Memperbesar tabungan

Kebiasaan menabung atau menyisihkan sebagian penghasilan yang diperoleh dari hasil bekerja pertama-tama diarahkan untuk menghasilkan dana cadangan. Setelah dana cadangan tercukupi, kebiasaan tersebut hendaknya jangan kita hentikan, bahkan harus dilanjutkan dan diarahkan untuk memperbesar dana tabungan.

Untuk mempercepat perolehan dana tabungan, penghasilan yang didapat setiap bulan diolah berdasarkan formula tertentu, misalnya formula 1234 atau 10 : 20 : 30 : 40. Formula tersebut dapat diartikan sebagai proporsi penggunaan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sebesar 10% dalam bentuk infaq atau sedekah, 20% untuk dana tabungan, 30% sebagai dana pengembangan dan 40% untuk biaya hidup rutin. Formula tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Formula 1234 atau 10 : 20 : 30 : 40 mengindikasikan adanya dana tabungan sebesar 20% dari penghasilan ditambah 30% dana pengembangan. Uang sebesar 20% sebaiknya langsung dimasukan dalam rekening tabungan, sedangkan dana pengembangan 30% diolah untuk mendapatkan sumber-sumber penghasilan tambahan, misalnya membeli valuta asing, koin emas, saham, obligasi, deposito dan sebagainya.

Hasil pengelolaan dana pengembangan akan menghasilkan bunga, dividen, equity, laba dan sebagainya. Bunga biasanya didapat dari tabungan, deposito atau obligasi. Dividen dan equity biasanya diperoleh dari saham atau surat berharga. Laba diperoleh dari penjualan emas atau valuta asing. Hasil perolehan dana pengembangan tersebut akan mempercepat perolehan dana tabungan yang besar sehingga dapat dipergunakan untuk mendapatkan harta-harta yang bersifat  produktif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s