktu saya bekerja sekarang ini. saya akan berusaha untuk selalu menyenangkan orang2 disekitar saya, termasuk teman dan keluarga saya.

  7. Motivasi saya dalam bekerja:
    Saya adalah anak pertama dari lima bersaudara (4 laki-laki dan 1 perempuan). saya dibesarkan dilingkungan bisnis yang benar2 membuat saya termotivasi untuk mengumpulkan modal usaha, disamping itu saya juga ingin menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi besarnya pengganguran, dan juga untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang ada diIndonesia.

  8. menurut saya tulisan bapak sangat bagus untuk memotivasi seseorang dalam menjali hidup atau karier nya di dunia kerja yang memang sulit untuk saat. saya sekarang bekerja diperusahaan plywood yang cukup ternama pada bagian marketing, dari hasil kerja saya sudah dapat memiliki rumah dan apartemen meskipun ini masih dalam tahap cicil, selain itu saya juga memiliki beberapa surat berharga yang saya investasikan. saya memang sudah menjadi sarjana S1 untuk jurusan sistem informasi dr universitas swasta dan sekarang lagi mengambil lagi untuk sarjana S1 di UIEU jurusan hukum yang nantinya bisa membawa saya menjadi seorang notaris. saya hidup dalam keluarga yang besar dengan banyak saudara kandung dan semuanya sudah berkeluarga dan mempunyai kehidupan masing-masing. orang tua saya bukan dari keluarga yang mampu tapi mereka sanggup membiayai kami anak-anaknya sampai kepada perguruan tinggi. orang tua saya setiap tahun diajak oleh anak-anaknya berlibur dan bermain sama cucu-cucunya. semoga cita-cita saya bisa menjadi seorang notaris dan membuat keluarga saya bangga dapat menjadi kenyataan. dengan adanya bacaan bpk akan menjadi acuan saya untuk lebih memikirkan lagi bagaimana cara menginvestasikan seluruh jeripayah saya.

  9. Saya adalah seorang karyawan swasta pada perusahaan lokal, yang bergerak di bidang freight forwarder. Dengan membaca blog Pak Mulyo mengenai “Motivasi Kerja” saya menjadi terpacu berwirausaha, impian saya dulu yang terpendam. Saya adalah orang yang mempunyai sifat tidak sabar tetapi mempunyai keinginan besar untuk mencapai sesuatu. Dulu sewaktu lulus dari Sekolah Menengah Atas memang sempat terpikir untuk berwirausaha tetapi saya harus mempunyai modal sedikit untuk memulainya. Pada saat lulus SMA saya sama sekali tidak mempunyai modal dikarenakan saya adalah anak ke-9 dari 9 besaudara dan saya juga adalah yatim piatu yang sudah ditinggal oleh kedua orang tua sejak kelas lima Sekolah Dasar. Saya tinggal bersama saudari saya sampai lulus SMA. Yang terpikir setelah tamat SMA adalah saya harus bekerja terlebih dahulu agar mendapatkan modal untuk memulai berwirausaha. Wirausaha yang ada di benak saya waktu itu adalah ingin menekuni bisnis menjual pulsa, karena pada tahun 2005 bisnis menjual pulsa sedang bagus dengan modal yang sedikit tetapi mendapatkan hasil yang lumayan. Tetapi di samping keinginan berwirausaha saya juga mempunyai keinginan lain yang sama kuatnya yaitu kuliah. Saya harus kuliah sampai perguran tinggi mengingat era globalisasi yang semakin lama semakin maju, persyaratan untuk dapat bekerja di suatu tempat semakin banyak dan sulit, dunia kerja semakin berkompetensi.

    Untuk pertama kalinya saya diterima bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai merchandiser sales, setelah saya mempunyai penghasilan, keinginan untuk kuliah saya utamakan tetapi keinginan untuk berwirausaha tetap ada. Saya pun bisa kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. Seiring waktu berjalan, gaji saya cukup untuk biaya hidup dan biaya kuliah saja, saya tidak dapat menyisihkan uang saya untuk membuka wirausaha, jangankan menyisihkan uang untuk berwirausaha, menyisihkan untuk tabungan pegangan saya saja nyaris tidak cukup. Waktu itu sempat terpikir oleh saya untuk meminjam uang ke saudara tetapi rencana tersebut cepat-cepat saya batalkan dikarenakan rasa segan sudah menghantui saya terlebih dahulu. Saya berusaha mencoba mencari pekerjaan lain yang mungkin penghasilannya lebih besar dari tempat saya bekerja pertama, akhirnya saya pun mendapatkan pekerjaan pada perusahaan swasta yang gajinya lebih besar Rp200,000.00 dibandingkan tempat saya bekerja sebelumnya. Benar kata pak Mulyo bahwa pada blog beliau mengatakan, ”Ketika anda mendapat kenaikan gaji, harga-harga barang pun sudah lebih dahulu naik dengan tingkat kenaikan yang melebihi tingkat kenaikan gaji”. Keadaan keuangan saya sama seperti awal saya bekerja hanya cukup untuk biaya hidup dan kuliah saja. Keinginan untuk berwirausaha menjadi memudar, yang awalnya menggebu-gebu dikalahkan oleh keadaan saya, keadaan ”serba pas” begitu kalau anak sekarang menyebutnya. Karena keadaan serba pas itu motivasi bekerja saya berubah yang awalnya ingin mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk berwirausaha berubah menjadi bagaimana biaya hidup saya cukup, saya juga tetap kuliah dan dapat lulus tepat pada waktunya, dengan memegang ijasah diploma setidaknya saya dapat mencari pekerjaan yang lebih baik lagi dibandingkan memegang ijasah SMA. Syukur alhamdulillah selama 3 tahun saya bertahan dan dapat menyelesaikan kuliah saya.

    Setelah lulus kuliah saya dapat menyisihkan gaji saya sedikit untuk menabung namun keinginan untuk berwirausaha itu hilang dengan sendirinya, mungkin karena terlalu lama tertunda, tetapi yang terbesit dipikiran saya adalah ingin kuliah lagi karena ingin memperoleh gelar sarjana dengan memilih jurusan lain, saya tidak berniat meneruskan jurusan yang sebelumnya karena kurang berminat pada jurusan tersebut, saya berniat mengambil program studi Hukum dan nanti dapat diterima bekerja sebagai pegawai negeri. Dari uang yang sudah saya kumpulkan beberapa bulan akhirnya saya dapat kuliah mengambil program study di Universitas Indonusa Esa Unggul. Mengingat pengalaman saya sebelumnya yang kuliah sambilan bekerja, saya sempat agak khawatir keadaan serba pas akan kembali menemani saya di kehidupan saya besok.

    Namun setelah memahami blog pak Mulyo, saya banyak mengambil hikmahnya, sekarang saya percaya kalau kita mempunyai keinginan yang besar untuk maju pasti akan dapat terwujud, contohnya keinginan mencari usaha sampingan untuk menambah penghasilan, dulu keterbatasan modal adalah satu faktor yang membuat saya tidak percaya diri untuk memulai berwirausaha, tapi dengan membaca motivasi usaha pak Mulyo banyak jalan menuju Roma itu yang ada dalam benak saya sekarang. Keinginan saya berwirausaha tumbuh kembali, memang sekarang adalah saatnya untuk memulai, mengingat umur saya semakin bertambah tua, saya juga harus berpikir untuk ke depan, saya belum mempunyai rumah, mempunyai rumah dan kendaraan adalah salah satu impian saya, impian tersebut yang memotivasi saya untuk berwirausaha, saya seorang lelaki dan nanti pasti akan berkeluarga. Setidaknya saya sudah mempunyai modal untuk menikah nanti.

  10. Saya anak kedua dari empat bersaudara, dimana saya beruntung karena dilahirkan dari keluarga yang bahagia dan sejahtera, sehingga saya dapat menyelesaikan sekolah dan bekerja di luar negeri.

    Ketika saya menikah, saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri dengan berinvestasi dalam bidang properti dan usaha menengah ke atas.

    Saat ini saya telah mencapai tahap kebebasan finansial, yang mana dengan usaha yang sedikit saya bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal, sehingga kebutuhan untuk istri dan kedua anak saya telah sangat terpenuhi baik untuk saat ini maupun untuk tabungan di masa depan dan masa pensiun.

    Motivasi usaha saya sekarang adalah menjadi inspirasi bagi keluarga dan orang-orang dekat di sekitar saya, menciptakan lapangan kerja serta bekerja sosial untuk membantu sesama yang membutuhkan.

  11. Saya anak ke 3 dari 3 besaudara, sekarang saya sedang menjalani semester 8 di universitas trisakti saya mengambil fakultas perhotelan, saya sudah pernah job training selama 6 bulan di salah satu hotel berbintang di BALI,sekarang saya memutuskan untuk mengambil jurusan hukum, kerena saya sangat berminat sekali di bidang hukum, di samping itu, om dan tante saya sudah menjadi contoh yang nyata dalam bidang hukum, dan telah mempunyai law firm yg cukup di perhitungkan di jakarta ini, motivasi hidup saya adalah, saya mau mapan sebelum saya menikah, dan mau membahagiakan keluarga saya…

  12. Mengenai artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?”, menurut saya sangat menarik, karena artikel tersebut memberikan pandangan dan pencerahan tentang seluk beluk dunia kerja dalam kehidupan nyata. Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa untuk mencapai tingkat atas dalam suatu pekerjaan diperlukan suatu kerja keras, dan harus dimulai dari bawah. Artikel tersebut juga memberikan motivasi untuk meningkatkan taraf hidup hingga mencapai kebebasan finansial. Pada akhirnya, kita dapat mengambil sisi positif dari beberapa tips yang diberikan dalam artikel Bapak. Mulyo, untuk dijadikan motivasi dalam bekerja, sehingga dapat mencapai kebebasan finansial.

    Saya sudah mulai mengenal dunia usaha semenjak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, dengan cara membantu orang tua saya untuk berjualan. Pada waktu duduk di bangku SMA, saya sudah mulai bekerja sebagai Krani (pengecekan barang keluar dan masuk gudang) di Kampung Bandan, Kota. Motivasi saya bekerja pada waktu itu adalah untuk meringankan beban orang tua saya, dan untuk mendapatkan uang saku tambahan.

    Setelah lulus SMA, saya merantau ke Kalimantan Tengah. Saya bekerja sebagai kasir di sebuah perusahaan swasta. Saya belajar mengenai seluk beluk keuangan, misalnya mengenai budgeting perusahaan, cashflow. Pada tahun kedua di Palangkaraya, saya mulai kuliah sampai semester IV.. Motivasi saya bekerja di Palangkaraya adalah untuk membantu keluarga.

    Setelah berada di Palangkaraya selama 3,5 tahun, saya memutuskan kembali ke Jakarta untuk mencari pengalaman kerja yang lebih baik. Beberapa bulan di Jakarta, saya bekerja sebagai staff gudang di sebuah pabrik baja selama satu tahun. Kemudian, saya pindah kerja ke Perusahaan yg bergerak di bidang perkayuan (Logging, sawmill, woodworking & plywood) sebagai staff accounting di HO, dan 6 bulan kemudian saya dipindahkan ke pabrik sebagai assisten Chief Accounting. Disinilah standard hidup saya mulai mengalami peningkatan.

    Saya bekerja di tempat kerja saya yang sekarang sejak tahun 1995, memulai karir sebagai Chief Finance & Accounting, hingga sekarang, dan menjabat sebagai Manajer keuangan & Akunting. Tahun 2007, saya merangkap sebagai Manajer Keuangan di Induk Perusahaan. Saya menyadari bahwa ada banyak peluang yang lebih besar, dan ada banyak hal yang bisa dikerjakan ketika seseorang itu belajar di bangku perkuliahan dan memiliki gelar akademis. Karena itu saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah, di Universitas Indonesia Esa Unggul Jurusan Akuntansi. Motivasi saya bekerja saat ini adalah untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya, juga untuk mendapatkan keuangan yang lebih baik. Maka, bekerja itu perlu usaha dan kemauan yang kuat, serta kerja keras. SEMANGAT!!!

  13. “APAKAH MOTIVASI KERJA SAYA”
    THERESIA SESILIA KERAF ( 200812080 )

    Arti Motivasi Kerja bagi saya pribadi merupakan suatu dorongan jiwa yang dapat membuat seseorang tergerak untuk melakukan tindakan yang produktif, baik yang berorientasi kerja untuk menghasilkan uang maupun yang tidak.

    Motivasi kerja yang dimiliki setiap orang berbeda-beda tentunya, dan juga berubah-ubah. Bagi saya suatu keinginan yang sangat wajar untuk dapat mengembangkan diri kita dari waktu ke waktu. Baik dalam memenuhi kebutuhan hidup maupun untuk sesuatu yang diinginkan atau diharapkan.

    Motivasi kerja pun bisa timbul dan tenggelam. Tidak selamanya kegairahan dalam bekerja bisa terus berada pada titik maksimal. Kadangkala, seorang pekerja dapat mengalami penurunan kinerja karena kejenuhan dalam bekerja, atau bisa saja karena pelbagai permasalahan yang dihadapinya.

    Saya juga harus memiliki visi dalam hidup untuk memotivasi diri sendiri . Visi tersebut berupa gambaran akan kondisi yang lebih baik dari sekarang, menyenangkan, kebahagiaan. Jika saya memiliki cita-cita, tentunya saya juga akan senantiasa berusaha mewujudkannya.

    Saya juga harus memiliki ambisi untuk dapat memotovasi diri saya untuk lebih baik dari hari ini. Karena pengalaman kerja hanya ditempat yang sama maka terkadang ambisi untuk maju jadi kurang terpacu.

    Tetapi sejak mengikuti kuliah maka motivasi kerja menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu untuk dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik dari hari ini.

    Selain untuk menghasilkan uang tetapi motivasi kerja yang lain adalah dapat membantu keluarga secara maksimal.

  14. Pada dasarnya pada diri setiap manusia selalu ada dorongan yang kuat untuk maju,ingin lebih baik dari orng lain,dan makin kuat imanya semakin menyadari bahwa hari esok harus lebih baik dari hari ini.persaingan untuk menuju tangga sukses dalam berwira usaha bukanlah persoalan yang mudah di tengah-tengah kompetinsi yang semakin ketat dan mengglobal.susahnya membangun kewirausahan disebabkan oleh beberapa faktor,diantaranya:
    1.banyaknya kompetitor baik yang telah mapan maupun yang baru tumbuh dan berkembang.
    2.belum sepenuhnya dinia perbankan berpihak kepada calon pengusaha kecildalam penyedia dana bersuku bunga ringan.
    3.faktor mentalitas yang cenderung lemah.
    4.motivasi sebagian masyarakat yang belum tinggi.
    Salah satu faktor penting dalam kewirausahaan adalah etos,yaitu sikap mental dan semangat yang mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu yang lebih baik.etos ini harus senantiasa ditumbuhkan dan digelorakan agar mampu menjadi pemicu untuk bekerja dan berpikir yang lebih kritis.masa depan yang lebihg baik tidak bisa diraih hanya dengan berpangku tangan atau menghitung bintang dilangit,melainkan masa depan yang cerah harus direbut dan diperjuangkan usaha yang keras.demikian kesimpulan dari saya yang sedang membangun kewirausahaan itu sendiri.

  15. Saat ini saya adalah seorang Pegawai di salah satu perusahaan ternama yang ada di Jakarta, saya adalah anak perempuan satu-satunya yang ada pada keluarga saya. Hingga saat ini saya masih meneruskan pendidikan akademi di universitas indonusa essa unggul.

    Bekerja membutuhkan motivasi bahkan saat ini saya bekerja sebagai karyawan Administrasi, sampai saat ini saya masih bekerja tetapi dengan penghasilan yang terlalu pas-pasan saya belum bisa mebeli sesuatu dengan penghasilan saya saat ini. Ya, setidaknya bekerja untuk kehidupan yang berkecukupan jika sudah merasa layak dan cukup, akan menginginkan kehidupan yang lebih dan lebih lagi hidup tentu mampunyai arti yang luas, bukan sekedar bernafas saja, hidup menjadi lebih hidup ketika seseorang hidup seleranya, hidup cita-citanya, hidup semangatnya, hidup tenaganya, hidup visinya, hidup bisnisnya, hidup amalannya, hidup kontribusinya pada sesama dan banyak lagi. Kerja bagi saya bukan hanya seperti bekerja di kantor atau menggarap bisnis online seperti tema blog ini, melainkan kerja adalah aktivitas untuk menghidupkan beberapa hal seperti yang bisa menghasilkan pendapatan yang lebih sehingga menjadi suatu kepuasan bagi saya.

    Motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah untuk mencari pengalaman dalam bekerja dan untuk belajar dalam banyak hal terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang saya kuasai dan yang sedang saya pelajari di Universitas Indonusa Esa Unggul yaitu tentang ilmu Hukum.
    Motivasi kerja saya seperti itu karena saya sewaktu lulus SMK tahun 2006 saya langsung bekerja dan mengambil kuliah, sehingga pengalaman yang saya dapatkan belum begitu banyak mengenai dunia kinerja.

    Keamanan Finansial saya rasa sudah terpenuhi, namun setelah membaca blog ini dan saya telah mendapatkan arahan dari beberapa rekan yang telah sukses berwirausaha, maka saya semakin termotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi, sehingga motivasi saya bukan lagi sekedar mencapai keamanan finansial saja tetapi juga mendapatkan kebebasan finansial dan mempunyai waktu luang yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi maupun keluarga saya.

  16. Ketika masa SMA , saya sudah mulai memperoleh penghasilan sendiri. Sebelumnya semua uang yang peroleh berasal dari orang tua dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan kegiatan saya harus berusaha untuk mengaturnya , tapi tetap saja selalu berada dalam posisi kekurangan. Hal ini terjadi ketika saya memiliki nilai prestasi yang bagus sehingga adik saya merekomendasikan kepada temannya yang kebetulan nilai rapornya memperoleh banyak nilai merah menjadi guru privatenya. Awalnya saya ragu karena waktu itu saya baru SMA kelas 1 dan adik teman saya SMP kelas 1 , tapi atas nasehat orang tua akhirnya saya menerima tawaran tersebut. Saya masih ingat ketika saya menghadap orangtuanya teman adik saya, Papanya merasa ragu. Tapi adik saya dengan semangat memberitahukan bahwa saya pasti sanggup. Mulailah saya memberi les private, pada saat saya menerima upah yang pertama kalinya saya sangat senang , semua kesulitan saya mulai teratasi dengan adanya penghasilan sendiri tanpa harus minta dari orangtua dan sayapun mulai senang dengan yang saya kerjakan. Sambil memberikan les , pengetahuan saya pun bertambah sehingga saya merasa lebih mudah menerima pelajaran dari sekolah. Sehingga saya termotivasi untuk memberikan yang terbaik kepada murid les saya. Alhasil murid saya tersebut nilainya naik secara drastis dari rapornya nyaris merah semua menjadi hitam semua. Saya pun mendapat upah tambahan dari Orangtua murid saya. Saat itu banyak hal yang saya pelajari antara lain :
    1. Jangan melepaskan kesempatan yang ada , walaupun anda ragu tapi menurut penilaian orang lain anda layak.
    2. Mulailah termotivasi untuk menjalankan kesempatan tersebut.
    3. Laksanakan tugas dengan tanggung jawab dan pergunakan kesempatan .
    4. Seperti ulasan Pak Mulyo seperti inilah yang disebut dengan Keamanan Finansial.

    Mulailah teman-teman murid saya minta les private kepada saya, Penghasilan dari les private tersebut dapat menutupi semua biaya sekolah saya dan mulailah saya kasih tahu orang tua bahwa mereka tidak perlu lagi memberikan uang lagi , bahkan saya dapat mulai menabung.
    Hal ini saya lakukan sampai saya mulai kuliah S1. Diantara teman-teman saya , Saya merasa bangga atas penghasilan tersebut karena saya bisa membeli motor dengan uang sendiri. Saya dapat mengeluarkan uang sekehendak saya tanpa ijin dari orangtua, dan meneruskan kuliah S1 Teknik Informatika dengan penghasilan sendiri. Saya termotivasi untuk kuliah S1 karena saya melihat perkembangan komputer saya pesat dan saya terkagum-kagum dengan kecanggihan komputer

    Ketika masa kuliah , saya mulai merasa waktu untuk memberikan private sangat kurang. Tapi sayang untuk dilepas begitu saja sehingga saya mulai mencari teman-teman yang dapat mewakili saya, sehingga saya dapat mengatur waktu. Tugas saya hanya mengatur jadwal kunjungan les kepada murid-murid les private saya. Penerimaan tetap saya yang terima dan saya memperhitungkan konstribusi teman-teman dengan membayar sesuai porsinya. Tapi dengan cara tersebut penghasilan saya mulai bertambah karena semakin banyak murid-murid les private yang dapat saya terima. Dan teman-teman saya pun merasa terbantu oleh saya. Tapi sering juga ada teman yang tidak kompeten untuk mengajar , sehingga secara tega-tegaan saya memutuskan untuk tidak memberikan kesempatan mengajar lagi dengan memberikan alasan yang kuat.
    Dari pengalaman tersebut dapat saya simpulkan bahwa :
    1. Semakin banyak kesempatan harus diciptakan sistem yang efektif untuk mencapai kesempatan itu.
    2. Pergunakan keadaan lingkungan untuk membantu pencapainya tujuan seperti saya mempergunakan teman-teman selaku patner untuk membantu kesibukan saya dalam memberikan les private.
    3. Semakin banyak orang ikut dalam pekerjaan , semakin banyak juga masalah-masalah yang timbul sehingga kita perlu ambil pengalaman untuk menyelesaikan masalah.
    4. Melihat ulasan saya , bagian ini saya mulai menjadi pemilik pekerjaan yang memberikan orang lain bekerja dan tetap masih dalam kondisi keamanan finansial walupun sudah menjurus kepada KEBEBASAN FINANCIAL. karena saya mulai mendapatkan hasil walaupun saya tidak bekerja.

    Hal ini berlangsung selama saya kuliah S1 sampai semester akhir , saya mulai merasa bahwa yang saya pelajari harus diterapkan didunia usaha. Saya mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan Akademis saya. Mulailah saya bekerja di PT. Wahyu anggada yang bergerak di Software House untuk pemogram di Bank-Bank. Saya mulai bekerja dengan semangat walaupun gaji saat itu hanya 1/10 dari penghasilan dari memberikan les private. Karena termotivasi untuk mengambil pengalaman saya jalaninya. Saya mulai belajar membuat Aplikasi Software , Prosedur dan banyak ilmu yang saya dapat dari sana yang tidak pernah didapat dari kuliah. Karena merasa cukup dengan pengalaman tersebut walau hanya 3 bulan saya bekerja , saya mulai mencari perusahaan lain yang lebih menantang. tempat pekerjaan ke-2 saya di PT. Romance Springbed sebagai programmer hanya dalam 2 bulan saya berhasil membuat aplikasi inventory dan aplikasi pengelolahan keuangan mereka. Karena saya direkomendasikan teman untuk bekerja di PT. Carvil Abadi maka dengan menyesal saya memberitahukan kepada Bos PT. Romance mengundurkan diri, Awalnya Beliau sangat keberatan, tapi tidak dapat berbuat apa-apa karena saya masih dalam masa percobaan. Saya mulai karier saya di PT. Carvil Abadi , tapi karena Waktu kerja saya dari hari Senin – Jumat . Owner PT. Romance minta saya untuk freelance di tempat dia di hari Sabtu. Awalnya saya menolak tapi terus didesak. Intinya dia merasa terbantu dengan program yang saya buat dan minta saya maintance di hari Sabtu. Tapi Semua ini membuat usaha saya dibidang Les Private sangat terganggu. Semua ini disebabkan waktu saya yang sangat padat dan banyak murid yang mundur dengan alasan bukan saya lagi yang pegang atau ajar. Akhirnya sisa murid saya berikan kepada adik saya. Dan saya mulai fokus di pekerjaan saya.Mulailah saya termotivasi untuk mengembangkan karier saya di PT. Carvil Abadi. Dan selama 2 tahun saya bekerja saya mulai merasa saya perlu mengembangkan diri di Bidang lain sehingga saya ambil kesempatan untuk kuliah S2. Freelance saya korbankan demi pendidikan ini. Kuliah S2 saya tempuh dijalur eksekutif di hari Satu dan Minggu. Saya mulai termotivasi untuk pencapai karier setinggi-tingginya.
    Adapun Kesimpulan yang dapat saya ambil dari frase ini :
    1. Bila Kita harus konsentrasi di satu tempat , maka usaha lain akan terganggu. Hal ini harus dijembatani dengan management yang baik.
    2. Bila usaha yang kita jalani tidak kita awasi dan terjun dalamnya maka kemungkinan usaha tersebut tidak akan berjalan dengan baik.
    3. Untuk perbaikan karier kita perlu mengembangkan diri.
    4. Untuk Step ini saya makin terjerumus oleh motivasi saya ke posisi KEAMANAN FINANCIAL.

    Setelah lulus S2 , karier saya makin melesat diantara teman-teman kerja saya tergolong kenaikan gaji dan posisi paling agresi. Dari programmer , mulai naik menjadi manager MIS , kemudian menjadi Manager Purchasing dan PPIC dan akhirnya posisi sebagai Wakil GM , selama 7 tahun saya bekerja di Carvil saya mulai merasa karier saya sudah mentok dan saya pasti selalu dibawah orang, artinya selamanya saya ini hanya karyawan. Saya mulai merintis usaha dengan bekerjasama dengan adik saya untuk memproduksi salahsatu assesoris komputer dan mulai dipasari oleh adik saya dengan step by step.
    Hal ini berjalan selama 1 tahun dan berhasil mulai merintis membuka toko komputer di kawasan mangga dua. Saya sudah mulai merasa jenuh menjadi karyawan , sehingga dengan baik-baik saya mengundurkan diri, alhasil owner carvil melihat pengabdian saya mereka tetap memberikan pesangon yang lumayan besar. Saya manfaatkan pesangon dan tabungan saya untuk mengembangkan usaha toko yang dirintis adik saya. Berjalan mulus usaha kami, mulai kami melangkah dengan membuka cabang di kebun jeruk , lalu di Pinangsia Glodok , Harco mangga dua , ITC Cempaka Mas , ITC ROXY MAS. Tapi seiring perjalanan waktu maka ada beberapa cabang yang tidak menghasilkan sehingga dengan sedih kami menutup beberapa cabang yang dianggap tidak menghasilkan bahkan rugi yaitu : ITC Cempaka MAS dan ITC ROXY MAS. Dikarenakan saya mulai berkeluarga dan disusul adik saya juga mulai berkeluarga maka kami membagi tugas pengurusan dan keuangan masing-masing , yang kemudian kami laporkan setiap akhir tahun . Sebelum berkeluarga saya merasa puas akan hasil tersebut , tapi setelah berkeluarga sangat terlihat bahwa kebutuhan sangat banyak sehingga saya mulai termotivasi untuk mencari kesempatan lain , dan semua urusan toko dapat dialihkan kepada istri , begitu juga adik saya . Hasil diskusi berikutnya kami berencana untuk membuka suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa konsultan baik itu konsultan pajak, HKI ataupun Konsultan Hukum. Adik saya mulai Kuliah S1 lagi di Trisakti Falkutas Hukum dan tahun ini saya mulai menyusul untuk kuliah S1 dengan dibarengi pendidikan PERPAJAKAN. Untuk mencapai motivasi tersebut kami membuat persiapan yang semoga dapat dicapai masa mendatang.
    Kesimpulan dari Frase ini :
    1. Semakin banyak kebutuhan , akan memotivasi kita untuk semakin maju.
    2. Kita perlu langkah-langkah yang konkret sehingga kami menyadari bahwa semua itu perlu pengorbanan baik waktu dan tenaga.
    3. Kami bisa kuliah karena berkat KEBEBASAN FINANCIAL sehingga KEBEBASAN FINANCIAL menurut saya lebih bagus ketimbang KEAMANAN FINANCIAL dalam hal pemenuhan kebutuhan dan adanya kesempatan.
    4. Segala kesempatan yang diambil bila kita berkompeten untuk itu.

    SEMOGA PENGALAMAN INI , selain memotivasi saya untuk lebih maju juga dapat memotivasi teman-teman yang membaca. Dan untuk Pak Mulyo mohon bimbangan nya

  17. Motivasi Kerja Saya adalah ingin merubah hidup, dari kecil saya hidup dengan sangat sederhana orang tua saya hanya petani yang harus berjuang mencukpi kebutuhan keluarga, demi lima orang anak yg dia cintai, dia tidak pernah mengeluh dan selalu mencukupi kebutuhan kami anak-anaknya agar kami tidak terkucilkan oleh teman-teman kami. Perjuangan orang tua saya adalah motivasi buat saya untuk belajar sunguh-sunguh dan bekerja secara excelent. Agar nanti saya bisa membahagiakan orang tua saya agar mereka tidak merasa sia-sia telah membesarkan saya. Orang tua ku adalah motivator terbaikku dulu dia berjuang untuk saya kini saya harus berjuang untuk masa depan saya, 6 tahun dijakrta banyak memberikan saya pelajaran, bekerja sambil kuliah adalah hal yang menyenangkan buat saya karena keduanya adalah masa depan buat saya. Sekarang usia saya 24 tahun target saya usia 27 saya harus mendapat gelar sarjana yang bisa menggunakan ilmu yang saya punya pada tempat yang tepat, usia 28 menikah dan memiliki rumah sendiri agar saya bisa berkumpul dan berbagi bersama orang yang saya cintai serta saya ingin memiliki toko beras atau kilang padi. Sekarang saya belum berhasil tapi setidaknya saya sudah melakukan sedikit perubahan dan kini saya sedang berjalan menuju perubahan yang lebih baik. Karena saya percaya Tuhan memiliki rencana yang indah pada waktunya.

  18. Saya sangat bersyukur dapat mengikuti kelas motivasi usaha ini karena betul-betul dapat memotivasi saya untuk meraih impian-impian saya selama ini, sehingga saya yakin harus lebih fokus. Saya juga terkesan dengan materi-materi yang Bapak sampaikan untuk memberikan motivasi dan hal tersebut akan saya contoh.
    Motivasi kerja saya saat ini adalah memperoleh gaji yang memuaskan.

  19. Motivasi kerja yang sampai sekarang masih saya pegang adalah mencari ilmu. Mencari ilmu untuk membahagiakan sesama khususnya keluarga. Dengan ilmu yang saya dapat saya yakin keinginan saya dapat menjadi kenyataan. Walaupun sampai saat ini masih dalam proses. Berbicara kebebasan financial, saya teringat kata2 dari Mr Andrie Wongso bahwa kebebasan finansial adalah hak semua orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Seperti yang sudah Bapak paparkan diatas.
    Langkah kongkrit yang sudah saya lakukan adalah berjualan notebook baru dan 2nd , membangun jaringan penjualan notebook sebagai langkah efektif untuk memperluas pasar, mengerjakan proyek2 skala kecil (mebel,furnituredll),membuat blogs,dll
    Kegiatan tersebut saya lakukan tanpa modal yang besar,bahkan bisa dikatakan tanpa modal karena hanya bermodalkan omongan saja.
    Sementara baru itu yang dapat saya lakukan untuk merealisasikan keinginan saya, karena kesibukan bekerja di tempat orang sebagai seorang sales representatif.
    Dalam perjalananya saya mempunyai analogi baru yaitu “gelas luber” yang artinya secara garis besar adalah membahagiakan orang di sekeliling kita,karena gelas kalo luber pasti di sekelilingnya akan basah..
    Akhirnya sebagai penutup saya hanya akan mengatakan…

    “SUKSES UNTUK KITA SEMUA”

  20. MOTIVASI SAYA DALAM BEKERJA ADALAH:

    1). Ketika saya baru saja lulus dari SMU, motivasi saya bekerja adalah untuk mengumpulkan uang agar dapat kuliah di perguruan tinggi dengan mendapat gelar S1. Dengan harapan jika saya sudah mendapatkan gelar jabatan kerja dan penghasilan saya juga bertambah.

    2). Ketika sekarang saya sudah bekerja sambil kuliah, motivasi saya dalam bekerja adalah agar saya dapat memenuhi segala kebutuhan saya sehari-hari dan tidak bergantung pada bantuan dana dari orang tua. Maka, sekarang semakin giatlah saya bekerja agar dapat mendapat penghasilan yang semakin besar lagi, dengan cara jangan hanya mengandalkan penghasilan dari 1 pekerjaan saja, melainkan harus pintar2 mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama saya. Maka saya memutuskan menjadi agent asuransi dengan penghasilan yang tak terbatas/ passive income.

    3). Ketika saya di tahap sudah mapan secara financial, saya tetap termotivasi untuk bekerja karena saya menginginkan pencapain yg lebih tinggi lagi. mis: membeli rumah, mobil pribadi, punya deposito dan menginvestasikan tabungan saya (dalam bentuk saham, emas, properti, dll)

    4). Pada akhirnya, motivasi saya bekerja adalah dengan uang&tabungan yg saya punya, saya ingin mempersiapkan untuk masa depan saya, spt: dana u/ menikah, tabungan pendidikan&kesehatan anak, dan membuka usaha sendiri.

    Terima kasih…

  21. Motivasi saya dalam bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan dimana penghasilan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup selain itu juga untuk mewujudkan impian / cita-cita yaitu ingin mempunyai rumah, mobil, dana untuk pensiun, kalau sudah berkeluarga untuk dana pendidikan anak, juga untuk dana darurat jika terjadi sesuatu yang tidak diduga.

    Maka untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras dan usaha yang keras pula untuk dapat meraihnya semuanya, sehingga di hari tua bisa menikmati hasil yang sudah diraih pada waktu muda.

    Dari hasil keringat dan kerja keras saya ingin membahagiakan orang tua dengan melihat kesuksesan saya menjadi orang yang berhasil dan bisa mandiri, tidak lupa juga mengajak orang tua pergi jalan-jalan keluar negeri.

    Saat ini saya ingin mendapatkan gaji yang lebih besar dari gaji yang saya terima saat ini, agar semua yang saya inginkan tercapainya.

  22. untuk sekarang motivasi saya dalam bekerja adalah untuk mencari pengalaman dan ilmu dalam berbisnis. karena tanggungan hanya untuk biaya kuliah dan belum mempunyai tanggungan yang lainnya maka saya pun harus fokus untuk mendapatkan nilai yang tinggi, bukan hanya bekerja untuk membayar biaya kuliah dan mencukupi hidup sehari-hari. keduanya harus saya jalani dengan senyuman walaupun banyak hambatan dan rintangan namun semua itu adalah ilmu yang harus saya ambil hikmahnya. kerja adalah kebutuhan saya untuk mencukupi biaya saya, ke depannya saya bekerja untuk mencukupi biaya hidup keluarga saya, mempunyai aset yang dapat menghasilkan income yang selalu meningkat dan menjadi profesional di bidang study dan pekerjaan yang saya jalani yaitu di bidang IT.

  23. Motivasi kerja saya sekarang ini untuk melanjutkan pendidikan yang sempat tertunda. Selain itu untuk mendapatkan pengalaman dalam lingkungan kerja sekaligus belajar beberapa hal mengenai pekerjaan. Dengan melanjutkan sekolah saya, saya berharap dapat dipromosikan keposisi yang lain, atau saya dapat mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan yang saya pilih.

    Menurut saya dengan mendapatkan penghasilan dalam satu sumber saja itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Setelah menyelesaikan kuliah, saya ingin mencoba menjalankan bisnis sesuai talenta yang saya miliki diluar pekerjaan utama (bekerja dalam suatu perusahaan). Sebelum saya menjalankan bisnis kecil itu, saya membutuhkan modal dr penghasilan utama saya. Itulah motivasi kerja saya.

  24. Ketika berusia 17 tahun (lulus SMU tahun 2000), dana pendidikan yang sudah disediakan oleh orang tua akhirnya digunakan untuk biaya pengobatan karena orang tua terserang stroke dan butuh biaya yang tidak sedikit untuk berobat dalam rangka kesembuhan mereka.
    Walaupun sebagai anak bungsu dari 5 bersaudara saya tidak mau terlalu merepotkan saudara-saudara yang lain..
    Kondisi ini menyebabkan saya tidak dapat melanjutkan pendidikan di tingkat universitas dan harus mencari kerja.
    Motivasi kerja pada saat itu adalah agar tidak menambah beban kakak-kakak sekalian yang sudah harus membiayai terapi penyembuhan orang tua pasca stroke.
    Sehingga ketika pertama kali saya melamar kerja dan langsung diterima bekerja sebagai operator telepon saat itu, langsung saya terima dengan gaji yang sangat minim. 3 bulan kemudian dipindah bagian ke finance, sebagai kasir.

    Setelah 2,5 tahun bekerja di perusahaan tersebut, kedua orang tua saya akhirnya meninggal dunia.
    Motivasi kerja pada tahun tersebut adalah membayar hutang keluarga atas biaya operasi, ayah operasi tumor dan ibu operasi patah tulang (mengharuskan untuk memasang ‘pen’ di lutut) karena kondisi perusahaan kurang baik, sehingga selama 2,5 tahun saya hanya mengalami kenaikan gaji 1x

    Kondisi tersebut mengharuskan saya mencari pekerjaan lain dengan bayaran yang lebih baik, karena selain membiayai diri sendiri juga ingin membantu saudara-saudara dalam membayar hutang keluarga, walaupun hanya sedikit.
    Harapan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas sesungguhnya masih ada, tapi karena kondisi yang belum memungkinkan, sehingga niat itu terpaksa harus saya urungkan.
    Tahun 2006 saya kembali bekerja di perusahaan pertama saya bekerja (ditawarkan untu kembali) dengan posisi di divisi HRD dan gaji yang sudah lebih baik
    Tahun 2007 akhirnya hutang keluarga (kepada saudara dan kantor) atas biaya operasi orang tua saya dapat kami lunasi.

    Tahun 2008 dapat dibilang masa saya menikmati hasil jerih payah, foya-foya..
    Namun seperti tulisan pada blog P’ Mulyo diatas, pekerjaan tetap dengan gaji yang stabil tidak menjamin kestabilan ekonomi. Hal itu baru saya sadari ketika masuk tahun 2009, setiap tahun mengalami inflasi dan gaya hidup orang indonesia yang cenderung konsumtif sudah membuat saya khilaf.
    Kesadaran akan kebutuhan hidup yang semakin mahal, dan keinginan untuk meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik membuat saya ingin mencari pekerjaan lain dengan gaji yang lebih besar, namun 1 hal yang saya sadari : lulusan SMU?
    Posisi apa yang dapat diraih oleh seorang lulusan SMU sementara banyak sekali diluaran sana calon-calon pekerja dengan modal pendidikan minimal S1

    Hal ini membulatkan tekad saya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S1, setelah mempertimbangkan banyak hal, saya memilih jurusan PR.
    Namun saya tetap harus bekerja untuk membiayai pendidikan saya sendiri..
    September 2008 saya mendaftarkan diri untuk program pendidikan S1 PR hingga saat ini..
    Motivasi bekerja untuk saat ini adalah :
    1. menyelesaikan pendidikan S1 dengan biaya sendiri
    2. membeli kendaraan pribadi (motor) untuk kemudahan transportasi baik untuk bekerja maupun kuliah
    3. dalam jangka waktu 5 tahun ke depan, berharap sudah dapat mengumpulkan uang minimal untuk Deposit membeli tempat tinggal & mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan saya dengan gaji yang mencukupi untuk membayar cicilan KPR per bulannya

  25. Terima kasih atas motivasi kerja bapak yang sudah bapak sharing untuk kami, saya sendiri merasa termotivasi setelah membaca artikel bapak. Dan saya juga ingin sedikit sharing tentang motivasi kerja saya.

    Inilah Motivasi Kerja Saya

    Sewaktu saya masih bersekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), saya sering membantu nenek saya untuk menjaga toko kelontong miliknya, yang menjual barang dagangan kebutuhan sehari-hari. Saya membantu beliau untuk menjual dagangannya, pada saat itu saya masih belum mengerti tentang dunia bisnis. Karena motivasi saya saat itu hanyalah ingin membantu nenek saya dalam berjualan, sehingga beliau bisa sedikit beristirahat. Dan saya membantu nenek saya sampai saya menyelesaikan sekolah saya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

    Setelah saya menyelesaikan sekolah saya, saya mulai mencari pekerjaan, hingga akhirnya saya mendapatkannya. Dan setelah saya mulai memasuki dunia kerja, saya baru menyadari bahwa mencari uang itu sungguh sangat melelahkan dan hasilnya pun kurang memuaskan bagi saya. Lalu saya mulai berpikir bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan saya. Lalu saya mulai bergabung dengan beberapa multilevel marketing, dan saya mulai menjajakan dagangan saya itu kepada teman-teman saya. Dan hasil yang saya dapat pun tidak mengecewakan. Mulai saat itu saya bisa menabung untuk meneruskan sekolah saya, dan membantu keluarga saya. Karena motivasi terbesar saya dalam bekerja adalah saya ingin membahagiakan keluarga saya, saya pun ingin mendapatkan keamanan financial, dan saya ingin mendapatkan pengalaman dalam bekerja, sehingga dapat berguna untuk masa depan saya suatu saat nanti.

    Setelah merintis pekerjaan saya dan usaha saya, perlahan-lahan saya mulai menggumpulkan uang tabungan saya, hingga akhirnya saya bisa melanjutkan pendidikan saya diperguruan tinggi. Saya sangat menyadari kondisi keuangan saya saat ini dan oleh karenanya saat ini saya sedang mencoba bergabung sebagai agent asuransi disalah satu perusahaan asuransi, dengan motivasi untuk mewujudkan keamanan financial. Saya sadar perlu kerja keras untuk mewujudkan itu semua, tapi saya akan selalu semangat untuk bekerja dan mewujudkan semua impian saya.

    Testimoni saya untuk artikel bapak:
    Setelah saya membaca dan mempelajari motivasi kerja bapak, saya jadi tersadar bahwa kita tidak boleh dan tidak bisa selamanya seperti ini, hanya menjadi pekerja saja. Karenanya sekarang saya merasa lebih bersemangat lagi untuk melakukan berbagai usaha untuk membahagiakan keluarga saya. Karena merekalah yang menjadi motivasi saya dalam bekerja. Terima kasih atas artikel (sharing) yang bapak berikan kepada kami.

  26. Setiap individu mempunyai tujuan dan cita – cita. Tujuan kita capai dengan perjalanan, sedangkan cita – cita kita raih dengan perjuangan karena semakin kita kejar cita cita, semakin banyak usaha atau perjuangan – perjuangan yang harus kita lalui . Banyak orang merasa senang dan bahagia saat tercapainya suatu tujuan. Sedangkan Usaha dan perjuangan menuju suatu tujuan merupakan fase kesulitan yang luar biasa karena penuh dengan tantangan dan kadang terjadi konflik dihati antara kemauan meneruskan perjuangan dan menghentikan perjuangan. “ Orang yang sukses adalah orang yang siap mengatasi tantangan “

    – Orang yang tidak punya uang dan tidak mempunyai waktu adalah Pekerja artinya orang tersebut hidupnya untuk bekerja .
    – Orang yang mempunyai waktu tetapi tidak mempunyai uang adalah pengangguran artinya tidak mau menggunakan waktunya untuk bekerja atau usaha.
    Orang hidup selalu merasa kekurangan, untuk memenuhi kekurangan tersebut ada beragam usaha – usaha yang mendorong kita selalu kreatif yang mempunyai nilai jual.
    Motivasi saya untuk saat ini adalah menyelesaikan Pendidikan dan mengembangkannya di tempat saya bekerja, serta mencari peluang – peluang yang dapat menghasilkan nilai tambah untuk kebutuhan – kebutuhan lain.

    Jakarta, 26 Agustus 2009.

  27. MOTIVASI adalah keadaan dalam diri individu ( dorongan / drive ) yang menyebabkan mereka berprilaku dalam memenuhi kebutuha ( tujuan ).
    Setiap individu mempunyai tujuan dan cita – cita. Tujuan kita capai dengan perjalanan, sedangkan cita – cita kita raih dengan perjuangan karena semakin kita kejar cita cita, semakin banyak usaha atau perjuangan – perjuangan yang harus kita lalui . Banyak orang merasa senang dan bahagia saat tercapainya suatu tujuan. Sedangkan Usaha dan perjuangan menuju suatu tujuan merupakan fase kesulitan yang luar biasa karena penuh dengan tantangan dan kadang terjadi konflik dihati antara kemauan meneruskan perjuangan dan menghentikan perjuangan. “ Orang yang sukses adalah orang yang siap mengatasi tantangan “:
    – Orang yang tidak punya uang dan tidak mempunyai waktu adalah Pekerja artinya orang tersebut hidupnya untuk bekerja .
    – Orang yang mempunyai waktu tetapi tidak mempunyai uang adalah pengangguran artinya tidak mau menggunakan waktunya untuk bekerja atau usaha.
    Orang hidup selalu merasa kekurangan, untuk memenuhi kekurangan tersebut ada beragam usaha – usaha yang mendorong kita selalu kreatif yang mempunyai nilai jual.

    Motivasi saya untuk saat ini adalah menyelesaikan Pendidikan dan mengembangkannya di tempat saya bekerja, serta mencari peluang – peluang yang dapat menghasilkan nilai tambah untuk kebutuhan – kebutuhan lain.

  28. Setiap individu mempunyai tujuan dan cita – cita. Tujuan kita capai dengan perjalanan, sedangkan cita – cita kita raih dengan perjuangan karena semakin kita kejar cita cita, semakin banyak usaha atau perjuangan – perjuangan yang harus kita lalui . Banyak orang merasa senang dan bahagia saat tercapainya suatu tujuan. Sedangkan Usaha dan perjuangan menuju suatu tujuan merupakan fase kesulitan yang luar biasa karena penuh dengan tantangan dan kadang terjadi konflik dihati antara kemauan meneruskan perjuangan dan menghentikan perjuangan. “ Orang yang sukses adalah orang yang siap mengatasi tantangan “

    – Orang yang tidak punya uang dan tidak mempunyai waktu adalah Pekerja artinya orang tersebut hidupnya untuk bekerja .
    – Orang yang mempunyai waktu tetapi tidak mempunyai uang adalah pengangguran artinya tidak mau menggunakan waktunya untuk bekerja atau usaha.
    Orang hidup selalu merasa kekurangan, untuk memenuhi kekurangan tersebut ada beragam usaha – usaha yang mendorong kita selalu kreatif yang mempunyai nilai jual.

    Motivasi saya untuk saat ini adalah menyelesaikan Pendidikan dan mengembangkannya di tempat saya bekerja, serta mencari peluang – peluang yang dapat menghasilkan nilai tambah untuk kebutuhan – kebutuhan lain.

    Jakarta, 26 Agustus 2009.

  29. Saat ini saya bekerja disalah satu perusahaan swasta. hasil yang saya dapat sudah lumayan. Namun, saya tahu bahwa bekerja kepada suatu instansi tidaklah menjamin finansial saya dimasa depan. Untuk itu, saya mulai berwirausaha skala kecil dengan berjualan pulsa elektrik sebagai pembelajaran untuk menjadi wirausahawan yang sebenarnya. Sebelum saya bermain dengan usaha yang bermodal besar.
    Sejak lulus SMP saya sudah merantau ke Jakarta, untuk melanjutkan sekolah di salah satu sekolah swasta di Jakarta. Maka sejak saat itu saya harus bisa mengatur keuangan saya. Saat itu mungkin saya melakukannya agar saya mendapatkan uang lebih untuk membeli sesuatu yang saya inginkan. Seperti Cincin, Baju, sepatu, dll.
    Pengalaman itu juga menjadi modal saya dalam menjalankan usaha kecil saya sekarang ini, khusunya dalam mengatur cashflow. Karena penjualan pulsa yang saya lakukan bukan seperti penjualan pada toko2 pulsa. Customer datang, beli dan langsung bayar. Tetapi teman2 kantor saya dapat membayar setelahnya.
    Pada awalnya memang sulit, karena perputaran uang yang tersendat saat teman2 terlalu telat membayar. Tetapi, jika dibandingkan dengan teman saya yang merintis bisnis yang sama tetapi berjualan seperti toko2 pulsa biasanya. setelah 3 bulan.. modal saya sudah berlipat lebih banyak dari teman saya.
    Hal tersebut kemudian didukung oleh bagian finance perusahaan yang memberitahu bahwa beberapa manajer dan bos2 memiliki jatah pulsa bulanan. Maka saya pun menjalin kerjasama dengan perusahaan saya tersebut. Dengan melakukan pengisian rutin terhadap para manajer dan bos2. Dan dibayarkan oleh perusahaan bersama dengan gaji saya.

    Jika ditanya apa motivasi kerja saya, saya jadi teringat pada bos saya yang pernah melakukan wawancara ditengah-tengah waktu senggang saya bekerja. Saat itu saya menjawab “motivasi saya untuk menambah ilmu, mencari pengalaman”. Bos saya itu langsung memarahi saya dan berkata “kalau begitu, kamu mau saya training sebulan, 2 bulan.. lalu bekerja satu tahun tanpa saya gaji ?”
    haha.. saya bingung mau jawab apa. Lalu bos saya mengajarkan sesuatu.

    Mengajarkan bahwa motivasi bekerja adalah uang. Kenapa??
    Kita mebutuhkan uang, dan demi mendapatkan uang tersebut, kita akan melakukan apa saja. Dengan begitu kita akan terpacu untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, belajar untuk lebih baik. Sehingga kita bisa mendapatkan uang/penghasilan yang lebih baik. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan uang sebanyak yang kita inginkan, dan pengalaman sebanyak yang kita kerjakan.
    Kira-kira seperti itulah yang diajarkan.
    Dan itu lah yang menjadi motivasi kerja saya sampai sekarang, UANG.
    Bekerja untuk menghasilkan uang.
    Bekerja dengan baik, maka akan mendapat penghasilan yang lebih baik.
    Bekerja lebih banyak, penghasilan pun lebih baik.

  30. Untuk saya bermotiva dalam bekerja adalah ingin mengagapai segala sesuatu itu dengan cermat dan bisa membuat kemudahan kita mencapainya dengan ketentuan-ketentuan yang sangat sistimatis seperti bagai mana kita berusaha yang benar-benar berhasil. dalam menetukan pilihan kita menurut kamampuan kita begitu bermotivasi dengan menepatkan seperti ini saya membuat suatu cara bagaimana harus bekerja dalam usaha yang kita jalani ini.Harus mengetahui jenis bidang usaha yang sekarang kita kembangkan apakah usaha ini dapat dikerjakan dengan cara berfikir yang sangat sederhana dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan .Adapun permasalahan yang akan dihadapi kita bila mana akan terjadi sesuatu problem atau masalah yang bisa membuat usaha ini kurang berjalan dengan baik.Sebelumnya kita harus sudah memahami bagaimna cara sebuah usaha itu dapat berjalan dengan baik.Harus kita pahami adalah salah satunya membuat pekerjaan itu mudah dikerjakan dan dapat sebagai pembuka peluang bagi orang banyak.yang menginginkan pada dasarnya bisa mendapatkan lapangan pekerjaan keuntungan untuk mengembangkan kembali usaha yang sekarang dijalankan bagi orang banyak.

    Mengingat sekarang dunia usaha ini sangat sulit dijalankan karena oleh adanya suatu krisis global yang berkepanjangan yang mengakibatkan semua sektor usaha mendapatkan akibat dari sebuah ketentuan yang ditentukan .Akan tetapi saya terus berpikir bagaimana usaha kita dalam bekerja bisa membuat suatu yang berprestasi dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari setiap klausal kita lihat misalnya menyediakan barang yang akan diperjualbelikan dibutuhkan para pihak – pihak lain .Jadi kita bisa menelusuri dari sisi pemesaran yang dapat bekerja sama lebih jauh aktivitas gerak dan bisnis yang semakin mengelobal tanpa ada batas.Saya melihat jaman sekarang yang begitu canggih yang didukung oleh pertumbuhan tehnologi yang begitu pesat mebuat aktivitas bisnis tersebut tidak dapat lagi secara spesifik dikenal ataupun diatur dalam prkembangan kita menjalankan yang lebih spesifik bahwa sebuah pekerjaan dalam bermotivasi didasarkan oleh empat alasan yaitu:

    * Tidak melakukan apa yang disanggupi akan dilakukan
    * Melaksanakan apa yang dijnjikan ,tetepi tidak sebagimana
    yang dijanjikan
    * Melekukan apa yang dijanjikan tetepi terlambat
    * melakukan sesuatu yang menurut perjanjian tidak boleh
    dilakukan

    penegrtian diatas sejalan dengan penegrtian bagaimana kita dapat mebut sesuatu yang ditur dalam melkukan pekerjaan harus berkonsentrasi pada bidang perikatan yang sudah terkonsep dalam mencapai pekerjaan bagi orang yang akan mendapatkan sesuatu itu dapat berjalan dengan memuaskan disegala pihak .Dalm menanggulani Financial dalam usaha bermotivasi dalam bekerja saya membuat sesuatu yang sangat tersitimatis dan mempunyai suatu pengamanan yang benar -bener ekstra ketat jangan dicampuri dari bidang usaha lain dan saya gunakan sesuai dengan kebutuhannya.

  31. Motifasi saya dalam bekerja adalah :

    Setelah tamat SMA saya memutuskan untuk bekerja saja, menurut saya tempat kerja yang ideal dengan gaji yang cukup dan lingkungan yang mendukung.Hingga saya mencoba berbagai bidang pekerjaan dari perhotelan,sampai berbagai devisi accounting.Hingga akhirnya jenuh dengan pekerjaan.Saya memutuskan berhenti dari pekerjaan beberapa bulan, tapi saya lupa saya bukan type yg bisa mengendalikan pemakaian uang,akhirnya tabungan habis. Karena kebiasaan berbelanja saya akhirnya membuat saya tersiksa tidak punya uang.
    Kejadian itu telah merubah cara pandang saya terhadap pekerjaan dan pentingnya uang. Akhirnya ketika mendapatkan pekerjaan yang baru sebagai accounting, saya mulai mencintai dan menghargai pekerjaan saya dan selalu melakukan yang terbaik, hasilnya saya mendapatkan pendapatan yang cukup (menurut saya) dari perusahaan.
    Motivasi saya dalam bekerja mulai saat itu sampai sekarang adalah mempunyai tabungan, bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari ,membayar uang kuliah, travelling serta menyangkut tanggung jawab terhadap diri sendiri.
    Pentingnya uang membuat saya termotivasi untuk bekerja dengan sungguh- sungguh. Memang uang bukan segala-galanya, tapi kita tidak bisa hidup tanpa uang.

  32. Saya adalah karyawan tidak tetap di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang retail. Saya anak bungsu dari tiga bersaudara yang berasal dari keluarga tidak mampu. Motivasi usaha saya adalah untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri sehingga tidak bergantung pada orang tua dan saya ingin mencapai cita-cita saya yaitu ingin mendapatkan ilmu dibangku kuliah.untuk mencapai hal tersebut saya harus bekerja keras,dengan hasil kerja tersebut saya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menyisihkan sebagian dari gaji tersebut untuk mencari ilmu di bangku kuliah. Selain itu saya punya hasrat untuk bisa membahagiakan orang tua saya. Perusahaan tempat saya bekerja adalah PERIPLUS BOOKSTORE di mana perusahaan ini menjual buku-buku import. Di sini saya mendapatkan banyak ilmu karena saya bisa membaca buku-buku hasil karangan George Soros, Warent Buffet, dan lain-lain.karena keinginan saya untuk mendapatkan gelar S1 sedang dalam proses,maka motivasi saya kedepannya adalah mendapatkan gelar S2 untuk itu saya akan tekun bekerja,tetap semangat, dan belajar dengan rajin.

  33. Saya adalah karyawan tidak tetap di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang retail. Saya anak bungsu dari tiga bersaudara yang berasal dari keluarga tidak mampu. Motivasi usaha saya adalah untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri sehingga tidak bergantung pada orang tua dan saya ingin mencapai cita-cita saya yaitu ingin mendapatkan ilmu dibangku kuliah.untuk mencapai hal tersebut saya harus bekerja keras,dengan hasil kerja tersebut saya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menyisihkan sebagian dari gaji tersebut untuk mencari ilmu di bangku kuliah. Selain itu saya punya hasrat untuk bisa membahagiakan orang tua saya. Perusahaan tempat saya bekerja adalah PERIPLUS BOOKSTORE di mana perusahaan ini menjual buku-buku import. Di sini saya mendapatkan banyak ilmu karena saya bisa membaca buku-buku hasil karangan George Soros, Warent Buffet, dan lain-lain.karena keinginan saya untuk mendapatkan gelar S1 sedang dalam proses,maka motivasi saya kedepannya adalah mendapatkan gelar S2 untuk itu saya akan tekun bekerja,tetap semangat, dan belajar dengan rajin.

  34. motivasi kerja saya adalah cita – cita dan impian, ketika saya sd saya ingin smp tapi setelah tamat smp saya menganggur karena faktor ekonomi orang tua, tapi karena saya ingin bisa sekolah saya meninggalkan kampung halaman pasir pengaraian dan merantau kepekanbaru dan disana selama enam bulan saya bekerja sebagai penjual bakso dan uang dari hasil upah saya jadikan modal untuk daftar sma dan bisa sampai kursus komputer dan pendidikan sma itulah yang mengatarkan saya bekerja diperusahaan perkebunan sawit dipulau rupat.

    salam kenal buat sahabat diseluruh indonesia

    susilo
    http://pembukuan782.blogspot.com

  35. Motivasi kerja saya setelah menyelesaikan kuliah D3 sangatlah sederhana, saya hanya ingin mandiri dan bisa membantu orang-tua. Sebagai Employee, saya tentu saja senang menerima pendapatan rutin setiap bulan dan dapat belanja apapun yang saya suka, baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun orang-tua. Saya pikir dengan rajin bekerja saya sudah memiliki keamanan finansial. Ternyata tidak! Setelah membaca buku Robert Kiyosaki di tahun 2005, saya baru sadar betapa ‘tidak-aman-nya finansial’ saya selama ini. Pendapatan saya lebih banyak digunakan untuk memenuhi keinginan daripada kebutuhan. Hobi saya traveling, maka setiap tahun saya sering membelanjakan uang saya untuk biaya perjalanan pribadi.
    Menyadari keterbatasan sumber pendapatan sebagai Employee, maka saya pun mulai mengubah gaya hidup dengan menunda kesenangan atau kenyamanan, terutama traveling. Perubahan gaya hidup yang dilakukan ini lebih pada pola hidup sederhana dan bijaksana dan lebih mendahulukan kebutuhan dibandingan dengan keinginan.
    Puji syukur pada Tuhan bahwa saya selama ini sebagai Employee dapat mengembangkan karier di perusahaan multinasional, yang banyak memberikan fasilitas-fasilitas penunjang yang bermanfaat bagi Employee-nya. Kesempatan mengembangkan ketrampilan (skills) dan pengetahuan (knowledge) dalam bentuk pelatihan seminar, workshop maupun training baik yang diadakan dalam negeri maupun luar negeri dapat saya ikuti. Sehingga paling tidak, hobi traveling masih dapat dijalankan.
    Sebagai Employee, langkah awal saya mulai ber-investasi dengan cara yang paling mudah yaitu menabung, menyisihkan terlebih dahulu sebagian uang gaji saya dalam rekening tabungan. Atas saran seorang teman, saya membuka dua rekening tabungan, yang satu untuk keperluan belanja dan biaya kebutuhan hidup sehari-hari, dan yang lain hanya untuk tabungan. Ternyata hal yang sama diajarkan juga oleh Pak Mulyo.
    Karena saya pernah mencoba berbisnis beberapa kali tetapi tidak berjalan dengan baik, maka dengan cara menabung secara rutin setiap bulannya merupakan usaha investasi yang dapat saya lakukan. Dan terbukti dalam waktu beberapa tahun saya mempunyai tabungan yang relatif besar nominalnya sehingga saya bisa membeli aset-aset produktif berupa tanah dan valuta asing serta produk investasi seperti deposito dan asuransi.
    Motivasi kerja saya saat ini adalah memperluas aset tanah dan mengembangkan lahan yang ada menjadi rumah-kebun. Tanah yang terletak di bawah kaki Gunung Geulis, merupakan tempat yang tepat untuk membangun rumah peristirahatan yang dikelilingi kebun yang asri dan teduh. Rumah-kebun ini akan menjadi sarana mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara disewakan bagi orang-orang yang mencari tempat penginapan yang tenang suasananya dan udara yang sejuk dan segar. Dengan cara berbisnis rumah peristirahatan, saya termotivasi untuk menikmati uang yang bekerja untuk saya dan bukan lagi saya yang bekerja untuk uang! Salam Motivasi

  36. Setelah selesai sma saya memutuskan untuk kuliah disalah satu PTs di Jakarta, saya pun hampir pusing dengan beberapa university yang diatawarkan oleh keluarga saya. sampai nya saya ketemu IEU . awal nya saya mau masuk program reguler tetapi saya di pilihkan untuk masuk program kelas karyawan.
    ungkin pada awalnya saya bete menjalanin ya lama kemudia saya sudah terbiasa untuk kuliah malam.
    sampai saat nya saya mencari pekerjaan yang sesuai dengan saya, saya hampir bekerja di salah satu perusahaan future yang bergerak di bidang saham hangseng dan nikkei, saya di perushaan tsb hnya bertahan sekitar 6 bulan.
    lalu saya mulai menganggur sampai saat ini, tetapi saya tidak begitu mnyerah begitu saja, saya memulai bisnis kecil – kecilan di bidang penjualan baik dari MLm sampai antar pesonal seperti menjual baju, asuransi, atau pun menjual sebuah informasi ttg kampus saya kepada teman – teman, semua itu saya lakukan untuk menambah uang saku saya. selama bisnis yang saya tekunin tsb halal, kenapa tidak?saya jalanin?

    motivasi saya kerja adalah membahagiakan orang tua, memberangkan kan ibu saya pergi haji (mohon doanya ya), memperbaikin ekonomi saya untuk masa depan dan mempergunakan uang tersebut untuk modal saya dalam berbisnis.

    semua itu saya akan lakukan dan akan terus tekun terhadap apa yang ada di depan mata saya.

    semoga apa yang saya lakukan ini diberkahi oleh Allah. amin dan diberikan kelancaran setiap usaha saya.

  37. Motivasi saya bekerja,

    Setelah lulus SMA saya kepingin untuk melanjutkan kuliah tapi terbentur dengan biaya. Orang tua tidak sanggup untuk membiayainya sekalipun demikiankeadaanya, saya bangga terhadap orang tua saya karena mereka bisa menamatkan saya sampai SMA. Dengan impian saya yang belum tercapai itu akhirnya saya mencari kerja dan akhirnya bisa bekerja sampai pada saat ini. Setelah saya bekerja setiap saya terima gaji tetap saya sisihkan sehingga saya bisa kuliah. Sekarang saya mempunyai penghasilan tambahan dengan membuka foto copy. Cita-cita saya setelah lulus nanti saya ingin menjadi seorang wirausahawan dengan modal yang saya dapatkan dari penjelasan Pak Mulyo dengan mata kuliah ini dan pengalaman yang saya dapatkan di dunia kerja saat ini. Dengan harapan mencapai kebebasan financial. Salam sukses semua!!!

  38. motivasi kerja saya pada umumnya sama dengan yang lain yaitu uang dengan tujuan bisa mencukupi kehidupan terutama pribadi, saat ini saya bekerja di perusaahan swasta di bidang IT yang bergerak memproses claim, saya merasa senang dan nyaman di tempat saya bekerja walaupun saya hanya bisa berharap dari hasil pendapatan rutin bulanan saya di tempat saya ini,saya juga mempunyai keinginan yang sama dengan yang lain mempunyai bisnis sampingan atau pendapatan di luar pendapatan rutin saya, sampai saat ini saya belum menemukan bisnis apa yang mungkin cocok buat saya ke depannya,saat ini saya membantu bisnis teman kantor yang bermacam ragam dagangannya. selain itu juga saya pernah berusaha bisinis MLM seperti Oriflame, prodak Luiz dan Tuperware tetapi usaha tidak berjalan lancar karena tujuannya saya bukan hanya menjual produknya saja tetapi sistem Networking, disini saya mempunyai kendala dengan sistem Networking di mana saya kurang berhasil dalam jaringan Networkingnya, saya sudah mereview kembali kenapa saya kurang sukses dalam bisnis Networking dimana uang bekerja untuk saya….tetapi saya belum bisa menemukan kendala yang saya hadapi…Investasi sudah saya jalani sejak usia belia dimana saya investasi seperti menyisihkan uang jajan saya untuk saya ditabung dimana suatu saat nanti tabungan saya bisa saya gunakan untuk keperluan saya kedepannya…selain itu saya juga berinvestasi pendidikan dimana saat ini menjalani Strata satu saya di Universitas Indonusa Esa unggul jurusan Psikologi, tujuan saya mengambil Psikologi, jika saya lulus dari jurusan ini dan saya mengambil profesi psikologi saya di bidang klinis remaja dan anak-anak.kemungkinan saya mempunyai peran ganda karir selain bekerja sebagai staff di Perusahaan tertentu saya juga punya pekerjaan lain yaitu sebagai konsultan remaja dan anak-anak karena saya menyukai dunia anak-anak, selain itu juga suatu saat nanti bila ada rejeki saya ingin membeli tanah dan rumah dimana tanah tersebut saya akan membuka argobisnis sayuran dan perikanan dimana hobi saya yang makan sayuran dan ikan… tentunya rumah selain sebagai tempat tinggal saya juga buka usaha di rumah yaitu menjual argobisnis saya…. kemungkinan bidang itu cocok buat saya karena saya menyukai Alam… dan mudah2an Tuhan memberi rejeki saya lagi saya akan membuka restoran Lesehan dimana bahan dasarnya dari lahan argobisnis saya… itulah impian saya ingin membuka usaha dan merampingkan pengangguran di Indonesia, jadi motivasi saya sekarang ini selain uang bekerja untuk saya, dan moto saya adalah MUda Berkarya Tua Jaya…..salam sukses !

  39. Inilah motivasi kerja saya.

    Setelah lulus SMK. Saya mendapat pekerjaan sebagai staff administrasi di sebuah perusahaan distributor chemical, dengan penghasilan yang mencukupi untuk biaya hidup saya sendiri. Dan pekerjaannya pun tidak terlalu berat.

    Selama 2 tahun saya berkerja, saya merasa penghasilan yang saya dapatkan saat ini ternyata masih sangat kurang. Oleh karena itu saya berpikir untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Tapi dengan pendidikan yang saya miliki, hanya sebatas lulusan SMK kemungkinan itu akan sulit. Maka saya memutuskan untuk melanjutkan pedidikan saya ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan motivasi bisa meningkatkan penghasilan.

    Saat ini umur saya sudah mencapai 22 tahun. Mulai kuliah saya berumur 21 tahun, rencana ingin lulus sarjana dalam waktu 3,5 tahun, Sehingga di umur 25 tahun saya masih mempunyai cukup waktu untuk mengembangkan karir. Saya memilih jurusan Komunikasi, karna motivasi saya ingin menjadi seorang yang dapat mengkomunikasikan dengan baik setiap kreatifitas atau inovasi yang saya miliki. Saya juga ingin dengan mudah menjalin relasi dengan orang lain, sehingga dapat memudahkan saya dalam mengembangkan karir.

    Perkembangan karir saya saat ini memang belum menunjukan kemajuan, tapi dengan motivasi yang diajarkan oleh Bapak Mulyo, dan yang saya baca dalam wordpress ini. Mengajarkan saya bukan hanya sekedar menjadi pekerja yang berpenghasilan tinggi tapi bekerja untuk membuat sistem usaha yang suatu saat nanti sistem itu yang bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

    Motivasi saya ingin mengembangkan karir tanpa menunggu sampai saya lulus kuliah Dimulai dari sakarang saya ingin belajar mempunyai simpanan dana, yang dapat saya pakai untuk memulai usaha.

    Motivasi saya membawa saya harus merdeka dalam keuangan saya dengan :
    – Memiliki laporan keuangan yang sehat. (lebih besar pemasukan daripada pengeluaran)
    – Memangkas setiap pengeluaran yang tidak terlalu primer.
    – Memiliki dana segar (penghasilan diluar pekerjaan tetap)

    Agar motivasi saya tidak cepat kandas, maka saya mau berusaha menjangkau sesuatu yang mudah terlebih dahulu, tidak berangan terlalu tinggi. Dari hal kecil yang saya impikan, saya yakin akan menjadi hal yang besar jika saya terus mengembangkanya.

    Yang pasti sekarang motivasi saya bekerja dan kuliah adalah untuk mengumpulkan pengalaman dan pengetahuan sebagai bekal untuk dapat mencari usaha apa yang ingin saya kembangkan sehingga sistem usaha yang tetap dapat tercipta.

    Pengalaman yang saya miliki memang belum banyak, tapi dengan pembelajaran ini dan share motivasi ini membantu saya untuk dapat menentukan motivasi kerja yang benar. Dan saya yakin semuanya itu dapat teryujud dengan kerja keras dan sikap mau tetap berusaha disertai dengan doa. Terima kasih.

  40. Saya anak kelima dari tujuh bersaudara saya adalah seorang karyawati salah satu perusahaan swasta yang ada dijakarta.Sebenarnya saya berasal dari keluarga wiraswasta ayah saya selain bekerja di pemerintahan (sudah pensiun sekarang )tapi beliau juga berwiraswasta dan ternyata dengan berwiraswasta amat sangat membantu perekonomian keluarga kami,tapi kami semua anaknya tidak ada yang menekuni bahkan tertarik dengan usaha wiraswasta ayah saya sebelumnya.tapi setelah saya baca banyak blog,dengar dari beberapa pengalaman teman-teman saya dan saya juga melihat orang-orang disekeliling saya,saya benar – benar tertarik untuk menjalankan bisnis kecil-kecil lan disamping dengan rendahnya gaji dijakarta dan biaya hidup yang semakin hari semakin tinggi maka tergugah lah saya untuk mencoba berbisnis walaupun hanya baru disekitar teman-teman dekat aja tapi ternyata saya bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.dengan demikian sebenarnya motivasi kerja saya adalah tidak jauh dari beberapa motivasi para sahabat dan teman-teman saya yaitu untuk mendapatkan uang supaya bisa dapat menjalankan hidup yang lebih layak dan lebih terjamin. Sukses ya buat semua. thanks

  41. Sewaktu lulus SMA orang tua saya tidak mengarahkan saya untuk melanjutkan kuliah mungkin karena sejak SMP hingga SMA saya selalu bersekolah di sekolah swasta berbeda dengan adik-adik saya. Satu tahun lamanya tidak kuliah yang lakukan hanya kursus bahasa Inggris serta komputer. Setelah itu saya mulai berfikir bahwa jika pendidikan saya hanya sampai SMA saya tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik bergaji besar. Lalu bagaimana saya dapat meringankan beban orang tua saya ?

    Kemudian saya berinisiatif untuk kuliah dan cepat dapat kerja. Tertarik dengan iklan yang saya lihat tentang suatu lembaga pendidikan yang menawarkan dengan kuliah 2 tahun bisa dapat kerja kemudian saya mendaftarkan diri sebagai salah satu mahasiswi di tempat tsb ambil jurusan sekretaris karena saya berfikir bahwa lowongan kerja sebagai seorang sekretaris itu selalu ada dan ini artinya saya punya peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Benar saja setelah lulus kuliah saya disalurkan oleh lembaga pendidikan tsb mendapatkan pekerjaan pertama di perusahaan media masa Bisnis Indonesia walaupun bukan sebagai seorang sekretaris.

    Setelah berkali-kali pindah kerja karena ingin mendapatkan gaji yang lebih besar untuk keperluan saya pribadi maupun membantu meringankan beban orang tua membuat saya termotivasi untuk terus mencari pekerjaan yang lebih baik.

    Entah ini sudah perusahaan yang ke berapa tempat saya bekerja saat ini tapi yang jelas ini bukan tempat terakhir saya untuk berkarier. Saat ini saya masih bekerja di sebuah perusahaan pelayaran di Jakarta dengan gaji yang saya anggap cukup besar untuk saya. Dengan pendidikan Diploma gaji saya terbilang lebih besar jika dibandingkan dengan rekan-rekan dari tempat kuliah saya dulu.

    Saat ini saya mensyukuri apa yang sudah saya dapat namun saya tidak akan pernah berhenti berusaha untuk meraih kesuksesan. Tidak hanya sukses secara financial namun juga sukses secara fisik, intektual, emosional ,sosial serta spritual. Sehingga dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain dan dunia akhirat.

    Salah satu untuk semua itu adalah dengan cara meningkatkan kualitas diri saya.
    Hal tersebut sedang saya realisasikan dan mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar yaitu meningkatkan kualitas diri dengan melanjutkan pendidikan saya ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan melanjutkan pendidikan ada banyak hal yang ingin saya capai. Saya ingin mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan tidak ingin terus menerus menjadi seorang sekretaris dalam suatu perusahaan, serta mendapatkan pengalaman dan pengetahuan sehingga suatu hari nanti saya bisa mewujudkan mimpi saya untuk punya usaha sendiri tentunya yang sesuai dengan kemampuan secara financial, pengalaman serta pengetahuan yang saya miliki.

    Saya ingin membuktikan kepada orang tua saya bahwa saya bisa berhasil dalam karir. Pastinya keberhasilan seorang anak merupakan salah satu hal yang bisa membuat orang tua bahagia. Tidak hanya itu dengan gaji yang saya dapat saya juga sudah berhasil menguliahkan adik saya di tempat yang sama dengan tempat kuliah saya dulu dan saat ini adik saya sudah bekerja di sebuah perusahaan otomotif besar di Jakarta.

    Motivasi itu akan terus ada selama masih memiliki ambisi untuk meraih serta niat untuk memberikan dan membahagiakan keluarga menjadi motivasi saya meraih sukses. Segala mimpi akan terwujud selama masih ada motivasi semangat untuk berjuang.

  42. MOTIVASI KERJA

    Suatu pekerjaan harus didesain dan dibagi berdasarkan motif yang berbeda-beda yang dimiliki oleh para pekerja. Pekerja yang memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukan kontak sosial barangkali dapat ditempatkan dalam pekerjaan di bagian pemasaran atau yang terkait dengan hubungan masyarakat. Pekerja yang memiliki motivasi yang tinggi yang melakukan inovasi mengenai produk barangkali dapat diberikan pekerjaan di bagian riset dan pengembangan dan seterusnya. Jadi suatu motivasi sangat berhubungan erat dengan keahlian atau bakat yang kita miliki. Selain pembagian pekerjaan tersebut dilakukan berdasarkan motif dari setiap pekerjaan, pendekatan ini juga dimaksudkan agar pekerjaan yang sifatnya rutin dan mekanis menjadi suatu yang memotivasi para pekerja agar menjadi lebih baik dengan pekerjaannya. sehingga sekalipun pekerjaan yang dilakukan katakanlah bersifat monoton dan mekanis, maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan motivasi para pekerja dalam menjalankannya.
    Diantara upaya yang dapat dilakukan adalah:
    1. “Perluasan Pekerjaan” yaitu upaya yang dilakukan para
    pemimpin dengan memperluas pekerjaan yang harus
    dilakukan oleh seorang pekerja pada level pekerjaan yang
    sama menjadi satu pekerjaan.
    2. “Pemerkayaan pekerjaan” yaitu merupakan perluasan
    kesempatan dari seorang pekerja untuk melakukan suatu
    pekerjaan yang berbeda atau mungkin lebih luas dari
    keadaan pekerjaannya semula.
    Kita tempatkan tenaga kerja kita pada posisis yang berbeda-beda menurut periode waktu yang berbeda-beda pula. Hal ini dilakukan agar pekerja tidak merasa bosan atas pekerjaannya dan pada saat yang sama mendapatkan kesempatan untuk memiliki pengalaman baru melalui pekerjaan tugas-tugas yang lain.
    Maka dengan upaya-upaya ini yang harus dilakukan oleh pemimpin terkait dengan pengembangan dan motivasi para tenaga kerjanya sehingga selain mereka mendapatkan keadaan yang lebih baik dapat diakomodasi oleh perusahaan.
    Singkatnya, dengan segala kemampuan dan keahlian yang telah kita miliki dengan sendirinya kita akan termotivasi menjadi seorang yang berdiri di atas diri sendiri yang lebih baik dari seorang pekerja. Tentu untuk suatu kesuksesan kita harus bisa termotivasi setiap saat, apapun yang menimpa kita, Motivasi membantu kita setia pada tujuan. Motivasi seperti makanan bergizi ” Harus disantap setiap hari dengan porsi yang tepat supaya tetap berfungsi”.

    “Di dalam dunia bisnis, semua orang dibayar dengan 2 koin. Uang tunai dan Pengalaman. Pilih pengalaman dulu, dan Uang tunai akan datang kemudian”.

    Terima kasih.

  43. Apa motiviasi kerja saya ?
    Dulu, saat saya masih getol bekerja, tujuan saya kerja, jelas adalah uang..uang dan uang….

    Uang pun hanya ditabung seadanya tanpa ada tujuan khusus
    untuk memfaatkan tabungan itu demi hal-hal yang bisa menghasilkan lebih (barang produktif) dan hanya dipakai secara konsumtif biasa.

    Tapi sekarang saya sudah tidak bekerja. Saya lebih memotivasi diri untuk menjalankan hidup, khususnya untuk menjalankan kuliah saya, kegiatan saya setelah berhenti bekerja.

    Apa motivasi kuliah saya ?
    Walau dalam usia saya yang sudah tidak masuk dalam usia pekerja produktif lagi, saya menekuni kuliah saya dengan semangat, hanya dengan satu alasan, bahwa belajar tidak memandang usia dan saya merasa perlu untuk menunjukkan pada diri sendiri bahwa saya bisa berhasil mencapai sesuatu yang dulu tidak pernah saya niatkan / pikirkan, yaitu melanjutkan pendidikan dan bukan hanya sekedar mencari uang melulu.

    Setidaknya bisa memacu semangat anak saya yang masih
    remaja untuk terus belajar.

    Saya masih belum tahu apakah saya bisa menerapkan ilmu yang saya pelajari ini akan menghasilkan sesuatu (dan berpenghasilan ?) di kemudian hari, setelah saya lulus nanti, tapi bagi saya “self achiement is something good”.

    Dan saya tidak mau repot memikirkan “menghasilkan dan penghasilan” ini karena saya yakin ada rencana Tuhan yang baik untuk saya di masa mendatang, jadi biarkan semua ini datang tepat pada waktunya.

    Self Achievement akan membuat saya untuk bisa terus maju dan mengisi waktu dan otak saya untuk hal-hal yang baik, bermamfaat untuk pribadi dan sesama.

    Something good akan meneguhkan saya secara lebih positif untuk lebih makin percaya diri dan bangga pada prestasi yang telah saya kerjakan

    Saya yakin keduanya (Achievement & Something Good) akan berguna untuk saya dalam menjalankan hidup ini.

    “ SELF ACHIEVEMENT is SOMETHING GOOD “

  44. Sejak saya di bangku SMP saya sudah mulai bekerja paruh waktu disebuah toko buku. Lulus SMK saya mendapat pekerjaan sebagai sekretaris merangkap SDM di sebuah perusahaan dan distributor spare part motor. Waktu itu hampir setiap hari saya pulang malam untuk menyelesaikan pekerjaan sehari hari yang harus saya kerjakan. setelah 3 tahun bekerja di PT tersebut akhirnya saya memutuskan untuk mencari pekerjaan lain karena selain gaji yang saya terima sudah tidak memuaskan, tuntutan pekerjaan pun semakin tinggi. Pada tahun 2003 (sampai sekarang) saya diterima bekerja di sebuah Bank swasta. Pada saat pertama bekerja saya di bagian SDB (Safe deposit box), setelah 3 bulan ditempat itu saya kemudian dipromosikan menjadi CSO di kantor Capem. Setelah 2 tahun di kantor Capem saya dimutasi ke Kantor Cabang untuk menjadi BO (Back Office) karena menurut pimpinan Cabang saya lebih dapat berkembang di kantor cabang. 1 tahun di posisi BO, saya dipromosikan menjadi sekretaris Pimpinan Cabang. HIngga saat ini saya menjadi sekretaris dan kadang membantu pekerjaan SDM. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Kantor tempat saya bekerja, sehingga saya mencapai posisi saya sekarang ini. Saya juga belajar banyak dari Pimpinan Cabang ditempat saya sekarang, bahwa apabila kita ingin berubah maka nita harus berusaha dan tidak lupa berdoa.
    Saya kuliah untuk mengambil gelar SE karena saya tidak ingin hanya berakhir menjadi Pimpinan Capem yang kadang kala masih melakukan sortir uang setoran nasabah. Selain itu saya juga ingin menjadi auditor. Setelah saya belajar motivasi usaha dari Bapak, saya lebih bersemangat dalam menjalani kuliah yang lain agar mendapat hasil yang baik dan segera lulus dengan hasil yang memuaskan. Apabila memungkinkan saya ingin mencoba berwirausaha seperti yang telah Bapak ajarkan kepada saya.

  45. Motivasi saya dalam bekerja:

    Ketika saya lulus dari SMEA saya ingin langsung melanjutkan ke bangku kuliah tapi saya tidak mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah begitu juga dengan orang tua saya. Oleh karena itu saya memutuskan untuk bekerja terlebih dulu agar bisa mendapatkan penghasilan yang bisa saya tabung untuk biaya kuliah nantinya. Saat ini saya bekerja diperusahaan distributor SONY Broadcast sebagai customer service, setelah saya membaca artikel ini saya baru sadar kalau saya tidak bisa mengandalkan penghasilan yang hanya saya terima 1bulan sekali dari pekerjaan saya saat ini dan yang menjadi motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah :
    -. ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru dimana pekerjaan saya adalah customer service saya sering sekali bertemu banyak customer dengan berbagai latar belakang dan berharap saya bisa banyak belajar dari customer yang sukses mempunyai usaha sendiri.
    -. agar mempunyai penghasilan yang bisa terus ditabung untuk membiayai kuliah saya sendiri karena itu adalah komitmen saya dari awal yaitu ingin mendapatkan gelar S1 dari penghasilan saya sendiri selain itu saya juga menabung untuk mengumpulkan modal karena saya mempunyai rencana untuk buka usaha sendiri selain dari pekerjaan saya saat ini, usaha yang sesuai dengan talenta yang bisa saya kembangkan sehingga bisa menghasilakan uang yang lebih banyak lagi..
    -. agar bisa mempunyai penghasilan yang dapat saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan saya dan mempunyai tabungan untuk masa depan dan membahagiakan orang tua saya.

    Saat ini saya bekerja sambil kuliah dan jurusan yang saya pilih adalah fakultas komunikasi saya berharap dengan saya mempunyai gelar S1 saya akan mempunyai penghasilan yang lebih besar dari penghasilan saat ini. Dan saya punya cita-cita untuk meneruskan pendidikan saya ke S2.

    Salam sukses!!

  46. Pada awalnya ketika pertama kali saya bekerja motivasi saya tidak lebih dari mendapatkan penghasilan dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan saya tanpa harus selalu bergantung kepada orang tua. Kini saya sudah bekerja disebuah perusahaan retail yang walaupun sering kali saya pikir bahwa penghasilan saya tidaklah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan saya, teapi saya tetap bertahan untuk bekerja ditempat dimana saya bekerja sekarang. Walaupun tidak jarang ada panggilan kerja ditempat lain yang menawarkan penghasilah lebih dari apa yang saya dapatkan pada saat ini. Mengapa saya bertahan? karena setelah beberapa lama saya bekerja saya sudah mulai dapat merubah pola pikir saya tentang BEKERJA, ternyata ada banyak hal penting lainnya yang dapat saya ambil dalam dunia kerja yang sangat penting dibanding sebuah penghasilan itu sendiri. Lama kelamaan saya menjadikan penghasilan itu hanya sebuah tambahan atau bonus, karena yang terpenting ialah pelajaran apa yang saya dapat dari bekerja.

    Banyaknya hal yang dapat dipelajari dalam bekerja, menjadi motivasi utama saya dalam menjalani aktivitas pekerjaan yang saya lakukan. Dari tidak tahu menjadi tahu, dari amatir menjadi lebih baik (walaupun belum mencapai tingkat yang sempurna/sangat baik), dan dunia kerja mengajarkan saya bagaimana berkomunikasi/bersosialisasi dengan baik. Ditambah banyaknya tantangan dalam perusahaan, seperti bagaimana menyelesaikan kasus-kasus atau masalah yang ada pada perusahaan membuat saya lebih mengerti banyak.

    Menjadikan dunia kerja sebagai temat belajar adalah sesuatu yang sangat menarik, selain itu saya bisa mendapatkan banyak relasi. Relasi adalah hal yang sangat penting karena relasi juga turut andil bagian yang besar dalam perkembangan atau kemajuan perusahaan, semakin banyak relasi maka semakin besar kemungkinan untuk maju, tentunya dengan menjaga hubungan yang baik. Untungnya untuk saya? banyak keuntungan yang saya dapatkan, dari relasi saya dapat belajar bagaimana berbisnis yang baik dan mendapatkan masukan-masukan yang sangat berguna tentunya. Sehingga saatnya nanti saya dapat terjun sendiri dengan menggunakan ilmu yang saya dapatkan. Pada intinya motivasi saya bekerja adalah belajar, walaupun tidak mengungkiri bahwa saya pun membutuhkan penghasilan, tetapi bukan itu yang menjadi tujuan utama saya. Saya ingin uang yang bekerja untuk saya, bukan saya yang dipusingkan oleh uang. Walau sampai saat ini belum terlihat hasilnya, saya yakin segala sesuatunya butuh waktu, tidak semudah membalikan telapak tangan. Tetapi semasih ada kemauan dan tindakan, pasti bisa.

    Ditambah bekerja sambil kuliah, semakin banyak ilmu yang saya dapatkan. Tinggal bagaimana cara untuk mengembangkannya/mempraktekkannya. Topik mengenai APAKAH MOTIVASI KERJA ANDA ini, membuat saya lebih, lebih, dan lebih lagi mengerti bagaimana/apa sebenarnya MOTIVASI yang baik dalam bekerja. Dan saya yakin segala sesuatunya lembali lagi pada kemauan dan tindakan, serta cerdik bagaimana mengukur batas kemampuan kita.

    Trim’s.

  47. menurut saya bagus posting Bapak. Apakah benar2 aman penghasilan tetap kita.Kisah hidup Bapak yang memulai dari awal memberikan semangat pada kami semua.
    ini juga sudah saya terapkan dalam diri saya. tetapi apakah dalam berinvestasi di tempat lain (dll) juga benar2 merupakan cara yang aman ????

    menurut saya tidak juga, karena tidak ada satupun cara yang aman dalam mengelola keuangan kalau kita tidak jeli dalam melihat sebuah masalah dan kesempatan. seperti contohnya kasus mortgage yang membuat krisis ekonomi dunia ??
    atau kasus bank Century..dll

    yang paling disini adalah ketekunan kita dalam melakukan segala sesuatunya yang disertai dengan doa…
    Trim’s

  48. Saya berasal dari keluarga yang sederhana. Jadi sewaktu lulus SMA saya mencoba mencari kuliah atau sekolah yang murah atau malah gratis dan alhamdulillah berkat doa orang tua akhirnya diterima di sekolah negeri gratis dan kesempatan kerja langsung begitu lulus pendidikan dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Motivasi awal saya bekerja adalah untuk membahagiakan orang tua dengan penghasilan yang saya peroleh dan sekarang motivasi saya bertambah dengan kehadiran istri dan satu orang anak. merekalah motivasi saya sebenarnya sekarang agar dapat menghidupi mereka dan membantu orang tua.

  49. Saya dilahirkan di Yogykarta 28 tahun lalu, dari keluarga sederhana yang terdiri dari 2 orang anak. Saya punya satu orang saudara perempuan yang sekarang tinggal bersama kedua orantua saya di Jogja . Sedikit bercerita mengenai perjalanan hidup saya bahwa pada awalnya saya bercita-cita menjadi dokter. Oleh karena itu selepas SMA pada tahun 1999 saya mengikuti UMPTN. Namun saya belum beruntung sehingga kemudian saya mendaftar pada program D3 di salah satu PTN di Jogja. Pada saat saya kuliah (tepatnya semester 4), banyak sekali pengaruh-pengaruh yang masuk ke saya, salah satunya adalah bagaimana merencanakan masa depan setelah saya selesai kuliah nanti. Sehingga mulai dari sana saya mencoba untuk berusaha/bekerja sembari kuliah. Saya mencari kerja sambilan sebagai instruktur pada suatu lembaga pelatihan dan juga pada konsultan pembangunan dan perencanaan wilayah di Jogja. Gaji yang saya dapatkan cukup lumayan untuk ukuran waktu itu dan sebenarnya saya belum begitu memikirkan besarnya gaji karena tujuan saya adalah masih belajar kerja dan cari pengalaman kerja.

    Setelah 3 tahun kuliah maka saya diwisuda pada tahun 2002. Saya masih tetap bertahan di konsultan tersebut. Saya berencana melanjutkan ke S1 pada tahun itu juga. Pada pertengan tahun tersebut saya mencoba mendaftar pada suatu lowongan PNS dari Departemen, hanya coba-coba aja sebenarnya. Beruntung saya diterima di Departemen tersebut. Tetapi ada kebimbangan di diri saya karena saya berencana untuk melanjutkan ke jenjang S1 saya. Tetapi setelah berdiskusi dan minta petunjuk orang tua dan seluruh keluarga maka saya disarankan untuk mengambil PNS saya di Departemen tersebut. Saya mengundurkan diri dari konsultan lama untuk masuk ke Departemen.

    Saat ini saya telah bekerja menginjak tahun ke 6 di Departemen. Sejak masuk depertemen, saya belajar banyak mengenai berbagai hal termasuk bagaimana sih tata kerja dan tata karir sebagai PNS itu. Motivasi usaha saya mulai terbangun dari sana untuk merencanakan masa depan saya. Bahwa intinya saya harus meningkatkan kapasitas saya dari segi pendidikan, keahlian dan profesionalisme kerja dengan menempuh pendidikan yang lebih tingi tentunya pada jenjang S1, S2 atau S3. Untuk itu pada tahun 2006 saya masuk ke UIEU untuk mengambil S1 saya.

    Sebagai PNS, motivasi kerja saya adalah bagaimana saya dapat bekerja dengan baik, membantu mewujudkan tujuan dari Departemen dengan mengabdi secara profesioanal dan proporsional. PNS memiliki pola karir dan penggajian yang terstruktur. Oleh karena itu sebagai PNS, saya telah memiliki rel yang jelas untuk diikuti dalam meniti karir saya. Selanjutnya mengenai hasil yang diharapkan dari motivasi usaha yang telah ditanamkan adalah tentunya hasil yang positif untuk masa depan karir saya. Amin. Terima kasih.

  50. Salam Pak mulyo,

    semoga sampai detik ini Tuhan Yang Maha Esa Seantiasa memberi berkah dan hidayahNya kepada Bapak, dan kita semua amin,

    saya sudah komen ke bapak 3 hari yang lalu, tapi saya sepertinya butuh konsultasi tentang beberapa aspek hukum untuk memulai menjual bisnis ( transfer manjemen) mungkin saya akan kirim lewat email bapak. dan kiranya bisa membalas nya.

    salam

  51. Setiap individu pasti ingin mempunyai kebebasan financial , dan untuk mencapai itu yang saya tahu dan saya rasakan tidaklah mudah , saya butuh kerja keras dan disiplin dalam segala hal , karena saya bukan dilahirkan dari keluarga yang sudah memiliki kebebasan financial . Seperti juga P’Mulyo ,saya juga pernah mencoba usaha sampingan , dan memang menyenangkan mempunyai penghasilan diluar dari gaji tiap bulan yang kita terima , hanya saya merasa bahwa hasil yang didapat tidak sebanding dengan konsekuensi usaha yang saya lakukan,oleh karena itu saya tidak meneruskan usaha tersebut .
    Motivasi kerja saya saat ini sebagai marketing disalah satu perusahaan swasta sangatlah simple , saya ingin mandiri dengan mempunyai penghasilan sendiri yang cukup untuk segala kebutuhan saya dan alhamdullillah bisa membantu kebutuhan keluarga maupun orang lain . Saya setuju dengan pernyataan Bapak bahwa untuk mencapai kebebasan financial tidak mungkin hanya mengandalkan dari gaji yang kita terima , namun untuk saat ini saya harus cukup puas dengan keaadaan keuangan saya yang bisa dibilang mencapai keamanan finansial karena untuk mencapai kebebasan financial saya rasa saya perlu waktu cukup banyak . Yang pasti penghasilan yang saya dapat saat ini harus bisa saya gunakan sebaik-baiknya , pengeluaran diperketat , sehingga saya mempunyai tabungan yang cukup untuk investasi seperti perhiasan , property ataupun saham

  52. Pak Mulyo, senang kiranya dapat berbagagi ilmu dengan anda,
    tulisan anda sungguh menggugah saya untuk memperbaiki pola pikir saya terhadap arus kas saya pribadi yang jika di atur dengan apik sesiai yang bapak tulis bukan multahil saya akan merasakan bnefit nya.

    satu hal pak motivasi saya adalah saya ingin sekali suatu ketika saya ingin berhanti menjadi seorang pekerja, tentu setelah faktor pendukung seperti pendidikan formal yang sedang saya ingin selesaikan adalah target utamnya., mejadi orang yang tidak lagi di kuadrand E dan SE saya ingin berada di kuadran B dan I

    semoga hal itu dapat tercapai satu persatu sambil sekarang ini saya bnyak menggali diri.

    salam

  53. Pada saat SMA saya tidak ada pikiran untuk bekerja. Saya hanya membayangkan bisa meneruskan kuliah. Akan tetapi kenyataan berkehendak lain. Saya tidak dapat melanjutkan kuliah karena orang tua tidak punya biaya. Maka saat lulus kuliah, saya nekad ke Jakarta. Saya tinggal di kost bersama saudara dan berusaha mendapat pekerjaan. Motivasi saya saat itu adalah ingin melanjutkan kuliah.

    Seminggu di Jakarta saya mendapat pekerjaan. Walaupun hanya sebagai karyawan sementara, tetapi saya sangat senang. Saya bisa membiayai hidup selama di Jakarta. Saya juga berusaha mendapat pekerjaan tetap. Setelah tiga bulan, saya mendapatkan pekerjaan tetap. Mulai saat itu saya berusaha mengumpulkan uang untuk meneruskan kuliah saya.

    Akhirnya setelah dua tahun bekerja saya dapat meneruskan kuliah saya. Saya sangat senang sekali karena dapat membiayai kuliah sendiri. Saya tidak perlu lagi meminta uang dari orang tua. Saya dapat hidup mandiri.

    Motivasi saya sekarang adalah ingin cepat menyelesaikan kuliah dan setelah selesai ingin mencari pekerjaan yang lebih baik. Saya ingin membantu biaya sekolah adik dan membahagiakan orang tua. Saya juga ingin memiliki tabungan untuk masa depan.

  54. Apakah Motivasi Kerja Anda?

    Menurut pandangan saya motivasi kerja adalah adanya kemauan/dorongan dari luar maupun dari dalam yang dapat mempengaruhi seseorang untuk memenuhi kebutuhannya serta menimbulkan perubahan dalam kehidupannya.

    Pada saat saya kecil saya bercita-cita ingin menjadi seorang wirausahawan. Setelah lulus SMK pertengahan 2002 saya pernah menjalani usaha kecil-kecilan yaitu sebagai penjual baju anak-anak bersama teman saya dan ada hasil sedikit memuaskan, lalu saya melakukan kesalahan yang tidak seharusnya saya lakukan pada saat saya menjalankan usaha tersebut, pada akhirnya saya tidak dapat meneruskan usaha tersebut.

    Pada pertengahan tahun 2003 saya bekerja disebuah perusahaan distributor sebagai salesman, dan pada awal tahun 2005 ada perselisihan antara saya dengan atasan saya, lalu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Dan pindah kerja sampai dengan 9 Kali dengan sekarang ini. Pada saat saya bekerja ada titik kejenuhan, bosan, putus asa pada diri saya.

    Dengan perkembangan jaman dan pesatnya persaingan dunia kerja pada jaman sekarng ini saya memutuskan untuk kuliah pada tahun 2008 sebagai penunjang untuk diri pribadi saya dalam dunia kerja, antaralain; ilmu pengetahuan, pergaulan, serta pelajaran yang saya dapatkan dari perkuliahan sampai lulus nanti.

    Motivasi kerja saya adalah mendapatkan income yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar kuliah dan selebihnya ditabung serta mendalami ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam perusahaan dengan bekerja keras dan semaksimal mungkin.

    Selain itu juga, saya mencari peluang-peluang yang bisa menghasilkan lebih untuk diri saya dan mencapai kebebasan financial.

  55. Motivasi kerja sangat penting karena apabila seseorang tidak mempunyai motivasi kerja, bagaimana mungkin dia menggapai IMPIAN yang diinginkan.
    Motivasi kerja saya adalah belajar bagaimana bisa menghasilkan uang dan menciptakan lapangan kerja sendiri.
    Tidak ada orang kaya yang bekerja melainkan orang kaya itu kebanyakan orang yang mampu membuka lapangan kerja untuk orang lain.
    Mungkin teori lebih mudah dibandingkan praktik…

  56. Motivasi saya dalam bekerja adalah:

    Ketika saya lulus dari SMEA saya ingin langsung melanjutkan ke bangku kuliah tapi saya tidak mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah begitu juga dengan orang tua saya. Oleh karena itu saya memutuskan untuk bekerja terlebih dulu agar bisa mendapatkan penghasilan yang bisa saya tabung untuk biaya kuliah nantinya. Saat ini saya bekerja diperusahaan distributor SONY Broadcast sebagai customer service, setelah saya membaca artikel ini saya baru sadar kalau saya tidak bisa mengandalkan penghasilan yang hanya saya terima 1bulan sekali dari pekerjaan saya saat ini dan yang menjadi motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah :
    -. ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru dimana pekerjaan saya adalah customer service saya sering sekali bertemu banyak customer dengan berbagai latar belakang dan berharap saya bisa banyak belajar dari customer yang sukses mempunyai usaha sendiri.
    -. agar mempunyai penghasilan yang bisa terus ditabung untuk membiayai kuliah saya sendiri karena itu adalah komitmen saya dari awal yaitu ingin mendapatkan gelar S1 dari penghasilan saya sendiri selain itu saya juga menabung untuk mengumpulkan modal karena saya mempunyai rencana untuk buka usaha sendiri selain dari pekerjaan saya saat ini, usaha yang sesuai dengan talenta yang bisa saya kembangkan sehingga bisa menghasilakan uang yang lebih banyak lagi..
    -. agar bisa mempunyai penghasilan yang dapat saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan saya dan mempunyai tabungan untuk masa depan dan membahagiakan orang tua saya.

    Saat ini saya bekerja sambil kuliah dan jurusan yang saya pilih adalah fakultas komunikasi saya berharap dengan saya mempunyai gelar S1 saya akan mempunyai penghasilan yang lebih besar dari penghasilan saat ini. Dan saya punya cita-cita untuk meneruskan pendidikan saya ke S2.

    Salam sukses!!

  57. MOTIVASI KERJA

    Saya seorang karyawati yang berkerja di Perusahaan yang bergerak dibidang Exhibiton Contractor, sebagai Marketing Executive, saat ini motivasi terbesar saya ialah :membangun dan mengembangkan kemampuan lebih dalam dunia marketing, serta membuka jaringan2 market lainnya,sehingga suatu saat nanti saya bisa mengembangkan kemampuan tersebut untuk membuka usaha sendiri, yang sesuai dengan bidang yang saya geluti saat ini, tentu saja faktor modal usaha itu sangat menentukan terwujudnya keinginan tersebut.Oleh karena itu saat ini saya sedang menjalankan suatu bisnis kecil2 lan, untuk mendorong pendapatan saya lebih, sehingga bila saatnya nanti apa yang saya cita-citakan bisa terwujud dan tidak hanya berakhir hanya sekedar angan- angan.

  58. Motivasi kerja menurut saya adalah pengembangan diri untuk menjadi lebih baik dan berkembang dimana seseorang dapat menimbulkan kekuatan pada diri sendiri atau mendorong dan mengarahkan motivasi kerja kita memberikan semangat dan mewujudkan cita-cita dan tujuan hidup.

    motivasi dalam bekerja yaitu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih supaya dapat memenuhi kebutuhan saya setiap bulannya, tetapi ternyata setelah saya bekerja di suatu perusahaan swasta di jakarta dengan gaji yang kurang memuaskan itu semua belum mencukupi kebutuhan financial saya setiap bulannya, apalagi saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan saya ke perguruan tinggi dan sekarang ini setengah dari penghasilan saya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karna saya berfikir sekarang persyaratan bekerja semakin sulit dan persaingannya semakin ketat. Apalagi perusahaan sekarang dilihat dari segi pendidikannya, lulusan apa? Karna kurangnya pengalaman kerja saya sehingga kurang berkembang dan kurang tertantang. sampai saat ini pun saya masih bekerja di perusahaan pertama kali saya bekerja. Walaupun pengalaman kerja saya kurang saya tidak akan menyerah begitu saja,setelah membaca artikel bapak ini membantu saya menentukan motivasi kerja yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Dan dengan harapan setelah aku lulus kuliah nanti saya bisa mendapat kan pekerjaan yang lebih baik dan bisa memnuhi kebutuhan fanansial saya kedepanya nanti kalau saya berkeluarga dan menjadi orang yang sukses.

  59. MOTIVASI SAYA DALAM BEKERJA ADALAH,,
    Saat ini saya bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor.
    menurut saya apa yang sudah saya capai itu kurang maksimal dengan motivasi kerja yang sangat tinggi.
    apabila seseorang tidak memiliki motivasi kerja bagaimana dia mau meraih impian yang dinginkan.
    motivasi kerja menurut saya adalah suatu anggan yang bisa membangkitkan semangat kerja dimana dengan motivasi itu mungkin semangat yang kita miliki bertambah 100%.

  60. MOTIVASI SAYA DALAM BEKERJA????
    Saya bekerja termotivasi bagaimana caranya bisa membahagiakan orang yg saya sayangi.
    Artikel ini sangat bagus dan bisa membantu saya bagaimana caranya menjadi esekutif muda yang sukses.
    saya pernah mengerjakan suatu pekerjaan dimana pekerjaan itu sangat saya tidak senangi.
    berkali-kali saya coba untuk mengerjakan pekerjaan itu hasilnya tetap tak bisa.
    setelah saya coba belajar tentang pengertiaan motivasi usaha ini pekerjaan yang awalnya saya benci berubah menjadi saya sangat senangi.

    wasalam

  61. Semenjak saya masih sekolah saya sudah bekerja, tepatnya waktu kelas 2 SMA sampai 3 SMA. Selama 2 tahun saya ikut saudara saya sebagai penjaga toko VCD. Setiap saya pulang sekolah jam 1.30 saya langsung siap siap harus jaga toko jam 2.30
    Dengan naik sepeda dari cengkareng ke muara karang perjalanan 45 menit. Itu semua saya lakukan agar rang tua saya tidak perlu memberi saya uang saku. Selama saya bekerja sama dengan saudara saya.. Sedikit banyak saya belajar pengetahuan tentang VCD.. Dari tempat membeli, menjual, memasarkan saya terima di toko tersebut.. Mulailah saya menabung agar dapat usaha VCD. Dan akhirnya saya dapat membuka toko sendiri walaupun kecil kecilan

  62. menurut saya bagus apa yang bapak telah tulis. Bapak dapat melewati semua masalah2 dengan jeli dalam melihat sebuah keadaan dan menyikapinya.
    soal jaminan finansial siapapun tidak ada yang benar2 terlindungi, contohnya kasus Bank Century. saat Mortgage membuka real estate bagi kaum yang kurang, semua orang menanam saham disana…
    tanpa disangka ternyata bangkrut karena kredit macet..
    Jadi menurut saya kita harus cermat dalam memilih sebuah peluang usaha dan memecahkan berbagai macam masalah.
    yang dapat memotivasi kerja saya sendiri adalah ibu saya. Beliau dengan sabar telah membesarkan say dengan sabar dan kerja keras. Beliau dapat membesarkan 3 saudara saya dari saya kelas 5 SD hingga kuliah..dengan membuat pabrik roti yang dimulai dengan home industri, ibu saya jadi pembuat + salesnya sendiri. Dari situlah saya termotivasi, apapun yang saya lakukan saya akan bekerja untuk dia bersama Tuhan Yesus yang saya sembah.
    Terima kasih.

  63. Motivasi dalam bekerja?
    Experience, mencari pengalaman adalah motivasi pertama saya dalam bekerja. Menurut saya pengalaman sangatlah berharga, banyak hal yang dapat kita peroleh dari sebuah pengalaman. Tentunya hal utama bagaimana mengawali pengalaman tersebut? Mulai diterima bekerja disuatu perusahaan swasta di Jakarta menjadi langkah awal saya untuk memulai pengalaman tersebut, banyak hal yang saya dapatkan tentunya sejak dari hari pertama saya bekerja. Walau sebagai pegawai baru pengahasilan tidak seberapa, tetapi saya belajar mencoba untuk cukup dengan lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan yang tak terbatas.

    Sukses, saya rasa semua orang ingin sukses. Tergantung dari segi mana kita memandang kesuksesan tersebut, melihat banyak orang yang hidup sukses didunia ini baik secara materi, berbisnis, dan sebagainya. Saya yakin semua berawal dari pola pikir setiap orang dan mengalaman yang mereka dapatkan sehingga mereka dapat berfikir dan bertindak dengan baik untuk mencapai kesuksesan tersebut..

    Terima kasih.

  64. Saya berasal dari sebuah daerah yang lebih dikenal orang sebagai daerah pedagang. saya berasal dari Sumatera Barat (Padang). saya berasal dari sebuah keluarga sederhana. yang semua kebutuhan hidup didapat oleh orang tua saya dengan berdagang. sejak kecil saya sudah membantu kedua orang tua saya berdagang. usaha mereka hanya usaha kecil.

    kemudian saya mendapat kesempatan bekerja pada sebuah perusahaan maskapai penerbangan menjadi cabin crew haji. pada saat itu penghasilan yang saya terima hanya terpikirkan untuk memenuhi kebutuhan sekunder seperti membeli barang-barang tidak dapat menghasilkan.

    Tetapi kemudian saya berpikir untuk membeli barang-barang dari luar negeri untuk dijual di daerah saya. saya membeli barang-barang sesuai dengan pesanan dari tetangga-tetangga saya. dan dengan itu alhamdulillah saya mendapat sedikit keuntungan selain dari gaji yang saya dapatkan dari perusahaan.

    Kemudian saya menikah dengan seseorang yang juga berasal dari Padang. ternyata kebutuhan dalam rumah tangga cukup besar.walaupun penghasilan suami dan saya digabungkan cukup besar tetapi ada sedikit kekhawatiran. kemudian saya berfikir jika saya memiliki anak maka kebutuhan juga akan semakin tinggi. dengan bekerja, penghasilan dapat diperkirakan kenaikan gaji dari perusahaan. yang saya rasa tidak dapat mencukupi untuk jangka panjang.

    untuk itulah saya masuk kuliah jurusan manajemen sehingga saya dapat mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan produk-produk investasi apa yang dapat digunakan untuk mencapai keamanan finansial yang bapak tulis diatas.karena jika tanpa manajemen yang baik tidak lebih dari pedagang kecil.

    Jadi motivasi saya bekerja saat ini adalah mengumpulkan dana untuk dijadikan modal usaha dengan menerapkan manajemen yang baik dan dapat berkembang. sehingga pada akhirnya keluarga saya akan mencapai keamanan finasial tersebut.

  65. Sejak SMP saya sudah mulai bekerja, pada awalnya motivasi saya hanyalah tidak ingin menyusahkan/memberatkan orang tua saya.
    Lulus SMA saya langsung bekerja, saya memang memiliki penghasilan, tetapi ada sesuatu yg hampa, kenapa? ternyata saya merasa penghasilan saya tidaklah cukup karena habis bulan habis gaji, saya sungguh ingin membahagiakan orang tua saya, tetapi apa daya saya tak mampu, beranjak dari situlah muncul kenginan saya bahwa saya tidak hanya ingin meringankan beban mereka tapi juga ingin membuat mereka bahagia dan bangga.
    Berangkat dari situ saya berusaha mencari solusi, dan akhirnya kini saya sedang merintis bisnis saya sendiri, saya memperjualbelikan barang kepada orang lain, tapi kedepannya saya ingin saya sanggup memproduksinya sendiri. Memang pada awalnya sungguh sulit. Kadang kala saya bahkah tidak mempunyai waktu untuk diri saya sendiri dikarenakan kesibukan saya bekerja,kuliah, dan bisnis sampingan saya. Tapi setiap kali saya patah semangat maka saya mengingat mimpi2 saya , motivasi2 saya, dan hal-hal membuat saya bangkit semangat kembali. Kini saya sedang berusaha membuat sistem untuk bisnis saya, yang mana semoga ke depan nya semakin memberi hasil yang memuaskan.
    Terima kasih atas sharing dari bapak 🙂

    Salam,
    Helen 🙂

  66. Semenjak belajar di sekolah kejuruan saya sudah bermotivasi agar setelah tamat sekolah dapat langsung bekerja untuk menambah tabungan, pengalaman serta untuk sedikit membantu orangtua saya. Setelah sekian waktu bekerja di sebuah perusahaan swasta, saya mulai terdorong untuk menjalani bisnis selain di tempat saya bekerja. Bisnis yang saya jalankan antara lain order cetakan, desain grafis, serta web desain. Selain itu saya juga menjadi pekerja lepas dibeberapa perusahaan lain. Hal-hal yang mendorong saya untuk mencari uang ditempat selain saya bekerja antara lain karena kebutuhan ekonomi yang selalu meningkat dan juga tersedianya waktu yang cukup luang untuk menjalani aktifitas tersebut.

    Saat ini, selain bekerja, saya juga mengambil jenjang di pendidikan tinggi dengan harapan dapat bekerja ditempat yang lebih baik, selain itu dengan menuntut ilmu ditempat ini saya juga berusaha untuk mewujudkan cita-cita saya menjadi manusia yang mandiri, memiliki perusahaan sendiri serta menjadi orang yang berguna bagi masyarakat.

    Demikian motivasi kerja saya, trims

  67. syallom pak .!!!
    ..pak kabar nya,smoga bapak tetap dalam perlindungn TYME,dan selalu di beri berkat yang melimpah.motivasi kerja menurut pendapat saya setelah apa yang selama ini bapak ajar kan di ruang kelas menambah semangat yang berapi- untuk meraih beberapa kebebasan finansial yang belum terwujud sampai sekarang ini.saya ingin bercerita sedikit tentang kisah hidup saya Setelah lulus SMA saya ingin melanjutkan kuliah dimana bukan oarang-orang tidak banyak minati,saya tertarik dalam dunia usaha peternakan dan perikanan tetapi orang tua saya tidak memberi ijin malah saya di suruh milih jadi pengacara seperti paman saya itu yang berada di bondowoso sana.akhirnya saya menolak ajakan ortu saya.hari-hari hidup saya uh..jenuh bangat karena tidak ada kerjaan,kalau saya lihat dan pandangi kiri-kanan tetangga saya wah..wah..mereka semuanya pada bekerja.sungguh buat hati jadi iri .kemudian saya tanyain apakah ada lowongan kerja tamatan SMU.tetapi jawabannya nihil.kemudian dari pada jenuh di rumah,akhirnya saya cari kerja jadi kenek bangunanselama 8 bulan tetapi hasilnya wah mengeluh karena kerja nya berat tetapi uang nya sedikit lantas saya keluar dan pindah jadi kenek angkot selama 6 bulan..dari hal itu saya memdapat kan ilham bahwa untuk bekerja dengan posisi jadi boss itu adalah punya gelar sarjana yang tinggi baru kita di hargai oleh banyak orang..dalam hidup saya beranggapan klw saya pasti sukses jika saya tetap doa terus dan menyakini klw doa-doa yang dengan penuh sungguh-sungguh wah hasilnya akan jadi muzijat bangat.kemudian saya iseng-iseng daftar jadi PNS karena pada waktu itu syarat nya minimal SMU,kemudian saya melengkapinya dan ikut tes-tes segala macam selama 3 bulan.tampa diketahiu ortu,rupanya saya lulus dan ikut pendidikan nya dan mulai sejak itulah saya dah resmi punya kerjaan dan penghasilan yang tetap dech,..

  68. Semasa sekolah saya pernah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang ahli accounting tapi semua itu sempat tinggal angan – angan karena benturan biaya, akhirya saya pun mengurungakan cita – cita itu dan mulai bmencari kerja untuk biaya kuliah adik saya yang pada saat itu juga memiliki cita – cita untuk kuliah. Setelah satu tahun saya bekerja di perusahaan sepatu merek terkenal “Adidas” posisi saya pada saat itu hanya seorang operator jahit. Saya pun mulai coba kuliah sambil bekerja di salah satu lembaga pendidikan suasta saya mengambil jurusan Akuntansi Komputer sesuai dengan cita – cita saya semasa sekolah dulu, setelah tamat saya mencoba mencari kerja di tempat lain berrmodal kan sertivikat D1 saya akhirya saya dapat pekerjaan yang lebih baik lagi saya mendapat posisi Administrasi di perusaaan Part Automotive, karena prestasi kerja saya akhirnya saya mendapat kesempattan sekolah kembali dan mewujudkan cita – cita saya dan sekarang saya menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Accounting.

  69. Tulisan bapak menjadikan inspirasi bagi saya bahwa suatu kesuksesan adalah usaha kerja keras manusia dalam mencari kesempatan dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. dan kita juga harus mempersiapkan diri kita sendiri untuk mencapai cita- cita yang kita impikan sehingga ketika kesempatan itu datang kita sudah siap dan bisa memanfaatkan kesempatan itu dan kemudian menjadikan kita sukses secara finansial dan berbagai aspek kehisupan lainnya.
    saya sudah bekerja selama 2 tahun di perusahaan tempat saya bekerja sekarang dengan sambil kuliah, memang berat membagi waktu untuk keduanya dapat terselesaikan dengan baik tapi saya yakin sekarang saya berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian sehingga saya yakin saya bisa menyelesaikan pekerjaan saya dengan baik dan menyelesaikan kuliah dengan nilai yang baik juga. terima kasih Bapak.

  70. ASSALAMMUALAIKUM WR.WB.
    Saya membaca cerita bapak cukup senang karena semuanya tidak diraih dengan mudah.
    Diama saya merupakan anak kedua dari tiga orang anak yang cuma satu – satunya anak laki-laki di rumah.Motivasi saya selama ini adalah keluarga dan ALLAH SWT. dimana tanpa dukungan keluarga dan rahmat Tuhan YME maka saya tidak bisa seperti sekarang ini.
    Dimana saya berdiri di kaki saya sendiri tidak atas bantuan orang tua saya.dan juga saya tinggal dengan kelaurga kecil saya sendiri jauh dari keluarga besar.saya bisa bangkit dari keterpurukan, kemiskinan dan juga juga kebodohan.
    Dan selam ini saya selalu memberitahukan kepada teman – teman saya gar selalu melangkah dari bawah karena tidak ada orang yang langsung bisa bangkit dan berjaya diatas.
    Dan hasilnya seperti saya yang selalu di butuhkan di tempat yang saya inginkan.
    Wassalam

  71. Motivasi Saya dalam Bekerja

    Awalnya saya harus buat pengakuan bahwa saya bukanlah tipe pekerja yang baik, saya tidak bisa menerima perintah, saya juga tidak bisa bekerja dibelakang meja, nine to five( jadi orang kantoran), apalagi kerja harus dengan deadline. Saya bisa berkata seperti ini karena hal tersebut di atas pernah saya lewati. Walaupun begitu, untuk seorang pekerja saya adalah orang yang loyal, baik pada perusahaan maupun pada atasan. Saya tipe orang yang ketika sudah memulai, tidak mudah untuk menghentikannya, 3tahun saya rasa cukup untuk saya bertahan di tempat yang tidak membuat saya nyaman walaupun sisi financial saya aman. Berawal dari itu saya putuskan mejadi pekerja di perusahaan yang saya bangun sendiri dan si tukang perintahnya adalah diri saya sendiri.
    Disinilah pergulatan tentang susahnya menjadi bos sekaligus karyawan saya alami. Saya mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan, percetakan dan suplayer alat2 kantor.Saya marketingnya di bantu teman sejawat saya dan suami, KKN sedikitlah, semua jadi mudah, tapi tidak ada tantangan. Sayangnya justru dari kemudahan ini keluar masuknya uang jadi sama, akhirnya malah 0-0,alias seri, walaupun begitu usaha ini tetap saya pertahankan hanya saja saya serahkan management perusahaan pada sepupu saya, orang yang berkompeten di bidang itu. Dasarnya bukan tipe pekerja atau memang kodrat saya jagonya cuma mengahabiskan bukan menghasilkan, memanage keuangan sendiri membuat otak saya malah tambah mumet.
    Sukses buat saya adalah, melakukan hal yang saya inginkan, kapan saya inginkan, dimana saya inginkan, dan siapa saja yang saya inginkan, sebanyak yang saya inginkan dan mudah2an akan menguntungkan banyak orang, sebanyak yang mereka inginkan.
    Orientasi saya setiap apa yang bisa menghasilkan uang akan saya ambil peluangnya, yang halal tentu saja. Walaupun uang bukan segalanya, saya tahu betul segalanya harus pakai uang. Setiap pencapaian sudah menjadi saasaran tujuan dari setiap langkah yang saya buat.
    Sekarang ini motivasi saya dalam bekerja adalah, saya ingin punya penghasilan tapi tidak terikat waktu, dan saya bisa menentukan berapa target penghasilan yang ingin saya dapatkan. Pilihan saya jatuh pada menjadi agent di beberapa bank asing sebagai personal loan bagian kredit, juga menjadi agent asuransi. Satu lagi bisnis dahsyat yang saya ambil adalah sebuah bisnis investasi, dengan kerja cerdas yang saya lakukan hanya cukup dengan target kerja 2 tahun saya bekerja, selain rumah, mobil, motor, kontrakan yang sudah lebih dulu saya miliki, kapal pesiar, sebuah villa yang indah menjadi target saya dalam 2 tahun ke depan, saya yakin saya akan mendapatkan semua yang saya idamkan, Insya Allah… Dari setiap bisnis yang saya lakukan, pertama saya harus nyaman, baru uangnya, dapat pendidikan bisnisnya, dapat proteksi seumur hidup dan bisa saya wariskan pada anak saya kelak. Dalam bisnis-bisnis itu, motivasi kerja saya makin kuat, karena saya senang menjalankannya dan yakin saya berhasil. Bisnis yang saya jalankan, membuat saya bisa merancang untuk pensiun dini dari semua kegiatan mencari uang, passive income memang sangat membantu saya mewujudkan semua mimpi masa depan saya dan keluarga. Seperti sekarang, saya akhirnya bisa mengejar ketinggalan mengambil pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, yang pernah tertunda dulu. Satu2 mimpi saya bisa terwujud, karena saya percaya setiap apa yang saya yakini untuk saya gapai, itu pasti tercapai, tentu dengan restu Allah SWT karena saya tidak pernah tidak melibatkan Allah dalam setiap langkah saya, semoga.

  72. Mengenai Artikel”Apakah Motivasi Kerja Anda?
    Setelah lulus Madrasah Aliyah Negeri I Banjarnegara pada Tahun 2000,saya bekerja di perusahaan PJTKI(Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia di Banjarnegara,akan tetapi hanya beberapa bulan saja.Mengapa demikian?Karena saya merasa ini merupakan pekerjaan yang cukup beresiko,lalu setelah itu saya bertekad untuk merantau ke kota Ibu Kota Jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan.Setelahnya sampai di Jakarta ternyata begitu susahnya mencari pekerjaan.Berawal dari kuli bangunan yang pernah saya tempuhlalu pindah kerja sebagai pengirim daging pada tahun 2003,dari situlah sya mulai mengenal jalan dan mulai berfikir “mau kemanakah dan mau bagaimanakah kedepannya?Ketika bangun pagi setelah sholat subuh saya membaca koran yang mana koran tersebut sudah kedaluarsa,aku baca ada lowongan salesman motorist di PT CIPTA RASA SEMPURNA (CRS)yang bergerak dibidang konsumer goods akan tetapi masih belum nyaman pada posisi kerja lalu pindah kerja ke PT HEINZ ABC INDONESIA pada Tahun 2005,Masih mersa belum maju dan belum seuai dengan hati nurani saya lalu pindah kerja lagi dan AL_Khamdulillaah sampai sekarang yaitu di PT TEMPO GROUP yang bergerak dibidang Farmasi,Cosmetic dan Consumer Goods sebagai salesman Key Account Traditional Market sebagai contoh produk farmasinya adalah BODREX,Marina Hand Body Lotion sebagai produk Cosmetiknya serta Hemaviton,susu bebelac sebagai produk Consumernya.Akan tetapi ini semua belum cukup,sebelum menjadi seorang bisnisman sejati artinya tidak dalam kendali perusahaan dan untuk mengawali hal itu Al-Khamdulillaah sekarang sudah buka warung dirumahnya.mudah-mudahan ini sebagai awal modal saya.Semoga Allah SWT Meridhoi dan di ijabah niat tulusku sebagai seorang pengusaha.Amien.

  73. motivasi kerja saya adalah

    motivasi kerja saya adalah ingin menjadi orang yang sukses dan berguna bagi orang lain. Hasil dari sukses itu kita dapat menggunakannya untak hal yang lebih berguna. Seperti mensejahterakan diri sendiri, mensejahterakan orang tua, mensejahterakan keluarga dan kesuksesan kita dapat berguna bagi orang lain bahkan bagi bangsa.

    semua orang pasti ingin sukses, karena kesuksesanlah yang membuat orang senang, bahagia karena impiannya menjadi sukses tercapai. Tetapi kesuksesan juga bisa membuat orang menjadi lupa diri dan harus gagal lagi kerena keksusesan itu sendiri.

    Terima Kasih

  74. Motivasimotivasi usaha saya
    setamat dari sekolah menengah atas saya pada waktu itu disuruh dengan orang tua melanjutkan sekolah dikarenakan kakak2 saya pada waktu itu masih membutuhkan biaya saya akhirnya mengalah. Akhirnya berniat melamar pekerjaan dengan bekal ijazah sma saya memberanikan melamar pekerjaan yaitu pada waktu itu ada pembukaan TVRI,BPK,dan beberapa kantor swasta semua saya lamar. Diantara kantor itu banyak juga mau menerima saya diantaranya TV RI tetapi ini tidak diretui oleh Om. Akhirnya saya melamar kantor lain yaitu BPS dini lah akhirnya saya bekerja ,untuk melanjutkan jenjang karie saya sekolah lagi dengan biaya jerih payah sendiri. semoga cerita saya mengenai motivasi usaha ini bisa menjadi contoh bagi yang lainsekian dan terima kasih semoga Alloh SWT senantiasa mengabulkan apa yang jadi kehendak kita Amien

  75. Motivasi kerja bagi saya adalah salah satu hal yang sangat penting.
    karena dengan motivasi itu kita bisa membangkitkan suatu motivasi yang ada di diri saya.
    semua orang awalnya dari biasa menjadi luar biasa dikarenakan ketekunan itu kita bisa menggapai apa yang diinginkan.
    wasalam

  76. Mendengar kata motivasi usaha saya sangat termotivasi dikarenakan motivasi itu bisa membangkitkan semangat seseorang di saat orang itu sedang menghadapi suatu masalah dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
    motivasi yang saya tanam dalam diri saya adalah orang lain bisa kenapa saya tidak bisa.

  77. Betul apa kata Bapak. Berdasarkan research yang saya lakukan, jika kita terus menjadi ” orang gajian”, itu benar2 tidak akan cukup untuk menjamin kelangsungan hidup yang layak. As a Fresh graduate, biasanya kita lulus dan memulai kerja kita, paling beruntung mendapatkan gaji 2-3 juta, 5 juta aja sudah sangat beruntung. Kenaikan gaji per tahun mengikuti inflasi paling hanya 6-7% tergantung performance. Unless kita bener2 berprestasi dan di “headhunt”, kita bisa naik sampe 30%, tapi itu masi tergantung dari performance kita, dan pasti ada hal2 yang kita harus korbankan, termasuk jarak rumah dan pekerjaan kita, semuanya serba unpredictable.

    Motivasi saya untuk mempunyai usaha sendiri adalah berdiri di atas kaki sendiri, menjadi boss buat diri sendiri, mencapai kebebasan finansial dan mencapai life satisfaction, dimana I do what I Love and I Love what I do. Can you imagine, you wake up in the morning and say,” Yes, lets go to work” instead of ” Gosh, I am working today”..and can you imagine doing that for 50 years with fixed amount per month? What an unfulfilling life!!

    Terima kasih banyak Pak, buat Postnya..sangat membantu dan sangat enlightening.

  78. Assalammualaikum wr.wb.

    Membaca cerita bapak cukup penuh perjuangan baru berhasil.
    Yang menjadi motivasi saya selama ini adalah keluarga dan ALLAH SWT.
    dimana sebelum saya menjadi yang sekarang ini saya hanya orang yang tidak punya pekerjaan dan juga miskin. dimana kehidupan saya masih meminta kepad orang tua.
    Tetapi berkat ketekunan dan doa serta perjuangan saya bisa seperti sekarang, menjadi orang yang berguna bagi agama,keluarga, dan nusa bangsa.
    Dimana saya ingin membangun citra Pelayan masyarakat yang baik.
    Saya selalu menganjurkan kepada teman – teman, dan saudara semuanya agar sebelum menjadi sukses kita harus susah terlebih dahulu sehingga kita bisa menghargai perjuangan kita.
    Wassalam

  79. Kebanyakan motivasi sukses orang adalah menganggapnya sebagai tujuan, saat memulai suatu usaha, terkadang hanya memikirkan bagaimana cara menjadi sukses. Namun motivasi yang saya tanamkan agar menjadi sukses adalah sejauh mana totalitas dan keterlibatan saya dengan pekerjaan yang saya tekuni saat ini. Saya harap saya dapat menunjukkan bagaimana memandang pekerjaan kita sebagai titik awal keberhasilan kita di masa mendatang. Saya bergerak selangkah demi selangkah untuk mewujudkan cita – cita dengan usaha yang keras demi kesejahteraan keluarga yang selama ini telah mendidik saya untuk terus bekerja keras demi kesuksesan tersebut.

    Salam sukses!

  80. Inilah motivasi saya dalam bekerja :

    Pertama…
    Saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara dalam keluarga. Disiplin selalu ditanamkan oleh ayah saya dalam medidik anak-anaknya, hanya demi mengartikan sesuatu hal, yaitu “Dunia ini keras Nak. maka belajarlah untuk menjadi kuat”.

    Secara finansial, keluarga saya adalah keluarga menengah yang suatu saat nanti bisa saja ayah yang berperan sebagai pemimpin dalam keluarga saya tidak lagi produktif menghidupi keluarga saya dikarenakan usianya yang terus bertambah tua.

    Dari situ saya berpikir, bagaimana seharusnya peran seorang anak laki-laki pertama dalam keluarga bisa meringankan beban keluarga saya. Oleh karena itulah saya bekerja. sehingga kini saya sudah tidak menyusahkan kedua orang tua saya lagi. Bahkan kali ini, saya bisa membantu mereka dengan jerih payah saya sendiri.

    Kedua..
    Setiap manusia pasti punya impian dalam hidupnya. Entah ia ingin menjadi seorang pilot, dokter, atau profesi apa pun, tujuannya pasti satu, mereka ingin sukses (berhasil). Definisi sukses menurut saya adalah ketika seseorang bisa mendapatkan apa yang dikehendakinya pada saat itu juga itu baru sukses atau berhasil.

    ketika saya menginginkan mobil saya bisa langsung beli tanpa pikir panjang, lalu ketika saya menginginkan rumah saya bisa langsung tanda tangan tanpa pikir panjang. itu baru sukses… Saya termotivasi dalam bekerja. karena saya ingin menjadi orang yang “sukses” dalam hidup saya.

    Ketiga…
    Guna mengejar impian saya itu… Maka saya harus bekerja, agar saya bisa mendapatkan modal usaha yang akan saya bangun sendiri. karena tidak mungkin orang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dalam sekejap jika orang tersebut pemasukannya hanya segitu-segitu saja, dan kenaikannya tidak signifikan. Jadi saya haruslah mempunyai kerajaan saya sendiri guna mencapai “sukses” dalam arti saya.

    Keempat…
    Motivasi saya yang terakhir adalah, Saya ingin menikmati hasil jerih payah itu dengan keluarga saya sendiri..

    Sukses selalu Pak Mulyo… =)

  81. Pekerjaan saya adalah sebagai staff finance and accouting di
    perusahaan production house. awal nya saya berpikir dengan
    berkerja disana saya mendapat kan keamanan finansial,
    sehingga skrg saya menjalan kan bisnis kecil saya yaitu
    event organizer dan sebagai agen model dan spg. setelah mendapatkan kul motivasi usaha yg di ajar kan pak mulyo saya sangat termotivasi untuk menekuni lebih dalam bisnis sampingan saya agar bisa lebih sukses.

  82. memiliki program finansial cukup bagus karena selain melatih diri kita mandiri kita pun dapat berusaha menghasilkan uang tanpa menyusahkan orang tua dan dapat membuka usaha serta dapat memperkirakan pengeluaran dan pendapatan.

    Nama : Juliana Citra Nur Pratiwi
    Nim : 2011-41-007

  83. Motivasi kerja saya adalah saya ingin mempunyai penghasilan sampingan yang lebih besar dari gaji saya nanti, karena saat ini saya masih menempuh jenjang strata 1. pada awalnya saya merasa motivasi saya ini terlalu tinggi, karena usaha yang akan saya buat membutuhkan modal yang sangat besar bagi seorang mahasiswi seperti saya, modal yang saya butuhkan pada saat itu tepatnya 2 tahun yang lalu sejumlah puluhan juta rupiah, sayapun bingung bisa mendapatkan uang sebanyak itu dari mana, pada akhirnya saya memberanikan diri untuk meminjam uang kepada kedua orang tua saya, awalnya orang tua saya tidak percaya terhadap saya, namun saya menjelaskan bahwa saya dapat bertanggung jawab jika nanti modal tersebut tidak dapat saya gantikan, maka kedua orang tua saya pun meminjamkan modal tersebut, dengan susah payah merayu kedua orang tua untuk meminjamkan modal kepada saya, akhirnyapun modal tersebut dapat dicairkan, pada waktu itu saya masih duduk di bangku SMA, dengan modal nekat sayapun membuka usaha tersebut, selang setahun kemudian usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar, dan akhirnya hutang saya kepada orang tua lunas sudah terbayarkan semua, keuntungan yang saya dapatkan dapat memenuhi uang jajan saya sehari-hari bahkan uang kuliah, tanpa harus meminta kepada kedua orang tua. saya juga sangat senang dapat belajar motivasi usaha dengan pak mulyo, karena dari pelajaran ini saya dapat termotivasi lagi untuk meraih kesuksesan.

  84. motivasi saya

    setelah saya lulus smk, pernah bekerja di salah satu bank swasta di jakarta, saya bekerja sebagai telemarketing dan gajinya itu tidak seberapa bahkan tidak mencukupi untuk membayar kuliah, tetapi sekarang saya sudah tidak bekerja lagi disanakarena ingin fokus kuliah. pada saat jam mata kuliah “motivasi usaha” pak mulyo menjelaskan kalau seorang karyawan itu di berikan gaji ditentukan oleh pemimpinnya dan pada saat itulah saya berfikir lebih baik menjadi seorang yang mempunyai usaha sendiri karena keuntungannya lebih banyak dan menjadikan seseorang lebih mandiri, karena itulah saya bermotivasi untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dan berhasil meskipun dimulai dari yang paling bawah karena orang yang sukses itu tidak mungkin secara langsung berhasil. pasti akan ada halangan dan rintangannya. dan motivator saya adalah bapak mulyo yang sudah memberikan sebuah inspirasi untuk saya.

  85. motivasi saya dalam bekerja :

    Saya adalah anak tunggal dalam keluarga. Disiplin selalu ditanamkan oleh ayah dan ibu saya dalam mendidik saya, agar siap dengan dunia luar yang cukup keras

    Secara finansial, keluarga saya adalah keluarga menengah setelah kematian ayah saya.

    saya berpikir, bagaimana seharusnya peran seorang anak bisa meringankan beban keluarga saya yang kini masih di nafkahi ibu. Oleh karena itulah saya berkuliah agar selepas nanti bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang baik.

    cita cita yang tertunda akan menyusul setelah semua perjuangan kita berhasil baik dan juga segala prestasi yang telah kita raih akan dapat penghargaan dari banyak pihak

    kebutuhan akan kehidupan sehari-hari pun perlahan akan terpenuhi sehingga tidak akan ada rasa kekurangan lagi , maka dari itu setiap manusia memiliki kodrat bekerja dan berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan dapat menafkahi keluarga serta untuk masa depannya

    Motivasi saya , saya ingin mewujudkan seluruh cita-cita saya dan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari saya bekerja sampai saya berpensiun nanti nya semua saya kontribusikan untuk keluarga saya serta ibu yang selalu mendukung saya hingga saat ini

    sekian komentar motivasi kerja saya .. trims pak mulyo ^.^v

  86. Saya sudah mulai mengenal dunia usaha semenjak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, dengan cara membantu orang tua saya untuk berjualan. Pada waktu duduk di bangku SMA, saya sudah mulai bekerja sebagai tukang koran, tpi cita-cita saya ingin menjadi orang yang sukses, dan berguna bagi nusa dan bangsa, terutama kpd Allah SWT dan orang tua kita

  87. saya lulusan SMK farmasi, dan motivasi kerja saya adalah saya ingin mengembangkan keahlian saya , dalam bidang pengobatan terutama pengobatan tradisional, karena dengan ada nya bisnis dalam bidang ini Insyaallah orang orang akan lebih mengenal tanaman tanaman berkhasiat obat.
    saya ingin lebih banyak belajar tentang motivasi kerja, karena tanpa adanya motivasi dalam bekerja, saya tidak akan paham ke arah mana saya akan bekerja..
    terimakasih.

  88. penjelasan anda tentang motivasi di atas sangat menginspirasikan saya bagaimana caranya menjadi manusia produktif dalam hal apapun dan dari segi manapun.

    NAMA: Angga Abiyana
    NIM : 201141009

  89. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Banyak orang yang beranggapan kalo sukses itu susah. Bagi memang seperti itu,tapi setelah saya baca motivasi bapak saya ingin mencoba berusaha dengan kekuatan saya. Saya memang ingin sekali mencoba bekerja,tapi selalu terhalang oleh waktu. Tapi saya akan mencari pekrjaan yang paruh waktu untuk tidak mengganggu kuliah saya.
    Saya berterima kasih atas motivasi bapak,karena itu bisa membangun semangat saya.

    wassalamu’alaikum Wr.Wb

  90. Mengenai artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?”, menurut saya sangat menarik, karena artikel tersebut memberikan pandangan dan pencerahan tentang seluk beluk dunia kerja dalam kehidupan nyata. Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa untuk mencapai tingkat atas dalam suatu pekerjaan diperlukan suatu kerja keras, dan harus dimulai dari bawah. Artikel tersebut juga memberikan motivasi untuk meningkatkan taraf hidup hingga mencapai kebebasan finansial. Pada akhirnya, kita dapat mengambil sisi positif dari beberapa tips yang diberikan dalam artikel Bapak. Mulyo, untuk dijadikan motivasi dalam bekerja, sehingga dapat mencapai kebebasan finansial.
    Inilah motivasi saya dalam bekerja :

    Pertama…
    Saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara dalam keluarga. Disiplin selalu ditanamkan oleh kedua orang tua saya dalam medidik anak-anaknya,

    Secara finansial, keluarga saya adalah keluarga menengah yang suatu saat nanti bisa saja ayah yang berperan sebagai pemimpin dalam keluarga saya tidak lagi produktif menghidupi keluarga saya dikarenakan usianya yang terus bertambah tua.

    Dari situ saya berpikir, bagaimana seharusnya peran seorang anak perempuan tertua diantara 3 saudra saya yang masih kecil-kecil,pertama dalam keluarga bisa meringankan beban keluarga saya.saya mempunyai usaha yang mana bisa meringankan biaya orang tua saya

    Kedua..
    Setiap manusia pasti punya impian dalam hidupnya. Entah ia ingin menjadi seorang pilot, dokter, atau profesi apa pun, tujuannya pasti satu, mereka ingin sukses (berhasil). Definisi sukses menurut saya adalah ketika seseorang bisa mendapatkan apa yang dikehendakinya pada saat itu juga itu baru sukses atau berhasil.

    ketika saya menginginkan mobil saya bisa langsung beli tanpa pikir panjang, lalu ketika saya menginginkan rumah saya bisa langsung tanda tangan tanpa pikir panjang. itu baru sukses… Saya termotivasi dalam bekerja. karena saya ingin menjadi orang yang “sukses” dalam hidup saya.

    Ketiga…
    Guna mengejar impian saya itu… Maka saya harus bekerja, agar saya bisa mendapatkan modal usaha yang akan saya bangun sendiri. karena tidak mungkin orang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dalam sekejap jika orang tersebut pemasukannya hanya segitu-segitu saja, dan kenaikannya tidak signifikan. Jadi saya haruslah mempunyai kerajaan saya sendiri guna mencapai “sukses” dalam arti saya.dan bisa mendapatkan apa saja yang saya mau tanpa harus meminta -minta kepada orang tua saya.

    Keempat…
    Motivasi saya yang terakhir adalah, Saya ingin menikmati hasil jerih payah itu dengan keluarga saya sendiri dan sampai berlanjut keanak cucu saya dan pelajaran yang saya terima kelak akan saya ajarkan kepada anak saya agar mereka bisa sukses kelak seperti saya nantinya

    kelima………..
    saya sangat berterimakasih kepada bapak mulya atas wawasan motivasi kepada saya sehingga saya dapat membangun motivasi saya

    terima kasih pak mulyo atas nasehat bapak

  91. Sore pak Mulyo …

    Membaca dan memahami tulisan bapak tentang bagaimana perjalanan hidup Bapak mulai dari awal merintis karir hingga menjadi seperti sekarang, menurut saya sangat menarik dan memotivasi.
    Apalagi melihat tujuan akhir dari yang Bapak ingingkan adalah mendapatkan passive income, itu membuat saya cukup terhenyak, karena motivasi bapak sama seperti saya. Dan apa yang Bapak lakukan selama ini mungkin dapat saya jadikan pedoman dan dapat saya ikuti jejaknya. Mungkin untuk selanjutnya saya akan berusaha mencapai target passive income sebelum usia 50 tahun.

    Terima kasih.

  92. septi anggraini (201133001)

    saya anak pertama dari dua bersaudara, adik saya duduk di bangku SMP, ayah dan ibu bekerja tanpa lelah hanya untuk kami, saya dibesarkan di dalam lingkungan industri sekaligus bisnis. Motivasi saya bagaimana caranya agar saya dapat membantu orang tua saya kelak dan dapat membantu menyekolahkan adik saya hingga sarjana. Maka dari itu saya sekarang hanya bisa meneruskan pendidikan dengan uang orang tua, untuk selanjutnya saya akan berusaha mandiri.
    Keinginan saya untuk menjadi perawat profesional yang memotivasi saya menjadi orang yang berguna untuk masyarakat

  93. Komentar saya : Menurut saya artikel bapak sangat menarik dan dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Motivasi dalam berbisnis harus kita bangun sejak dini, kita harus memiliki sebuah motivasi, target dan tujuan dalam pencapaian hidup kita kedepannya, terutama dalam dunia bisnis yang dapat menjadi bekal untuk hidup kita kedepannya.

  94. saya berkerja di suatu Perusahaan Perbankan, saya memang tidak menjadi karyawan tetap diperusahaan tersebut. tapi saya yakin saya akan menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut walaupun kata orang- orang untuk masuk menjadi karyawan tetap perusahaan tersebut harus punya segudang prestasi.
    bagi saya masukan mereka merupakan cambukan buat saya,menjadi lebih maju dan mengappai motivasi tersebut walaupun dibilang mereka mustahil.

    melihat tulisan ini saya terpacu sekali mencapai karir saya, dan ingin sekali mempunyai pasif income…

    tulisan ini cukup membangun motivasi saya memperoleh pasive income….

    maju terus pak Mulyo

    Hermanto
    2010-12-136

  95. Pendapat saya tentang artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?” :
    Artikel tersebut sangat bagus, karena saya mendapatkan suatu pengertian baru tentang usaha dan mendapatkan kebebasan finansial.
    Karena pada awalnya saya berpendapat bahwa suatu usaha itu hanya kegiatan seseorang yang menjual barang atau jasa kepada orang lain.Tetapi setelah saya membaca artikel ini, saya mulai memikirkan cara bagaimana agar saya dapat memperoleh keamanan finansial dan bahkan mendapatkan kebebasan finansial.
    Saya sangat berterimakasih kepada penulis artikel ini Bp.Mulyo.
    Dan saya berharap dapat menerapkan tips yang ada dalam artikel ini tentu saja
    dengan suatu inovasi yang baru.
    motivasi kerja saya
    saya ingin sekali kalau sudah lulus kuliah saya ingin sekali bekerja di rumah sakit internasonal dan saya ingin sekali menjadi perkerja lepas

  96. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya cukup terkesan dengan cerita bapak tentang motivasi bapak bekerja. bagaimana perjuangan bapak dalam meraih impian sungguh patut saya acungi jempol.
    Motivasi saya bekerja adalah saya ingin menjadi anak yang bisa membanggakan bagi orang tua saya dan saya ingin menjadi orang yang sukses tidak hanya dalam masalah karier tetapi juga saya ingin memberikan sumbangsih saya kepada negara.
    saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Adik saya masih duduk di bangku SD, jadi tidak heran kalau sya sebagai anak paling bongsor berkewajiban membantu orang tua. Saya lulusan SMA angkatan 2008, namun setelah lulus saya tidak langsung meneruskan kuliah karena pada waktu mengikuti ujian SNMPTN saya sedang sakit. Lalu saya bekerja disebuah perusahaan conveksi di malang.Setahun sudah saya bekerja mencari uang, tetapi tidak mengurungkan niat saya untuk melanjutkan sekolah. Kemudian saya mndapat sebuah tawaran untuk masuk sekolah D1 jurusan asisten bidan pada tahun 2009. dengan uang yang telah saya kumpulkan selama 1 tahun,akhrnya saya dapat meneruskan sekolah saya meski hanya sebatas D1,tetapi saya mempunyai cita-cita menjadi dosen.Oleh karena itu saya harus terus bersemangat dalam mengejar impian saya.
    Alhamdulillah,berkat rajim belajar dan ketekunan dan semangad pantang menyerah saya mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik dengan ipk 3,8.Sungguh tak pernah terbayangkan sebelumnya.
    Setelah saya lulus dari D1,kini saya bekerja sebagai perawat homecare di jakarta. ! tahun sudah saya menekuni profesi saya,meski dengan gaji yang lumayan saya tetep ingat dengan tujuan saya semula yakni menjadi dosen. Lalu saya mendapat tawaran untuk melanjutkan studi di PTS di jakarta.
    dan akhrnya kini saya sedang menjalani proses mengejar mimpi saya untuk menjadi dosen. Pekerjaan sebagai perawat homecare memang tidaklah mudah,harus pinter-pinter bagi waktu antara bekerja dan belajar.
    Saya tidak mungkin bekerja sebagai perawat homecare selamanya, Oleh karena itu saya akan terus bersemangad bersekolah dan mengukir prestasi sebisa mungkin dan jangan jadikan pekerjaan dan usia sebagai penghalang dalam mengejar cita-cita
    Itulah motivasi saya bekerja yakni untuk mewujudkan impian menjadi seorang dosen dan membagakan bagi orang tua saya.

  97. Nama : Frista Genza Gustarika
    NIM : 201133009
    Fakultas : ILMU KEPERAWATAN

    pengalaman yang bapak miliki menjadi acuan bagi saya . dan kesuksesan bapak saat ini menginspirasi saya untuk menjadi pekerja yang sukses . Dari bekal pendidikan yang saya peroleh saat ini , dapat saya aplikasikan dalam suatu pekerjaan dimasa yang akan datang .saya yakin dengan ketekunan dan kerja keras dapat mengantarkan saya menjadi pekerja yang sukses/berhasil.

  98. scorpio_girl26@ymail.com
    novita sari
    2011-66-066

    saya juga tertarik dengan artikel bapak ,, walaupun sekarang saya masih dalam jenjang kuliah entah kenapa saya sangat tertarik jika ada motivasi-motivasi kerja karena saya melihat teman-teman saya sudah pada kerja jadi saya termotivasi untuk kuliah sambil bekerja….

  99. Motivasi kerja saya saat ini adalah menjadi orang yang di banggakan oleh orang tua saya…kerja apapun akan saya lakukan demi kebahagiaan orang tua saya dan ke suksesan saya…cayooo

  100. widiastuti
    201133002

    motivasi bekerja pak mulyo sangat bagus ,dengan adanya motivasi kita mendapatkan apa yang kita mau dengan berusaha. setelah saya membaca perjalanan bapak saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, semangat bapak membuat saya menyadari betapa pentingnya motivasi bagi kehidupan saya.

  101. saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara,motivasi saya untuk bekerja adalah saya ingin meringankan beban orang tua dan berusaha membiayai uang kuliah tanpa harus melibatkan orang tua dan saya ingin menjadi orang yang sukses sekarang maupun nanti…

  102. Motivasi kerja dalam berbisnis apalagi seperti self employed itu juga merupakan peluang yang bagus untuk awal berbisnis bagi kita yang pemula. Tapi juga kita harus mampu mengukur berapa jumlah pengeluaran dan pendpatan dalam berbisnis untuk awalnya.
    Terimakasih untuk bapak Mulyo Wiharto.

  103. motivasi saya dalam bekerja adalah untuk mengurangi beban orang tua yang membiayai saya pada waktu saya sekolah. pada waktu SMA,saya mempunai usaha sendiri yaitu berjualan bensin,ya walaupun untungnya tidak seberapa,tapi dikumpulkan sedikit-sedikit hasilnya lumayan besar.dari situ saya tau betapa sulitnya mencari uang,dan saran saya bermotivasilah untuk mendapatkan hasil yang memadai.

  104. Nama : Wisnu Eko Raharjo
    Nim : 2011-41-008
    Fakultas : Ilmu Hukum
    Seksi : 08

    Motivasi Kerja bagi saya pribadi merupakan suatu dorongan jiwa yang dapat membuat seseorang tergerak untuk melakukan tindakan yang produktif, baik yang berorientasi kerja untuk menghasilkan uang maupun yang tidak.
    Motivasi kerja yang dimiliki setiap orang berbeda-beda tentunya, dan juga berubah-ubah. Bagi saya suatu keinginan yang sangat wajar untuk dapat mengembangkan diri kita dari waktu ke waktu. Baik dalam memenuhi kebutuhan hidup maupun untuk sesuatu yang diinginkan atau diharapkan.

    Saya juga harus memiliki visi dalam hidup untuk memotivasi diri sendiri . Visi tersebut berupa gambaran akan kondisi yang lebih baik dari sekarang, menyenangkan, kebahagiaan. Jika saya memiliki cita-cita, tentunya saya juga akan senantiasa berusaha mewujudkannya.

    Tetapi sejak mengikuti kuliah maka motivasi kerja menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu untuk dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik dari hari ini.
    Selain untuk menghasilkan uang tetapi motivasi kerja yang lain adalah dapat membantu keluarga secara maksimal dan berguna bagi bangsa.

  105. saya adalah anak ke lima dari lima bersaudara , menjadi kan predikat sebagai anak bungsu . Tidak membuat saya manja , karena sifat manja itu akan membuat kita menjadi anak yang malas dan hanya bisa meminta kepada orang tua .
    dengan komitmen saya untuk menjadi anak mandiri , membuat saya mencoba merasakan hal – hal baru . seperti cara berbisnis dan mencoba memndapatkan uang dengan hasil jerih payah sendiri.
    cara nya saat saya masih SMA saya sudah mencoba mendagangkan hasil kue dan masakan yang saya buat , saya mencoba menjadi guru less untuk teman – teman saya . dari hasil itu , uang nya saya tabung dan sisanya membeli bahan – bahan dagangan yang saya akan jual nanti .
    setamat SMA saya pun masih ,mengajar sebagai guru less untuk adik – adik kelas saya , itu saya lakukan saat saya telah tamat sekolah SMA dan menganggur selama satu tahun , motivasi saya dalam bekerja adalah saya ingin memiliki usaha dan investasi sendiri saat saya berusia 63 tahun .
    caranya dengan saya mencoba berbisnis dari dini , menabung dan mulai berfikir panjang , untuk apa kita hidup ke depan nya .
    usaha sendiri yang saya maksud adalah saya ingin memiliki sebuah ruko bahan – bahan pokok dan sebuah kontrakan sebanyak 6 kontrakan .
    investasi nya adalah saya membuat sebuah ruko bahan – bahan pokoh dan usaha sendiri nya adalah saya ingin memiliki kontrakan berjumlah 6 .

  106. Sejak saya mengikuti perkuliahan Motivasi Usaha dengan Bpk. Mulyo, saya tertarik sekali untuk mengikuti jejak langkah beliau. Saya sudah berusaha untuk mendapatkan penghasilan lain dengan menjalankan Produk Multi Level Marketing, yaitu usaha madu “High Desert” atau isi ulang pulsa tetapi selalu gagal. Sudah lama saya memikirkan usaha apa yang memang terbaik untuk usaha penghasilan lain selain gaji. Saya baru terinspirasi mungkin jalan terbaik untuk penghasilan saya adalah dengan menabung dulu, sebelumnya saya memang menabung setelah pengeluaran lainnya terpenuhi, baru uang menabung saya masukkan, memang ternyata tidak efektif. Saya baru sadar kalau memang menabung harus diutamakan dulu, baru pengeluaran yang lain-lainnya. Mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan perencanaan saya untuk mendapatkan penghasilan pasif di usia 60 tahun nanti, terima kasih Bpk. Mulyo.

    Osi Suhaerani – 201071086
    osi.suhaerani@esaunggul.ac.id

  107. artikel yang saya baca ini memotivasi saya untuk bisa seperti bapak yg sukses dng adanya semangat untuk meraih mimpi dan cita-cita yg kita inginkan dan dengan adnya motivasi kerja ini membuat orang sadar akan sesuatu hal untuk mencapai suatu kesuksesan dan terbangun dari kemalsan dan keterpurukan sehingga kita bisa memperjuangkan apa yg kita capai dimulai dari nol hngga berhasil menjadi orang yang sukes. Motivasi bpak membuat saya terpacu dan tidak untuk menyerah dalam mearih kesuksesan. sukses buat bapak !

  108. M.Idrus Ardiansyah ( 201166065 ) fakultas Fisioterapi.

    Mengajarkan suatu materi untuk pertama kalinya memang lebih sulit….soalnya kita harus menyiapkan bahan-bahan, mulai dari membaca modul yang dalam teorinya “basic teaching skill” dinamakan sebagai materi pokok yang harus diketahui atau “must know”, mencari bahan-bahan lain yang terkait yang sering disebut sebagai materi “should know” serta siap-siap dengan pertanyaan peserta yang kadang-kadang agak jauh dari materi pokok….(sering disebut sebagai materi yang “nice to know”. Sabtu kemaren adalah saya mengajar materi Budaya Kerja pada Diklat Prajabatan Golongan III. Terus terang materi ini baru pertama kali saya ajarkan sehingga agak grogi juga…… bahkan sempat dua kali penugasan materi ini saya tolak….. Hal itu disebabkan saya merasa belum begitu siap…..pa lagi transparansinya belum saya kerjakan secara tuntas. Jadi terus terang saja, kemaren saat ngajar, saya modal nekad campur rasa malu….masa nolak terus…….

    “Budaya Kerja Organisasi Pemerintah” sebenarnya merupakan materi yang sangat saya tunggu….karena disini saya akan bisa sedikit memberikan suatu motivasi kerja bagi para peserta yang notabene merupakan ‘tunas-tunas muda’ PNS di masa mendatang….Saya akan berusaha menyebarkan ‘budaya kerja nan penuh cinta’ pada mereka….karena hanya dengan cinta, mereka akan mampu mengarungi kehidupan kerja PNS yang carut marut dengan penuh gairah dan semangat…..karena hanya dengan cinta terhadap pekerjaannya mereka akan tercetak menjadi tenaga-tenaga PNS yang profesional…..karena tanpa mencintai profesi sebagai PNS….mereka akan bekerja dengan setengah hati…..tanpa motivasi….salah jalan dalam menekuni pekerjaan seperti banyak birokrat alami saat ini….. atau mungkin malah keluar dari PNS…..mencari penghidupan lain yang lebih menyenangkan…..

    Lalu bagaimana kita bisa mencintai pekerjaan kita sebagai PNS…..?! Ya….layaknya orang yang jatuh cinta…akan selalu kangen….selalu ingin bertemu…..maka ya…kita ya harus selalu bertemu dengan yang dikangeni utawa harus selalu masuk kerja tentunya….Kemudian ya…harus mengenal dengan sedetail-detailnya….atau selalu mendalami tugas pokok pekerjaan….termasuk mencari tahu peraturan-peraturan yang terkait dengan pekerjaan….Setelah itu, langkah awal adalah menerima pekerjaan yang kita cintai itu dengan apa adanya….gak peduli jelek…gak peduli pekerjaannya nggak begitu bagus…..bahkan kadang cuek alias tidak memperhatikan perasaan kita….namanya juga kadung cinta….ya….tetap nekad……tapi tentu saja gak akan berhenti sampai disitu saja…..kalau yang kita cintai jelek….gak bagus….or gak pantes buat diajak jalan-jalan….dikenalin sama orang-orang….ya…didandani….diberikan baju yang bagus…diberi ‘make up’ yang mahal….atau kalau perlu dioperasi plastik biar cantik dan sedap dipandang mata……begitu khan….?!

    trus caranya bagaimana….?!

  109. Motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah untuk mencari pengalaman dalam bekerja dan untuk belajar dalam banyak hal terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang saya kuasai dan yang sedang saya pelajari di Universitas Indonusa Esa Unggul yaitu tentang ilmu Kesehatan.

    Oleh karena itu,di usia saya yang masih muda ini saya lebih memfokuskan diri untuk mendapatkan banyak kompetensi dan keahlian yang unggul dibandingkan yang lain agar disaat nanti saya akan mulai mengembangkan karir atau bahkan menjadi seorang Businessman atau Investor saya sudah mempunyai bekal dan keunggulan yang bisa membantu saya meraih kebebasan finansial.

  110. Awalnya saya harus buat pengakuan bahwa saya bukanlah tipe pekerja yang baik, saya tidak bisa menerima perintah, saya juga tidak bisa bekerja dibelakang meja, nine to five( jadi orang kantoran), apalagi kerja harus dengan deadline. Saya bisa berkata seperti ini karena hal tersebut di atas pernah saya lewati. Walaupun begitu, untuk seorang pekerja saya adalah orang yang loyal, baik pada perusahaan maupun pada atasan. Saya tipe orang yang ketika sudah memulai, tidak mudah untuk menghentikannya, 3tahun saya rasa cukup untuk saya bertahan di tempat yang tidak membuat saya nyaman walaupun sisi financial saya aman. Berawal dari itu saya putuskan mejadi pekerja di perusahaan yang saya bangun sendiri dan si tukang perintahnya adalah diri saya sendiri.
    Disinilah pergulatan tentang susahnya menjadi bos sekaligus karyawan saya alami. Saya mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan, percetakan dan suplayer alat2 kantor.Saya marketingnya di bantu teman sejawat saya dan suami, KKN sedikitlah, semua jadi mudah, tapi tidak ada tantangan. Sayangnya justru dari kemudahan ini keluar masuknya uang jadi sama, akhirnya malah 0-0,alias seri, walaupun begitu usaha ini tetap saya pertahankan hanya saja saya serahkan management perusahaan pada sepupu saya, orang yang berkompeten di bidang itu. Dasarnya bukan tipe pekerja atau memang kodrat saya jagonya cuma mengahabiskan bukan menghasilkan, memanage keuangan sendiri membuat otak saya malah tambah mumet.
    Sukses buat saya adalah, melakukan hal yang saya inginkan, kapan saya inginkan, dimana saya inginkan, dan siapa saja yang saya inginkan, sebanyak yang saya inginkan dan mudah2an akan menguntungkan banyak orang, sebanyak yang mereka inginkan.
    Orientasi saya setiap apa yang bisa menghasilkan uang akan saya ambil peluangnya, yang halal tentu saja. Walaupun uang bukan segalanya, saya tahu betul segalanya harus pakai uang. Setiap pencapaian sudah menjadi saasaran tujuan dari setiap langkah yang saya buat.
    Sekarang ini motivasi saya dalam bekerja adalah, saya ingin punya penghasilan tapi tidak terikat waktu, dan saya bisa menentukan berapa target penghasilan yang ingin saya dapatkan. Pilihan saya jatuh pada menjadi agent di beberapa bank asing sebagai personal loan bagian kredit, juga menjadi agent asuransi. Satu lagi bisnis dahsyat yang saya ambil adalah sebuah bisnis investasi, dengan kerja cerdas yang saya lakukan hanya cukup dengan target kerja 2 tahun saya bekerja, selain rumah, mobil, motor, kontrakan yang sudah lebih dulu saya miliki, kapal pesiar, sebuah villa yang indah menjadi target saya dalam 2 tahun ke depan, saya yakin saya akan mendapatkan semua yang saya idamkan, Insya Allah… Dari setiap bisnis yang saya lakukan, pertama saya harus nyaman, baru uangnya, dapat pendidikan bisnisnya, dapat proteksi seumur hidup dan bisa saya wariskan pada anak saya kelak. Dalam bisnis-bisnis itu, motivasi kerja saya makin kuat, karena saya senang menjalankannya dan yakin saya berhasil. Bisnis yang saya jalankan, membuat saya bisa merancang untuk pensiun dini dari semua kegiatan mencari uang, passive income memang sangat membantu saya mewujudkan semua mimpi masa depan saya dan keluarga. Seperti sekarang, saya akhirnya bisa mengejar ketinggalan mengambil pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, yang pernah tertunda dulu. Satu2 mimpi saya bisa terwujud, karena saya percaya setiap apa yang saya yakini untuk saya gapai, itu pasti tercapai, tentu dengan restu Allah SWT karena saya tidak pernah tidak melibatkan Allah dalam setiap langkah saya, semoga.
    #

  111. motivasi saya,
    saya ank terakhir dari dua bersaudara, saya memiliki kakak cwe dan cwok, tpi dari kedua saudara saya. saya dari keluarga cukup ada. hanya saya lah yang bisa entrepreneurship. dari sd saya sudah berjualan sampe smk. wktu saay sd saya hanya berjualan makanan ringan, awal nya saya hanya tawarkan kebeberapa tmen saja, tpi karna bnyak yg minat beli. makanan ringan yg saya jual beertmbah bnyak, dan bisa balik modal. waktu saya smp saya ikt member sophie martin nah dri situ lah saya menawarkan kpada siapa saja tmen saya untk membeli produk tersbut dg untung yg sangat lumayan saya bisa membeli apa yang saya ingin kan. beranjak smk usaha yg saya jalan kn pindah. wktu smk awl nya saya hanya membawa sebuah bekel yg aya buat untuk istrahat, dan temen saaya bnyak yg mencicipi dan bnyak yg suka, dan mereka mnta dibwain. nah dri stu lah saya ada ide untuk jualan pancake, pancake yang saya jual hasil nya lebh dri menutupi modal, karna yang sya jual makanan jadi tdak tahan lama sya jaualan nya. sikira 1 mnggu lbh. lalu saya berpikir untuk berjualan pulsa, unutng dri jualan pulsa emng gak sebrp. tpi luamayan lah buat ank smk kaya saya. saaya ingin sesudah saya sukses saya bukan hanya seorang susuter saja tpi saya ingin membuka usaha, tpi itu blum terpikirkan untk usaha apa. baur planning saja. karna saya ingin menunjukaan keorng tua saya, bahwa saya dapat mencari uang sndiri dan hdup mandiri

  112. Motivasi kerja sangatlah dibutuhkan untuk kehidupan setiap orang. Dengan adanya motivasi kerja, kita termotivasi untuk bekerja dan mendapatkan apa yang kita inginkan dengan bekerja keras.

    nama: Elyanshia Ishatinaya Amalo
    nim: 201141022
    e-mail:elyanshiaamalo@yahoo.com

  113. Motivasi kerja bagi saya adalah salah satu hal yang sangat penting.
    karena dengan motivasi itu kita bisa membangkitkan suatu motivasi yang ada di diri saya.
    dengan adanya motivasi ini saya sangat senang sekali mengikuti mata kuliah motivasi usaha ini dengan baik semoga apa yang bapak mulyo sampaikan bermamfaat bagi kehidupan saya,semoga mengenai motivasi usaha ini bisa menjadi contoh bagi yang lain sekian dan terima kasih.

  114. menurut saya bagus apa yang bapak telah tulis. Bapak dapat melewati semua
    soal jaminan finansial siapapun tidak ada yang benar2 terlindungi, contohnya kasus Bank Century. saat Mortgage membuka real estate bagi kaum yang kurang, semua orang menanam saham disana…
    tanpa disangka ternyata bangkrut karena kredit macet..
    Jadi menurut saya kita harus cermat dalam memilih sebuah peluang usaha dan memecahkan berbagai macam masalah.
    yang dapat memotivasi kerja saya sendiri adalah kedua orang tua saya,abang dan kakak Beliau dengan sabar telah membesarkan saya dengan sabar dan kerja keras. sekian dan terima kasih

  115. Pendapat saya tentang artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?” :
    Artikel tersebut sangat bagus, karena saya mendapatkan suatu pengertian baru tentang usaha dan mendapatkan kebebasan finansial.
    Karena pada awalnya saya berpendapat bahwa suatu usaha itu hanya kegiatan seseorang yang menjual barang atau jasa kepada orang lain.Tetapi setelah saya membaca artikel ini, saya mulai memikirkan cara bagaimana agar saya dapat memperoleh keamanan finansial dan bahkan mendapatkan kebebasan finansial.
    Saya sangat berterimakasih kepada penulis artikel ini Bp.Mulyo.
    Dan saya berharap dapat menerapkan tips yang ada dalam artikel ini tentu saja dengan suatu inovasi yang baru.

    Motivasi Saya dalam bekerja adalah :

    Motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah untuk mencari pengalaman dalam bekerja dan untuk belajar dalam banyak hal terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang saya kuasai dan yang sedang saya pelajari di Universitas Indonusa Esa Unggul yaitu tentang ilmu Akuntansi.
    Motivasi kerja saya seperti itu karena saya sewaktu lulus SMK tahun 2008 saya langsung bekerja dan mengambil kuliah.
    Oleh karena itu,di usia saya yang masih muda ini saya lebih memfokuskan diri untuk mendapatkan banyak kompetensi dan keahlian yang unggul dibandingkan yang lain agar disaat nanti saya akan mulai mengembangkan karir atau bahkan menjadi seorang Businessman atau Investor saya sudah mempunyai bekal dan keunggulan yang bisa membantu saya meraih kebebasan finansial.
    Oleh karena itu, saya saat ini bekerja diperusahaan tersebut sebagai Controller Cash pada bagian accounting.
    Dan karena saya ingin belajar bagaimana menghadapi banyak sifat orang saya juga diberi kepercayaan untuk menjadi Assiten Controller Bahan Baku pada perusahaan saya.

    Harapan saya setelah mendapatkan kompetensi dan keahlian yang saya inginkan saya akan menjadi seseorang yang memperoleh kebebasan finansial secara mutlak.
    Amin.

  116. Mengenai artikel “Apakah Motivasi Kerja Anda?”, menurut saya sangat menarik, karena artikel tersebut memberikan pandangan dan pencerahan tentang seluk beluk dunia kerja dalam kehidupan nyata. Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa untuk mencapai tingkat atas dalam suatu pekerjaan diperlukan suatu kerja keras, dan harus dimulai dari bawah. Artikel tersebut juga memberikan motivasi untuk meningkatkan taraf hidup hingga mencapai kebebasan finansial. Pada akhirnya, kita dapat mengambil sisi positif dari beberapa tips yang diberikan dalam artikel Bapak. Mulyo, untuk dijadikan motivasi dalam bekerja, sehingga dapat mencapai kebebasan finansial.
    Inilah motivasi saya dalam bekerja :

    Pertama…
    Saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara dalam keluarga. Disiplin selalu ditanamkan oleh kedua orang tua saya dalam medidik anak-anaknya,

    Secara finansial, keluarga saya adalah keluarga menengah yang suatu saat nanti bisa saja ayah yang berperan sebagai pemimpin dalam keluarga saya tidak lagi produktif menghidupi keluarga saya dikarenakan usianya yang terus bertambah tua.

    Dari situ saya berpikir, bagaimana seharusnya peran seorang anak perempuan tertua diantara 3 saudra saya yang masih kecil-kecil,pertama dalam keluarga bisa meringankan beban keluarga saya.saya mempunyai usaha yang mana bisa meringankan biaya orang tua saya

    Kedua..
    Setiap manusia pasti punya impian dalam hidupnya. Entah ia ingin menjadi seorang pilot, dokter, atau profesi apa pun, tujuannya pasti satu, mereka ingin sukses (berhasil). Definisi sukses menurut saya adalah ketika seseorang bisa mendapatkan apa yang dikehendakinya pada saat itu juga itu baru sukses atau berhasil.

    ketika saya menginginkan mobil saya bisa langsung beli tanpa pikir panjang, lalu ketika saya menginginkan rumah saya bisa langsung tanda tangan tanpa pikir panjang. itu baru sukses… Saya termotivasi dalam bekerja. karena saya ingin menjadi orang yang “sukses” dalam hidup saya.

    Ketiga…
    Guna mengejar impian saya itu… Maka saya harus bekerja, agar saya bisa mendapatkan modal usaha yang akan saya bangun sendiri. karena tidak mungkin orang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dalam sekejap jika orang tersebut pemasukannya hanya segitu-segitu saja, dan kenaikannya tidak signifikan. Jadi saya haruslah mempunyai kerajaan saya sendiri guna mencapai “sukses” dalam arti saya.dan bisa mendapatkan apa saja yang saya mau tanpa harus meminta -minta kepada orang tua saya.

    Keempat…
    Motivasi saya yang terakhir adalah, Saya ingin menikmati hasil jerih payah itu dengan keluarga saya sendiri dan sampai berlanjut keanak cucu saya dan pelajaran yang saya terima kelak akan saya ajarkan kepada anak saya agar mereka bisa sukses kelak seperti saya nantinya

    kelima………..
    saya sangat berterimakasih kepada bapak mulya atas wawasan motivasi kepada saya sehingga saya dapat membangun motivasi saya

    terima kasih pak mulyo atas nasehat bapak
    halimatus saidiah
    201133017
    keperawatan

  117. setelah saya membaca artikel ini, saya mulai memikirkan cara bagaimana agar saya dapat memperoleh keamanan finansial dan bahkan mendapatkan kebebasan finansial.
    Saya sangat berterimakasih kepada penulis artikel ini Bp.
    Motivasi saya dalam bekerja saat ini adalah untuk mencari pengalaman dalam bekerja dan untuk belajar dalam banyak hal terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang saya kuasai dan yang sedang saya pelajari di Universitas Indonusa Esa Unggul.

  118. menurut saya sangat menarik, karena artikel tersebut memberikan pandangan dan pencerahan tentang seluk beluk dunia kerja dalam kehidupan nyata. Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa untuk mencapai tingkat atas dalam suatu pekerjaan diperlukan suatu kerja keras, dan harus dimulai dari bawah Motivasi kerja pun bisa timbul dan tenggelam. Tidak selamanya kegairahan dalam bekerja bisa terus berada pada titik maksimal. Kadangkala, seorang pekerja dapat mengalami penurunan kinerja karena kejenuhan dalam bekerja, atau bisa saja karena pelbagai permasalahan yang dihadapinya. Tetapi sejak mengikuti kuliah maka motivasi kerja menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu untuk dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik dari hari ini.
    Selain untuk menghasilkan uang tetapi motivasi kerja yang lain adalah dapat membantu keluarga secara maksimal.

  119. Selamat sore Pak Mulyo!

    Luar biasa sekali atas pengalaman dan motivasi Bapak. Hal tersebut memotivasi saya untuk dapat lebih memicu dan meningkatkan motivasi kerja saya dalam mencapai tujuan (goal).
    Saat ini selain sebagai mahasiswa kelas eksekutif (Sabtu & Minggu), saya juga bekerja sebagai Staf Marketing di salah satu perusahaan swasta di Jakarta (Senin s/d Jum’at), demikian kegiatan utama dan prioritas. Beberapa alternatif peluang usaha diluar pekerjaan utama pun sedang saya jalani, seperti menjadi pekerja lepas, MLM, dan lain-lain. Namun demikian kiranya Pak Mulyo dapat berbagi lebih banyak lagi Tips agar kegiatan-kegiatan saya tersebut dapat lebih menghasilkan dan lebih efektif. Mohon bimbingannya Pak!

    Terimakasih.

  120. Motivasi usaha dalam bekerja adalah mengumpulkan dana untuk saya gunakan membuka usaha sendiri, sekarang saya bekerja di sebuah perusahaan swasta pada saat inin saya mungkin tidak dapat memperoleh hasil tabungan yg banyak karena saya harus membiayai adik saya sekolah dan kehidupan saya sehari-haribersama kedua orang tua saya, tetapi saya punya tekad yang besar saya tidak ingin juga bekerja terus menerus seperti motivasi dari bapak, nantinya uanglah yg harus bekerja bukan diri kita lagi. .

    Nama : CHITRA RIA SRI DEVI
    NIM: 201012215

  121. saya ingin menjadi orang yang berhasil dalam bidang apapun contohnya bisnis yang sedang saya baru mau mulai jalankan,saya harus kerja keras agar bisnis yang saya jalankan ini bisa berhasil dan mempunyai hasil yang cukup untuk kedepannya .
    ini motivasi saya pak mulyo..

  122. Assalamu’alaikum WR.WB.
    Saya Hani anak ke4 dari 4 bersaudara, dimana ke3 saudara saya sudah memiliki pekerjaan dan bekeluarga. Saat ini saya bekerja disalah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang Jasa kurang lebih 1 tahun. Sebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan dagang selama 4tahun, disana saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya. Yang memotivasi saya berkerja pertama adalah membantu keuangan keluarga.
    Selama 4 tahun saya bekerja dan dapat sedikit membantu keluarga saya memutuskan untuk meneruskan pendidikan saya, tak hanya berhenti disitu saya juga dapat menyisihkan sebagian uang saya untuk di investasikan ke dalam bentuk barang berupa emas.
    Motivasi saya yang selajutnya atau yang ke2 adalah ingin membahagiakan k2 orang tua saya dengan menaikan haji mereka, dengan mendapatkan income tambahan diluar gaji saya. Dan menurut saya tulisan bapak sangat bermanfaat bagi seorang yang ingin memulai kariernya selain dari pada kerja terutama saya yang termotivasi dalam melihat peluang-peluang yang ada. Semoga dengan semua usaha , do’a dan kerja keras yang kita lakukan apa yang kita ingingkan tercapai. Amien
    Wassalam.

  123. Nama : Basuki Rachmat
    NIM : 200981109
    Kelas Karyawan Univ. Esa Unggul

    Saya seorang Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemda Kota Tangerang, saya insyalah saya pensiun di usia 56 tahun. Saya ingin diusia tersebut bebas dari finansial ( Merdeka dalam keuangan ). Saya mau buat toko yang akan dikontrakkan, saya mau berinvestasi bursa saham yang baik. Dengan begitu saya terbebas dari finansial. Saat ini walau saya bekerja sebagai PNS tetap saya mencari uang lebih yang untuk ditabung untuk mewujudkan motivasi tersebut dengan cara menjadi seorang agen tanah dan bangunan diwilayah tangerang karena lokasi tersebut yang paling saya kenal. Tapi bukan tertutup kemungkinan kalau diwilayah lain ada peluang.

    Saya anak ke 8 dari 8 bersaudara ini lahir dari keluarga yang sederhana dan biasa biasa saja. Saya sekarang bekerja dengan giat dan ingin kuliah terus sampai S3 agar apabila ada kesempatan naik jabatan saya sudah ada bekal dan termotivasi akan hal itu. Saya memang becita cita menjadi pejabat dan mudah mudahan dipenghujung karir saya menjadi PNS saya bisa menjadi pejabat eselon 2 atau mudah mudahan walikota sekalipun. Amin

    Demikian motivasi yang cukup simple dari saya mudah mudah bisa memotivasi bagi yang membacanya.

  124. saya karyawan salah satu di perguruantinggi swasta dan jabatan saya hanya sebagai pengantar surat saya melamar ke perusahaan ini hanya mengandalkan ijasah SMA.
    setelah saya mendapatkan pelajaran motivasi saya menjadi ada dorongan untuk melakukan yang lebih baik dalam menuju pemenuhan kehidupan.

  125. Awalnya saya adalah seorang administrasi keuangan biasa, karna berkat ketekunan, mau belajar dan ikhtiar…kini saya menjadi salah satu Equity Reseaerch disalah satu perusahaan….

    Keinginan saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Universitas, mendorong saya untuk selalu belajar, untuk meningkatkan mutu perkerjaan saya….

    akhirnya kini saya pun bisa melanjutkan ke Kursi Universitas….

  126. Wisnu eko Raharjo (201141008) seski 8

    saya tertarik terhadap artikel bapak, saya termotivasi untuk bisa lebih sukses. dan juga saya akan memanfaatkan tekad saya dalam hal untuk menggapai kesuksesan . itu yang membuat saya termotivasi setelah membaca aritikel bapak. 🙂

  127. setelah saya membaca artikel bapak, saya menjadi semakin tergerak untuk mencoba melakukan sesuatu untuk menambah income saya yang nantinya akan saya gunakan untuk membeli asset yang dapat menghasilkan uang untuk saya, sehingga nanti saya tidak perlu bekerja keras demi uang, tetapi membiarkan uang yang bekerja untuk saya. terima kasih pak.

  128. saya sangat senang ktika saya mengenal mata kuliah motivasi usaha, setelah sya mengerti smua itu sya mlai memikirkan uuk membuat usaha kecil”n. sya akui memang usaha yg sya lkukan memanguntungn’y tidak besar, tetapi menurut sya usaha yg sya lakukan itu brguna besar bagi orang” yg telah merasakannya.

  129. saya anak ke 2 dari 2 bersaudara, dikeluarga saya yang berasal dari suku batak, kakak saya laki-laki yang menjadi pedoman didalam keluarga. namun, ternyata kakak saya lebih suka bermain-main dan belum mempunyai tanggung jawab yang besar. selalu tergantung dengan apapun yang diberikan keluarga.
    dari sanalah, saya mempunyai motivasi untuk menjadi seorang anak yang bisa membanggakan keluarga. saya sekolah dan kuliah lulus dari D3, mendapatkan pekerjaan disalah satu rumah sakit swasta dijakarta. dan saya sangat bersyukur dari apa yang telah saya dapatkan, saya ,mendapatkan hasil yang luar biasa.

  130. Perkenalkan saya juli ekosarwono guru smp 19 purworejo,waktu smp sy bekerja jadi kernet,dan sma pulang sekolah jualan bakso.Jini saya jadi guru matematika ,kehidupanku saat ini belum baik ikonominya,untuk mencukupi kehidupan keluarga saya jualan bakso keliling dorong grobak.Alhamdulilah hasil jualan bakso keliling melebihi dari gaji PNS.Kini sy harus terus brjualan bakso sampai sy mendapatkan impianku yaiku jadi pengusaha bakso yg sukses dan kaya raya’kuknjungi blogku ekoyulisarwono.Sukse!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s