Motivasi kita

Motivasi adalah keadaan dalam diri individu, biasanya berupa dorongan (drive) yang menyebabkan seseorang berperilaku dalam memenuhi kebutuhan atau tujuan. Motivasi merupakan gabungan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) yang mengarahkan seseorang untuk bertingkah laku tertentu. Motivasi mengarahkan seseorang dalam berusaha.

Segala perbuatan yang kita lakukan ditentukan oleh niat, agama pun mengajarkan bahwa segala sesuatu tergantung niatnya. Niat dapat diartikan sebagai motivasi, yakni keadaan dalam diri kita yang menyebabkan kita bertingkah laku tertentu untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu. Motivasi merupakan gabungan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) yang mengarahkan kita untuk bertingkah laku tertentu, termasuk dalam belajar dan berbisnis

 

Motivasi adalah keadaan dalam diri individu yang menyebabkan seseorang bertingkah laku untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari, motivasi berbentuk niat untuk melakukan sesuatu, alasan untuk mencapai tujuan, dan dasar pemikiran untuk melakukan sesuatu. Salah satu pendapat yang sangat populer untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi adalah :

  1. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis (physiological needs), yaitu kebutuhan sandang, pangan dan papan.
  2. Motivasi untuk mendapatkan rasa aman (safety needs), yaitu mendapatkan keamanan jiwa dan raga, termasuk keamanan dalam memenuhi kebutuhan fisiologisnya
  3. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan sosial (social needs), yaitu kebutuhan untuk turut serta dalam kelompoknya, bergaul dan diterima orang lain.
  4. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan penghargaan (esteem needs), yakni kebutuhan untuk mendapatkan prestise, pujian, atau pengakuan dari orang lain.
  5. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs), yakni kebutuhan untuk merealisasikan keinginan, dan kemampuannya.

 

Motivasi yang kita miliki tersusun secara bertingkat membentuk sebuah piramida kebutuhan. Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan paling mendasar, kemudian disusul kebutuhan-kebutuhan yang lebih tinggi, yakni kebutuhan rasa aman, sosial, penghargaan dan yang paling tinggi adalah kebutuhan aktualisasi diri.

 

Setelah kebutuhan satu terpenuhi akan menyusul kebutuhan berikutnya yang menuntut untuk segera dipenuhi, demikian seterusnya menuju tingkat kebutuhan yang paling tinggi. Kebutuhan yang telah terpenuhi akan berkurang daya dorongnya dan membutuhkan daya dorong lain berupa kebutuhan yang lebih tinggi, namun demikian ada motivasi yang paling dominan pada setiap manusia, yakni motivasi mendapatkan rasa aman.

 

Iklan

84 tanggapan untuk “Motivasi kita”

  1. # 1. alasan kenapa ingin bekerja / kelompok kerja.
    tingkat resiko lebih kecil di banding pebisnis
    kurang ahli / bukan bidang dalam bisnis dan lebih condong ke kerja
    ingin menjadi bagian dari perusahaan dan bertukar ilmu.
    ingin memiliki finasial yang lebih baik di dunia kerja
    belum cukup modal untuk buka usaha/bisnis
    ingin hidup lebih baik
    # 2. keuntungan menjadi pekerja
    memiliki gaji yang terus menerus tetap dan bahkan naik
    memiliki tunjangan (asuransi,THR,THT dll).
    bisa bersosialisasi sesama profesi
    # 3. kerugian menjadi pekerja
    terikat atau taat/patuh pada prosuder perusahaan
    waktu luang sedikit
    banyak potongan baik bila sakit / tidak hadir maupun seperti asuransi ataupun dana potongan lain
    tidak bebas serta tidak bisa menentukan pendapatan sesuai kita
    pekerjaan harus dilakukan diri sendiri tidak bisa di wakili

  2. Menurut saya, untuk menjaga keamanan finansial, kita harus pandai memanage keuangan serta melihat keadaan pasar, area kita melakukan usaha.
    Saat krisis global seperti sekarang ini, kita harus pandai menjaga kestabilan keuangan. Kita harus kreatif dalam memproduksi suatu produk agar masyarakat tetap tertarik untuk membeli produk kita.
    meningkatatkan kualitas produk, memotivasi pekerja agar lebih giat memproduksi barang, serta menaikkan harga produk sesuai dengan kualitas/mutu produk.
    Selain itu, kita juga harus bisa menembus pasar luar negeri, seperti yang kita lihat saat ini, banyak pengusaha Indonesia yang sudah mampu menjual produk-produknya hingga ke luar negeri, dengan minat orang luar negeri yang cukup ‘welcome’ dengan produk Indonesia.

    Cara mendapatkan kebebasan finansial bisa kita lakukan dengan menjadi investor atas suatu usaha. Kita bisa membuka lapangan kerja dan menjadi investor/ penggerak perusahaan, dengan memproduksi barang-barang kreatif/ sesuai dengan kebutuhan masyarakat/mode masa kini sehingga laku di pasaran dan menghasilkan banyak keuntungan, sehingga kita tidak perlu khawatir finansial kita akan terganggu.

  3. menurut saya, saya setuju dengan pendapat bapak bahwa motivasi akan mempengaruhi seseorang dalam berperilaku dan untuk menjadi pebisnis sejati kita harus memiliki motivasi yang tinggi, tujuan yang jelas, niat yang baik, kreatif dan inovatif, dan usaha yang keras.

  4. Cerita yang menarik
    saya sangat salut sekali dengan anda dari anda masih muda anda sudah punya motifasi yang sangat besar untuk menjadi orang yang sukses terutama dibidang bisnis
    saya sangat ingin sekali menjadi seseorang yang mempunyai motifasi yang besar seperti anda.
    dari pengalaman yang anda ceritakan membuat saya lebih bersemangat lagi untuk menjadi seorang pebisnis
    ternyata menjadi seorang pebisnis tidak segampang yang saya fikirkan, kita harus mulai dari bawah dulu untuk menjadi seorang yang sukses.
    terimakasih

  5. Menurut saya, seseorang sangat perlu memiliki motifasi usaha.karena dengan ada nya motifasi usaha kita dapat membuat percaya diri kita sendiri untuk meyakinkan bahwa kita pun bisa melakukan hal yang kebanyakan orang dianggap sulit untuk di kerjakan,setelah saya baca tentang artikel anda maka saya mempunyai tujuan hidup yang jelas atau arah kedepan yang akan saya lakukan,yaitu membuat usaha sendiri dengan hasil keringan saya sendiri.anda adalah salah satu orang yang membuat saya yakin bahwa diri saya sendiri mampu untuk melakukan sesuatu yang besar.

  6. Komentar saya mengenai artikel yang bapak tulis adalah pentingnya Niat yang kuat dari diri seseorang dalam meraih kesuksesan. Niat atau motivasi yang kuat dapat meraih keberhasilan dengan mudah karena dapat menghadapi rintangan seperti rasa malas, penolakan, ketidakpercayadirian seseorang maupun dalam menghadapi ketidakberhasilan. Dengan niat yang kuat juga seseorang akan berinovasi dalam menciptakan sesuatu (out of the box) dalam berbisnis agar tujuannya tercapai dalam mencapai kesuksesan. Jadi menurut saya untuk meraih kesuksesan cemerlang dibutuhkan Niat yang kuat, tujuan yang jelas serta sarana dan prasarana yang menunjang bisnis itu sendiri.

  7. Artikelnya sangat menarik. Karena motivasi sangat di perlukan sekali untuk meningkatkan kemampuan seseorang agar dapat menimbulkan semangat dalam hal apapun. Cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri kita. Tanpa motivasi apa pun, sulit sekali kita menggapai apa yang kita inginkan.

  8. menurut saya, saya setuju dengan pendapat bapak dengan motivasi ini akan mempengaruhi seseorang dalam berperilaku dan untuk menjadi pebisnis sejati kita harus memiliki motivasi yang tinggi, tujuan yang jelas, niat yang baik, kreatif dan inovatif, dan usaha yang keras

  9. motivasi adalah hal utama yang mendorong seseorang untuk meraih segala cita-cita dan mimpinya. Apabila kita tidak mempunyai motivasi yang baik, maka apa yang kita inginkan akan susah tercapai dan apa yang kita hasilkan tidak memuaskan. Ini sangat nyata hasilnya apabila seseorang mempunyai motivasi dalam menjalani kehidupannya. Bukan hanya untuk bekerja, tetapi untuk semua hal yang akan dilakukan. seseorang akan menjadi besar, apabila motivasinya kuat dan sangat mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang besar. Apabila motivasi dan tujuan kita baik, maka semua itu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

  10. menurut saya, saya setuju dengan pendapat anda bahwa dengan kita mempunyai motivasi maka kita akan menjadi semangat untuk menjalani hidup ini dan mempunyai pandangan kedepan(untuk maju)sehingga apa yang saya cita2kan akan tercapai.

  11. Menurut saya untuk memulai suatu usaha harus ada niat dan tujuan yang jelas terlebih dahulu agar bisa memotivasi tujuan yang ingin dicapai baik kita itu menjadi pekerja, pekerja lepas maupun menjadi pebisnis kemudian kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu ide-ide yang baru untuk mencapai tujuan yang kita inginkan baik itu untuk kesejahteraan dirinya sendiri maupun untuk orang lain.
    Sebagian besar orang bekerja itu untuk memenuhi kepuasan dirinya sendiri. Pertama dengan merintis usaha dari yang kecil. Setelah kita mulai dengan pekerjaan itu dan menjalani pekerjaan tersebut, lama – lama kita merasa bahwa kita merasa belum puas dengan penghasilan yang telah kita terima dan kita akan mencari lagi pekerjaan yang kita rasa bisa menambah penghasilan keuangan kita sampai kita merasa terpuaskan dengan hasil yang kita terima. Setelah itu kita harus menjaga keamanan finansial kita dengan mengelola sebaik mungkin apa yang sudah kita dapatkan selama ini walaupun penghasilan yang kita terima belum bisa memuaskan keinginan kita. Dalam berwirausaha kita juga harus belajar untuk mengetahui situasi yang ada diluar seperti keadaan pasar yang sedang berkembang itu apa, produk apa yang ingin dijual, siapa target utamanya, dan bagaimana bisa menciptakan suatu produk yang kualitasnya bagus dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat atau bisa dikatakan murah sehingga produk yang kita jual tersebut dapat disukai oleh pembeli baik itu dari dalam negri maupun dari luar negri. Semakin kita puas dengan banyaknya orang yang suka dengan produk kita semakin kita menjadi kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu produk yang lebih baik dari yang sebelumnya.

  12. Menurut saya dalam melakukan suatu pekerjaan/kegiatan hal yang paling penting muncul dalam diri yaitu ‘niat’ dan tujuan yang jelas merupakan langkah awal untuk memotivasi agar tujuan yang diinginkan tercapai dengan baik,selain ada niat di butukan pula kreatifitas dan ide-ide yang baru agar mencapai tujuan yang kita inginkan menjadi pekerja berprestasi dan dengan karier menanjak.

    Dalam bekerja kita hanya memuaskan diri sendiri.
    selain itu,untuk mendapatkan kebebasan finansial bisa dilakukan dengan membuat suatu usaha,dengan membuka lapangan kerja dan membuka perusahaan rumah tangga, dengan memproduksi barang-barang kreatif/ sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam pasar dalam maupun luar negri,dengan model-model yang unik dan menarik laris dpasaran dan mendapat keuntungan.semakin banyak orang puas dengan barang-barang butatan kita hal ini akan menjadi inovatif dalam membuat produk yang lebih bagus dari sebelumnya…

  13. Setelah saya membaca tulisan bapak dengan seksama, saya sangat setuju dan hal itu memotivasi diri saya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. terus terang saya sebelumnya belum pernah mendapatkan teori dan pengalaman tentang masalah motivasi usaha. Walaupun saya punya keinginan yyang kuat untuk menambah penghasilan. Cakrawala berfikir saya belum terbuka tentang bagaiamana, tahapan dan atau kiat apa yang harus dilakukan. Tapi setelah membaca tulisan bapak saya jadi terinspirasi dan setidaknya mengikuti cara-cara pak Mulyodan bukan semata mata untuk mendapatkan nilai dari mata kuliah ini tetapi karena kebutuhanapalagi seperti masa sulit seperti sekarang ini selain itu sebagai upaya untuk keamanan finansial saya sekeluarga. saat ini saya sebagai seorang karyawan swasta di sebuah rumah sakit di Jakarta. Saya sangat setuju dengan apa yang bapak sampaikan bahwa segala sesuatu tergantung niat. Karena niat itu sendiri adalah motivasi untuk mencapai tujuanakhir apa yang kita harapkan asal diniatkan dengan ikhlas diiringi dengan usaha yang tak kenal menyerah dalam mencari tambahan penghasilan untuk menjadi orang yang berkecukupan dan sebagai hamba yang bersyukur karena menjadi orang yang kaya atau cukup bukan merupakan yang dilarang tapi merupakan anjuran sebagaiman disebutkan dalam hadis Nabi bahwa carilah duniamu seolah olah kamu akan hidup terus selamanya dan carilah akhiratmu seolah olah kamu akan mati besok asalkan semua itu dilakukan dengan cara yang baik dan halaldan kita juga harus berprinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin dalam segala hal. Dan kita juga harus sadar bahwa apa yang kita usahakan disana juga ada hak Alloh sebagai pemberi rizki dan kita juga harus yakin bahwa apa yang kita belanjakan di jalanNYa akan menambah rizki kita dari jalan yang tidak disangka sangka. Terus terang apa yang pak Mul lakukan persis denagn apa yang ada dalam pikiran saya selama ini walaupun saya belum melaksanakannya tetapi setidaknya ada contoh yang dapat saya jadika rujukan dalam mencapai hal itu. saya harus mengakui bahwa untuk mencapai semua itu harus dilakukan secara istiqomah atau teguh pendirian serta melihat kemampuan dan peluang yang ada asalkan kita mau usaha keras dan sungguh sungguh. Dengan kata lain Pak mulyo bisa kenapa saya tidak. terima kasih pak Mul atas inspirasinya, semoga apa yang menjadi cita-cita pak mul tercapai sesuai harapan dan doakan saya agar mampu sepeerti pak Mulyo. terima kasih

  14. menurut saya, motivasi adalah suatu niat yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu agar seseorang tersebut dapat meraih apa yang seseorang itu ingikan.
    Dan motivasi yang saya miliki sekarang adalah motivasi mahasiswa yang menginginkan kelulusan dengan waktu 3.5 tahun, dan meraih IPK yang bagus. selain saya memiliki motivasi mahasiswa, saya juga memiliki motivasi sebagi pekerja lepas karena sekarang saya memiliki bisnis pulsa elektrik, dan saya juga seorang guru les.
    memang benar walaupun saya sudah memiliki pekerjaan, namun seringkali saya merasa lelah terhadap pekerjaan saya, tapi saya selalu mengingat motivasi saya untuk kedepannya.

  15. setelah saya membaca tulisan bapak,saya setuju dengan bapak bahwa sanya motivasi pada diri seseorang adalah niat untuk mendapatkan sesuatu.yang mana sesuatu itu menjadi kebutuhan yang harus di capai.sebagai contoh saya ingin membuka suatu usaha maka saya akan berusaha dengan semua cara sehingga apa yang saya inginkan dapat tercapai, dan itulah yang dinamakan motivasi karena merupakan dorongan kepada diri saya untuk mendapatkan sesuatu yang saya inginkan.dan apabila itu berhasil maka akan menjadi motivasi saya untuk lebih maju atau lebih baik lagi dari pada yang sudah saya dapatkan.seperti contoh setelah saya berhasil membuka usaha dan usaha saya itu sangat berkembang dan maju maka saya ingin membuka usaha yang baru lagi dengan harapan dan keyakinan akan sukses seperti usaha saya yang pertama.dan juga setelah saya membaca tulisan bapak saya juga mengerti bahwa sanya motivasi itu bukan hanya dorongan kita untuk mencari finansial saja, tetapi bagaimana setelah saya membaca tulisan bapak saya merasa motivasi itu sebagai dorongan untuk maju ,untuk berhasil disegala hal.saya ucapkan terima kasih

  16. Setelah saya membaca tulisan bapak, saya makin mengerti tentang motivasai.
    Menurut saya motivasi diawali dengan niat, dan usaha yang sungguh-sungguh tanpa usaha dan niat maka motivasi itu, tidak akan berjalan dan tidak akan mencapai tujuan.
    Dengan saya membaca tulisan bapak saya cakrawala berfikir saya semakin terbuka. Untuk mencapai tujuan, cita-cita dalam mengmankan dan meningkatkan finasial saya. mudah-mudahan saya dapat mengikuti jejak bapak dan berhasil.
    doakan saya agar saya bisa seperti bapak.
    terimakasih

  17. menurut saya tentang artikel yang di buat oleh Bpk. mulyo ini sangat bagus untuk memotivasikan orang-oarang dalam membuat suatu usaha yang bagus dan menguntungkan.
    karena dalam artikel ini sudah di jelaskan se jelas-jelanya tentang apa dan bagaimana cara untuk membuat suatu usaha dan mudah untuk di mengerti bagi yang membacanya sehingga saya dapat mengusai bagaimana cara agar dapat bermotivasi usaha.
    pengalaman yang bapak paparkan dalam artikel ini sangat bagus dan berwawasan luas sehingga saya dapat mencontoh dari pengalaman bapak.
    dan saya sangat setuju tentang pendapat bapak yang ini “Segala perbuatan kita ditentukan oleh niat. Sebuah perbuatan yang seolah-olah adalah perbuatan baik sesungguhnya bukan perbuatan baik, jika niatnya adalah tidak baik. Nabi Muhammad mengatakan, “Segala sesuatu tergantung niatnya”.
    maka dari itu saya sangat berterima kasih kepada bapak yang sudah berbagi pengalaman kepada kami semua.
    sekian komentar dari saya
    terima kasih

  18. menurut saya, pendapat yang bapa beri untuk memotivasi kita sebagai pembisnis harus dengan niatan yang sungguh_sungguh dan harus mempunyai kreatifitas, dan inovasi yang tinggi.
    kalau kita mempunyai pilihan hidup untuk berbisnis kita harus mempunyai niatan untuk mendasari seseorang untuk melakukan bisnis tersebut. dalam mendapatkan penghasilan kita memang harus bersyukur dan harus berterima kasih dengan apa yang sudah kita dapatkan, kita juga harus lebih memotivasi kita dari hasil pendapatan yang sudah kita dapat. jadi dalam hidup kita bisa menjadi yang lebih baik lagi untuk membuka suatu motivasi dalam bidang usaha………!!!!!.

  19. Saya setuju dengan pendapat bapak yang mengartikan bahwa motivasi adalah niat. Tapi kalau menurut saya, motivasi itu bisa juga dijadikan landasan dari niat. Misalkan : orang yang berniat untuk melaksanakan haji, dimotivasi karena memiliki uang yang berlebih dan sebagai kewajiban seorang muslim yang sudah mampu.
    Kebutuhan dasar setiap orang adalah sama. Kebutuhan itu memang membentuk sebuah piramida. Piramida sendiri memiliki komposisi terbesar di level yang paling bawah. Hal ini menunjukkan prioritas, karena semua orang memiliki prioritas yang sama dalam pemenuhan kebutuhannya, meskipun cara yang dilalui untuk memenuhi kebutuhannya itu berbeda-beda. Mereka akan berfikir untuk pemenuhan kebutuhan di level atas selanjutnya setelah level sebelumnya/di bawahnya tercapai. Niat pun kalau hanya berupa niat dan tidak ada langkah setelah niat, maka tidak akan ada yang bisa direalisasikan.
    Dari sinilah dapat dibedakan mana orang yang mau berusaha dan yang tidak. Saya rasa semua orang menginginkan pencapaian keamanan financial, tapi jika hal ini dikaitkan dengan takdir, yang terpenting kita lakukan saat ini adalah seberaps besar usaha kita, seberapa keras jerih payah kita dan untuk hasilnya, biar tuhan yang menentukan.

  20. Menurut pendapat saya motivasi itu sangat diperlukan dalam melakukan usaha dimana sebuah motivasi dapat dijadikan sebagai pemacu dalam berwira usaha supaya apa yang ingin kita capai dalam berwirausaha itu dapat terwujud sesuai dengan yang kita harapkan.motivasi sangat penting dan wajib kita miliki jika kita ingin berhasil dalam berwirausaha untuk itu diharapkan masing-masing kita memiliki motivasi dalam melakukan tindakan/usaha.saya pribadi memiliki motivasi untuk maju dalam berkarier,motivasi tersebut memacu saya untuk ingin belajar dan terus belajar supaya apa yang ingin saya capai dapat terwujud sesuai dengan harapan saya.motivasi diperlukan oleh setiap orang khususnya orang-orang yang ingin sukses berkarier baik pekerja maupun pebisnis,pentingnya s4ebuah motivasi harus disadari oleh setiap masing-masing individu yang ingin maju dan berkembang.dendan terus belajar dan memahami pentingnya motivasi serta memiliki motivasi yang dapat mendorong kita maju maka kemungkinan besar kita akan sukses baik dalam berkarier maupun berwirausaha.

  21. menurut saya, saya sependapat dengan bapak,bahwa segala perbuatan dimulai dengan niat.Dengan adanya motivasi di dalam diri seseorang akan menjadi pendorong untuk dapat tercapainya cita-cita yang diinginkan dan untuk menjadi pembisnis sejati harus mempunyai motivasi yang tinggi dan tujuan yang jelas,berani menanggung resiko,kreatif,inovatif

  22. Saya setuju dengan pendapat Bapak. Dalam bekerja atau melakukan suatu perbuatan kita memerlukan suatu motivasi usaha atau niat, sehingga kita akan terdorong untuk memenuhi tujuan tersebut. Dalam mendapatkan penghasilan, kita dapat melakukan 3 cara, yaitu menjadi pekerja, pekerja lepas, atau pebisnis. Cara apapun yang kita pilih, tidak akan bisa berhasil kalau kita tidak melakukannya dengan didasari niat tertentu. Dengan adanya niat yang tinggi dan tujuan yang jelas, kita akan lebih berani dalam mengambil setiap keputusan dan menghadapi berbagai masalah.

  23. menurut saya artikel ini sangat menarik, karena di melalui artikel ini saya bisa belajar bagaimana memotivasi diri saya untuk meraih sukses dan juga mengajarkan saya untuk berwirausaha yang baik dan tidak mudah untuk menyerah, selalu berpikir positif di dalam meraih sukses.

  24. Artikel yang bapak tulis memang benar adanya…seperti pepatah mengatakan…”Bahwa kesuksesan adalah buah dari ketekunan”….
    Dibutuhkan ketekunan yang kuat untuk mencapai kebebasan financial…modal ada waktu banyak tetapi tidak ada ketekunan,sama saja…tetapi jika dengan modal pas pasan tetapi punya ketekunan tidak mustahil kesuksesan akan segera diraih…
    Dari kebanyakan orang yang sukses adalah orang biasa yang hanya dengan modal pas pasan tetapi hasilnya….kaga nahaaannn…
    Seperti yang bapak sudah tulis diatas…saya yakin bapak tekun dalam melakukan itu semua…

    Jadi intinya…TAK ADA KESUKSESAN TANPA KETEKUNAN

  25. Setelah saya membaca artikel bapak ini, sangat menarik sekali begitu orang membaca pasti akan termotivasi dengan isi artikel bapak apalagi di jaman sekarang setiap orang harus mempunyai motivasi untuk menjadi orang yang sukses dalam bidang bisnis atau apapun dan saya juga jadi termotivasi bahkan kalau bisa saya pingin seperti bapak sukses dalam dunia bisnis suatu tantangan buat saya dan membangkitkan semangat cita-cita yang ingin saya raih,mempunyai motivasi akan memberikan hasil yang terbaik dan menjadi seorang yang sukses itu tidak segampang yang kita pikirkan apalagi menjadi pembisnis seperti bapak. Terima kasih atas shering bapak dan sekarang saya akan berusaha, yakin pada diri sendiri bahwa saya bisa melakukannya dengan kemampuan yang saya miliki.

  26. Salam sejahtera ….,

    Setelah saya baca dan perhatikan dengan seksama dari semua yang bapak kemukakan di atas, saya mengambil suatu keputusan bahwa dalam kehidupan kita haruslah mempunyai suatu tujuan atau motivasi yang amat sangat jelas dalam segala aspek kehidupan.

    Dalam memenuhi kebutuhan kita selaku manusia kita haruslah mempunyai tujuan jelas yang di iringi kemauan keras dan semangat untuk terus maju dan yakin bahwa kita akan sukses. Tetapi semua itu tidaklah sempurna apabila kita belum bisa mengenali apa dan apa yang kita mampu serta kita miliki, karena itu adalah salah satu hal yang terpenting. Dengan adanya kesadaran diri yang di iringi motivasi / keinginan maka kita dapat membaca segala sesuatu dan kesempatan, apa dan apa yang kita butuhkan juga tahu akan letak kekurangan, dan setelah semua itu jelas barulah kita merencakan dan berusaha menyempurnakan untuk mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan tanpa merugikan diri dan orang lain.

  27. Motivasi kebutuhan finansial yang semakin banyak, jadi pekerjaan merupakan salah satu wujud kepedulian dalam hidup kita, berusaha dan berdo’a

  28. Jika Anda sudah memulai usaha di Internet, saya ingin bertanya.
    Berapa besar Investasi yang sudah Anda keluarkan Tanpa STRATEGI sehingga hanya terbuang percuma ?

    Sudah sejauh mana usaha yang telah Anda lakukan sampai detik ini? Apa yang telah Anda hasilkan? Anda sudah memeras otak, mencoba berbagai macam ide dan berpromosi ke sana sini, tapi hasilnya nol besar.

    Saya berharap masa kegagalan Anda segera berhenti, Karena Bisnis bukanlah sebuah RAHASIA maupun FORMULA, tetapi STRATEGI bagaimana CARA Anda meraih segala impian Anda…

  29. menurut saya, niat itu sangat penting untuk meraih segala keinginan, selain itu kreatif juga sangat penting, banyak sekali para pengusaha yang dapat meraih kesuksesan karena mereka melakukan usahanya dengan menciptakan atau melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang orang lain lakukan. berfikir positif juga perlu di utamakan, karena itu dapat lebih memacu motivasi kita agar tidak adanya rasa bimbang melakukan usaha, seperti berbisnis.
    saya sangat sependapat dengan Bapak, yaitu seseorang dapat meraih kesuksesannya dengan didasari niat yang sungguh-sungguh. terimakasih…

  30. dalam diri kita memang harus memiliki motivasi. dengan meluruskan niat, tujuan, dan melatih ketekunan itu akan membuat kita bisa mendapatkan kebutuhan dan keinginan kita. selain itu kita juga bisa lebih percaya diri jika menghadapi sesuatu hal.

  31. saya sangat setuju dengan blog bapak ini, karena blog ini juga merupakan motivasi yang bapak berikan untuk para mahasiswa yang bapak didik serta siapa saja orang yang membaca blog ini. setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidup salah satunya yaitu sukses dalam segala hakl dan untuk mendapatkan sukses itu diperlukan niat, motivasi, dan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
    Syifa Rachmah Yuliyanti, NIM : 201134004

  32. motivasi datang dari diri kita sendiri melalui cita-cita yang kita inginkan, tetapi motivasi jg datang ketika kita melihat orang lain berhasil melakukan sesuatu sehingga kita juga tertarik untuk menjadi yang lebih baik dari orang lain itu.
    orang lain bisa kenapa kita tidak bisa melakukannya?
    hal ini harus di camkan di pikiran dan hati supaya tetap ingat dengan prinsip kita.
    Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin!!!!!!

  33. Komentar saya : Saya setuju dengan artikel bapak, bahwa dalam diri setiap individu pasti memiliki motivasi yang menjadi dorongan atau pacuan di dalam kehidupan individu itu sendiri, baik dalam belajar maupun berbisnis. Motivasi yang kita miliki dapat dibangun dari niat dalam diri kita sendiri, sehingga kita dapat mencapai tujuan hidup kita dan menjadi lebih baik.

  34. Nama : Frista Genza Gustarika
    NIM:201133009
    Fakultas: ILMU KEPERAWATAN

    Saya sependapat dengan bapak, semua kesuksesan berawal dari diri kita masing-masing . karena dari hasil kesuksesan pekerjaan dapat dirasakan bukan hanya pribadi , keluarga ,dan juga dapat dirasakan dalam kehidupan bermasyarakat .
    dalam berkomunikasi bermasyarakat tentang hal pekerjaan dapat berkembang sesuai dengan keberhasilan anggota masyarakat .
    semua itu dapat di capai karena keyakinan yang berdasarkan motivasi kerja dari seseorang untuk mencapai suatu kesuksesan yang di impikan . dan gambaran motivasi yang bapak tuangkan diatas merupakan inspirasi yang dapat kami terapkan dalam suatu pekerjaan .

  35. menurut saya motivasi itu sangat penting untuk mendorong orang agar bisa memilikii sesuatu yang dia inginkan.
    dan yang saya inginkan suatu saat nanti ingin mendirikan sebuah bengkel kendaraan bermotor dan kursus mesin agar bisa memiliki pendapatan untuk masa depan nanti.
    dan menolong orang yang blm berkerja sehingga bisa berkerja di bagian mesin kendaraan sehingga agar berkurang nya tingkat pengangguran di indonesia.

  36. Assalamualaikum wr. wb
    Setelah saya membaca artikel bapak, sya dapat lebih memantapkan diri saya dalam memotivasi diri saya sendiri dalam meraih impian saya.
    Saya setuju kalau motivasi adalah gabungan antara kebutuhan dan keinginan.
    Apabila ada kebutuhan namun tidak ada keinginan untuk meraihnya maka tidak lah mungkin da motivasi usaha tersebut.. Begitu juga sebaliknya, jika da keinginan namun tidak ada kebutuhan buat pa kita melakukan keinginan tersebut karena pada dasarnya keinginan manusia tidak akan pernah berhenti, Jika keinginan yang 1 terpenuhi, maka akan timbul keinginan-keinginan yang baru.
    Oleh karena itu,kita harus benar-benar dapat memilah-milah mana kebutuhan dan mana keinginan karena kebutuhan itu berbeda dengan keinginan.
    Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi,dan bila tidak dipenuhi maka kita akan merasa kurang.
    Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang melebihi kebutuhan.
    dan jika kebutuhan dan keinginan itu digabungkan maka munculah sebuah motivasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  37. scorpio_girl26@ymail.com
    novita sari
    2011-66-066

    saya tertarik sama artikel bapak dan saya sependapat dengan bapak karena segala sesuatu asalkan didasarkan dengan niat pasti hasilnya akan baik, saya terkadang juga merasa pesimis apabila ada masalah tetapi saya merasa sudah tidak bisa memecahkanya walaupun semua masalah pasti ada jalan keluar,,ketika hal itu terjadi saya sangat membutuhkan seseorang yang bisa memotivasi saya walaupun sedikit saran tetapi itu bisa membangkitkan saya untuk tetap bertahan..

  38. motivasi kita
    motivasi adalah hal utama yang mendorong seseorang untuk meraih segala cita-cita dan mimpinya. Apabila kita tidak mempunyai motivasi yang baik, maka apa yang kita inginkan akan susah tercapai dan apa yang kita hasilkan tidak memuaskan. Ini sangat nyata hasilnya apabila seseorang mempunyai motivasi dalam menjalani kehidupannya. Bukan hanya untuk bekerja, tetapi untuk semua hal yang akan dilakukan. seseorang akan menjadi besar, apabila motivasinya kuat dan sangat mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang besar. Apabila motivasi dan tujuan kita baik, maka semua itu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.
    Dalam bekerja kita hanya memuaskan diri sendiri.
    selain itu,untuk mendapatkan kebebasan finansial bisa dilakukan dengan membuat suatu usaha,dengan membuka lapangan kerja dan membuka perusahaan rumah tangga, dengan memproduksi barang-barang kreatif/ sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam pasar dalam maupun luar negri,dengan model-model yang unik dan menarik laris di pasaran dan mendapat keuntungan.semakin banyak orang puas dengan barang-barang butatan kita hal ini akan menjadi inovatif dalam membuat produk yang lebih bagus dari sebelumnya agar kita bisa memuaskan diri kita sendiri dan konsumen
    halimatus sa’diah
    201133017
    keperawatan

  39. makasih pak…!!!! menurut saya artikel ini sangat menarik, karena di melalui artikel ini saya bisa belajar bagaimana memotivasi diri saya untuk meraih sukses dan juga mengajarkan saya untuk berwirausaha yang baik dan tidak mudah untuk menyerah, selalu berpikir positif di dalam meraih sukses.

  40. membaca artikel bapak sangat membantu saya untuk menjadi seseorang yang mempunyai rasa percaya diri yang lebih dan membuat saya selalu berfikir positif dalam mengerjakan suatu hal ..

  41. kata-kata bapak memiliki makna kekuatan yang luar biasa untuk menimbulkan gairah motivasi dalam hidup saya.

  42. komentar saya, setuju dengan apa yang bapak katakan, karena dalam mencapai cita-cita kita juga di perlukan motivasi, dari dorongan motivasi tersebutlah kita bisa mewujudkan apa yang di inginkan.

  43. menurut saya motivasi adalah hal yang membuat kita lebih semangat mencapai tujuan. dengan semangat yang gigih kita dapat menghasilkan sesuatu yang dapat membuat kita merasa puas. dengan adanya motivasi segala sesuatu bisa lebih mudah, karena di samping motivasi terdapat juga niat. sehingga segala sesuatu bisa menjadi mudah .

  44. menurut saya pribadi sangat perlu memiliki motivasi tersendiri karna dalam dunia bisnis,tidak ada yang mendapatkan untung terus menerus,pasti anda mendapatkan kerugian juga.maka untuk memotivasi hal tersebut kita harus memikirkan hal tersebut dimasa yang akan datang.

  45. Nama : Wisnu Eko Raharjo
    Nim : 2011-41-008
    Seksi : 08

    sangat menarik artikel bapak, karena artikel bapak memotivasi saya untuk dapat berkembang menjadi lebih baik. dan berkat bapak mengajar dan memberitahukan tentang motivasi bekerja, saya dapat mengembangkan ilmu yang saya dapat melalui pembelajaran. dan saya juga sangat setuju dengan motivasi yang paling dominan pada setiap manusia, yakni motivasi mendapatkan rasa aman.

  46. NIM: 201136018
    Seksi: 08

    Motivasi yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong dirinya untuk berperilaku dalam mencapai kebutuhan tersebut. Kebutuhan yang telah terpenuhi akan menyebabkan daya dorongnya berkurang dan membutuhkan daya dorong yang lain yang berbentuk kebutuhan yang lain.

  47. assalamu’laikum Wr.Wb

    Saya setuju dengan tulisan bapak, karena memang saya mempunyai satu kebutuhan dan satu keinginan. Tetapi saya masih bingung untuk memilih mana yang harus diwujudkan terlebih dahulu.
    Dan setelah saya membaca tulisan bapak, saya tahu mana yang harus saya mewujudkan terlebih dahulu. Karena kebutuhan memang harus lebih didahulukan. Saya akan meningkatkan motivasi saya agar dapat terwujud semua yang saya butuhkan dan yang saya inginkan.

  48. jadi motivasi kita adalah suatu kebutuhan manusia yang harus kita miiki , kebutuhan itu terbagi menjadi dua , yaitu kebutuhan sekunder dan kebutuhan primer . kebutuhan sekunder meliputi sosial , akutalisasi diri dan harga diri , dan kebutuhan primer meliputi fisologis dan keamanan .

  49. Dalam menjalani hidup, kita harus mempunyai motivasi, bagaimana cara memotivasi diri adalah dengan berusaha mendapatkan apa yang kita inginkan dan apa yang kita butuhkan. Tetapi dalam memotivasi harus ada planning, kita juga harus dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan, sehingga motivasi kita mempunyai arah dan tujuan yang benar. Dalam motivasi untuk memenuhi kebutuhan, terdapat tingkatan-tingkatan yang bisa kita penuhi secara bertahap yaitu :
    1. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis
    2. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan rasa aman
    3. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan sosial
    4. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan penghargaan
    5. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri

  50. Motivasi juga mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorangpun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar. Ada beberapa prinsip motivasi dalam belajar antara lain:

    1. Motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar
    2. Motivasi intrinsik lebih utama daripada motivasi ekstrinsik
    3. Motivasi berupa pujian lebih baik daripada hukuman.
    4. Motivasi berhubungan erat dengan kebutuhan dalam belajar
    5. Motivasi dapat memupuk optimisme dalam belajar
    6. Motivasi melahirkan prestasi dalam belajar

  51. NAMA : YOSEPHIN MALAU
    NIM : 201166059
    SEKSI : 08

    Motivasi juga mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorangpun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar. Ada beberapa prinsip motivasi dalam belajar antara lain:

    1. Motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar
    2. Motivasi intrinsik lebih utama daripada motivasi ekstrinsik
    3. Motivasi berupa pujian lebih baik daripada hukuman.
    4. Motivasi berhubungan erat dengan kebutuhan dalam belajar
    5. Motivasi dapat memupuk optimisme dalam belajar
    6. Motivasi melahirkan prestasi dalam belajar

  52. Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat untuk bisa dijadikan motivator dan contoh untuk bisa memenuhi tujuan hidup yg baik dan sukses ke masa depan yang akan datang dan membuat saya pribadi ingin mempunyai hal termotivasi yg giat dan tidak kata menyerah hingga bisa berfikir yg logis dan postif dalam mnyikapi suatu ntujuan hidup dan menjadi orang yg berintelektual.

  53. artikelnya baik pa,, memotivasi seseorang untuk menentukan tujuan yang diawali niat yang penuh, kebutuhan seseorang selama hidup memang gag akan ada habisya, karena setip satu kebutuhan sudah tercapai, maka akan ada kebutuhan kebutuhan berikutnya,,

  54. menurut saya,,,,,,,,,kita harus bisa menentukan arah dan tujuan,,,agar apa yang kita cita-citakan bisa tercapai sesuai dengan apa yang kita mau,,nanti ke depaannya,,,,,dan berguna

  55. niat seseorang untuk mencapai tujuan memang sangat penting,, niat bagi seseorang yang ingin berhasil merupakan dorongan yang sangat kuat, niat ibaratkan kekuatan tersendiri untuk mencapai sebuah tujuan, tujuan seseorang selama hidupnya akan selalubah dan bertambah, karena keinginan dan kebutuhan seseorang akan selalu berbeda dari waktu ke waktu.

  56. keinginan yang besar selalu memotivasi kita untuk berniat mewujudkannya, engan adanya motivasi dan niat yang kuat insya aloh apa yang menjadi keinginan kita akan tercapai, namun terkadang dalam pelaksanaanya terdapat banyak halangan dan coban tapi dengan niat yang besar semua itu bisa dilakukan dengan baik.

  57. menurut saya, motivasi adalah suatu niat yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu agar seseorang tersebut dapat meraih apa yang seseorang itu ingikan.

    dan itulah yang dinamakan motivasi karena merupakan dorongan kepada diri saya untuk mendapatkan sesuatu yang saya inginkan.dan apabila itu berhasil maka akan menjadi motivasi saya untuk lebih maju atau lebih baik lagi dari pada yang sudah saya dapatkan.

    motivasi untuk menjadi orang yang sukses dalam bidang bisnis atau apapun dan saya juga jadi termotivasi bahkan kalau bisa saya pingin seperti bapak sukses dalam dunia bisnis suatu tantangan buat saya dan membangkitkan semangat cita-cita yang ingin saya raih,mempunyai motivasi akan memberikan hasil yang terbaik dan menjadi seorang yang sukses i

  58. menurut saya motivasi itu adalah sutu dorongan untuk hidup kita lebih maju dari sebelumnya.
    motivasi itu harus didasri dengan niat untuk melakukan sesuatu. Dengan motivasi yang kita miliki maka segala pekerjaan akan menjadikan hasil yang memuaskan bagi kita .
    Karena motivasi pun segal pekerjaan yang kita lakuin mendapatkan hasil yang sangat memuaskan .
    karena setiap pekerja itu harus memiliki motivasi untuk mendorong dirinya sendiri lebih baik dari yang sekaran .
    Karena motivasi sangat kita butuhkan maka kita harus selalu meningkatkan terus motivasi kita , semakin mempunyai motivasi/keinginan yang sangat besar semakin maju pula hidup kita yang kita akan rasakan nanti nya.

  59. Menurut saya, seseorang sangat perlu memiliki motifasi usaha.karena dengan ada nya motifasi usaha kita dapat membuat percaya diri kita sendiri untuk meyakinkan bahwa kita pun bisa melakukan hal yang kebanyakan orang dianggap sulit untuk di kerjakan,setelah saya baca tentang artikel anda maka saya mempunyai tujuan hidup yang jelas atau arah kedepan yang akan saya lakukan,yaitu membuat usaha sendiri dengan hasil keringan saya sendiri.anda adalah salah satu orang yang membuat saya yakin bahwa diri saya sendiri mampu untuk melakukan sesuatu yang besar.

  60. Saya sangat setuju dengan apa yang telah bapak tulis. Motivasi membuat seseorang dapat mencapai cita-citanya dengan kemampuan dan kerja keras yang timbul dari motivasi yang timbul dari dalam diri kita.

    nama: Elyanshia Ishatinaya Amalo
    nim: 201141022
    e-mail: elyanshiaamalo@yahoo.com

  61. menurut saya, monivasi usaha ini sangat penting sekali bagi kita karena dengan adanya mata kuliah motivasi usaha ini,saya selaku mahasiswa berpendapat bahwa segala perbuatan dimulai dengan niat.Dengan adanya motivasi di dalam diri seseorang akan menjadi pendorong untuk dapat tercapainya cita-cita yang diinginkan dan untuk menjadi orang yang profesional dan sukses oleh karena itu kita semua harus mempunyai motivasi yang tinggi dan tujuan yang jelas,berani menanggung resiko,kreatif,inovatif

  62. Motivasi adalah keadaan dalam diri individu yang menyebabkan seseorang bertingkah laku untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari, motivasi berbentuk niat untuk melakukan sesuatu, alasan untuk mencapai tujuan, dan dasar pemikiran untuk melakukan sesuatu. Salah satu pendapat yang sangat populer untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi adalah :mencari ilmu pengetahuan supaya bisa menjadi orang sukses.sekian dan terima kasih.

  63. Setelah saya baca dan perhatikan dengan seksama dari semua yang bapak kemukakan di atas, saya mengambil suatu keputusan bahwa dalam kehidupan kita haruslah mempunyai suatu tujuan atau motivasi yang amat sangat jelas dalam segala aspek kehidupan.

    Dalam memenuhi kebutuhan kita selaku manusia kita haruslah mempunyai tujuan jelas yang di iringi kemauan keras dan semangat untuk terus maju dan yakin bahwa kita akan sukses. Tetapi semua itu tidaklah sempurna apabila kita belum bisa mengenali apa dan apa yang kita mampu serta kita miliki, karena itu adalah salah satu hal yang terpenting. Dengan adanya kesadaran diri yang di iringi motivasi / keinginan maka kita dapat membaca segala sesuatu dan kesempatan, apa dan apa yang kita butuhkan juga tahu akan letak kekurangan, dan setelah semua itu jelas barulah kita merencakan dan berusaha menyempurnakan untuk mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan tanpa merugikan diri dan orang lain.

  64. motivasi adalah hal utama yang mendorong seseorang untuk meraih segala cita-cita dan mimpinya. Apabila kita tidak mempunyai motivasi yang baik, maka apa yang kita inginkan akan susah tercapai dan apa yang kita hasilkan tidak memuaskan.
    Menurut saya dalam melakukan suatu pekerjaan/kegiatan hal yang paling penting muncul dalam diri yaitu ‘niat’ dan tujuan yang jelas merupakan langkah awal untuk memotivasi agar tujuan yang diinginkan tercapai dengan baik,selain ada niat di butuhkan pula kreativitas dan ide-ide yang baru agar mencapai tujuan yang kita inginkan menjadi pekerja berprestasi dan dengan karier menanjak.
    saya setuju dengan bapak bahwasanya motivasi pada diri seseorang adalah niat untuk mendapatkan sesuatu.yang mana sesuatu itu menjadi kebutuhan yang harus di capai.sebagai contoh saya ingin membuka suatu usaha maka saya akan berusaha dengan semua cara sehingga apa yang saya inginkan dapat tercapai, dan itulah yang dinamakan motivasi
    pentingnya s4ebuah motivasi harus disadari oleh setiap masing-masing individu yang ingin maju dan berkembang.dendan terus belajar dan memahami pentingnya motivasi serta memiliki motivasi yang dapat mendorong kita maju maka kemungkinan besar kita akan sukses baik dalam berkarir maupun berwirausaha
    saya sangat berterimakasih sekali kepada bapak mulyo yang telah mengajarkan kepada saya tentang sangat pentingnya mempunyai motivasi
    halimatus sadiah
    201133017
    keperawatan

  65. Eva suryani ( 2011-36-017 )
    menurut saya motivasi memang datang nya dari dalam diri sendiri, dan harus punya kemauan yang kuat dari dalam diri, untuk memulai suatu usaha atau bisnis yang ingin kita lakukan, tp yang ingin jadi pertanyaan saya adaalah, bagaimana meningkatkan motivasi untuk diri sendiri?
    tekadang kita juga kurang peka terhadap peluang yang ada di hadapan kita.

  66. Menurut saya, untuk menjaga keamanan finansial, kita harus pandai mengatur keuangan serta melihat keadaan ekonomi pasar, Dengan niat yang kuat juga seseorang akan berinovasi dalam menciptakan sesuatu dalam berbisnis agar tujuannya tercapai dalam mencapai kesuksesan. dan untuk menjadi pebisnis sejati kita harus memiliki motivasi yang tinggi, tujuan yang jelas, niat yang baik, kreatif dan inovatif, dan usaha yang keras.

  67. Motivasi berupa dorongan yang membuat seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.
    Selain untuk Investasi, alasan saya melanjutkan kuliah adalah bukan semata-mata untuk mendapatkan gelar saja, tetapi untuk merubah pola pikir saya menjadi lebih baik. Dari pengalaman dan kacamata yang saya lihat, ada sebagian perusahan yang hanya mementingkan Gelar tapi disisi lain mungkin aku lebih berpengalaman dari orang yang mempunyai gelar itu, kadang saya geli melihat itu semua, pendapat atau masukan yang saya berikan kadang tidak dianggap. Oleh karena itu, saya bertekad(termotivasi) dan berkat motivasi dari seseorang akhirnya saya putuskan untuk melanjutkan kuliah lagi.

    Kuliah = Investasi, bukan hanya mengejar nilai A. tapi suatu saat nanti ilmu yang aku dapatkan akan bermanfaat dikemudian hari.

    Lihat dan nilai seseorang dari bagaimana dia bersikap(Atitude), keahlian(skill), dan pengalaman(experience)

    Selain itu kadang pun saya merasa iri melihat beberapa teman saya yang mungkin hanya tamatan SMK tapi mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan gaji yang besar. tepat tahun 2010 setelah saya sudah bekerja selama 3 tahun diperusahaan yang lama, saya bertekad untuk mencari pekerjaan yang baru, berkat motivasi yang besar yang ada dalam diri akhirnya sudah bisa saya buktikan bahwa Saya BISA seperti mereka. Yakinlah bahwa kita pasti BISA

    Motivasi memang menjadikan diri kita untuk bertindak menggapai tujuan. Bukan soal BISA/TIDAK BISA tapi bagaimana diri kita MAU/TIDAK kita merubah itu semua.

    Linawati(201012144)

  68. Selamat sore Pak!
    Artikel Bapak mengenai “Motivasi Kita” ini sangat menarik. Selain 5 dasar kebutuhan manusia yang Bapak sebutkan di atas, ditambah dengan niat dan usaha yang tekun dan dibarengi dengan kejujuran, ilmu serta do’a, mudah-mudahan semua upaya yang dilakukan demi perbaikan taraf hidup kita dapat tercapai.
    Permasalahannya adalah banyak kesuksesan didahului dengan kegagalan, bagaimana Tips dari Bapak agar seseorang tidak mudah menyerah saat menghadapi banyak kegagalan?
    Terimakasih.

  69. Kita masing-masing pasti mempunyai motivasi yang berbeda dan kita harus bisa memilih yang mana yang harus diutamakan, dalam motivasi yang akan kita rancang, kita harus mengutamakan motivasi untuk kebutuhan fisiologi seperti sandang, pangan, papan baru merancang motivasi berikutnya,karena ini dapat menentukan untuk hasil di masa depan…

    Nama :Chitra Ria Sri Devi
    Nim : 201012215

  70. Menurut saya,saya setuju dengan artikel bpk
    untuk menjaga keamanan finansial, kita harus bisa mengatur keuangan pada saat kita melakukan usaha.kita harus pandai menjaga kestabilan keuangan. Kita harus kreatif dalam memproduksi suatu produk agar masyarakat tetap tertarik untuk membeli produk kita.
    meningkatatkan kualitas produk, memotivasi pekerja agar lebih giat memproduksi barang, serta menaikkan harga produk sesuai dengan kualitas/mutu produk.

  71. Tugas Motivasi Usaha
    Nama : Basuki Rachmat
    NIM : 200981109
    Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul
    Email : basukirachmatt82@yahoo.com

    Menurut saya perihal motivasi kita adalah setiap manusia dari dilahirkan sampai sebelum meninggal pun menpunyai suatu motivasi artinya kemauan berusaha dan mencapai suatu tujuan yang tidak tentu sama antara manusia yang satu dengan yang lain. Apabila kita pada waktu masih bayi hanya bermotivasi memenuhi kebutuhan perut saya dan itupun dilakukan oleh orang tua kita. Nama ketika beranjak remaja kita bermotivasi untuk bagaimana cara memperoleh masa depan yang lebih baik dengan menempuh pendidikan formal ataupun informal untuk skill / kemampuan di masa yang akan datang. Ketika telah bekerja dan menikah kita akan lebih termotivasi lagi dengan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan apabila orang tua masih ada kita patut mengabdi dengan orang tua. Dengan motivasi didalam diri yang terbentuk secara alamiah ini patutlah kita bersyukur kepada Tuhan yang menciptakan kita agar kita lebih tawakal kepadanya. Harta, Uang, Jabatan yang kita cari dari pertama kali kerja tentunya dengan selalu mengingat Tuhan dan Menjalani perintahnya barang tentu akan menjadi barokah. Harta yang barokah, uang yang barokah dan Jabatan yang amanah. Tentunya kita nantinya akan menjadi manusia manusia yang akan berpegang teguh dengan kebenaran. Amin

    Demikian komentar dari saya semoga ada manfaatnya untuk kita semua yang membaca. Terima Kasih.

  72. pendapat saya, saya setuju dan suka dengan topik ini karna dengan motivasi kita bisa melakukan apapun (positif) agar bisa mandapatkan apa yang kita inginkan dan bisa mendapatkannya meskipun kita butuh perjuangan untuk mendapatkannya..

  73. saya sangat senang mendapatkan pelajaran atau pengetahuan masalah motivasi saya jadi semangat untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam pekerjaan saya ketika saya mendapatkan kesempatan untuk kuliah saya langsung mengambil karena ini kesempatan untuk awal saya amenjadi orang yang sukses saya menjadi termotivasi setelah baca artikel bapak ini yaitu T.O. P. Tetap Optimis dan Percaya diri.

  74. Menjadi sukses adalah impian semua orang. Tentunya untuk itu diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi tantangan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Motivasi ini harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri. membaca ratusan buku atau pergi ke puluhan seminar untuk memperoleh suntikan motivasi, tidak cukup untuk menumbukan motivasi dalam diri anda. Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu Anda merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama. (Bener ga ?)

    “Motivasi adalah pohon yang Anda siram dengan kedisiplinan diri”

  75. teima kasih atas bimbingan mengajarnya pak, berkat saya belajar motivasi usaha saya lebih menekunkan kesuksesan untuk masa depan saya. dan saya juga termotivasi untuk membahagiakan keluarga saya kelak nanti. saya ucapkan terima kasih. 🙂

  76. wisnu eko raharjo (201141008) seksi 8
    teima kasih atas bimbingan mengajarnya pak, berkat saya belajar motivasi usaha saya lebih menekunkan kesuksesan untuk masa depan saya. dan saya juga termotivasi untuk membahagiakan keluarga saya kelak nanti. saya ucapkan terima kasih.

  77. Assmu’alikum Wr.Wb.
    Setiap tulisan bapak memberikan inspirasi dan motivasi bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan apalagi didalam era sekarang ini setiap orang memerlukan motivasi yang dapat memberikan peluang-peluang dalam mengambil keputusan yang tepat dan selalu berfikir positif dalam meraih apa yang kita inginkan.
    Wassalamu’alikum

  78. Menurut saya :
    Artikel ini sangat menarik untuk di baca dan bila perlu dapat diterapkan didalam kehidupan sehari-hari sehingga hidup kita lebih hidup kembali.
    Suatu individu / orang apabila ingin menjadi maju & sukses memang perlu adanya motivasi di dalam dirinya. Karena dengan motivasi-motivasi tersebut dapat meningkatkan performance & prestasi kerja setiap harinya.

  79. Menurut saya, setiap manusia mempunyai kebutuhan yang bermacam-macam dan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut dibutuhkan motivasi yang cukup untuk menunjang keberhasilan dari pemenuhan kebutuhan tersebut. Tanpa motivasi yang tinggi, tujuan yang jelas, niat yang baik, kreatif, inovatif, dan usaha yang keras kita tidak akan mampu mendapatkan cara menuju keberhasilan tujuan kita. Setelah kita mendapatkan ide untuk memulai usaha/bisnis yang akan dijalankan dan cara menjalankannya ada baiknya jika kita juga memikirkan besar kecilnya keuntungan yang nantinya akan kita dapatkan beserta segala kendalanya. Bisnis jika dijalankan dengan cermat dan kegigihan tanpa pantang menyerah begitu saja pastinya lambat laun akan terlihat hasilnya. Selain itu kejelian dalam melihat perkembangan pasar saat ini dapat mempengaruhi cara kita dalam menjalankan strategi-strategi pemasaran yang tepat.

  80. Menurut saya, dalam kehidupan itu harus dilandasi oleh motivasi yang tinggi. Baik dalam bekerja maupun dalam hal lain. Karena ini dari seseorang untuk mendapatkan sebuah kesuksesan salah satunya dengan memotivasi diri sendiri.

    Seperti yang bapak buat, “Motivasi adalah keadaan dalam diri individu yang menyebabkan seseorang bertingkah laku untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu.” Oleh karena itu, untuk dapat mencapai sebuah kesuksesan, dalam diri harus benar-benar dilandasi motivasi yang tinggi.

  81. sore pak,
    menurut saya, motivasi terjadi dan didasarkan pada diri sendiri, untuk mendapatkan atau pun meraih sesuatu diperlukan motivasi dari diri sendiri dan tumbuh berdasarkan niat dari dalam hati untuk mempunyai keinginan mendapatkan sesuatu.
    dalam hidup ini, harus ada motivasi untuk meraih sesuatu. karena segala sesuatu apabila mau mendaptkan hasil yang baik harus dimulai dari motivasi dalam diri sendiri.
    dan didalam hidup ini tidak semua harus bisa kita dapatkan sekaligus. karena ada yang menjadi skala prioritas, jangan sampai keinginan kita tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, yang akan menimbulkan suatu masalah nantinya.

    saya sangat suka dengan pernyataan bahwa: gabungan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) yang mengarahkan seseorang untuk bertingkah laku tertentu. sehingga nantinya akan menghasilkan suatu tindakan tertentu. Motivasi mengarahkan seseorang dalam berusaha, berusaha untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan sehingga kita selalu termotivasi untuk mencapai sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s