Mulai berwirausaha

Berwirausaha adalah kemampuan melihat peluang, menggunakan sumber daya untuk mengambil keuntungan dari peluang itu dan bertindak untuk memastikan hasilnya.

Berwirausaha tidak hanya dilakukan oleh seorang saudagar. Anda yang pada saat ini menjadi pekerja, pekerja lepas, pemilik usaha ataupun investor dapat melakukannya.

Saya akan membahas tentang berwirausaha dari sudut pandang seorang pekerja atau pekerja lepas yang merupakan mayoritas umat di negeri ini.

Untuk memulai berwirausaha, anda harus mengetahui kondisi keuangan yang anda alami sekarang ini. Mungkin anda adalah orang yang kondisi keuangannya bagus atau malah sebaliknya.

Anda memiliki kondisi keuangan bagus bila penghasilannya lebih besar dari pengeluaran, sedangkan Anda yang kondisi keuangannya kurang bagus berarti penghasilan dan pengeluarannya seimbang sehingga tidak tersisa untuk tabungan.

Mungkin juga anda seorang pecundang, karena pengeluaran Anda selama ini lebih besar dibandingkan dengan pemasukan alias lebih besar pasak daripada tiang.

Untuk melanjutkan pelajaran yang akan datang, coba buat laporan keuangan Anda secara sederhana untuk memastikan kondisi keuangan anda. Pemasukannya lebih besar, sama atau lebih kecil daripada pengeluaran?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s