Target finansial

Sudahkah anda mengetahui kondisi keuangan anda? Kalau kondisi keuangannya bagus, karena pemasukan anda lebih besar daripada pengeluaran, saya ucapkan SELAMAT.

Anda dapat menentukan target finansial jangka pendek (misalnya 12 bulan mendatang). Target finansial Anda harus SMART (specific, measurable, achieveable, realistic, timebound).

Target finansial yang spesifik (specific) artinya target yang focus, jelas dan dirumuskan secara tertulis, misalnya “saya ingin mempunyai penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 5.000.000”. Anda jangan hanya mengatakan ingin mempunyai penghasilan pasif yang besar. Ini adalah target finansial yang tidak jelas dan terlalu umum.

Target finansial yang terukur (measurable) menyangkut criteria keberhasilan dalam mencapainya, baik kuantitatif atau kualitatif.  Jika penghasilan pasif yang menjadi target finansial anda, maka tentukan kriteria keberhasilannya misalnya berapa jumlah penghasilan pasif yang anda inginkan atau berapa lama penghasilan tersebut akan diwujudkan.

Target finansial tersebut hendaknya dapat dicapai (achieveable) sesuai kemampuan anda atau anda yakin dapat mencapainya karena ada seseorang yang telah mewujudkannya. Keyakinan anda juga harus didukung oleh kondisi anda yang relative tidak berbeda dengan orang tersebut.

Target finansial yang realistis (realistic) artinya target tersebut bersifat moderat, tidak terlalu sulit tapi juga tidak terlalu mudah. Target yang terlalu sulit mustahil dapat mewujudkannya, sedangkan target yang terlalu mudah membuat anda tidak termotivasi untuk memperjuangkannya. Mendapatkan penghasilan pasif per bulan pada tahun depan sebesar Rp 100.000,- terlalu mudah, namun untuk penghasilan pasif per bulan sebesar Rp 100.000.000,- juga terlalu sulit

Target finansial juga perlu ditetapkan waktunya (timebound),  misalnya target janga pendek selama setahun, jangka menengah selama 5 tahun atau jangka panjang ketika usia kita 60 tahun.

Bagi mereka yang kondisi keuangannya kurang atau tidak bagus, selain menetapkan jumlah penghasilan pasif per bulan, juga harus menetapkan jumlah utang yang akan diturunkan. Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus tanpa keharusan untuk bekerja mendapatkan uang, karena harta yang dimilikinya telah ”bekerja” menghasilkan uang untuk pemiliknya. Pada tahap ini, bekerja adalah sebagai pilihan dan bukan sebagai keharusan karena ingin mendapatkan penghasilan.

Jadi, untuk kelompok ini pertanyaan untuk target finansial jangka pendeknya adalah : Berapakah jumlah penghasilan pasif per bulan yang Anda inginkan? dan Berapakah jumlah utang yang akan Anda turunkan dalam 1 tahun?

+

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s