Memperbaiki kondisi keuangan

Sudahkah Anda menetapkan jumlah penghasilan pasif per bulan yang Anda inginkan? dan sudahkah Anda menetapkan jumlah utang yang akan Anda turunkan dalam 1 tahun? Jika sudah, apakah langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Anda yang kondisi keuangannya bagus maupun kurang bagus atau tidak bagus?

Bagi Anda yang mempunyai kondisi keuangan bagus tunggu sebentar (giliran Anda akan saya ulas pada tulisan yang akan datang). Saya terlebih dahulu akan mengulas mereka yang kondisi keuangannya kurang bagus atau tidak bagus karena pengeluarannya seimbang dengan pemasukan atau bahkan lebih besar.

Mereka yang kondisi keuangannya kurang atau tidak bagus biasanya diakibatkan oleh kebiasaan buruk dalam pengaturan arus kas (cash flow) atau banyaknya kewajiban (liabilitas) atau utang-utang yang harus dibayar. Hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga dan mulailah menyelesaikan liabilitas, terutama kebiasaan berutang untuk sesuatu yang konsumtif.

Anda harus mengubah kebiasaan buruk tersebut. Caranya, sisihkan sebagian penghasilan anda terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memenuhi berbagai pengeluaran. Biasakan “membayar diri sendiri” terlebih dahulu sebelum membayar orang lain atau pihak lain.

Sebelum membayar pos-pos pengeluaran, ambil sebagian penghasilan anda dan masukkan dalam rekening tabungan. Setelah dipotong, sisa penghasilan Anda dapat digunakan seluruhnya untuk membayar pengeluaran. Supaya efektif, anda harus membuka rekening tabungan yang khusus untuk menampung potongan itu, di luar rekening tabungan yang sudah Anda miliki saat ini. Sebut saja namanya rekening tabungan investasi.

Bagi anda yang banyak memiliki utang konsumtif, Anda harus menyelesaikan utang-utang tersebut dengan uang potongan tersebut. Tutuplah utang tersebut sekaligus (kalau uangnya mencukupi) atau selesaikan satu demi satu. Selesaikan salah satu utang yang dapat Anda tutup, sedangkan utang-utang lainnya dibayarkan jumlah minimumnya saja. Kalau jumlah salah satu utang tersebut terlalu besar, bayarlah salah satu utang dengan jumlah angsuran lebih besar sedangkan utang yang lain dibayarkan angsuran minimumnya saja.

Setelah utang yang satu lunas, selesaikan utang kedua, ketiga dan seterusnya sehingga semua utang Anda dapat diselesaikan. Setelah semua utang lunas, uang yang biasanya digunakan untuk membayar utang dapat Anda masukkan ke dalam rekening tabungan investasi dalam rangka “membayar diri sendiri”

Dengan membayar diri sendiri tersebih dahulu, kemudian memprioritaskan penyelesaian utang, maka perlahan-lahan kondisi keuangan anda akan menjadi baik. Sebelum mulai berwirausaha, anda bangun dulu dana cadangan yang akan memproteksi kebutuhan anda selama anda merintis usaha baru.

+

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s